Latest News

Kurikulum Sekolah: Balap Merpati Agar Siswa Pintar Matematika

Posted by beye on Sabtu, 02 Februari 2013 , under | komentar (0)




Mungkin terdengar aneh bila ada sekolah yang menerapkan balap merpati sebagai kurikulum sekolah. Nyatanya demkian yang terjadi di Kingsmead Technology College di Hednesford, Staffordshire, Inggris.

Balap merpati ini telah diuji coba selama 18 bulan terakhir di antara sekelompok kecil anak-anak,dan telah terbukti sukses besar. Seorang guru di sekolah tersebut menjelaskan, bahwa balap merpati ini memberikan manfaat besar dalam pelajaran lain, seperti matematika, fisika, geografi, dan biologi.

 
 www.asdlabs.com

’’Anak-anak menyukainya. Balap merpati ini membantu anak-anak (belajar) matematika ketika mereka sedang mencari tahu siapa yang telah menang, dan bekerja dengan kecepatan untuk menghitung jarak, dan waktu,’’ ujar Richard Chambers, guru dan pengelola sekolah yang bertanggung jawab terhadap penerapan silabus balap merpati di sekolah ini.

Sedangkan dalam pelajaran geografi,  lanjut Chambers, balap merpati dapat memberi manfaat menemukan jalan pulang dengan mengikuti kontur bumi seperti terbang di atas bukit dan lembah.

’’Saat pelajaran sejarah, anak-anak belajar saat saya memberitahu mereka bagaimana burung digunakan mengirim pesan ketika perang,’’ tutur Chambers.
Chambers yang telah melakukan balap merpati saat berusia 12 tahun ini optimistis sebentar lagi anak-anak mengirim pesan menggunakan merpati.

‘’Ini merupakan sukses besar,’’ ujar Chambers.

Klub terbang nasional Midlands juga mendukung langkah untuk memperkenalkan balap merpati di sekolah dan mengatakan, dapat membantu hobi balap merpati menjadi populer.

Wah, asal tidak dijadikan ajang judi saja seperti yang banyak terlihat di sini, ya.





 


Sumber:
republika.

Inilah Kulkas Raksasa di Negeri Iran Kuno

Posted by beye on Jumat, 01 Februari 2013 , under | komentar (0)




Sebelum penemuan kulkas, es adalah komoditas berharga yang tidak bisa dengan mudah diperoleh atau dibuat, terutama selama musim panas. Untuk mengawetkan daging dan bahan makanan lainnya blok besar es harus diimpor jauh-jauh dari negara-negara Skandinavia dalam lingkaran Arktik.

Misalnya di Eropa, es didatangkan dari Norwegia. Di Rusia, mereka memperolehnya dari Sungai Neva, dan di India mengambil dari pegunungan Himalaya.
 
 
Iran, dengan iklim cukup ekstrim yang susah air walau saat musim dingin sekalipun, mempunyai cara yang unik dan pintar dalam mempertahankan es yang mereka impor. Mereka mempunyai bangunan khusus layaknya kulkas raksasa yang bisa menjaga es tetap tersedia sepanjang tahun.

Selama musim dingin, es dan salju dibawa ke dalam rumah es tersebut, dikemas dengan jerami dan serbuk gergaji. Rumah-rumah es macam ini mulai dibangun sejak abad 17 SM. Terbuat dari lumpur yang dibentuk jadi batu bata. Berbentuk kubah dan di bagian dalamnya membentuk sumur yang dalam.
 


 

 
 
Selain sebagai tempat pendinginan, masyarakat Iran kala itu bisa membuat es sendiri. Di belakang rumah es ada saluran untuk menuang air ke dalamnya selama musim dingin. Karena terlindung, air tersebut membeku. Hal ini dilakukan berulang-ulang hingga musim panas tiba dan ada persediaan es yang cukup.

Terdapat lebih dari 100 rumah es di seluruh Iran, namun kini banyak yang rusak. Bahkan beberapa hanya dijadikan tempat pembuangan sampah.



 
 
 
 

Inilah Beberapa Selebriti Pengidap Bipolar

Posted by beye on Kamis, 31 Januari 2013 , under | komentar (0)




Waspadalah jika suasana hati berubah sangat ekstrem dan tiba-tiba, bisa jadi itu tanda-tanda gangguan bipolar. Hal ini biasanya dikenal dengan kepribadian ganda karena periode temperamen dan depresi yang bergantian.

Kepribadian Ganda/bipolar merupakan gangguan otak yang menyebabkan pergeseran dalam suasana hati, energi, dan kemampuan seseorang untuk berfungsi. Gejala gangguan bipolar dapat menghasilkan hubungan yang merusak, kesulitan dalam bekerja dan bahkan bunuh diri.

 
 cobbersonthebrain.areavoices.com

Perasaan senang dan sedih muncul secara tidak menentu dan berlangsung tiba-tiba termasuk dalam kategori gangguan penyakit jiwa bipolar. Bipolar itu sendiri adalah gangguan afektif bipolar. Mood atau keadaan emosi internal merupakan penyebab utama dari gangguan ini.

 Mereka yang mengalami gangguan bipolar ini beralih dari perasaan sangat senang dan gembira ke perasaan sangat sedih atau sebaliknya. Dua kutub mood tinggi dan rendah, saling bergantian.

Di antara episode peralihan mood ini bisa saja orang megalami mood yang normal. Bisa dikatakan bahwa insiden gangguan bipolar tidak tinggi antara 0,3-1,5 persen. Tapi angka tersebut belum termasuk yang misdiagnosis. Risiko kematian terus membayangi penderita bipolar dan itu lebih karena mereka mengambil jalan pintas.

Penyebab gangguan ini tidak diketahui secara pasti. Para peneliti pun mengatakan bahwa terjadi disregulasi heterogen dari neurotransmitter atau zat kimia di otak.

Faktor genetika dinilai melalui suatu mekanisme gen yang kompleks, sedangkan peristiwa-peristiwa kehidupan dan stres lingkungan merupakan faktor psikososial yang sering mendahului episode pertama dari gangguan bipolar tersebut.

Gejala umum gangguan bipolar termasuk makan yang berlebihan, minum minuman beralkohol, gangguan suasana hati, penggunaan narkoba, dan tidak pernah puas terhadap hubungan seksualnya. Orang-orang yang pernah mengalami stres tinggi atau bekerja dalam tekanan lebih mungkin mengalami gangguan ini.


Contoh Selebritas pengidap gangguan bipolar:

1. Russell Brand
 
www.supersimbo.com 

Russell Brand adalah seorang komedian nyentrik asal Inggris yang sebenarnya mencapai kesuksesan akibat gangguan bipolarnya. Brand dikenal dengan ketidakstabilan emosinya, dimana dirinya telah mengalami masa sulit sejak kecil.


 2. Catherine Zeta-Jones
 
www.funscrape.com 

Awalnya, Catherine mengalami stres yang cukup kronis selama setahun akibat vonis kanker yang dialami oleh suaminya, Michael Douglas. Saat Catherine melakukan tes kesehatan, ternyata dokter menyatakan bahwa dirinya mengalami gangguan bipolar, yang ditandai dengan serangan depresi.

Catherine harus menjalani beberapa pengobatan untuk memasyikan bahwa kesehatan mentalnya mulai stabil sebelum dirinya memutuskan untuk kembali bekerja.


3. Kurt Cobain
 
 diffuser.fm 

Dikenal sebagai pentolan band rock pencuat aliran grunge versi Seattle, Nirvana. Sayangnya Cobain didiagnosis dengan Attention deficit hyperactivity disorder (ADD) pada usia muda dan kemudian dengan gangguan bipolar.


4. Tom Waits
 
www.rollingstone.com

Tom Waits adalah seorang penyanyi eksentrik, penulis lagu, dan aktor yang gemar minum minuman beralkohol untuk meredakan depresinya. Ketika suasana hatinya tiba-tiba berubah menjadi pilu, Waits merekam lagu yang menggambarkan suasana hatinya kemudian sikapnya menjadi sinis, pesimis, dan patah hati.




 

Sumpit Ini Dapat Mengalahkan Peluru

Posted by beye on Rabu, 30 Januari 2013 , under | komentar (0)




Di masa penjajahan Belanda, Kalimantan yang berhutan lebat jadi kawasan paling ditakuti para kumpeni. Meskipun persenjataan mereka sangat lengkap dan canggih di masa itu. Apa alasannya ?

Penyebab yang membuat pihak penjajah gentar itu adalah anak sumpit yang beracun milik prajurit-prajurit Dayak. Sebelum berangkat ke medan laga, mereka mengolesi mata anak sumpit dengan getah pohon ipuh atau pohon iren. Dalam kesenyapan, mereka beraksi melepaskan anak sumpit yang disebut damek.

 foto milik: Bram Tunggal Sapura
 
"Makanya, tak heran penjajah Belanda bilang, menghadapi prajurit Dayak itu seperti melawan hantu," tutur Pembina Komunitas Tarantang Petak Belanga, Chendana Putra.

Tanpa tahu keberadaan lawannya, tiba-tiba saja satu per satu serdadu Belanda terkapar, membuat sisa rekannya yang masih hidup lari terbirit-birit. Kalaupun sempat membalas dengan tembakan, dampak timah panas ternyata jauh tak seimbang dengan dahsyatnya anak sumpit beracun.

Tak sampai lima menit setelah tertancap anak sumpit pada bagian tubuh mana pun, para serdadu Belanda yang awalnya kejang-kajang akan tewas. Bahkan, bisa jadi dalam hitungan detik mereka sudah tak bernyawa. Sementara, jika prajurit Dayak tertembak dan bukan pada bagian yang penting, peluru tinggal dikeluarkan. Setelah dirawat beberapa minggu, mereka pun siap berperang kembali.

Penguasaan medan yang dimiliki prajurit Dayak sebagai warga setempat tentu amat mendukung pergerakan mereka di hutan rimba.

"Karena itu, pengaruh penjajahan Belanda di Kalimantan umumnya umumnya hanya terkonsentrasi di kota-kota besar tapi tak menyentuh hingga pedalaman," Chendana.

Tak hanya di medan pertempuran, sumpit tak kalah ampuhnya ketika digunakan untuk berburu. Hewan-hewan besar akan ambruk dalam waktu singkat. Rusa, biawak, atau babi hutan tak akan bisa lari jauh. "Apalagi, tupai, ayam hutan, atau monyet, lebih cepat lagi," katanya.

Bagian tubuh yang terkena anak sumpit hanya perlu dibuang sedikit karena rasanya pahit. Uniknya, hewan tersebut aman jika dimakan. "Mereka yang mengonsumsi daging buruan tak akan sakit atau keracunan," kata Chendana.
 
Baik hewan maupun manusia, setelah tertancap anak sumpit hanya bisa berlari sambil terkencing-kencing.
 
"Bukan sekadar istilah, dampak itu memang nyata secara harfiah. Orang atau binatang yang kena anak sumpit, biasanya kejang-kejang sambil mengeluarkan kotoran atau air seni sebelum tewas," pungkas Chendana.



 
 
 
 
Sumber:
kaskus

Inilah 10 Peragaan Busana Teraneh Di Dunia

Posted by beye on Selasa, 29 Januari 2013 , under | komentar (0)




 Peragaan Busana biasanya di lakukan didalam sebuah gedung atau di mall, tapi taukah anda ternyata ada sebuah acara peragaan busana yang diselenggarakan di dalam sebuah kereta, di dalam air ?? acara peragaan busana ini sangat unik dan aneh tak seperti biasa dilakukan peragaan busana lainnya. Berikut Ini 10 Peragaan Busana Teraneh Di Dunia.

1. Peragaan Busana Didalam Kereta Api
blog-apa-aja.blogspot.com
Peragaan Busana Didalam Kereta Api, saat ini di tahun keenam, telah menjadi bagian integral dan populer dari Fashion Week Berlin dimana model menampilkan desain dari merek-merek mapan dan desainer yang akan datang di sebuah kereta komuter bawah tanah.

2. Peragaan Busana Terpanjang Di Dunia
blog-apa-aja.blogspot.com
Baru-baru ini, Pekan mode Kopenhagen mengambil konsep catwalk dan mendorongnya ke ekstrim, membuat model landasan pacu mereka berjalan sedikit lebih dari biasanya untuk fashion show dan melanggar Rekor Dunia dalam proses.

Pekan mode Kopenhagen melihat berbagai acara fashion show dan masing-masing disajikan sesuatu yang baru dan menarik. Itu adalah satu pertunjukan Namun yang tertangkap sorotan sebagai fashion show utama untuk acara ini diadakan pada catwalk yang membentang 1.609 meter panjang. 250 model mengambil bagian dalam peragaan busana tertentu dan membantu memecahkan rekor catwalk terpanjang yang pernah akan didirikan di Eropa.

Catwalk mengambil sebagian besar Strøget Street, sebuah jalan yang populer akhir fashion tinggi di Denmark. Denmark supermodel Helena Christensen berada di puncak permainan saat dia menendang dari peragaan busana dan berjalan elegan di catwalk panjang.

Model busana melangkah di catwalk meteran panjang merah muda terang dengan gaya dan bukan rahasia bahwa fashion show adalah puncak pekan mode terkenal yang mengambil cinta fashion untuk jalan-jalan kota.

3. Peragaan Busana Dibawah Air
blog-apa-aja.blogspot.com
Model mengenakan pakaian tradisional Korea Hanbock dirancang oleh Park Sul-Nyeo terjun ke akuarium sebagai bagian dari fashion show konvensional di Seoul untuk menandai pembukaan sebuah toko departemen baru.

4. Peragaan Busana Di Bandara Pesawat
blog-apa-aja.blogspot.com

Badai Model Management tidak peduli dengan rambut Flyaway ketika mereka berpaling landasan pacu bandara Gatwick ke landasan pacu mode. Lily Cole telah bertukar landasan pacu catwalk bagi mereka di bandara - untuk memulai pencarian bakat yang akan melihat karir model baru lepas landas. Bintang berambut api mulai menendang-Gatwick Model Runway - berburu untuk laki-laki dan seorang gadis untuk memenangkan kontrak Wajah Baru dengan Storm agen model bergengsi. Para pemenang bisa menemukan diri mereka mengikuti jejak Kate Moss, yang terlihat di bandara JFK di Amerika Serikat oleh Storm Model Manajemen pendiri Sarah Doukas, dengan bergabung dengan jet set supermodel.

5.Peragaan Busana Di Tembok Besar China
blog-apa-aja.blogspot.com
Pada lebih dari 1.500 mil itu harus menjadi catwalk terpanjang dalam sejarah, namun itu tidak menghentikan desainer Karl Lagerfield pementasan menunjukkan untuk Fendi di Tembok Besar China pada tahun 2007. Acara-acara diadakan berhenti di atas struktur kuno, dengan lampu sorot menerangi model dan casting pedesaan di sekitarnya ke dalam keremangan. Sebuah bagian dari Situs Warisan Dunia diperpanjang lebih jauh ke pegunungan di sekitar ibukota Beijing untuk membuat catwalk, dengan latar belakang langit terbuka.

6. Peragaan Busana Di Suhu Dingin
blog-apa-aja.blogspot.com
Pada tahun 2010, Karl Lagerfeld dan perusahaan mengimpor 265 ton gunung es dari Swedia untuk presentasi AW/2010-2011 catwalk Chanel selama Paris Fashion Week. Selama ini pertunjukan spektakuler dan titanic, model untuk merek terkenal Perancis berjalan melalui air es yang mencair di landasan pacu, menyajikan rajutan inovatif dan desain baru.

7. Peragaan Busana Bugil
blog-apa-aja.blogspot.com
Fragrance tahun 2006 Fashion Show Telanjang diselenggarakan oleh Toko Parfum dulu model telanjang mengenakan apa-apa namun wewangian. Penonton ditutup matanya sehingga mereka tidak akan terganggu sementara mereka dinilai aroma masing-masing.

8. Peragaan Busana Dengan Model Terbakar
blog-apa-aja.blogspot.com
blog-apa-aja.blogspot.com
Pembakaran Model di Fashion Show pada tahun 2008.

9. Peragaan Busana Dengan Model Botak Dan Berjengot
blog-apa-aja.blogspot.com
Kami telah melihat banyak hal yang benar-benar gila di landasan pacu - tetapi menunjukkan Patrick Mohr di Mercedes-Benz Fashion Week di Berlin di luar aneh. Dengan tidak adanya rambut di kepala mereka - tetapi banyak di wajah mereka - model Mohr melangkah barang mereka saat mengenakan beberapa susunan teraneh yang pernah kita lihat.

10. Peragaan Busana Tikus
blog-apa-aja.blogspot.com
Kita mungkin telah menampilkan hal-hal aneh sedikit tentang Tikus di Oddee, tapi kami belum melihat fashion show tikus sebelumnya, terutama yang di NYC. Tikus ini ingin mengambil menggigit apel besar dan meninggalkan orang-orang dengan kesan abadi. Puluhan pecinta tikus berbulu berkumpul bersama untuk acara di Konvensi Rat Pertama Fancy di dunia. Ada Nieves juga menghadiri acara itu dengan berbagai pakaiannya yang diciptakan untuk tikus dan pemilik tikus mana-mana. Kreasi nya tersedia sebagai tuxes, gaun pengantin, gaun pengiring pengantin, dan pakaian tikus lainnya yang menakjubkan. Mereka berjalan sekitar delapan puluh dolar pakaian dan mencakup semua lonceng dan peluit seperti manik-manik, bulu dan tidbits kecil lainnya.

Tikus adalah hewan peliharaan umum hari ini dan pakaian membuat mereka jauh lebih rapi dengan mereka yang tidak cinta dengan tikus maka mereka akan dinyatakan.

Seperti Inilah Rupa Burung Tertua Dalam Sejarah

Posted by beye on , under | komentar (0)




Spesies menyerupai burung yang diketahui selama ini sebagai nenek moyang burung ternyata bukanlah unggas pertama. Sebelumnya, sudah ada spesies berbulu di jaman dinosaurus yang diyakini sebagai spesies purba dari burung yang ada hari ini.

Temuan dinosaurus berbulu ini sekaligus mengubah cara manusia melihat burung serta evolusinya. 
 
 
 
Fosil unggas sepanjang 30 cm menjadi bukti kuat bahwa sesungguhnya ada burung yang menjelajahi langit Bumi di jaman dinosaurus. Kehadirannya menentang asal-usul spesies unggas selama ini.

Sebelumnya, para ilmuwan percaya bahwa burung berevolusi dari dinosaurus sejenis Theropods, dari awal zaman Cretaceous, sekitar 120-130 juta tahun yang lalu.

Namun, temuan baru di daerah Timur Laut China ternyata jauh lebih tua ketimbang Theropod yang hidup di pertengahan zaman Jurassic.

Ilmuwan memperkirakan, Eosinopteryx berada di Bumi lebih dari 145 juta tahun yang lalu.

"Penemuan ini menggugurkan keraguan lebih lanjut pada teori sebelumnya, bahwa fosil Archaeoptryx yang terkenal dan disebut-sebut sebagai burung pertama. Dan temuan ini sangat penting bagi evolusi burung modern," kata Dr Gareth Dyke, dosen senior untuk Vertebrate Palaeontology dari University of Southampton.

"Temuan ini sekaligus menunjukkan bahwa asal-usul burung atau unggas jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya," pungkas Dyke.

Menurut analisa pada fosil, burung purba Eosinopteryx memiliki tubuh berbulu dan tidak bisa terbang. Sebab, lebar sayapnya terlalu kecil, dan lagi pula struktur tulangnya membatasi kemampuannya untuk mengepakkan sayap.
 
 
 
 
 
 
 
Sumber:

Inilah Retrogade, Planet Berorbit Terbalik

Posted by beye on Senin, 28 Januari 2013 , under | komentar (0)




Planet umumnya mengorbit bintang searah dengan arah perputaran bintangnya. Namun, beberapa planet berbeda, mengorbit dengan arah berlawanan. Planet tersebut disebut planet retrograde atau planet berorbit terbalik.

Salah satu planet retrograde adalah planet HAT-P-7b yang mengorbit bintang berjarak 1.040 tahun cahaya di konstelasi Cygnus. Planet tersebut ditemukan pada tahun 2008. Astronom bertanya-tanya, mengapa planet itu bisa bergerak berlawanan dengan arah bintangnya.

 

Jawabannya terkuak dari hasil penelitian para astronom Jepang. Lewat pengamatan dengan Subaru Telescope Facility di Hilo, Hawaii, mereka menemukan sebab terbaliknya orbit HAT-P-7b. Mereka menemukan adanya planet seukuran Jupiter HAT-7c yang mengorbit bintang di dekat bintang induk HAT-P-7b.

"Tim peneliti berpikir bahwa adanya bintang tetangga dan planet lain berperan dalam membentuk dan mempertahankan orbit planet dalam (HAT-P-7b) yang terbalik," jelas pejabat Subaru Telescope Facility seperti dikutip Space, Kamis (24/1/2013).

Menurut tim astronom, HAT-P-tc terletak di antara planet berorbit terbalik HAT-P-7b dan bintang yang baru saja ditemukan. Bintang dan planet yang baru saja ditemukan memengaruhi orbit planet HAT-P-7b.

Studi ini dipimpin Norio Narita, Yasuhiro Takahashi, Masayuki Kuzuhara, dan Teruyuki Hirano dari National Astronomical Observatory of Japan dan University of Tokyo. Kesimpulan yang didapatkan, efek gravitasi ganda bisa memengaruhi terbentuknya planet berorbit terbalik.





 

Sumber:
kompas

Bono, Inilah Gelombang 7 Hantu dari Riau

Posted by beye on , under | komentar (0)




DI Provinsi Riau, tepatnya di Kuala Kampar, terdapat suatu fenomena alam yang menjadi daya tarik wisata. Fenomena alam tersebut adalah Gelombang Bono, yang akan segera terdaftar masuk dalam rekor dunia.

Fenomena alam ini terjadi di Sungai Kampar, dan merupakan peristiwa bertemunya aliran air sungai dan air laut di muara sungai. Pertemuan ini menghasilkan gelombang dan ombak besar bergulung-gulung dan bergerak dari muara menuju ke arah hulu.


traveltoindon.blogspot.com

Gelombang Bono juga terkenal dengan sebutan Seven Ghost (Gelombang Tujuh Hantu) dikarenakan gelombang yang dihasilkan bisa mencapai tujuh gelombang berurutan dan menciptakan kubah layaknya ombak laut. 
Keunikan lainnya dari Bono adalah saat air laut bertemu dengan aliran sungai, akan terjadi gelombang tinggi disertai dentuman keras seperti suara guntur diiringi hembusan angin kencang. Gelombang ini bisa mencapai tinggi empat hingga enam meter dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Bagi masyarakat sekitar, selain menjadikan fenomena ini sebagai obyek wisata, mereka juga kerap menggunakan Bono sebagai sarana adu ketangkasan dengan bermain perahu di atasnya. Sampai saat ini, telah banyak orang menjajal dahsyatnya berselancar dengan gelombang Bono, mulai dari peselancar nasional dan internasional.

Beberapa peselancar internasional yang sudah pernah berselancar dengan gelombang Bono berasal dari Prancis, Brasil, Inggris, Jerman, Kanada, Belgia, Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan banyak lagi.

Untuk melihat fenomena Bono, perjalanan yang harus dicapai tidak mudah. Dari Pekanbaru, terlebih dahulu Anda harus menuju Pangkalan Kerinci sejauh 70 kilometer, kemudian menyewa speed boat menuju Desa Pulau Muda dan memakan perjalanan kira-kira 5 jam, sambil menyusuri Sungai Kampar.


Sumber:

Biosentrisme, Teori Hidup Setelah Mati Versi Ilmiah

Posted by beye on , under | komentar (0)




Dalam dunia sains, mahluk hidup memiliki siklus lahir, hidup, lalu musnah (mati). Sementara pandangan ada kehidupan setelah mati hanya ada dalam doktrin agama. Pada akhirnya, apa yang tertulis dalam kitab-kitab suci mulai diterima secara ilmiah.

Sebuah penelitian ilmiah terbaru menunjukkan kematian bukanlah pemberhentian terakhir. Observasi ilmiah yang dilakukan menyimpulkan kehidupan dan kematian ternyata berkorespondensi dengan "alam lain" (multiverse).

Ilustrasi / bertgary.blogspot.com


Paparan ilmiah tersebut dijelaskan oleh teori ilmiah bernama biosentrisme. Menurut teori ini, kendati tubuh dirancang untuk hancur sendiri, namun ada sebuah 'energi' yang bekerja dalam otak, yaitu 'perasaan hidup' mengenai 'siapakah saya'.

"Energi itu tidak musnah ketika manusia mati," tulis ilmuwan terkemuka dunia dan pengarang buku Biocentrism, Robert Lanza.

Menurut Lanza, energi 'perasaan hidup' itu tak tercipta, tapi tak juga bisa musnah. Lantas, apakah energi ini berpindah dari satu dunia ke dunia lain?

Sebuah eksperimen yang belum lama ini dipublikasikan dalam jurnal Science memperlihatkan para ilmuwan bisa mengubah sesuatu yang sudah terjadi pada masa lalu. Lewat percobaan yang menggunakan beam splitter (perangkat optik yang membelah berkas cahaya), partikel-partikel energi diputuskan keberadaannya. Ternyata, dari situ dapat ditentukan apa yang berlaku pada partikel ini pada masa lalu sehingga seseorang dapat menyelami pengalaman di masa lalu.

Kaitan antara pengalaman dan semesta ini melampaui gagasan-gagasan manusia mengenai ruang dan waktu. Tapi biosentrisme sendiri menyatakan, ruang dan waktu bukan obyek sulit seperti yang dibayangkan.

Teori ini menganalogikan waktu sebagai udara yang sia-sia untuk ditangkap manusia karena memang tak pernah bisa diraih. "Anda tak bisa melihat apa pun melalui tulang tengkorak yang menyelimuti otak Anda," kata Robert Lanza. "Apa yang Anda lihat dan rasakan sekarang adalah putaran informasi pada otak Anda."

Menurut biosentrisme, ruang dan waktu semata-mata adalah alat penghimpun informasi secara bersamaan. Karena itulah, dalam dunia yang tidak ada ruang dan waktu, tak ada istilah kematian.


Energi itu kekal

Dalam bukunya, “Ghosthunters,” peneliti hantu John Kachuba menulis, “Einstein membuktikan bahwa seluruh energi di alam semesta adalah tetap dan tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Jadi apa yang terjadi denmgan energi itu ketika kita mati? Jika itu tak dapat dihancurkan, energi itu pastinya, menurut Einstein, berubah menjadi energi dalam bentuk lain. Apakah energi baru itu? Apakah kita bisa menyebut kreasi baru itu hantu?”

Gagasan ini muncul dan diusulkan sebagai bukti adanya hantu. Sebuah kelompok di Amerika Serikat yang bernama Tri County Paranormal menyatakan, “Ketika kita hidup, kita memiliki energi listrik dalam tubuh kita. Apa yang terjadi dengan listrik yang berada dalam tubuh kita, yang membuat jantung berdenyut dan kita bernafas?”

Jawaban pertanyaan itu sebenarnya sangat sederhana dan tidak misterius. Setelah seseorang meninggal, energi dalam tubuh mereka maupun seluruh organisme lain pindah ke lingkungan. Ketika seorang manusia mati, energi yang tersimpan dalam tubuh mereka dilepas dalam bentuk panas, dan pindah ke binatang yang mengonsumsi jasad itu, baik binatang liar maupun bakteri dan cacing serta tumbuhan yang menyerap nutrisi dari tanah. Jika jasad itu dikremasi, energi dilepas dalam bentuk panas dan cahaya.

Ketika kita makan tumbuhan atau binatang mati, kita mengonsumsi energi mereka dan mengubahnya menjadi energi bagi tubuh kita. Reaksi kimia ketika makanan dicerna melepas energi yang dibutuhkan binatang untuk hidup, bergerak dan bereproduksi. Energi itu tidak ada dalam bentuk energi elektromagnetik berbentuk bola cahaya, melainkan panas dan energi kimia.







Sumber:
tempo

Related Posts with Thumbnails