Latest News

Inilah Sejarah iPhone Pertama di Dunia Diciptakan

Rabu, 04 Januari 2012 , Posted by beye at 19.37


iPhone original diumumkan oleh Steve Jobs pada 9 Januari 2007, dan kemudian dirilis pada 29 Juni 2007. Tetapi tahukah Anda bahwa iPhone original tersebut bukanlah iPhone pertama yang diciptakan Apple. iPhone pertama di dunia diciptakan pada 1983.

iPhone sudah diimpikan dan mulai digarap oleh Apple sejak 1983. Tetapi jangan mengira Apple menggarap iPhone pertama tersebut dengan bentuk smartphoneseperti yang ada sekarang. Namun meskipun begitu, iPhone 1983 ini cukup impresif dan bisa dibilang “mendahului jaman.”

iPhone pertama ini didesain Hartmut Esslinger, desainer yang juga membantu Apple mendesain portable komputer pertamanya, Apple IIc. iPhone yang akhirnya berhasil diciptakan pada tahun 1983 tersebut masih berbentuk telepon rumah dan layarmonochrome dan bisa dikontrol menggunakan stylus. Layar inilah yang menjadi cikal bakaltouchscreen pada iPhone dan iPad saat ini.


Foto dari iPhone pertama ini telah hadir di dunia maya untuk waktu yang sangat lama, tetapi tidak ada ketertarikan akan desain awal iPhone pertama di dunia. Namun hal ini berubah ketika dokumen sejarah perkembangan Apple yang dijaga kerahasiaanya oleh Stanford University, mulai diijinkan untuk di-publish ke media. Dokumen ini sebagian besar berisi tentang sejarah perkembangan desain yang terjadi pada tahun 80an. Dengan munculnya dokumen sejarah perkembangan Apple ke permukaan, foto dan desain iPhone pertama ini ikut mendapat perhatian.

Dari dokumen yang didapatkan oleh Assosiated Press ini diketahui bahwa iPhone pertama 1983 ini hanyalah salah satu dari banyak prototypes yang diciptakan Apple di masa lalu.

Bahkan dari dokumen tersebut ditemukan satu perangkat yang memiliki konsep mirip iPad yang ada sekarang, meskipun bentuknya tidak sama. Perangkat mirip iPad disebutkan sudah layak untuk dipasarkan pada masyarakat modern saat ini, hanya memerlukan sedikit update dan menggantikan layar sentuh stylus dengan touchscreen ala iPad saat ini.

Dokumen tersebut bisa dibilang cukup “menakutkan” bila dilihat itu adalah perkembangan teknologi Apple yang terjadi pada 1983. “Menakutkan” dalam artian seperti sebuah filmscience fiction dimana teknologi masa depan dibawa oleh alien di masa lalu. But, I guess I’m just too dramatic. [RY]


http://portal.paseban.com/news/4803/iphone-pertama

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails