Latest News

Pelangi Itu Ternyata Pertanda Gempa & Tsunami Mentawai!

Sabtu, 30 Oktober 2010 , Posted by beye at 22.15


 
Padang - Fenomena Halo Matahari yang terjadi di langit Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis, sejak pukul 10:00 hingga tengah hari, heboh dibicarakan di situs jejaring sosial facebook.
"Apakah ini suatu petanda?," tulis Sukri Umar pada "statusnya" di facebook.
"Ya salaam, matahari siang ini aneh," ungkap Fiona Clarisa pengguna facebook lainnya.
Lee Zhaa, justru merasa terkagum dan menganggap itu suatu kebesaran Tuhan sembari mengingatkan bahwa itu tidak ada kaitannya dengan bencana.
"Allahu Akbar. Cantiknya pesonamu, dan jangan lihat itu sebagai pertanda dari sebuah bencana, tetapi lihatlah sebagai tanda Keagungan-Nya," tulisnya.
Sejumlah pengguna facaebook, umumnya belum mengetahui fenomena alam yang terjadi karena efek dari sinar matahari terhadap kristal-kristal air yang menyebabkan terjadinya lingkaran yang menyerupai pelangi di sekelilingnya.
Bahkan, sejumlah foto-foto halo matahari tersebut juga di unggah ke situs karya Mark Zuckerberg itu.
 

Pengguna facebook juga mencoba memberitahukan kepada teman-teman yang lainnya bahwa terjadi fenomena alam yang berbeda daripada hari biasanya di Kota Padang.
"Liat matahari deh!," kata Prima di statusnya.
Sementara, fenomena matahari ini tidak dapat dilihat oleh warga di Padang Panjang dan Sawahlunto yang masih merupakan wilayah di Sumatera Barat.
"Cahaya matahari di Padangpanjang biasa-biasa saja siang ini, tapi di Padang terlihat lingkaran bulat besar mengelilingi matahari. Beberapa kawan telepon, berspekulasi tentang tanda-tanda gempa dan tsunami. Ah, saya kira warga kita sangat trauma dengan info-info yang tidak jelas," papar Muhammad Subhan pengguna facebook asal Padangpanjang, sekitar 50 kilometer dari kota Padang.
"Saya tidak melihat ada cincin matahari, yang ada hanya cahaya yang silau," ungkap Reza Desita dari Sawahlunto saat ditanya melalui fasilitas "chatting".
Kepala Seksi Informasi dan Observasi BKG Padang, Syafrizal, mengatakan fenomena halo matahari itu merupakan hal biasa dan tidak ada kaitannya dengan kemungkinan terjadinya gempa.
"Masyarakat diharap memahami hal itu, karena halo matahari merupakan fenomena alam yang tentu saja harus dijelaskan dengan sains," tambahnya

Currently have 1 komentar:

  1. Anonim says:

    Kalau Kata Kepala sdeksi informasi dan observasi bkg padang , bilang itu merupakan hal biasa dan tidak ada kaitannya dengan kemungkinan terjadinya gempa.Lain Lagi kata orang tua jaman dulu yang bilang kalo ini pertanda bencana : Maksudnya gini , dulu sebelum ada ilmu pengetahuan yang sudah maju , pertanda alam seperti ini merupakan input yang diterima orang-orang dulu sebagai informasi adanya proses perubahan alam , berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah . Jadi sebaiknya ilmu pengetahuan lokal itu sebenarnya punya fungsi sebagai masukan bagi masyarakat modern , toh science sekarang seperti tidak bisa memprediksi bencana secara akurat , tapi hanya bisa menganalisis .Sedangkan fenomena alam punya sistem early warning nya sendiri , semoga bisa jadi masukan bagi yang "memperhatikan".

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails