Latest News

5 SHOPING MALL TERBESAR DI DUNIA

Rabu, 20 Juli 2011 , Posted by beye at 08.02

Bagi Anda yang gemar menggunjungi tempat shoping mall, pastinya akan tercenung melihat kemegahan dan luas area mall yang dipaparkan di bawah ini. Pasalnya mall-mall ini, terbesar dikelasnya berdasarkan luas bangunan yang dimilikinya. Berikut 5 tempat perbelanjaan atau Shoping Mall terbesar di dunia:

1. New South Mall Cina

New South Mall Cina di Dongguan terletak di selatan China provinsi Guangdong, timur kota provinsi terbesar di Guangzhou. Mal dibangun di atas tanah seluas 892.000 m2 yang dulunya digunakan untuk pertanian, di Kabupaten Wanjiang kota. Proyek ini dipelopori oleh Hu Guirong , yang menjadi miliarder dalam industri mie instan. Mal ini terdiri dari 2.350 toko, dengan zona tujuh model kota-kota internasional, termasuk di Amsterdam, Paris, Roma, Venesia, Mesir, Karibia, dan California. Fasilitasnya termasuk replika 25 m dari Arc de Triomphe, replika menara lonceng St Mark Venesia, 2,1 km kanal dengan gondola, dan 553 m indoor-outdoor roller coaster. Namun sayang sejak dibuka pada tahun 2005, mal ini kekurangan penghuni. Sebagian besar ruang ritel tetap kosong, dengan lebih dari 99% dari toko-toko kosong.






New South Mall Cina (Sumber: flickr.com)




New South Mall Cina (Sumber: wordpress.com)
2. Golden Resources Mall

Golden Resources Mall atau Jin Yuan adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di dekat Ring Road Ke empat di Beijing, Republik Rakyat Cina. Mall ini juga sering dijuluki sebagai “Great Mall of China” karena memiliki luas total area 557.419 m2. Selesai dibangun pada tanggal 20 Oktober 2004 setelah 20 bulan masa konstruksi dan dibuka empat hari kemudian. Meskipun pengembang mal awalnya memperkirakan 50.000 pembeli sehari,namun kenyataannya jauh lebih kecil dari itu. Permasalahannya diduga harga barang yang dijual di mal tersebut, jauh lebih mahal dibandingkan daya beli masyarakat China. Selain itu, lokasi yang sulit di luar pusat kota, menjadikan mal ini enggan dikunjungi pengunjung.





Golden Resources Mall (Sumber: chinadaily.com.cn)
3. Dubai Mall

Dubai Mall adalah mall raksasa yang dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab, oleh Emaar, sebagai bagian dari proyek “Dubai Baru”. Mall ini mengklaim diri sebagai mall terbesar di dunia apabila konstruksinya selesai. Proyek ini akan mencakup area lebih dari 1,124,000 m², dengan 10 – 15 mall kecil dibangun didalamnya, mencakup 9 juta ft² dari seluruh bangunan toko eceran (dapat menampung lebih dari 1000 toko). Mempersembahkan atraksi termasuk souk terbesar di dunia, sebuah Pulau Fashion, salah satu akuarium terbesar di dunia, sebuah lapangan ice skating seluas lapangan Olimpiade, Air Terjun Oasis Fountain, Atrium WaterFront, dan menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Namun demikian, Mall yang telah mendapatkan 5 penghargaan ini sebenarnya hanya memiliki luas bangunan mal 350,000 m².





Dubai Mall (Sumber: worldpropertychannel.com)




Dubai Mall(Sumber: somecontrast.com)
4. West Edmonton Mall

Terletak di Edmonton, Alberta, Kanada adalah sebuah mall belanja, pada 2005, yang terbesar di Amerika Utara dan salah satu atraksi turis di Kanada Barat. Mall West Edmonton adalah atraksi turis paling populer di provinsi Alberta. Terletak di “suburban” kota tersebut, Mall West Edmonton memiliki luas wilayah kotor 500.000 m² dan mall ini menghabiskan K$1,2 milyar untuk pembangunannya. Lebih dari 800 toko dan jasa pelayanan terdapat di dua lantai utamanya, termasuk 110 tempat makan. Mall ini memiliki lebih dari 23.500 pegawai. Ada tempat parkir yang luas den memliki lebih dari 20.000 tempat parkiran, membuatnya tempat parkir terbesar di dunia. Mall ini juga menerima 22 juta kunjungan turis setiap tahun.





West Edmonton Mall (Sumber: jasperjournal.com)
5. Berjaya Times Square

Berjaya Times Square merupakan salah satu tempat perbelanjaan dan wisata yang terdapat di Kuala Lumpur, Malaysia. Berjaya Times Square terletak di pusat kota Kuala Lumpur, sehingga mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi. Berjaya Times square tidak hanya sebuah mall, tetapi juga memiliki taman bermain tertutup yang terbesar di dalam pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu, Berjaya juga dilengkapi dengan hotel yang terhubung langsung dengan pusat perbelanjaan. Berjaya Times merupakan sebuah bangunan terbesar yang pernah dibangun dalam fase tunggal dengan luas bangunan sebesar 7,5 juta kaki persegi. Di dalam bangunan tersebut, berisi tempat belanja mewah, akomodasi mewah, bisnis, makanan dan minuman, serta taman hiburan.Pengunjung tempat tersebut mencapai 2 juta orang setiap bulannya.





Berjaya Times Square (Sumber: condo.com.my)




Berjaya Times Square (sumber: malaysiatourist.net)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails