Latest News

Inilah 10 Figur Band Metal Berpenampilan Halloween

Kamis, 03 November 2011 , Posted by beye at 08.34

Halloween adalah salah satu tradisi populer. Tradisi yang mengemukakan tema – tema horor dalam perayaannya setiap tanggal 31 Oktober ini biasanya dirayakan dengan cara - cara seperti menonton film horor, mengunjungi tempat – tempat horor atau yang paling umum adalah mengenakan kostum horor yang unik. Pemakaian kostum Halloween menjadi ciri paling khas dari perayaan ini.

Mengenakan make-up seperti face paint, topeng, eyeshadow gelap adalah beberapa cara untuk tampil unik pada hari Halloween. Tapi bagi beberapa band metal, penampilan seperti ini sudah tak asing lagi. Bisa dibilang band – band ini merayakan Halloween sepanjang tahun lewat penampilan mereka onstage maupun offstage. Silakan cek band dan seniman metal berikut ini yang selalu tampil unique and scary, Hallowen comes year round.

10. BEHEMOTH

Band black metal Polandia ini sering mengenakan make up pucat dan pakaian kulit serba hitam. Berdiri sejak 1991, Adam “Nergal” Darski dkk konsisten dengan tampilan tersebut. Lirik lagunya banyak bertema tentang okultisme dan paganisme. Tahun 2007 sebuah komite yang banyak melakukan perlawanan terhadap sekte di Polandia sempat melaporkan BEHEMOTH kepada pihak berwajib karena vokalis Nergal merobek kitab Injil pada konser BEHEMOTH di kota Gdynia, Polandia pada September 2007.







9. MARILYN MANSON

Figur satu ini dikenal lewat tampilannya make-up pucat, eyeshadow gelap dan lipstik merah. Mantan jurnalis musik ini digambarkan oleh media sebagai sosok yang berpengaruh kurang baik bagi anak muda. Meski demikian, kontroversi terhadap lirik lagunya yang banyak bertema sentimen anti agama, sex, dan drugs justru menjadi daya tarik publik.













8. DIMMU BORGIR

DIMMU BORGIR adalah salah satu band black metal Norwegia yang lahir pada era gelombang kedua black metal (second wave of black metal) pada awal 90an di Norwegia. Nama DIMMU BORGIR sendiri memiliki arti “Kota – Kota Gelap” atau “Dark Cities”. Pada awalnya musik DIMMU BIORGIR banyak terpengaruh oleh band – band black metal Norwegia 90an seperti Mayhem, Darkthrone dan Emperor, yaitu sebuah patern black metal yang gelap, mentah dan dingin. Sejak awal 2000an DIMMU BORGIR mulai memasukkan unsur symphonic dalam musiknya lewat pengaruh musisi symphonic seperti Antonin Dvorak dan FredericChopin.







7. THE MISFITS

Riasan wajah putih pucat, dark eyeshadow dan pemakaian boot adalah gaya THE MISFITS sejak lama. Band hardcore punk ini sering memakai inspirasi dari film – film horor dan science fiction dalam lirik lagu maupun musiknya. Pada tahun 1998 majalah Rolling Stone menyebut mereka sebagai “Band Horor Punk Era 70an dan 80an.” Band ini juga disebut sebagai band yang menggabungkan punk rock dengan genre musik lain dengan penampilan horor.











6. KING DIAMOND

Salah satu senior speed metal Eropa yang sudah aktif sejak 1974. Dengan usia yang sudah tak muda lagi (55 tahun) pria bernama asli Kim Bendix Petersen ini masih terus mengenakan make-up face paint yang sudah menjadi ciri khasnya selama beberapa dekade. Album – albumnya bersama dua bandnya yang paling terkenal yaitu Mercyful Fate dan KING DIAMOND banyak disebut memiliki pengaruh terhadap perkembangan genre black metal, power metal, dan thrash metal. Ciri khas vokal rocker asal Denmark ini adalah tehnik falsettonya yang melengking tinggi.







5. MUSHROOMHEAD

Berasal dari Cleveland, Ohio, MUSHROOMHEAD menampilkan diri dengan menggunakan topeng – topeng yang dikenal dengan X Face logonya. Band alternative metal ini sempat terlibat perseteruan dengan Slipknot karena kemiripan topeng yang mereka kenakan. Meski demikian, vokalis MUSHROOMHEAD Waylon Reavis menyatakan bahwa kini perseteruan itu sudah selesai sejak kematian bassist Slipknot Paul Gray tahun lalu. Ini adalah bentuk penghormatan nereka terhadap kepergian bassist Slipknot tersebut.







4. KISS

Legenda rock satu ini sudah mengenakan make up face paint selama berpuluh – puluh tahun. Pengaruh penampilannya terhadap tradisi Halloween bisa dilihat di setiap kali perayaan tahunan ini diadakan. Akan selalu ada orang yang berdandan dengan gaya KISS pada malam Halloween tanggal 31 Oktober. Tahun 2009 lalu Rock Music Magazine menyebut KISS sebagai bentuk paling ekstrim dari hard rock pada tahun 1974.





















3. LORDI
LORDI terbentuk pada 1996 di Helsinki, Finlandia. Salah satu momentum terbaik LORDI adalah ketika mereka menjuarai Eurovision Song Contest 2006. Band ini tak mau tampil di muka umum tanpa kostum dan topengnya, bahkan dalam melakukan wawancara sekalipun, topeng tetap dipakai. Meski demikian, dalam beberapa kesempatan mereka sempat tertangkap kamera tanpa topeng seperti yang pernah dimuat dalam sebuah tabloid Finlandia, Ilta-Sanomat pada tahun 2006. Musik LORDI adalah hard rock dan heavy metal yang diselipi elemen shock rock.




2. SLIPKNOT

Slipknot menjadi nama yang biasanya mampir pertama kali di benak jika bicara tentang band bertopeng. Band asal Des Moines, Iowa ini memang sukses menggabungkan musik rock dengan efek kejut lewat topeng yang mereka kenakan yang dimaksudkan untuk membangkitkan reaksi dari publik. Vokalis Corey Taylor mengatakan bahwa itu adalah cara mereka untuk lebih akrab dengan musik. Perkusionis Chris Fehn pernah mengatakan bahwa adalah sebuah “berkah” karena mereka tidak dikenali oleh publik.







1. GWAR




GWAR adalah band yang tak tertandingi dalam urusan kostum dan penampilan yang bernuansa Halloween. Penampilan yang bersumber dari pengaruh film horor dan sci-fi banyak dipakai oleh band asal Richmond, Virginia ini. Kostum yang dipakai GWAR banyak terbuat dari latex, styrofoam dan karet. Meski berpenampilan sangar, Band yang terbentuk pada 1984 ini juga sering mengangkat tema humor dalam musik mereka. Biasanya dalam bentuk humor sindiran terhadap politik dan moral.












Tentu masih banyak band atau musisi lain yang berpenampilan horor dan unik selain yang tertulis di atas. Ambil contoh adalah Alice Cooper dan Arthur Brown atau penampilan band – band black metal seperti Hellhammer, Immortal, Gorgoroth dan Satyricon.





Tema horor dengan penggunaan make up pucat, pakaian kulit serba hitam, topeng menakutkan dan sebagainya memang telah menjadi bagian perkembangan musik metal dari jaman ke jaman. Itu adalah subcultur dari musik metal itu sendiri. Lalu siapa band berpenampilan horor favorit anda? (azraeldana)

Sumber: http://www.rockenblast.com/2011/10/10-band-dan-musisi-metal-dengan.html#ixzz1celv8n84

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails