Latest News

Teknologi Light Peak buatan Intel, diklaim sebagai pengganti Teknologi USB

Jumat, 12 November 2010 , Posted by beye at 19.25


Beberapa waktu lalu Intel sempat gembar-gembor dengan proyek terbaru mereka yang dianggap sebagai perubahan teknologi komputer. Proyek yang mereka bicarakan adalah sebuah teknologi bernama Light Peak.

Intel mengklaim bahwa teknologi Light Peak yang sedang mereka bangun ini, akan mampu menggantikan teknologi USB terbaru yaitu USB 3.0 hanya dalam jangka waktu antara 1-2 tahun saja.

Lalu apakah sebenarnya Teknologi Light Peak yang dibuat oleh Intel ini?

Teknologi Light Peak ini tidak lain adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem transfer data ke perangkat portable atau sering disebut sebagai removable devices. Teknologi ini pada intinya memiliki fungsi yang sama dengan teknologi USB, namun yang membedakannya adalah USB menggunakan sinyal listrik sedangkan Light Peak menggunakan sinar.

Light Peak ini adalah sebuah perangkat fiber optik yang menggunakan chip controller dan modul optik untuk melakukan transfer data. Cara kerjanya dalam transfer data juga cukup sederhana, dimana sinyal listrik dirubah ke bentuk sinar dan kemudian diterima oleh sebuah sensor lalu dikembalikan lagi menjadi sinyal listrik.

Intel berani meng-klaim bahwa teknologi Light Peak yang sedang mereka kembangkan ini akan mampu memiliki kecepatan 2x lebih cepat dari teknologi USB 3.0 atau sekitar 10Gbps atau bahkan sampai 100Gbps sesuai dengan pengembangan yang mereka lakukan. Tentu saja dengan kecepatan transfer segila ini, isi file yang disetarakan dengan blue-ray disc hanya membutuhkan waktu sekitar setengah menit saja untuk melakukan transfer dengan menggunakan teknologi Light Peak ini!

kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails