Latest News

Ilmuwan Temukan 'Senjata' Pemurni Air

Jumat, 24 Juni 2011 , Posted by beye at 21.05

Ilmuwan Australia mengaku berhasil menemukan ‘senjata’ ampuh untuk memurnikan air minum di dunia. ‘Senjata’ ini lima kali lebih efisiesn memurnikan air dunia. Apa itu?

Ilmuwan Australia mengatakan, pasir biasa bisa digunakan memurnikan air minum di seluruh dunia. Menariknya, ilmuwan mengaku, pasir biasa bisa diubah menjadi ‘pasir super’ yang memiliki kemampuan lima kali lipat lebih efisien dalam memurnikan air minum dunia.


Hasil riset yang diterbitkan di Applied Materials & Interfaces ini menyatakan, pasir bisa menjadi solusi murah di negara berkembang tempat miliaran orang kekurangan air minum bersih. Pasir telah lama digunakan sebagai pemurni air selama lebih dari enam ribu tahun.World Health Organization (WHO) sendiri menggalakkan penggunaan pasir untuk tujuan ini. Peneliti Mainak Majumder dan rekannya pun meneliti grafit oksida dan menemukan, materi ini bisa digunakan meningkatkan kemampuan filtrasi pasir dengan efisien.Bulir pasir yang dilapisi grafit oksida menghasilkan ‘pasir super’ yang mampu menghilangkan merkuri dan kontaminan lain pada air. Sementara pasir biasa tercemar merkuri setelah 10 menit filtrasi, pasir super mampu menyerap besi berat itu selama lebih dari 50 menit.“Kemampuan filtrasi pasir super bisa disandingkan karbon yang telah teraktivasi yang dijual secara komersil. Menguntungkannya, biaya yang dibutuhkan membuat pasir super tak mahal,” tutup ilmuwan.


kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails