Latest News

Inilah Satu-satunya Gunung Berapi Bisa Dilihat dari Dalam

Kamis, 20 Juni 2013 , Posted by beye at 10.34


Kita sudah sering melihat foto-foto dahsyat saat letusan gunung berapi. Kerap kali menimbulkan pertanyaan, bagaimana isi perut gunung tersebut? Walau sebuah gunung berapi dinyatakan tidak aktif, tetap berbahaya menjelajah ke dalamnya karena berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Mungkin, hanya (atau "baru satu ini") gunung berapi yang bisa dilihat dari dalam. Sebuah kegembiraan bagi penjelajah dan ahli geologi guna menguak apa sebenarnya yang ada di dalam gunung? Thrihnukagigur, gunung api di Islandia jadi jawabannya.
 
 
Sebagaimana diketahui, Islandia memiliki setidaknya 30 gunung berapi. Cukup banyak untuk wilayah yang tidak seluas Indonesia. Dan, Thrihnukagigur (yang diterjemahkan sebagai "tiga puncak kawah") menjadi satu-satunya gunung berapi yang unik. Sudah dinyatakan tidak aktif selama 4000 tahun terakhir. Pertama kali ditemukan tahun 1974 dan orang yang pertama kali turun ke perutnya adalah Arni Stefansson. Lucunya, ia menggambarkan kunjungan pertamanya penuh kekecewaan. "Aku datang mencari keindahan, tapi malah melihat keburukan," sesalnya.

Hal ini membuat Arni tak peduli dengan Thrihnukagigur selama 17 tahun, hingga akhirnya ia melakukan penjelajahan yang kedua berbekal lampu penerangan yang jauh lebih baik. Saat inilah ia baru sadar bahwa isi perut gunung ini sangat indah.

 


 
 
Sekarang Thrihnukagigur merupakan salah satu tujuan wisata alam di Islandia. Cara mencapai tempat ini tentunya harus mendaki lebih dahulu setidaknya 45 menit sampai ke pos tujuan di mana terdapat terowongan untuk masuk ke dalamnya. Kemudian wisatawan akan diturunkan dengan lift khusus.

Thrihnukagigur dan dapur magma yang unik di dalamnya menjadi sumber penting bagi para peneliti. Apa yang mereka pelajari merupakan bantuan penting untuk memahami  gunung berapi aktif.






 
 
 
 
 
Sumber:
environmentalgraffiti
Foto:  Pétur Reynisson, Ólafur Ólafsson

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails