Latest News

INILAH KONSEP KOMPLEK PERKAMPUNGAN ANTI TSUNAMI

Senin, 16 April 2012 , Posted by beye at 09.03

Jepang memang inovatif khususnya dalam teknologi. Negara Jepang yang memang rawan gempa dan tsunami membuat para arsitek mengembangkan konsep pemukiman anti tsunami. Kalau anti gempa teknologi itu sudah lama ada. Yang baru adalah anti tsunami.


Adalah Keiichiro Sako dari Sako Architechts Tokyo mencoba merancang komplek perumahan atau perkampungan anti tsunami. Tentunya konsep semacam ini membutuhkan dana yang sangat besar. Namun Sako mengatakan desain perumahan anti tunami dijamin mampu mengatasi tsunami.



Desain komplek berbentuk lingkaran atau oval lebih efisien daripada bangunan berbentuk kotak. Sebab pada bangunan berbentuk kotak air dari gelombang tsunami akan langsung menghantam. Jika bangunan berbentuk oval, maka air akan mengalir ke samping.


Seperti apa gambarnya? Coba lihat!






Sako merancang bangunan sebaik mungkin sehingga anti-tsunami. Saat tsunami, gerbang bangunan tertutup sehingga air tak bisa masuk. Listrik disuplai dengan energi terbarukan agar tetap bisa beroperasi. Ada pula cadangan baterai lithium.


Sky Village memiliki kluster-kluster. Terdapat kluster untuk sekolah, hunian, dan perikanan. Ada pula tempat yang untuk membantu aktivitas perikanan sehingga mendukung aktivitas warga sebagai nelayan.


Sako juga menambahkan untuk mengatasi besarnya biaya pihaknya akan mendaur ulang material bekas yang hancur akibat tsunami 11 Maret 2011 lalu.


Well, Indonesia juga membutuhkan konsep semacam ini. Sudah ada yang punya ide?

kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails