Latest News

Pesawat yang 4 Kali Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

Senin, 20 Juni 2011 , Posted by beye at 19.34

Butuh dua jam terbang dari London ke Tokyo. Selain itu, pesawat ini bebas polusi, dan tak lebih berisik dibandingkan pesawat saat ini. Namun pesawat ini baru akan jadi 40 tahun lagi.
Naik Pesawat ZEHST, Berkecepatan Suara!
Rencana pembuatan jet penumpang hipersonik ini dipamerkan kemarin. Laju 5.030 km/jam membuat pesawat ini empat kali lebih cepat dari kecepatan suara atau yang dikenal dengan Mach 4. Pesawat ini disebut sebagai keturunan dari Concorde.
Artinya, baling-baling pesawat ini ditenagai campuran hidrogen dan oksigen yang membuat emisi yang dihasilkan hanya berupa air. Proyek yang dikembangkan Airbus ini dipamerkan sebelum pembukaan resmi Paris Air Show, kemarin.
Pesawat ini mampu menampung 100 penumpang. Pesawat ini akan menggunakan mesin jet konvensional yang membuatnya tak akan menghasilkan ‘ledakan sonik’ seperti pada Concorde.
Saat terbang, pesawat yang dijuluki ZEHST (Zero Emission Hypersonic Transportation) ini mampu terbang dari London ke Malaga, Spanyol, dalam 20 menit.
Seperti dikutip dari Inilah, Direktur Inovasi dan Teknologi EADS (anak perusahaan Airbus) Jean Botti mengatakan, “Pesawat ini bukan Concorde, namun serupa Concorde. Artinya, aerodinamis dari 1960-an menunjukkan hal yang sudah canggih. Pesawat ini akan terbang di atas atmosfer.”
Saat di atas atmosfer, tak seorang pun bisa mendengar dan kami telah mengerjakan proyek ini cukup lama, lanjutnya. Tak seperti pesawat konvensional lainnya, pesawat ini akan ditenagai biofuel dari rumput laut yang membuatnya menjadi pesawat paling ramah lingkungan di dunia.
Menurut editor transportasi Flight International David Kaminski-Morrow, “Konsep kendaraan ini sangat luar biasa dan masih dalam batas kemampuan. Teknologinya tersedia. Kendalanya terletak pada pendanaan. Butuh miliaran dolar untuk membuat pesawat ini.”

kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails