Latest News

Astronom Menemukan Energi 'Gelap' Misterius

Minggu, 05 Juni 2011 , Posted by beye at 19.44

Headline

Ilmuwan Amerika Serikat dan Australia melakukan survei astronomi menggunakan teknik canggih. Hasil survei memastikan adanya energi gelap misterius.

Energi gelap ini diduga mengganggu 74% kondisi semesta. Selain itu keberadaannya sering menjadi teori guna menjelaskan mengapa semesta meluas dengan tingkat kecepatan tinggi.

Temuan ini berdasarkan hasil studi lebih dari 200.000 galaksi dan melibatkan dua teknik, yakni teknik pengukuran pola cara galaksi didistribusikan di luar angkasa dan menentukan seberapa cepat kluster galaksi terbentuk. Kedua teknik ini memastikan keberadaan energi gelap serta kecepatan perluasan semesta.

Teori energi gelap pertama kali muncul pada 1990. Untuk menghitung percepatan perluasan energi ini, astronom harus menulis ulang teori gravitasi Albert Einstein atau menerima teori kosmos diisi jenis energi yang belum diteliti.

"Aksi energi gelap ini seperti melempar bola ke udara, dan bola itu terus melaju kencang ke langit,” ujar penulis studi Chris Blake dari Swinburne University of Technology di Melbourne, Australia.

Hasilnya energi gelap merupakan konstan kosmologis seperti kata Einstein. “Jika gravitasi pelakunya, kita tak akan melihat efek konstan energi gelap," katanya. Meski begitu, ilmuwan mengakui, fenomena energi gelap masih butuh banyak penjelasan.


MAJALAHASIK.COM

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails