Latest News

Oar Fish - ikan misterius

Sabtu, 16 Januari 2010 , Posted by beye at 22.32



pernah dengar oar fish?
kalo ga tau,oar fish merupakan hewan yang aneh :) untuk lebih lengkapnya coba baca di bawah ini :)

jaman dahulu, kendaraan seperti motor dan mobil belum tercipta , para penjelajah,menjelajahi dunia ini dengan kapal laut yang diciptakan dari kayu (era maritim). Dan sejak pada saat itulah muncullah legenda monster-monster laut yang unik.benarkak monster laut itu ada/hidup ? ataukah hanya cerita sang pelaut yang sedang berbohong? Walaupun sains belum bisa menentukan secara pasti identitas monster-monster tersebut, tapi paling tidak ada beberapa tersangka utama yang bisa dipertimbangkan. Ini salah satunya, Regalecus Glesne atau Oarfish.

coba sahabat perhatikan fotonya, aku fikir kalian tidak akan bingung/heran melihat makhluk ini sering disangka sebagai monster atau ular laut oleh para pelaut.

mahluk tersebut termasuk dalam kategori ikan rare(langka) dan amat jarang terlihat. (Saking langkanya sehingga ikan ini tidak pernah tertangkap kamera dalam keadaan hidup hingga tahun 2001).

ikan tersebut masuk dalam family Regalecidae yang mempunyai 4 spesies. Salah satu spesiesnya, Regalecus Glesne, yang sedang kita bicarakan sekarang ini, ikan jenis ini pernah masuk ke dalam Guinnes Book of World Record (karena ikan tersebut pernah ditemukan seekor yang hidup dengan panjang tubuh hingga 11 meter wow).


Makanannya ikan tersebut adalah plankton dan aneka makhluk laut kecil lainnya. Ia dapat hidup pada kedalaman 1.000 meter(di bawah laut). uniknya, ikan ini tidak memiliki sisik. badan ikan ini hanya diselimuti oleh semacam membran yang disebut guanine.






























Ikan ini memiliki sirip tunggal berwarna merah. Namun ketikan ini suka sendiri namun jika ikan ini dalam keadaan sakit atau sekarat, sepertinya sang penyendiri ini tidak ingin mati dalam kesepian. Jadi ia naik ke atas permukaan laut dan bertahan disitu hingga mati.( Mungkin untuk menarik perhatian para pelaut, atau hanya ingin memandang matahari untuk terakhir kalinya).

Para pelaut masa lampau mungkin telah melihat ikan ini di permukaan dan mempersepsikannya sebagai monster laut(sea monster). contohnya, pada tahun 1860, ketika seekor Oarfish sepanjang 5 meter terdampar di pantai Bermuda, para penduduk segera mengkaitkannya dengan monster laut yang luar biasa.

Walaupun ilmu pengetahuan sudah dapat membuka tabir ikan aneh dan unik ini, tapi saya pikir, setiap manusia yang pertama kali melihat ikan aneh dan unik ini akan takjub dan heran, sama seperti ketika aku melihatnya untuk pertama kali.ikan paus juga termasuk monster loh :)(menurut pelaut jaman dahulu karena langka and ukurannya
).

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails