Latest News

Foto Matahari Tampak Sangat Dekat Diambil Oleh NASA

Posted by beye on Sabtu, 24 April 2010 , under | komentar (0)



Inilah foto yang sangat mengagumkan keindahan pancaran Matahari dari jarak yang lebih dekat diabadikan oleh NASA, sungguh sangat menakjubkan. Kita tidak bisa bayangkan betapa panasnya pancaran surya dengan energi 100 megaton ledakan hidrogen Plasma tersebut. Bahkan suhunya diperkirakan mencapai puluhan juta derajat celsius.
Matahari dari dekat (Klik untuk memperbesar)

Foto ini sendiri diambil oleh Dynamics Solar Observatory (SDO), yang merupakan wahana paling canggih yang pernah dirancang untuk mempelajari Matahari. Anda bisa lihat betapa indahnya lidah lidah api yang menjilat jilat tinggi memancarkan cahaya indah namun sangat teramat panas tentunya.

Pemandangan matahari paling menakjubkan terlihat dari dekat

Selama lima tahun misi SDO akan memeriksa medan magnet matahari dan juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran Matahari bermain di kimia atmosfer dan iklim Bumi. Menurut Sejak peluncuran insinyur telah melakukan pengujian dan verifikasi dari komponen pesawat ruang angkasa. Observatorium ini akan meng-upload data 1,5 terabyte hari, sama dengan 500.000 lagu pada pemutar MP3.

Gambar matahari tampak lebih dekat

Seperti diberitakan Mail Online, menyebutkan bahwa Richard Fisher, direktur divisi heliophysics NASA, mengatakan satelit itu beroperasi sempurna. Ini membawa tiga paket instrumen, yang dibangun oleh Universitas Colorado Laboratorium Fisika Atmosfer dan Antariksa dan dua dibangun oleh Lockheed Martin di Palo Alto, California. Informasi ini diharapkan untuk belajar tentang kerusakan jilatan api matahari yang dapat dilakukan untuk satelit komunikasi dan pasokan listrik.

Apa Rahasia di balik Gerakan Shalat?

Posted by beye on , under | komentar (0)





Setiap gerakan shalat yang dicontohkan Rasulullah SAW sarat akan hikmah dan manfaat. Syaratnya, semua gerak tersebut dilakukan dengan benar, tumaninah, serta dilakukan secara istikamah.

Suatu ketika Rasulullah SAW berada di dalam Masjid Nabawi, Madinah. Selepas menunaikan shalat, beliau menghadap para sahabat untuk bersilaturahmi dan memberikan tausiyah. Tiba-tiba, masuklah seorang pria ke dalam masjid, lalu melaksanakan shalat dengan cepat.

Setelah selesai, ia segera menghadap Rasulullah SAW dan mengucapkan salam. Rasul berkata pada pria itu, "Sahabatku, engkau tadi belum shalat!"

Betapa kagetnya orang itu mendengar perkataan Rasulullah SAW. Ia pun kembali ke tempat shalat dan mengulangi shalatnya. Seperti sebelumnya ia melaksanakan shalat dengan sangat cepat. Rasulullah SAW tersenyum melihat "gaya" shalat seperti itu.

Setelah melaksanakan shalat untuk kedua kalinya, ia kembali mendatangi Rasulullah SAW. Begitu dekat, beliau berkata pada pria itu, "Sahabatku, tolong ulangi lagi shalatmu! Engkau tadi belum shalat."



Lagi-lagi orang itu merasa kaget. Ia merasa telah melaksanakan shalat sesuai aturan. Meski demikian, dengan senang hati ia menuruti perintah Rasulullah SAW. Tentunya dengan gaya shalat yang sama.

Namun seperti "biasanya", Rasulullah SAW menyuruh orang itu mengulangi shalatnya kembali. Karena bingung, ia pun berkata, "Wahai Rasulullah, demi Allah yang telah mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak bisa melaksanakan shalat dengan lebih baik lagi. Karena itu, ajarilah aku!"

"Sahabatku," kata Rasulullah SAW dengan tersenyum, "Jika engkau berdiri untuk melaksanakan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah Al-Fatihah dan surat dalam Alquran yang engkau pandang paling mudah. Lalu, rukuklah dengan tenang (thuma'ninah), lalu bangunlah hingga engkau berdiri tegak. Selepas itu, sujudlah dengan tenang, kemudian bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang. Lakukanlah seperti itu pada setiap shalatmu."

Kisah dari Mahmud bin Rabi' Al Anshari dan diriwayatkan Imam Bukhari dalam Shahih-nya ini memberikan gambaran bahwa shalat tidak cukup sekadar "benar" gerakannya saja, tapi juga harus dilakukan dengan tumaninah, tenang, dan khusyuk.

Kekhusukan ruhani akan sulit tercapai, bila fisiknya tidak khusyuk. Dalam arti dilakukan dengan cepat dan terburu-buru. Sebab, dengan terlalu cepat, seseorang akan sulit menghayati setiap bacaan, tata gerak tubuh menjadi tidak sempurna, dan jalinan komunikasi dengan Allah menjadi kurang optimal. Bila hal ini dilakukan terus menerus, maka fungsi shalat sebagai pencegah perbuatan keji dan munkar akan kehilangan makna. Karena itu, sangat beralasan bila Rasulullah SAW mengganggap "tidak shalat" orang yang melakukan shalat dengan cepat (tidak tumaninah).

Hikmah gerakan shalat
Sebelum menyentuh makna bacaan shalat yang luar biasa, termasuk juga aspek "olah rohani" yang dapat melahirkan ketenangan jiwa, atau "jalinan komunikasi" antara hamba dengan Tuhannya, secara fisik shalat pun mengandung banyak keajaiban.

Setiap gerakan shalat yang dicontohkan Rasulullah SAW sarat akan hikmah dan bermanfaat bagi kesehatan. Syaratnya, semua gerak tersebut dilakukan dengan benar, tumaninah serta istikamah (konsisten dilakukan).

imageDalam buku Mukjizat Gerakan Shalat, Madyo Wratsongko MBA. mengungkapkan bahwa gerakan shalat dapat melenturkan urat syaraf dan mengaktifkan sistem keringat dan sistem pemanas tubuh. Selain itu juga membuka pintu oksigen ke otak, mengeluarkan muatan listrik negatif dari tubuh, membiasakan pembuluh darah halus di otak mendapatkan tekanan tinggi, serta membuka pembuluh darah di bagian dalam tubuh (arteri jantung).

Kita dapat menganalisis kebenaran sabda Rasulullah SAW dalam kisah di awal. "Jika engkau berdiri untuk melaksanakan shalat, maka bertakbirlah."

Saat takbir Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya ke atas hingga sejajar dengan bahu-bahunya (HR Bukhari dari Abdullah bin Umar). Takbir ini dilakukan ketika hendak rukuk, dan ketika bangkit dari rukuk.

Beliau pun mengangkat kedua tangannya ketika sujud. Apa maknanya? Pada saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, maka otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita, sehingga keseimbangan tubuh terjaga.

"Rukuklah dengan tenang (tumaninah)." Ketika rukuk, Rasulullah SAW meletakkan kedua telapak tangan di atas lutut (HR Bukhari dari Sa'ad bin Abi Waqqash). Apa maknanya? Rukuk yang dilakukan dengan tenang dan maksimal, dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai syaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di pungggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran syaraf memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan syaraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata mengharap ke tempat sujud.

"Lalu bangunlah hingga engkau berdiri tegak." Apa maknanya? Saat berdiri dari dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah, sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga syaraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah pingsan secara tiba-tiba.

"Selepas itu, sujudlah dengan tenang." Apa maknanya? Bila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen ke otak atau kepala, termasuk pula ke mata, telinga, leher, dan pundak, serta hati. Cara seperti ini efektif untuk membongkar sumbatan pembuluh darah di jantung, sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisasi.

"Kemudian bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang." Apa maknanya? Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem elektrik serta syaraf keseimbangan tubuh kita. Selain dapat menjaga kelenturan syaraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Subhanallah!

Masih ada gerakan-gerakan shalat lainnya yang pasti memiliki segudang keutamaan, termasuk keutamaan wudhu. Semua ini memperlihatkan bahwa shalat adalah anugerah terindah dari Allah bagi hamba beriman. Wallaahu a'lam.

Sejarah Asal Mulanya Yahoo

Posted by beye on , under | komentar (0)




Jauh sebelum, blog, Facebook, Wikipedia, dan lainnya, Yahoo! sudah berdiri pada tahun 1994. Ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik, David Filo dan Jerry Yang, mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web. Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.


Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Pada awalnya, Yahoo! hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku). Yahoo! datang dengan yang sekarang sangat jelas gagasan untuk mengkategorikan dan daftar semua situs utama di World Wide Web masih muda. Perlu diketahui bahwa mesin pencari baru saja datang di tempat kejadian pada pertengahan 1990-an. Yahoo! cepat menjadi pemain utama di internet yang baru lahir. Nama Yahoo! menjadi begitu identik dengan Internet yang bahkan merek melahirkan majalah cetak, "Yahoo! Internet Life."


Maret 1995, Yahoo! mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, juga bekerjasama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Perusahaan tersebut setuju mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta.


Pertumbuhan potensial mereka pun cepat karenanya. Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell's Divisi konsumen Word Perpect sebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd dan
Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang.


Panduan Yahoo dengan pantas menjadi popular sebagai jejak popular bagi pengunjung Web Internet berguna. Pada tahun 1994, Yahoo mencapai akses sejuta sehari, yaitu hampir 100 ribu Pengunjung Website tesrsebut. Kini Yahoo merupakan salah satu Web Favorite yang di akses di internet, menerima melebihi 345 juta pengunjung setiap bulan. Kini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya.

Kisah Nyata Pejuangan Hidup Anak-anak yang Mengagumkan

Posted by beye on , under | komentar (0)



Kisah perjuangan 7 anak kecil yang bener-benar telah membuatku terharu...bagaimana seorang anak memperjuangkan hak-hak nya untuk tetap bisa diterima dilingkungan masyarakat karena mengidap HIV...sungguh suatu perjuangan yang layak mendapat apresiasi...bener-bener mengharukan....baca detailnya dibawah....

1.Nkosi Johnson,1989 - 2001
lahir pada tahun 1989 di johanesburg.ia tidak pernah tahu ayahnya.Nkosi telah Mengidap HIV positif semenjak lahir,dia diadopsi oleh Gail johnson.Nkosi johnson mulai memjadi perhatian publik pada tahun 1997,ketika sebuah sekolah dasar dikota melville johannesburg menolak untuk menerimanya sebagai murid dikarenakan penyakit HIV-positif yang dia derita.kejadian tersebut menyebabkan kehebohan ditingkat tertinggi politik afrika selatan,konstitusi melarang deskriminasi atas dasar status medis.Nkosi adalah inti pembicaraan di 13 Konferensi AIDS Internasional, di mana ia mendorong korban AIDS yang akan terbuka tentang penyakit dan untuk mendapatkan perlakuan yang sama.ini adalah cuplikan kata sambutan Nkosi:

"kita semua manusia yang sama, Kami memiliki tangan, Kami memiliki kaki, Kami dapat berjalan, kami dapat berbicara, kami memiliki kebutuhan seperti orang lain,jangan takut kepada kami,karena kita semua sama"
Nelson Mandela menyebut Nkosi sebagai "ikon perjuangan untuk hidup".

Bersama dengan ibu angkat, Nkosi mendirikan sebuah tempat perlindungan HIV positif untuk ibu dan anak-anak mereka, Nkosi Haven's, di Johannesburg.Pada bulan November 2005, Gail mewakili Nkosi ketika ia menerima Hadiah Perdamaian internasional anak dari tangan Mikhail Gorbachev. Nkosi's Haven menerima US $ 100.000 hadiah uang dari Yayasan KidsRights serta patung yang telah menamai Nkosi di Nkosi Johnson's kehormatan.kehidupan nkosi adalah subjek dari buku Kami oleh Jim Woote.


2.Hector Pieterson,1964 - 1976
Hector Pieterson (1964 - 16 Juni 1976) menjadi ikon gambar pada tahun 1976 tentang pemberontakan apartheid di Afrika Selatan ketika berita foto oleh Sam Nzima tentang kematian Hector yang sedang digendong oleh temannya, telah diterbitkan di seluruh dunia. Dia dibunuh pada usia 12 tahun ketika polisi menembaki siswa yang berunjuk rasa. 16 juni berdiri sebagai simbol perlawanan terhadap kekejaman dari pemerintah apartheid. Saat ini, diketahui sebagai Hari Nasional Pemuda - sehari di Afrika Selatan yang menghormati kaum muda dan membawa perhatian terhadap kebutuhan mereka.

16 juni 2002,telah diresmikan sebuah museum Hector Pieterson di dekat tempat dia di Orlando Barat.
gambar dibawah adalah Sam Nzima 16 juni 1976 foto dari Mbuyisa Makhubo membawa Hector Pieterson, diiringi oleh Hector's saudara, Antoinette.



3.Iqbal Masih,1982 – 1995
Iqbal Masih adalah seorang anak laki-laki Pakistan umur 4 tahun yang telah dijual ke industri karpet sebagai budak dengan harga US$12. Dia disuruh bekerja selama dua belas jam perhari. Karena jam kerja yang lama dan keras,kurang makanan dan perawatan, Iqbal memiliki tubuh yang sangat kecil. Pada usia dua belas tahun, Iqbal bertubuh tak layaknya anak laki-laki yang baru berusia 6 tahun. Pada usia 10 tahun, dia melarikan diri dari perbudakan brutal dan kemudian bergabung dengan Front Pembebasan Buruh bond Pakistan untuk membantu menghentikan pekerja anak di seluruh dunia,iqbal meolong lebih dari 3.000 anak Pakistan lepas dari perburuhan,escape to freedom.

Dia telah dibunuh pada hari Minggu Easter 1995. Diduga oleh banyak pihak bahwa ia telah dibunuh oleh anggota "Carpet Mafia" karena ia membawa publisitas terhadap pekerja anak di industri.

Pada tahun 1994, Iqbal telah dianugerahkan Reebok Human Rights Award. Pada tahun 2000, ketika Hadiah untuk Hak-hak Anak dibentuk, dia diberikan hadiah ini sebagai salah satu laureates.


4.Thandiwe Chama,1991
thandiwe Chama adalah gadis Zambia berusia 16 tahun,dia memperoleh scooped the 2007 International Children’s menyingkirkan 28 nominasi lainnya dari seluruh dunia.hadiah yang prestasius tersebut diberikan kepada thandiwe pada hari minggu oleh pemenang hadiah nobel perdamaian betty williams and Live8 inisiator,sir bob geldof.hadiah berupa patung "the Nkosi" dan uang sebesar 100.000 Euro.

Pada tahun 1999 ketika thandiwe berusia 8 tahun,sekolahnya ditutup karena tidak ada guru,thandiwe beserta 60 anak lainnya berjalan mencari sekolah lainnya.akhirnya semua anak-anak tersebut ditampung di the Jack Cecup School.diperkuat dengan prestasinya,thandiwe selalu meneriakkan tentang hak-hak anak sekolah untuk mendapatkan pendidikan yang layak.thandiwe terus bersuara,misalnya dengan berbicara didepan gereja tentang anak-anak dan AIDS,tetapi masalah tidak selalu mudah dibahas di gereja.bersama dengan temannya dia menulis dan mengilustrasi sebuah buku yang berjudul "the chicken with AIDS" yang menceritakan tentang kisah anak-anak penderita AIDS.

"Ini sangat penting untuk mengetahui bahwa anak juga mempunyai hak. Di sekolah saya belajar tentang hak. Dan kemudian saya tahu bahwa ini adalah sesuatu yang ingin saya untuk memerangi. Karena jika anak-anak telah diberi kesempatan, mereka yakin dapat berkontribusi di dunia ini membuat tempat yang lebih baik. "- Thandiwe Chama

5.Om Prakash Gurjar,1992
Pada usia lima tahun,dia diambil dari orang tuanya dan bekerja diladang selama 3 tahun.setelah itu dia menjadi aktivis di Bachpan Bachao Andolan,dia berkampanye tentang pendidikan gratis di rajasthan.dia kemudian membantu mendirikan sebuah network yang dikenal dengan nama "child friendly villages”,tempat anak-anak yang dihormati dan hak-hak pekerja anak tidak diperbolehkan. Dia juga mengatur network yang bertujuan untuk memberikan semua anak-anak yang lahir sertifikat sebagai salah satu cara untuk membantu melindungi mereka dari eksploitasi. Dia juga bekerja untuk memastikan anak-anak diberikan akte kelahiran. Dia mengatakan registrasi tersebut merupakan langkah pertama menuju enshrining hak anak-anak, membuktikan usia mereka, dan untuk membantu melindungi mereka dari perbudakan, perdagangan, perkawinan atau dipaksa melayani anak sebagai tentara.
Dia telah dianugerahkan Internasional Anak Hadiah Perdamaian oleh mantan Presiden Afrika Selatan FW de Klerk, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1993.

6.Samantha Smith,1972 – 1985
Samantha Reed Smith adalah siswi Amerika dari Manchester, samantha menjadi terkenal di era Perang dingin Amerika dan Uni Soviet. Pada bulan November 1982, ketika Smith berusia 10 tahun, dia menulis surat kepada pemimpin Uni Soviet Yuri Andropov,dia menanyakan mengapa hubungan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat begitu menegangkan.kemudian surat tersebut dimuat koran Soviet di Pravda. Samantha sangat senang mengetahui bahwa surat itu telah diterbitkan, Namun, dia tidak mendapatkan balasan. Dia kemudian mengirim surat ke Uni Soviet's di Duta Besar Amerika Serikat untuk menanyakan apakah ada respon dari tuan Andropov. Pada tanggal 26 April 1983, ia mendapatkan respon dari Andropov.

Smith menarik perhatian media luas di kedua negara tersebut sebagai "Goodwill Ambassador", dan menjadi dikenal sebagai "Duta Besar Amerika Serikat yang lebih muda" berpartisipasi dalam kegiatan perdamaian di Jepang. Dia menulis sebuah buku dan co-bintang dalam serial televisi, sebelum kematiannya pada usia 13 tahun di Bar Harbor Airlines Penerbangan 1808 pesawat crash.


7.Anne Frank,1929 – 1945
para pembaca pasti pernah dengar tentang kehebohan diary anne frank..
Annelies Marie "Anne" Frank (12 Juni 1929 – Februari/Maret 1945) adalah seorang perempuan kaum Yahudi yang menulis sebuah buku harian ketika ia bersembunyi bersama keluarga dan empat temannya di Amsterdam semasa pendudukan Nazi di Belanda pada Perang Dunia II. Setelah bersembunyi selama dua tahun, grup mereka dikhianati dan mereka dibawa ke kamp konsentrasi yang mengakibatkan seluruhnya tewas kecuali Otto, ayah Anne. Otto kembali ke Amsterdam dan dia menemukan buku harian anaknya. Karena yakin akan uniknya catatan tersebut, Otto berusaha mempublikasikannya.

Buku harian tersebut diberikan kepada Anne pada ulang tahunnya yang ketiga belas dan mencatat rentetan peristiwa-peristiwa kehidupan Anne dari 12 Juni 1942 hingga catatan terakhir pada 1 Agustus 1944. Akhirnya buku harian itu diterjemahkan dari bahasa Belanda ke berbagai bahasa dan menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca di dunia. Beberapa produksi teater dan film juga mengangkat tema diari ini. Buku harian yang digambarkan sebagai karya yang dewasa dan berwawasan ini menyodorkan potret kehidupan sehari-hari yang mendalam di bawah pendudukan Nazi; melalui tulisannya, Anne Frank menjadi salah satu korban Holocaust yang paling banyak dibicarakan.


source

Monumen-monumen Paling Unik di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



1. Mimizuka ( Kyoto, Jepang )

Monumen ini didirikan untuk memperingati tewasnya 38.000 warga Korea akibat pembantaian Samurai² Jepang pada kurun 1592-1598.Namun bukan berarti dibangun karena banyaknya jenazah yang berada di sana,melainkan karena di sanalah tempat di kuburkannya anggota tubuh warga Korea yg dibantai berupa telinga dan hidung mereka.



2. Monumen Bawah Air ( Grenada )

Monumen ini di bangun oleh Pematung Jason de Caires Namun Taylor. Monumen ini dapat ditemui di dasar Teluk Moliniere di Grenada, yang terdiri dari puluhan patung yang dibangun di atas tanah dan terendam di daerah itu sejak Mei 2006. monumen bawah air Taylor seharusnya menyoroti proses ekologis dan mereka sendiri bertindak sebagai terumbu karang buatan untuk kehidupan laut lokal.
Patung-patung yang terletak di bagian yang dangkal Teluk Moliniere dan mudah diakses oleh penyelam.

3. Monumen Penis ( Cangchun China)

Siapa yang mengira bahwa penis terbesar di dunia akan berasal dari Cina dari semua tempat? Monumen ini berdiri kokoh di tengah² Longwan Dukun Amusement Park, di Changchun. Monumen setinggi 30 kaki (± 9,9 meter) ini tebuat dari konstruksi baja yang dilapisi totem jerami. Walaupun sempat di protes akibat banyak nya anak² yang berkunjung ke taman tersebut,pemerintah setempat cuek² aja.

4. Monumen "Sepatu Bush" (Tikrit,Irak)

Monumen ini di bangun untuk memperingati seorang jurnalis Irak yang dengan semangat "kepahlawanan" berani melempar sepatu ke pada Presiden AS waktu itu George W. Bush.Bahkan Kejadian pada Desember 2008 tersebut dijadikan sebuah catatan sejarah di buku Ensiklopedi bangsa Irak.

5. Monumen Enema (Zheleznovodokh,Russia)

Monumen ini di bangun untuk memperingati sembelit yang sering menyerang warganya (WTF).enema sendiri berarti memasukkan cairan ke dalam anus.Monumen perunggu ini dibangun dengan memakan biaya $42.000 dengan tinggi sekitar 5 kaki dan berat sekitar 800 pon.


6. Gunung Rushmore (AS)

Monumen ini di bangun untuk mengenang semua simbol Amerika, menghormati 4 presiden besar mereka : Washington, Lincoln, Roosevelt, dan orang keempat.Mt. Rushmore adalah simbol penindasan Amerika. Bukan hanya karena monumen dirancang dan diukir oleh Gutzon Borglum - anggota Ku Klux Klan, yang bahkan duduk di Koncilium Imperial selama perubahan kepemimpinan Ku Klux Klan.Ini juga bukan tentang fakta Borglum memilih 4 presiden untuk monumen berdasarkan kontribusi mereka untuk ekspansi Amerika, melainkan karena pembunuhan kebanyakan dari suku-suku asli waktu itu.



http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3923237

8 Gunung Berapi Indonesia yang Terkenal di Dunia Karena Letusannya

Posted by beye on , under | komentar (0)



Volcanic Explosivity Index (VEI) dikemukakan oleh Chris Newhall dari U.S. Geological Survey dan Steve Self dari Universitas Hawaii tahun 1982 untuk menyediakan pengukuran relatif dari besarnya letusan gunung berapi.



8. Gunung Kelud (VEI=4)
Sejak abad ke-15, Gunung Kelut telah memakan korban lebih dari 15.000 jiwa. Letusan gunung ini Rata Penuhpada tahun 1586 merenggut korban lebih dari 10.000 jiwa. Sebuah sistem untuk mengalihkan aliran lahar telah dibuat secara ekstensif pada tahun 1926 dan masih berfungsi hingga kini setelah letusan pada tahun 1919 memakan korban hingga ribuan jiwa akibat banjir lahar dingin menyapu pemukiman penduduk.

Pada abad ke-20, Gunung Kelut tercatat meletus pada tahun 1901, 1919 (1 Mei), 1951, 1966, dan 1990. Tahun 2007 gunung ini kembali meningkat aktivitasnya. Pola ini membawa para ahli gunung api pada siklus 15 tahunan bagi letusan gunung ini.

7. Gunung Merapi (VEI=4)
Gunung Merapi adalah yang termuda dalam kumpulan gunung berapi di bagian selatan Pulau Jawa. Gunung ini terletak di zona subduksi, dimana Lempeng Indo-Australia terus bergerak ke bawah Lempeng Eurasia. Letusan di daerah tersebut berlangsung sejak 400.000 tahun lalu, dan sampai 10.000 tahun lalu jenis letusannya adalah efusif. Setelah itu, letusannya menjadi eksplosif, dengan lava kental yang menimbulkan kubah-kubah lava.
Letusan-letusan kecil terjadi tiap 2-3 tahun, dan yang lebih besar sekitar 10-15 tahun sekali. Letusan-letusan Merapi yang dampaknya besar antara lain di tahun 1006, 1786, 1822, 1872, dan 1930. Letusan besar pada tahun 1006 membuat seluruh bagian tengah Pulau Jawa diselubungi abu. Diperkirakan, letusan tersebut menyebabkan kerajaan Mataram Kuno harus berpindah ke Jawa Timur. Letusannya di tahun 1930 menghancurkan 13 desa dan menewaskan 1400 orang.

6. Gunung Galunggung (VEI=5)
Gunung Galunggung tercatat pernah meletus pada tahun 1882 (VEI=5). Tanda-tanda awal letusan diketahui pada bulan Juli 1822, di mana air Cikunir menjadi keruh dan berlumpur. Hasil pemeriksaan kawah menunjukkan bahwa air keruh tersebut panas dan kadang muncul kolom asap dari dalam kawah. Kemudian pada tanggal 8 Oktober s.d. 12 Oktober, letusan menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas, abu halus, awan panas, serta lahar. Aliran lahar bergerak ke arah tenggara mengikuti aliran-aliran sungai. Letusan ini menewaskan 4.011 jiwa dan menghancurkan 114 desa, dengan kerusakan lahan ke arah timur dan selatan sejauh 40 km dari puncak gunung.


5. Gunung Agung (VEI=5)
Gunung Agung terakhir meletus pada 1963-64 dan masih aktif, dengan sebuah kawah besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan abu. Dari kejauhan, gunung ini tampak kerucut, meskipun didalamnya terdapat kawah besar.
Dari puncak gunung, adalah mungkin untuk melihat puncak Gunung Rinjani di pulau Lombok, meskipun kedua gunung sering tertutup awan.
Pada tanggal 18 Februari 1963, penduduk setempat mendengar ledakan keras dan melihat awan naik dari kawah Gunung Agung. Pada tanggal 24 Februari lava mulai mengalir menuruni lereng utara gunung, akhirnya perjalanan 7 km dalam 20 hari mendatang. Pada tanggal 17 Maret, gunung berapi meletus, mengirimkan puing-puing 8-10 km ke udara dan menghasilkan aliran piroklastik yang besar. Arus ini banyak menghancurkan desa-desa, menewaskan sekitar 1500 orang. Sebuah letusan kedua pada 16 Mei menyebabkan aliran awan panas yang menewaskan 200 penduduk lain.

4. Krakatau (VEI=6)
Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.
Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.
Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Toba dan Gunung Tambora di Indonesia, Gunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh di masa populasi manusia masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia sudah cukup padat, sains dan teknologi telah berkembang, telegraf sudah ditemukan, dan kabel bawah laut sudah dipasang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat itu teknologi informasi sedang tumbuh dan berkembang pesat.
Tercatat bahwa letusan Gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut, sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Para ahli geologi saat itu bahkan belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.

3. Maninjau (VEI=7)
Kaldera Maninjau dibentuk oleh letusan gunung berapi diperkirakan terjadi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Simpanan dari letusan telah ditemukan dalam distribusi radial sekitar Maninjau membentang hingga 50 km di sebelah timur, 75 km di tenggara, dan barat ke pantai ini. Deposito diperkirakan akan didistribusikan lebih dari 8.500 km ² dan memiliki volume 220-250 km ³. kaldera ini memiliki panjang 20 km dan lebar 8 km.

2. Gunung Tambora (VEI=7)
Aktivitas vulkanik gunung berapi ini mencapai puncaknya pada bulan April tahun 1815 ketika meletus dalam skala tujuh pada Volcanic Explosivity Index. Letusan tersebut menjadi letusan tebesar sejak letusan danau Taupo pada tahun 181. Letusan gunung ini terdengar hingga pulau Sumatra (lebih dari 2.000 km). Abu vulkanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 orang dengan 11.000—12.000 di antaranya terbunuh secara langsung akibat dari letusan tersebut. Bahkan beberapa peneliti memperkirakan sampai 92.000 orang terbunuh, tetapi angka ini diragukan karena berdasarkan atas perkiraan yang terlalu tinggi. Lebih dari itu, letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai Tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini. Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Belahan Utara yang menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19.

Selama penggalian arkeologi tahun 2004, tim arkeolog menemukan sisa kebudayaan yang terkubur oleh letusan tahun 1815 di kedalaman 3 meter pada endapan piroklastik. Artifak-artifak tersebut ditemukan pada posisi yang sama ketika terjadi letusan di tahun 1815. Karena ciri-ciri yang serupa inilah, temuan tersebut sering disebut sebagai Pompeii dari timur.

1. Toba Supervolcano (VEI=8)
Merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat yang pernah diketahui di planet Bumi ini. Dan hampir memusnahkan generasi umat manusia di planet Bumi.
73.000 tahun yang lalu letusan dari supervolcano di Indonesia hampir memusnahkan seluruh umat manusia. Hanya sedikit yang selamat. Dan setelah Tsunami Gunung Berapi Di Indonesia menjadi Aktif sekali lagi dan mengancam umat manusia.
Letusan ini tidak bisa dibandingkan dengan apapun yang telah dialami di bumi sejak masa dimana manusia bisa berjalan tegak. Dibandingkan dengan SuperVolcano Toba, bahkan krakatau yang menyebabkan sepuluh ribu korban jiwa pada 1883 hanyalah sebuah sendawa kecil.
Padahal krakatau memiliki daya ledak setara dengan 150 megaton TNT. Sebagai perbandingan: ledakan Bom Nuklir hiroshima hanya memiliki daya ledak 0,015 megaton, dan secara lisan maka daya musnahnya 10.000 kali lebih lemah dibanding krakatau.
Seperti yang telah diketahui oleh para ilmuwan, toba hampir memusnahkan umat manusia 73.00 tahun yang lalu. Saat itu manusia neanderthal menghuni bumi kita bersamaan dengan homo sapiens di eropa, serta homo erectus dan homo floresiensis di asia. Saat itu sangat dingin di eropa, Zaman es terakhir ini berjalan lancar dimana kijang, kuda liar dan rusa raksasa diburu. Selain makanan herbivora, mammoth dan badak berbulu juga seringkali menjadi menu makanan manusia saat Toba, dengan diameter 90 kilometer di pulau yang sekarang dikenal dengan nama Sumatera.Meledak dalam arti yang sebenarnya.
Bersamaan dengan gelombang besar tsunami, ada 2.800 kilometer kubik abu yang dikeluarkan, yang menyebar ke seluruh atmosfir bumi kita. Yang mungkin telah mengurangi jumlah populasi manusia menjadi hanya sekitar 5000 sampai 10000 manusia saja.
Sebenarnya manusia jaman sekarang berasal dari beberapa ribu manusia yang selamat dari letusan super volcano Toba 73.000 tahun yang lalu
Oleh karena itu Gunung berapi di Indonesia bertanggung jawab atas hampir musnahnya umat manusia. Dan Dari 60 hingga 70 gunung berapi yang dapat ditemuai di area tersebut(Indonesia) sekarang. Beberapa diantaranya menjadi aktif kembali dalam beberapa bulan maupun beberapa minggu setelah gempa di dasarlaut pada bulan desember 2004.
Walaupun Toba sampai saat ini masih tertidur jauh dan aman dibawah sebuah laut besar yang menyandang nama sama di Sumatera Utara. banyak orang yang takut apabila suatu saat Gunung Berapi aktif di Talang yang berada 300 kilometer di selatan Toba meletus, bisa membangunkan Raksasa yang tertidur.
Vulkanologis Prof. Ray Cas mengatakan 'Hal itu mungkin saja terjadi, tapi bila hanya Toba siap untuk meletus dan kejadian diatas bukanlah satu-satunya indikasi akan kejadian tersebut."
Sang ahli tersebut berpikir bahwa mungkin saja suatu hari nanti letusan besar lain akan terjadi tapi hal itu baru akan mungkin terjadi sekitar 10.000 atau bahkan 100.000 tahun lagi.Tetapi biar bagaimana pun tidak semua hal dapat diprediksi.

sumber kaskus

Terowongan Terunik di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.

Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. “Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting … hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,” kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. “Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik.” Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.

2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.

Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. “Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik,” kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.

3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah

Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.

Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. “Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik,” kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.

4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico

Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.

Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.

5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki

Background: Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda penyelesaiannya.

Mengapa Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.

6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.

Mengapa Unik : “Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan,” Hashash menceritakan. “Ini adalah tonggak utama.” Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.

7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan

Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.

Mengapa Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California
Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar.

9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ
Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.

Mengapa Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.

10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia

Latar Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.

Mengapa Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow Wilson’s menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.

11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado
Latar Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland Pass.

Mengapa Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung terpanjang di AS. Menambah struktur’s mistik adalah bahwa ia memotong di bawah Continental Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.

12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado

Latar Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.

Mengapa Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. “Granit merupakan batu yang sangat keras,” kata Hashash. “Untuk struktur pelindung itu sangat baik.”

13. MailRail
Lokasi : London, Inggris

Latar Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.

Mengapa Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.

14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke 6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.

Mengapa Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi “kunang-kunang laut,” bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di teluk.

15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada
Latar Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.

Mengapa Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan, sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.

16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam
Latar Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar lebih dari 150 mil.
Mengapa Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.

17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss

Latar Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.

Mengapa Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan. “Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi melalui terowongan,” kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.

18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.

Mengapa Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.

source kaskus

Related Posts with Thumbnails