Latest News

Meteorit Hoba, Meteorit Terbesar Yang Pernah Ditemukan Di Bumi

Kamis, 27 Januari 2011 , Posted by beye at 20.37

Meteorit Hoba terletak di peternakan "Hoba West", tidak jauh dari Grootfontein, di Wilayah Otjozondjupa Namibia.


Hal ini ditemukan oleh petani Jacobus Hermanus Brits saat mengolah salah satu bidang pertaniannya,  tahun 1920 ketika ia membajak dengan lembu tanpa sengaja bajak nya tersangkut.  
Meteorit digali segera setelah namun karena itu begitu besar - sekitar 60 ton - tidak pernah dipindahkan.
Meteorit Hobe bukan hanya meteorit terbesar yang diketahui tetapi juga bagian yang terjadi secara alamiah , sebagian besar mengandung besi alami . 

Meteorit Hoba diperkirakan telah mendarat kurang dari 80.000 tahun yang lalu. Anehnya, meteorit tidak meninggalkan kawah 
Hal ini dispekulasikan bahwa meteorit itu memasuki atmosfer bumi pada sudut yang sangat dangkal, diperlambat oleh suasana ke titik yang jatuh ke permukaan pada kecepatan terminal, sehingga tersisa utuh dan menyebabkan sedikit bekas.  
Meteorit ini tidak seperti meteorit kebanyakan yang rata di hampir semua sisnya , mungkin menyebabkan ia telah melewatkan di bagian atas atmosfer batu datar yang dilemparkan dan meloncat di atas air.
Meteorit berukuran 8 kaki 9 inchi .Pada tahun 1920 berat meteorit diperkirakan 66 ton.Erosi, sampling ilmiah dan vandalisme telah mengurangi massa meteorit selama bertahun-tahun menjadi 60 ton .Tanda gergaji besi dapat dikenali dengan mudah di banyak tempat di permukaan meteorit.
Dalam upaya untuk mengendalikan vandalisme, meteorit Hoba dinyatakan sebagai Monumen Nasional pada tahun 1955. Namun, perusakan meteorit terus terjadi sampai Foundation Rössing mendanai restorasi secara menyeluruh dan pelestarian meteorit itu pada tahun 1988.  
Di tahun itu, pusat wisata itu dibuka di situs Meteorit berada.Untuk biaya masuk yang kecil besi Hoba dapat dikunjungi, disentuh dan bahkan dinaiki untuk pemotretan foto spektakuler. Meteorit Hoba sekarang dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahun. 


Lihat lebih dekat gambar meteorit yang menunjukkan tanda Hoba, goresan dan tanda-tanda vandalisme







Sekelompok ahli geologi Jerman di Hoba, kembali pada tahun 1929
Awal perjalanan mengunjungi Hoba terkena meteorit, sekitar 1955

1960 Meteorit Hoba: Foto sebelum pelestarian, 1960

Sumber :12 

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails