Latest News

Patung-patung misterius di pulau Apollo Delos

Senin, 07 Juni 2010 , Posted by beye at 20.46




Alkisah Leto, melarikan diri dari dewi Hera dan mencari tempat yang aman untuk melahirkan anak-anaknya. Hera marah karena suaminya, Zeus, membuat Leto hamil, dan ia bersumpah untuk menghancurkan perempuan muda itu. Mitos menceritakan bahwa Leto mencoba bersembunyi dari dendam dewi Hera, tapi tak seorang pun bisa melindunginya dalm pelariannya ia kemudian menemukan tempat perlindungan di sebuah pulau terapung kecil, yang mana Poseidon (saudara Zeus)menambatkan pulau itu ke dasar laut dengan pilar granit. Di pulau ini, di bawah pohon palem, Artemis dan Apollo lahir. Ketika ini terjadi Hera harus membatalkan rencananya untuk membalas dendam, karena Apollo sangat cantik dan memiliki kekuatan yang begitu besar tidak ada Dewa Olympus selain Zeus yang bisa menahannya.


Dataran yang luas, marmer putih dan batu fondasi dinding, dengan kolom dan pilar-pilar menyembul di sana-sini. Kynthos, gunung suci (yang tidak lebih dari sebuah bukit berbatu) menjulang ke arah tenggara dari pusat kota. Seperti kebanyakan situs-situs arkeologi di Yunani, kota ini hancur oleh perang dan habis oleh para pemulung selama berabad-abad. Tidak ada konstruksi baru setelah jatuhnya Delos,  bisa dibayangkan  seperti apa kota ini selama hari-hari kejayaannya. Dianggap sebagai tempat kelahiran Apollo, Delos menjadi tempat suci terkenal dimasa kuno. Sebagian besar raja-raja dunia kuno membayar upeti kepada Delos. Bahkan Odiseus pernah mengunjungi kuil-kuil di sini (mungkin dalam perjalanan ke Perang Troya).

Berabad-abad kemudian, ketika Athena kekuasaannya mulai menyebar, Delos menjadi kunci pelabuhan di Laut Aegea sebagai rute perdagangan. Dan penduduknya berkembang sekitar 25.000 jiwa(sebuah kota besar pada masa itu)


Bekas alun-alun besar beraspal dengan batu-batu datar. Pernah ada sebuah pasar di sini, dan banyak dari paving batu memiliki lubang untuk pancang tenda yang digunakan oleh para penjual  menjajakan  dagangan kepada para peziarah. Bayangkan seperti apa ketika tiba dari atas perahu dan mencari pasar yang ramai banyak tenda besar berwarna cerah, dengan pemandangan luar biasa di luar kota. Sekarang yang ada hanya bunga liar yang tumbuh dari setiap celah dan ceruk, dan kadal cepat yang berlari sepanjang dinding monumen.

Berjalan ke sisi utara alun-alun, melewati sisa-sisa sebuah candi yang didedikasikan untuk Hermes, dewa perdagangan, dan sepanjang Portico Selatan. Ini adalah Jalan Suci, akses tradisional ke dalam tempat kudus Apollo. Di ujungnya tempat persegi besar yang penuh dengan kuil dan monumen utama kota, semua dalam reruntuhan sekarang. Dan di dasar Naxian raksasa, sebuah patung marmer raksasa Apollo yang berdiri di antara tiga kuil yang didedikasikan untuk Apollo. Kata-kata terukir dalam marmer membaca "Naxians untuk Apollo" di satu sisi dan "Aku dari marmer yang sama, baik patung dan dasar" di sisi lain. hal  ini jelas merupakan iklan. Banyak struktur besar dan monumen di sini juga dibangun untuk tujuan periklanan. Hal ini membantu menjelaskan mengapa ada begitu banyak bangunan komersial di pulau itu.

Setelah perang Persia, orang Atena ingin menyatukan semua kaum Helenis untuk membangun pertahanan yang kuat dari invasi negara lain. Untuk membangun hubungan lebih dekat dengan Ionians dan pulau-pulau Aegean, mereka membentuk Liga Delian di pulau Delos, yang merupakan pusat kuno ibadah Ioanian . Namun, agama tidak ada hubungannya dengan konfederasi baru ini. Tujuan resmi Delian  dari Liga adalah untuk melindungi wilayah Athena dan sekutu dari kekuatan asing, tetapi tujuan sebenarnya adalah kendali mutlak atas pelayaran komersial di Laut Aegea. Athena mengincar kekayaan Delos. Jika dilihat pada peta yang menunjukkan wilayah Liga Delian,  akan terlihat mengapa Delos terletak di tempat yang tepat dijadikan semacam pusat perdagangan penting.

 

Melintasi alun-alun untuk mengunjungi Artemesian, sebuah kuil yang didedikasikan untuk Artemis, dewi perburuan. Ini dikatakan sebagai yang paling indah dari semua kuil di pulau, tapi tidak banyak sisanya sekarang. Di sudut barat laut candi kita menemukan dua potongan besar dari Naxian raksasa, yang memberi imajinasi bagaimana benar-benar besar patung itu. Yang jatuh dan hancur berkeping-keping saat badai angin yang besar, yang tidak lazim terjadi di sekitar wilayah itu.

Berjalan ke utara, teras dari Lions - kontribusi lain yang mengagumkan Naxians. Marmer singa menjadi penjaga abadi tempat suci ini. Ada enam belas buah, tetapi hari ini hanya lima singa dan potongan-potongan dari tiga yang tetap utuh. Berdiri berturut-turut menghadap ke timur, ke arah Danau Suci. Di tengah bundaran danau kering berdiri sebuah pohon palem besar. Ini ditanam oleh arkeolog Perancis untuk menandai tempat Leto melahirkan dewa kembar  ribuan tahun yang lalu. Palem adalah simbol terkenal Apollo, dan disebutkan dalam legenda Homer . Tampaknya menjadi satu-satunya pohon di Delos.

Mendaki bukit kecil di belakang singa berdiri beberapa bangunan di sana. Di sini   Koinon dari Poseidoniasts. Ini adalah tempat di mana kapal-kapal Suriah, pedagang, bankir dan pemilik gudang bisa bersama-sama  melindungi kepentingan komersialnya dan melakukan penyembahan dewa-dewa  mereka. Dibangun pada bagian terakhir abad ke-2 SM,  memiliki pengadilan pusat yang dikelilingi oleh berbagai ruangan dan kuil-kuil yang didedikasikan untuk Poseidon, Hercules dan Roma.  dapat dilihat bahwa bangunan ini termasuk yang sangat besar, mungkin sesuatu seperti kedutaan untuk pengusaha Suriah. Itu hanyalah salah satu indikasi bahwa  agama Delos adalah kepentingan sekunder untuk bisnis dan kepentingan politik orang-orang yang datang ke sini.

Melihat  marmer, mosaik indah lantainya dan halaman kolam renang, dapat dibayangkan bahwa penduduk daerah ini (yang dekat Danau Suci) sangat kaya atau entah bagaimana berhubungan dengan komunitas religius. Apa yang paling menarik , dan juga cukup mengejutkan  adalah air yang berlimpah ini  ditemukan di pulau kering dan tandus. Setiap rumah tampaknya memiliki waduk sendiri. Berjalan di sepanjang trotoar di bagian kota,  dapat diperhatikan saluran air di bawah trotoar untuk menjebak curah hujan dan mengarahkan air ke waduk-waduk. Semakin jauh mencari, semakin banyak bukti yang  ditemukan dari pengelolaan air secara hati-hati. Tampaknya seluruh kota itu direkayasa untuk pengumpulan, penyimpanan dan distribusi air yang cukup untuk melayani kebutuhan seluruh penduduk. Ini menunjukkan teknik sipil lebih maju daripada yang bisa ditemukan di banyak kota hari ini.

Ke timur, di atas Danau Suci, dari Granite Palaestra  dan beberapa rumah-rumah mewah yang besar dan berjalan sepanjang dari tempat perlombaan kuda  menuju museum. Pacuan kuda diadakan di gelanggang pacuan kuda, dan para atlet bersaing di stadion yang lebih jauh ke arah bukit timur laut. Ini dibangun untuk Delian Games, sebuah acara yang didirikan oleh Theseus ketika ia berkunjung di sini saat kembali dari mengalahkan Minotaur di labirin Crete.
Fountain Minoan,  didedikasikan untuk peri Minoan  selama abad ke-6 SM, dan ini adalah salah satu tempat tertua di Delos. Ada tangga batu ke permukaan air, sehingga orang bisa dengan mudah mengambil air di ember. Tetap fasilitas umum hanya sampai akhir periode Helenistik, ketika seseorang mengubahnya menjadi sebuah rumah. Mungkin mereka menggunakan kolam renang tersebut untuk berenang.
Dekat Air Mancur Minoan monumen yang lebih baru dibuat, seperti patung tanpa kepala dan tanpa tangan Gayus Billienus, seorang jenderal dan penguasa Romawi daerah ini sekitar awal abad pertama SM. Mungkin 500 tahun setelah dibangun air mancur, dan setelah jatuhnya kekaisaran Yunani. Melihat patung dan monumen lain yang dibangun oleh orang-orang dari berbagai negeri, timbul keheranan bagaimana Delos bisa lama bertahan. Delian Liga ini dibentuk lebih dari 2.500 tahun setelah orang pertama menetap di Delos, dan itu berlanjut sampai Delos memperoleh kemerdekaan dari Athena pada 314 SM. Roma memerintah di sini untuk suatu waktu dan kemudian menyatakan Delos sebagai sebuah pelabuhan bebas di 166 SM. Kota ini selanjutnya menjadi pusat perdagangan paling penting di Laut Aegea hingga 88 SM, ketika seorang raja serakah menjarah kota dan membantai penduduknya. Sejak saat itu, Delos jatuh ke tangan bajak laut dan, di tahun-tahun berikutnya, menjadi sasaran para penjarah barang antik.

Berjalan ke arah Mt. Kynthos, melewati Sanctuary Dionysus, Altar Zeus dan kemudian gereja Kristen yang dibangun sekitar 500 tahun setelah jatuhnya Delos. Sangat menarik untuk melihat begitu banyak agama dari era yang berbeda di pulau kecil ini. Seolah-olah  berada dalam mesin waktu, bergerak selama berabad-abad ketika berjalan di sepanjang jalan ini.  Di luar gereja, terus mendaki bukit,kurang lebih 2.400 tahun yang lalu berdiri kuil Aphrodite, didedikasikan untuk dewi cinta. Lebih jauh di sepanjang jalan , sebuah bangunan yang dikenal sebagai House of Hermes, yang dibangun di lereng. Ini adalah sebuah bangunan besar dengan tiga lantai (agak tidak lazim di sini). Mungkin telah menjadi tempat pertemuan bagi sebagian masyarakat.

Di atas House of Hermes  di mana beberapa pengusaha asing yang berbondong-bondong ke pulau ini dibangun kuil untuk dewa-dewa mereka sendiri. Suriah menyembah Atargatis dan Adados dalam kuil besar. Di samping itu adalah bait dewa Mesir Anubis, Serapis dan Isis. Sebuah patung Isis masih di dalam kuil kecil.  Dianggap memberi orang kesehatan yang baik dan keberuntungan dan melindungi pelaut (perhatian penting di Laut Aegean). Tepat di sebelah bangunan Mesir yang jauh lebih tua kuil Hera yang dibangun sekitar 500 SM. Ini agak aneh, mengingat bahwa Hera mengamuk mengejar Leto ke pulau ini, tetapi  orang Yunani kuno berhati-hati untuk mengenali setiap pemain dalam drama mitos ini. Ada tempat-tempat suci lain yang didedikasikan untuk dewa-dewa Yunani dan asing atas bukit dan, tentu saja, Kuil Zeus di bagian atas.
House of Dolphins, Ini didapat namanya dari lantai mosaik yang indah dengan gambar-gambar dari dewa naik di punggung lumba-lumba. Ada simbol-simbol di sana-sini yang menunjukkan hal ini adalah rumah dari Phoenix. Ini adalah besar dan bangunan yang elegan, sehingga mungkin milik pengusaha yang sangat kaya atau mungkin anggota kerajaan Phoenix. Tidak jauh sebuah kompleks besar yang meliputi beberapa toko dan tempat yang disebut House of Masks, rumah lain dengan lantai mosaik indah dan menakjubkan arsitektur. Pintu dan jendela dibatasi untuk mencegah orang berjalan di atas lantai atau menyentuh lukisan-lukisan dinding.

Jarak dekat dari Rumah Masks, dekat Delos teater, satu kompleks besar dengan banyak kamar dan waduk besar diisi dengan air. Mungkin sebuah penginapan,  karena banyak orang mengunjungi Delos selama festival, dan mereka mungkin menghadiri pertunjukan musik dan bermain di teater. Sebuah hotel terdekat akan sangat dibutuhkan. Di bagian belakang orkestra adalah sisa-sisa sebuah panggung besar-gedung, di mana para pemain memainkan peran mereka. Bagian di depan adalah "terbaik" tempat duduk untuk orang-orang kaya dan terkenal. Tapi panggung dapat dilihat dari mana saja dan suara terdengar baik dalam teater ini, sehingga 5.500 penonton bisa menikmati pertunjukan.

Sebuah waduk raksasa yang digunakan untuk mengumpulkan air  dari teater orkestra ( mereka tidak memberikan performa ketika hujan).didukung lengkungan atap yang terus keluar untuk meniup debu dan melindungi dari penceroboh. Bahkan mungkin sekarang masih ada cukup air dalam tangki untuk melayani sebagian besar rumah di bawah distrik teater  ini.
Rumah di sini adalah agak kecil, tapi tidak banyak berbeda dari yang bisa di lihat di pulau-pulau lain.  Kesan kuat bahwa orang-orang tidak menghabiskan banyak waktu di rumah mereka. Mereka makan dan tidur di sini, tetapi banyak kegiatan mereka berada di luar, di teman-teman satu perusahaan  dan tetangga selama bulan-bulan yang hangat (yang merupakan sebagian besar tahun). Dalam hal ini, orang-orang Yunani modern sangat banyak kesamaan seperti Delian nenek moyang mereka.
Di setiap kota  yunani, orang-orang bersosialisasi di alun-alun dan jalan-jalan dan di sepanjang pantai, seperti di Delos ribuan tahun yang lalu. Setelah makan malam di rumah, semua orang di rumah akan pergi ke luar untuk berjalan-jalan di sepanjang jalan dan bercengkerama dengan tetangga sementara anak-anak bermain di angin malam yang sejuk sampai waktu mereka untuk tidur.

Tidak semua orang memeriahkan kota. Menghibur teman-teman dari kaum kaya  dengan acara mewah di beberapa rumah yang lebih besar di distrik teater. Ada halaman luas dan kolam dan pelayan untuk membawa makanan untuk para tamu, yang makan sambil bermalas-malasan di sofa dan mendengarkan musik. Dekat pelabuhan ditemukan Rumah Cleopatra dan Dioscourides, rumah yang indah dengan banyak lempeng ubin dan patung-patung marmer dari orang-orang yang bernama itu. Tentu saja, kita tidak tahu apakah ratu Nil benar-benar memiliki rumah di Delos. Bahkan jika ia melakukannya, tidak mungkin Dioscourides berbagi dengannya. Dia adalah seorang dokter Yunani yang lahir sekitar seratus tahun setelah Cleopatra memerintah di Mesir. Ini agak aneh melihat dua patung berdampingan. Praktis semua orang tahu tentang Cleopatra dari buku-buku dan film. Dia tetap terkenal hingga masa modern, meskipun ia hanya memiliki sedikit pengaruh nyata di dunia. Hanya sedikit orang yang ingat Dioscourides, tapi ia menulis sebuah buku tentang obat-obatan yang mempengaruhi perkembangan seni penyembuhan selama lebih dari 16 abad.

nationalgeographics










Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails