Latest News

“WATSON” Super Komputer terpilih menjadi “Person Of The Year”

Rabu, 22 Juni 2011 , Posted by beye at 19.39


Kalo dalam bayangan kita, Person of the year itu merupakan sosok seseorang yang sangat berpengaruh pada suatu hal atau bidang tertentu. Tapi dalam suatu penghargaan dalam bidang internet, person of the year justru dimenangkan oleh super komputer milik IBM yang diberi nama “Watson“. Lebih lengkapnya bisa di lihat dalam berita ini:
NEW YORK, KOMPAS.com — Kalau dunia industri perfilman di Holywood memiliki penghargaan Oscar, maka di dunia internet ada Webby Awards. Ada hampir 70 kategori penghargaan yang diberikan dan penghargaan khusus.
Sebagian sudah sangat dikenal, termasuk di Indonesia. Groupon yang mendapat Webby Breakout of the Year. Dropbox memenangkan penghargaan kategori Best Practices. Adapun situs National Geographic menang untuk kategori Best Use of Photography. Di luar itu, TechCrunch dan Engadget juga dapat penghargaan.
Penyelenggara juga memberikan penghargaan khusus untuk sejumlah tokoh yang dinilai berjasa dalam pengumuman Webby Awards ke-15 tahun ini yang dilaksanakan pada Senin (13/6/2011) malam di New York, AS. Misalnya penghargaan Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Martin Cooper, penemu telepon seluler.
Bahkan penghargaan Webby Person of the Year tahun ini sangat unik karena jatuh kepada Watson. Ia bukan nama orang, melainkan nama superkomputer buatan IBM yang belum lama memenangkan kuis televisi Jeopardy dan mengalahkan manusia.
Bahkan, Watson sempat memberikan testimoni saat diumumkan sebagai penerima penghargaan. “Person of the year, ironic,” kata Watson. Sebagai komputer yang cerdas, Watson memang diciptakan oleh para insinyur di IBM untuk bisa mengolah data dan informasi suara serta menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya.
Komentar Watson pun langsung dipuji Lisa Kudrow, artis yang menjadi pembawa acara malam itu. Sambil bergurau, Lisa Kudrow menyarankan agar mesin tersebut berkencan dengan iPad agar lebih gaya.
Penghargaan buat Watson tentu menjadi hadiah tersendiri bagi IBM. Pasalnya, perusahaan teknologi tersebut akan berhari jadi tepat ke-100 pada Kamis (16/6/2011).
Webby Award juga memberikan penghargaan kepada Ushahidi.com, situs yang melaporkan peristiwa kebrutalan di Kenya secara kronologis. Angry Birds juga didapuk sebagai mobile gameterbaik. Selain penghargaan terbaik yang dipilih juri, juga diberikan penghargaan atas pilihan pengguna internet. Daftar lengkapnya dapat dilihat di situs Webby Awards 2011.
Sumber :http://tekno.kompas.com/read/2011/06/15/15310411/Superkomputer.Watson.Terpilih.Menjadi.Person.of.the.Year.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails