Latest News

Inilah Jendela ‘Pintar’ waktu Depan Buatan Para Peneliti

Sabtu, 24 September 2011 , Posted by beye at 11.43



dailymail.co.uk

INILAH.COM, Washington – Peneliti Amerika Serikat berhasil membuat jendela ‘pintar’ baru. Jendela canggih ini memiliki kemampuan luar biasa yang mampu menggantikan keberadaan AC. Seperti apa?

Jendela ini mampu menjadi gelap di hari yang panas & menjadi bening di hari yang dingin guna menangkap panas dari matahari. Fungsi menakjubkan tersebut jelas bissa menjadi ancaman untuk keberadaan AC karena bissa menghemat biaya.

Meski jendela semacam ini sudah ada dipasaran, price jendela yang ada dipasaran sangatlah mahal & kinerjanya dengan cepat menurun.

"Hal ini dikarenakan proses pembuatannya melibatkan zat kimia beracun," lanjut peneliti seperti termuat dalam jurnal American Chemical Society Nano.

Ho Sun Lim dari Massachusetts Institute of Technology & rekannya menggunakan polymer yang disebut sebagai ‘lawan ion’ & pelarut seperti methanol yang merupakan bahan murah serta tak berbahaya guna membuat jendela ‘pintar’ yang lebih stabil.

“Jendela bissa diubah sesuai selera dengan cepat & mudah dari 100% buram menjadi bening dalam hitungan detik,” ujarnya.

Sistem kendali sinar semacam ini bissa memberi pilihan baru berhemat biaya pemanasan, pendinginan & sinar yang bissa dilakukan cukup dengan mengatur sinar yang masuk ke dalam rumah, tutupnya seperti ditulis Dailymail.

sumber:http://teknologi.inilah.com/read/det…uatan-peneliti

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails