Latest News

WikiLeaks: AS Telah Siapkan Omar Suleiman Untuk Gantikan Mubarak

Sabtu, 05 Februari 2011 , Posted by beye at 19.43

http://static.republika.co.id/images/hosni_mubarak_kiri_dan_barack_obama_110128223632.jpg



Kabel diplomatik terbaru terbitan WikiLeaks soal krisis Mesir dirilis. WikiLeaks menyebut pemerintah Amerika Serikat (AS) sejak awal memang telah menyiapkan Kepala Badan Intelijen Mesir Omar Suleiman sebagai Presiden Mesir mendatang.

Omar Suleiman disiapkan sebagai kandidat teratas untuk mengambil alih negara jika sesuatu terjadi kepada Presiden Hosni Mubarak. Pada hari Sabtu (29/1) lalu informasi ini terbukti benar ketika Mubarak menunjuk Suleiman untuk menjabat wakil presiden.


http://mypetjawa.mu.nu/archives/iran%20mubarak.jpg


Hal ini membuat Suleiman berada di baris pertama untuk menggantikan Mubarak. Seperti dikutip dari halaman WikiLeaks, Sabtu (5/2/2011), seorang pejabat intelijen yang dilatih di US Khusus Warfare School di Fort Bragg mengatakan bahwa Suleiman menjadi kepala badan mata-mata pada tahun 1993 yang membawanya dekat dengan CIA.

Baru-baru ini Suleiman mengambil peran sebagai kepala interlocuter Mesir dengan Israel untuk membahas proses perdamaian antara Hamas dan Fatah. Dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar analis politik mengasumsikan bahwa pewaris jabatan Presiden akan dipegang Gamal Mubarak, putra Mubarak sendiri.

Namun kedutaan AS di Kairo sampai pada kesimpulan yang berbeda lebih dari lima tahun yang lalu. Pada tanggal 15 Juni 2005, memo (05CAIRO4534) ditulis untuk Timotius Pounds, direktur untuk Suriah, Libanon, Mesir, dan Afrika Utara di Dewan Keamanan Nasional AS, mencatat: "(A) akan setuju bahwa calon yang paling mungkin ditunjuk untuk pos (wakil presiden) adalah Jenderal Omar Soliman, Direktur Intelijen Mesir Umum (Egis)". (Pejabat Departemen menggunakan ejaan yang berbeda dari nama Suleiman).

Setahun kemudian, memo diplomatik lainnya (06CAIRO2933) ditulis pada tanggal 14 Mei 2006 menegaskan bahwa pemerintah AS bekerja dengan Sulaiman pada hal-hal regional utama seperti mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk menyingkirkan Hamas di Palestina. "(O) kecerdasan kolaborasi dengan Omar Soliman, yang diperkirakan di Washington minggu depan, mungkin sekarang elemen hubungan paling sukses."


http://www.eramuslim.com/fckfiles/image/internasional/1hosni-mubarak3.jpg


Memo diplomatik, yang ditulis oleh Francis J. Ricciardone, Jr (Duta Besar AS untuk Mesir) untuk Robert Zoellick (Deputi Menteri Luar Negeri) yang sedang berkunjung ke Kairo pada saat itu, mencatat bahwa "Omar Soliman juga memberitahu kami dia akan senang melihat kamu (Zoellick), jika jadwal izin - ia akan bekerja menjadi delegasi Israel dan PA di Sharm "

Lainnya, Suleiman dilaporkan telah mengatakan kepada duta besar AS, "Mesir adalah mitra Amerika" mencatat bahwa "Mesir akan terus memberikan USG (Pemerintah AS) pengetahuan dan keahlian pada isu-isu regional yang penting, seperti Lebanon dan Irak. Konflik Israel-Palestina tetap menjadi isu inti"

(ape/ape)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails