Latest News

Hujan Meteor Lyrid Terjadi di Akhir Pekan Ini 22 April 2012

Minggu, 22 April 2012 , Posted by beye at 10.30








Jakarta --Musim hujan meteor kembali datang. Kali ini bintang jatuh bermunculan dari arah rasi Lyra. 

Hujan meteor Lyrid akan berpuncak pada Sabtu dan Minggu dini hari, 21-22 April 2012, atau bertepatan dengan waktu libur kerja. Waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena langka ini adalah pukul 01.00-04.00 waktu setempat dan bisa disaksikan dari seluruh Indonesia.

Pertunjukan langit kali ini akan menjadi salah satu yang terbaik sepanjang tahun. Hujan meteor bertepatan dengan fase bulan mati sehingga cahaya bulan tak akan menghalangi kenampakan meteor. 

Jumlah meteor yang terlihat juga cukup banyak yaitu 20 meteor per jam. "Artinya, rata-rata satu meteor setiap tiga menit," ujar Richard Talcott, penulis dari majalah Astronomy.

Hujan meteor Lyrid mulai tampak sejak pertengahan April. Pada tahap awal, hanya terlihat satu meteor setiap jam. Jumlah ini terus meningkat setiap hari dan mencapai puncaknya pada tanggal 21 dan 22 April. Setelah mencapai puncak, jumlah meteor akan kembali menurun. Hujan meteor Lyrid akan berakhir pada tanggal 25 April 2012.

Untuk mengetahui posisi rasi Lyra, pengamat cukup melihat ke arah timur laut (pertengahan arah timur-utara). Pada daerah tersebut, sebuah bintang bersinar terang. Bintang tersebut adalah Vega, yang paling terang di rasi Lyra
.

TEMPO.CO

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails