Latest News

Kota dalam Gedung TERBESAR di Dunia

Kamis, 09 Desember 2010 , Posted by beye at 16.09

Sudah baca mengenai Ultima Tower ? (anda dapat membacanya di sini ). Pada Ultima Tower, Eugene Tsui telah merancang bangunan yang luar bisa dahsyat besarnya. Karena begitu besarnya bangunan ini, Ultima Tower akan memiliki beberapa tingkat “langit” di dalamnya. Di setiap langitnya akan ada kota -kota kecil, sungai, danau, serta sawah dan perkebunan. Taxi, dan angkutan lain juga akan tersedia di setiap langitnya sebagai sarana transportasi horizontal. Singkatnya, dengan lengkapnya ekosistem yang dimiliki oleh Ultima Tower, mungkin manusia yang hidup di dalamnya sudah tidak perlu ke luar bangunan ini lagi seumur hidupnya.


Ultima Tower memang masih hanya berupa rancangan saja, sebab sejauh ini belum ada pihak yang mau mendanai pembangunannya. Namun sepertinya Russiajuga berniat membangun bangunan yang memiliki konsep serupa dengan Ultima Tower, yaitu kota di dalam gedung.


Bangunan yang diberi nama Crystal Island ini akan berbentuk pulau seluas 2.500.000 meter persegi dan tinggi 1500 kaki. Bangunan ini akan menjadi tempat tinggal bagi 30.000 manusia dengan 3000 kamar hotel, dan 900 apartemen. Di dalamnya juga akan terdapat beberapa museum, teater, bioskop, perkantoran, dan pertokoan. Selain itu, kota mini ini juga akan memiliki sekolah internasional yang dapat menampung hingga 500 murid.


Kemiripan lainnya dengan Ultima Tower adalah kemampuannya untuk menghasilkan energi dari sumber-sumber yang ramah lingkungan. Crystal Tower akan mampu menyerap energi matahari melalui dindind-dinding bagian luarnya. Selain itu listrik juga dapat diproduksi dengan cara menangkap angin yang melewati bangunan besar ini.

Crystal Tower juga tidak memiliki masalah sama sekali dengan sistem pencahayaan dan ventilasi. Cahaya matahari dapat masuk dengan bebas hingga ke pusat gedung. Udara segar juga akan selalu mengalir ke seluruh ruangan yang ada dalam bangunan besar ini.

Walaupun tidak sebesar dan sedahsyat Ultima Tower, namun Crystal Tower ini juga bisa dibilang “dahsyat!” (^_^). Bahkan sedahsyat apapun Ultima Tower, masih tetap lebih dahsyat Crystal Tower. Sebab sejauh ini Ultima Tower masih hanya berupa konsep yang hanya ada di atas kertas, sedangkan Crystal Tower sudah mulai akan dibangun di Moscow dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Crystal Tower dirancang oleh Foster & Partners, dan diperkirakan akan menghabiskan biaya hingga US$ 4.000.000.000 (atau sekitar Rp 38.000.000.000.000,-).




sumber :http://ooyi.wordpress.com/2008/10/29/kota-dalam-gedung-terbesar-di-dunia/

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails