Latest News

Fakta Unik Tentang Sejarah Internet

Kamis, 20 Januari 2011 , Posted by beye at 19.27

Jaringan internet Pertama


Jaringan internet untuk pertama kali di awali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang di bangun oleh ARPA (united state department of defense Advanced Research Project Agency). beberapa penyelidikan awal yang di sumbang oleh ARPANET termasuk kaidah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching), pada 1 januari tahun 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP, ini awal dari internet yang kita kenal hari ini. jadi, berterima kasihlah kepada ARPA..

E-Mail Pertama

surat elektronik atau electronic mail (e-mail) pertama yang berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlison di BBN (Bolt, Beranet & Newman) suatu hari di tahun 1972. sebelumnya Tomlison telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET. selain itu, yang juga monumental adalah pak Tomlison yang menemukan lambang @ pada e-mail yang kemudian digunakan orang di seluruh dunia.

surfing in the internet 
ungkapan "surfing in the internet" (berselancar di internet) pertama kali muncul pada 1992 oleh Jean Armour Polly. munculnya ungkapan itu gara-gara si Polly menggunakan mouse pad yang bergambar orang yang sedang berselancar, sehingga beliau ini punya ide menggunakan istilah surfing untuk aktifitas yang berkaitan dengan internet.


Hardisk Pertama


tanggal 4 september 1956 IBM memperkenalkan harddisk pertama di dunia. hard disk ini berukuran dua lemari es harganya senilai $250.000 sekarang, dengan kemampuan 5MB, atau hanya cukup untuk menyimpan satu lagu dalam format mp3. bandingkan dengan harddisk jaman sekarang ada yang selebar 0,6 cm dengan kapasitas 400GB! wah, kalau di konversi jadi harddisknya IBM itu, kira2 berapa banyak kulkas ya gan

PEmilihan Online Pertama


Negara pertama yang menerapkan sistem online dalam pemilihan umum adalah Estonia. padahal negara tersebut merupakan salah satu negara termiskin di uni Eropa. pemilu tersebut di adakan pada hari minggu tanggal 4 maret 2007, dengan total pemilih di Estonia berjumlah 940.000 orang. kapan ya bisa diterapin di Indonesia .

Blog

blog (atau weblog) pertama kemungkinan besar adalah halaman what's new pada browser mosaic yang di buat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. sebagai informasi, mosaic adalah browser pertama sebelum adanya internet explorer bahkan sebelum netscape. kemudia pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's home page yang kemudian berubah menjadi links from the underground yang mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.


Virus

Virus komputer di perkirakan muncul pertama kali pada Januari 1986, disebut-sebut sebagai virus pertama untuk PC yang pernah di buat. Virus ini menginfeksi boot sector media penyimpanan data dengan format DOS File Allocation Table (FAT). (c)Brain (nama virus ini) juga di kenal dengan sebutan virus lahore, pakistani, pakistani brain, Brain-A dan UIUC. majalan businessweek pada waktu itu menyebutnya pakistani flu.

percaya atau tidak, virus ini di buat oleh dua orang bersaudara Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq Alvi yang ternyata masih berusia 19 tahun! Awalnya kakak beradik ini mengaku pada majalah Time bahwa mereka membuat virus ini untuk melindungi software pengobatan karya mereka dari pembajakan. virus ini bahkan melengkapi diri dengan alamat dua bersaudara ini berikut tiga nomor telepon yang bisa di hubungi, tak ketinggalan sebuah pesan yang menyebutkan bahwa jika komputer user terinfeksi maka di anjurkan menghubungi mereka untuk vaksinasi. ketika mereka mulai mendapatkan ribuan telepon dari orang-orang berbagai penjuru Amerika Serikat, Inggris, dan lainnya, yang meminta vaksinasi untuk komputer mereka, kakak beradik ini terperangah dan berusaha menjelaskan bahwa motivasi mereka bukanlah untuk kejahatan. mereka akhirnya memotong kabel

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails