Latest News

Ular Bisa Mendeteksi Gempa?

Kamis, 01 Juli 2010 , Posted by beye at 20.49

BEIJING,--Para peneliti China sedang mengembangkan cara baru untuk memprediksi kemungkinan terjadinya gempa bumi dengan mempelajari tingkah laku ular. Kata mereka, ular punya kebiasaan unik membenturkan kepalanya ke dinding kandang sebelum terjadi gempa bumi.


Ular Bisa Mendeteksi Gempa?


BEIJING, JUMAT--Para peneliti China sedang mengembangkan cara baru untuk memprediksi kemungkinan terjadinya gempa bumi dengan mempelajari tingkah laku ular. Kata mereka, ular punya kebiasaan unik membenturkan kepalanya ke dinding kandang sebelum terjadi gempa bumi.
Insting natural inilah yang dipelajari untuk mengembangkan sistem prediksi gempa ke depan. Sebuah lembaga yang menangani masalah gempa di Nanning, ibukota daerah otonomi Guangxi di China Selatan, menyebut sistem yang tengah dikembangkannya merupakan kombinasi dari insting natural dan teknologi moderen.

Para ahli di badan yang memonitor gempa bumi tersebut melakukan penelitian dan pengamatan terhadap ular-ular di peternakan setempat melalui kamera video yang dihubungkan dengan jaringan internet. Video tersebut merekam seluruh peristiwa yang terjadi selama 24 jam setiap harinya.
"Dari semua hewan yang ada di muka bumi, ular merupakan hewan yang paling peka terhadap tanda-tanda gempa bumi," kata direktur badan yang memonitor gempa bumi Jiang Weisong, seperti dikutip China Daily. Jiang mengatakan ular dapat merasakan akan terjadinya gempa bumi dari jarak 120 kilometer selang tiga hingga lima hari sebelum gempa terjadi.
Reptil melata tersebut menyikapinya dengan perilaku yang aneh. Apabila akan terjadi gempa yang berkekuatan besar maka ular-ular tersebut akan keluar dari sarangnya bahkan pada saat musim dingin sekalipun.
"Apabila gempa yang terjadi berkekuatan sangat besar bahkan ular-ular tersebut akan membenturkan dirinya ke dinding saat mereka berusaha menyelamatkan diri keluar dari sarangnya," imbuh Jiang.
Jika perilaku ini dapat dikenali dengan baik, tak perlu membangun sistem peringatan dini yang megah dan mahal. Sebab, ular adalah salah satu menu favorit di berbagai restoran di Cina, terutama di musim dingin di wilayah Cina Selatan.


sumber

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails