Latest News

Aneh, Makan Wortel Bocah ini Kulitnya Berubah Oranye

Posted by beye on Sabtu, 01 September 2012 , under | komentar (0)




Akibat gangguan metabolisme, seorang bocah di Inggris jadi seperti bunglon karena warna kulitnya bisa berubah-ubah. Jika terlalu banyak makan wortel, warna kulitnya berangsur-angsur akan menjadi oranye seperti wortel yang dimakannya.

Leo Barnett (3 tahun), bocah laki-laki asal Hampshire mengalami kondisi langka yang disebut hyper-beta carotenemia. Kondisi yang baru pertama kali ditemukan di Inggris ini membuat tubuh Barnett tidak bisa memetabolisme beta karoten, yang terkandung dalam wortel.


medicmagic.net


Di dalam wortel maupun buah dan sayuran lainnya, beta karoten merupakan kandungan yang memberikan warna oranye atau jingga. Sementara di dalam tubuh manusia, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A yang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Karena tidak mampu mengolah beta-karoten, tubuh Barnett akan kelebihan senyawa pemberi warna oranye sehingga warna kulitnya berubah. Selain itu, daya tahan tubuhnya juga menurun karena tidak ada satupun yang diubah menjadi vitamin A sehingga Barnett rentan mengalami infeksi.

Anggie (40 tahun), sang ibu mulai menyadari adanya kelainan pada anaknya saat Barnett baru berusia 6 bulan. Ketika itu, Barnett mengalami pneumonia atau radang paru-paru berat yang hampir saja merenggut nyawanya dan langsung memeriksakannya ke dokter.

"Ginjal dan hatinya gagal berfungsi dan saat itu warna kuning-jingga mulai muncul. Kami kira masalahnya akan hilang dengan sendirinya tapi hingga sebulan kemudian masih tetap oranye," kata Anggie seperti dikutip dariDailymail.

Setelah beberapa kali ganti dokter, akhirnya Anggie membawa Barnett untuk tes darah. Berdasarkan hasil tes itulah, para dokter berkesimpulan bahwa tubuh Barnett tidak memproduksi suatu enzim untuk mencegah penumpukan beta-karoten di dalam tubuh.

Dalam kondisi normal, kelebihan beta-karoten tidak menyebabkan dampak yang fatal. Namun pada Barnett, kelebihan ini tidak hanya membuat tubuhnya menjadi oranye, tetapi juga membuat dirinya rentan infeksi seperti saat 2 kali kena pneumonia, dan 1 kali kena flu babi saat berusia 2 tahun.

Karena belum ada pengobatan yang benar-benar manjur, Barnett sampai sekarang harus mengonsumsi suplemen vitamin A untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Bukan itu saja, Barnett juga harus melakukan tes darah secara rutin tiap 6 bulan untuk melihat kadar vitamin A di dalam tubuhnya.

Konsumsi buah-buahan serta sayuran yang memiliki unsur warna kuning kemerahan juga harus dibatasi pada Barnett. Menurut Anggie, satu-satunya sayuran yang boleh dikonsumsi oleh Barnett hanyalah kembang kol karena paling sedikit mengandung beta-karoten.







Sumber:

Indahnya Padang Rumput Unik di Bawah Air

Posted by beye on Jumat, 31 Agustus 2012 , under | komentar (1)




Di sebuah kaki pegunungan yang tertutup salju Austria ada danau unik. Kita bisa menikmati hijaunya padang rumput di bawah air.

Selama musim dingin, danau GrĂ¼ner See di Styria hanya memiliki kedalaman 1 sampai 2 meter, sehingga daerah sekitarnya digunakan sebagai taman kota.

 


Saat suhu mulai meningkat pada musim semi, es dan salju di puncak gunung akan mencair dan mengalir turun ke cekungan tanah di bawahnya tempat taman tersebut berada. Air dari lelehan salju ini yang membuat danau meluap dan menutupi taman.

Danau tersebut memang terlihat berwarna hijau karena warna rumput dan dedaunan yang memantul dari bawah. Kita dapat menikmat rumput alpin dan bunga yang menggoda dengan goyangannya.

Yang terpenting, kondisi tubuh harus fit atau berani menahan dingin saat menyelam. Suhu air dari lelehan salju ini cukup dingin, mencapai empat derajat.







 
Sumber:
viva

Pohon ini Ternyata Bisa Berpindah Tempat Sendiri

Posted by beye on Kamis, 30 Agustus 2012 , under | komentar (0)




Di hutan hujan tropis Amerika Selatan ada sejenis pohon palem yang bisa bergeser dari tempatnya semula. Socratea exorrhiza, atau sering disebut Walking Palm. 

Dinamakan Walking Palm karena bisa "berjalan", tentunya bukan seperti pohon raksasa Ent dalam film Lord of The Rings. Namun, memang benar-benar bisa berpindah tempat sendiri.

anything-but-normal.wonderhowto.com

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Rupanya karena pergerakan akar yang mengikuti arah cahaya matahari. Akar yang tidak mendapatkan sinar akan mati dan kemudian digantikan oleh pertumbuhan akar yang baru. Bentuk akarnya muncul dari bagian batang seolah tentakel gurita.

Pada tahun 1961 sebuah fakta baru mengenai tanaman ini ditemukan oleh para ahli. Sebuah pohon jenis ini tumbang karena ditimpa oleh pohon lainnya, namun beberapa hari kemudian, tumbuh akar baru di sekitar akar yang lama. 

thelistcafe.com

Menurut penelitian, dalam tempo 1 tahun, pohon yang mampu tumbuh hingga 25 meter dan berdiameter sekitar 16 cm ini dapat bergeser dari tempatnya semula sejauh 1 meter. 

Sumber:

Makan ini Ternyata Bisa untuk Mengembalikan Mood Buruk

Posted by beye on Rabu, 29 Agustus 2012 , under | komentar (0)




Tekanan di sekolah atau tempat kerja, berselisih dengan teman, atau hal-hal buruk lainnya bisa memperburuk perasaan kita. Biasanya saat begini, kita jadi malas makan. Walau sesungguhnya bisa merembet pada kesehatan tubuh.

Nah, daripada menghindari makanan, kenapa tidak coba jenis makanan berikut ini. Menurut penelitian, inilah makanan yang akan memperbaiki mood buruk kita.

Saat sedih

Ikan salmon, contoh ikan yang kaya akan Omega-3 / inforesep.com


Kalau sedang sedih, coba untuk makan makanan yang kaya akan Omega-3. Tujuannya adalah meningkatkan mood serta mengatasi tekanan agar tidak semakin larut dalam kesedihan.

Menu yang dianjurkan:
 ikan-ikanan, telur, daging merah.

Saat marah

Daging unggas, ayam bakar / anamblog.com


Menurut penelitian di Jepang, seperti dikutip dari ivillage.co.uk, zinc dapat membantu mengendalikan emosi dan meredakan kemarahan.

Menu yang dianjurkan: daging merah, daging unggas, produk susu, makanan laut, gandum-ganduman, kacang-kacangan.


Saat takut
 
Brokoli, contoh sayur yang kaya akan folat / globalagrotec.wordpress.com


Sedang takut dan tidak tenang akan sesuatu? Yang perlu dikonsumsi adalah menu-menu yang kaya akan folat. Seperti halnya Omega-3, folat akan membantu mengatasi perasaan tidak tenang yang dialami.

Menu yang dianjurkan: alpukat, sayuran berdaun hijau, asparagus, kacang-kacangan, kacang polong.


Saat tak percaya diri

 dougtspencer.com


Para peneliti di McGill University Monteral mengatakan, cara mengatasi kurang percaya diri bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tryptophan.

Menu yang dianjurkan: daging (terutama ayam), ikan (terutama salmon dan tuna).


Saat patah hati
 
katjohnston.com


Banyak orang bilang saat sedang sedih, cokelat akan membantu mengatasi kesedihan tersebut dan mengembalikan mood. Hal ini memang benar, cokelat mengandung bahan kimia yang bisa menenangkan, meningkatkan mood serta membuat seseorang bahagia.


Saat cemas
 
stefannyangworld.blogspot.com


Saat sedang cemas, gugup dan bingung, lebih baik hindari kopi. Gantikan dengan teh herbal yang jauh memberikan ketenangan dan membuat rileks.

Menu yang dianjurkan:
 secangkir teh hangat agar kembali relaks dan tenang, serta meredakan gugup.

Selamat mencoba...




Sumber:
gangsadar

Kisah Nyata Bocah yang Bersahabat Karib dengan Marmut

Posted by beye on , under | komentar (0)




Contoh keakraban antara manusia dengan hewan pemalu terjadi di Austria. Marmut dikenal dengan sifat pemalu. Biasanya saat bertemu manusia, mereka akan memukul-mukul ekor serta membunyikan gigi sebagai tanda peringatan agar jangan mendekat. Bila tak berhasil, marmut akan mengeluarkan suara seperti peluit guna memberitahu anggota lain dalam koloni untuk melarikan diri.


Tidak demikian dengan Matteo Walch. Saat marmut melihatnya, mereka bergegas ke sisinya tanpa ragu dan mengelilingi bocah itu tanpa takut.

Bocah berusia delapan tahun ini telah membangun hubungan yang luar biasa dengan makhluk-mahluk tersebut sejak pertama kali dibawa melihat koloni tersebut oleh keluarganya empat tahun lalu.

Keluarga pecinta alam tersebut kembali untuk mengunjungi koloni marmut Groslocker di Pegunungan Alpen Austria selama dua minggu setiap tahunnya.
 



“Persahabatan mereka telah berlangsung selama lebih dari empat tahun sekarang. Dia mencintai binatang itu dan mereka sama sekali tidak takut kepada Matteo karena ia memiliki perasaan yang sama terhadap hewan-hewan itu, dan mereka memahaminya.” tutur Michaela, ayah dari Matteo.

“Kami pergi ke sana setiap tahunn selama dua minggu, sangat menakjubkan menyaksikan hubungan khusus antara anak laki-laki kami dan teman-teman marmutnya.” tambah Michaela.

Marmot Alpen sedikit berbeda dengan marmut peliharaan yang sering kita jumpai di pet shop. Marmut ini tingginya sekitar 18 cm dan mampu mencapai mencapai panjang hingga 50cm.

Anehnya, binatang ini menjadi lebih berat di musim gugur, saat bobot hewan ini bisa mencapai 8 kilogram, dibandingkan dengan berat mereka di musim semi yang hanya mencapai 3 kilogram.





Sumber dan foto:

Crab Kong, Inilah Kepiting Terbesar Di Dunia

Posted by beye on Senin, 27 Agustus 2012 , under | komentar (0)



Kepiting terbesar di dunia yang dijuluki Crab Kong berhasil ditangkap seorang nelayan di Jepang. Laman metro.co.uk mewartakan, Rabu (16/2), kepiting yang masuk dalam keluarga colossus crustasean bergaris tengah tiga meter ini ditangkap seorang nelayan di daerah Heda di teluk Suraga sebelah barat Tokyo, Jepang.

Kepiting raksasa ini malah diperkirakan masih anak-anak. Crab Kong yang beratnya 15 kg ini berumur 40 tahun. Apabila kepiting selebar 3 meter ini telah dewasa, kesepuluh capitnya bisa untuk mengangkat sebuah mobil.
Awalnya, nelayan yang identitasnya dirahasiakan itu bermaksud untuk menjual kepiting raksasa ini untuk makan malam. Untungnya, peneliti kehidupan laut di Weymouth, Inggris, menyelamatkan kepiting raksasa itu. Crab Kong akan menempati rumah barunya di Munich, Jerman.
"Kong pasti sangat menarik untuk dilihat. Bahkan lebih besar daripada kepiting terbesar sebelumnya, Crabzilla," kata Robin James, peneliti di Sea Life

Ahli sealife Inggris berencana untuk membuat B-movie-gaya Jepang dengan judul krustasea terbesar di Inggris: Crab Kong vs Crabzilla. Salah satu penantang untuk mahkota tersebut, kepiting laba-laba Jepang, yang dijuluki "Crab Kong" dan digambarkan sebagai "Ronaldo" dari dunia akuarium, tiba di Weymouth's Sea Life Park awal bulan ini setelah ditangkap oleh nelayan di Teluk Suruga, tenggara Tokyo.
Crab Kong sudah memiliki cakar mencakup tiga meter (10 kaki) dan berat 15 kilogram (33 lbs). Hal itu menempatkannya di divisi yang sama seperti Crabzilla, kepiting terbesar di Inggris yang diimpor oleh Birmingham Nasional Sealife Centre tahun lalu. Kedua makhluk tersebut masih tumbuh dan bisa hidup lebih dari 100 tahun.

Robin James, seorang ahli biologi di Sea Life Park, telah mengunjungi desa tempat Kepiting Kong tertangkap dan berencana untuk mengangkutnya ke Inggris. Crab Kong akan dipindahkan ke rumah permanennya di Munich's Sea Life Center akhir tahun ini.
"Mendapatkan hewan mengesankan seperti Crab Kong untuk akuarium, setara dengan mendapatkan Ronaldo (dalam sepakbola)," kata James.

"Memberikan kesempatan pada orang-orang untuk menjadi saksi pertama dari banyak keajaiban dari lautan, membantu meningkatkan dukungan untuk konservasi laut."katanya.


Abercrombie, Inilah Fotografer Muslim Legendaris di NatGeo

Posted by beye on , under | komentar (0)




Tom Abercrombie adalah fotografer yang diakui sangat mumpuni kebanggaan National Geographic. Sebagai seorang mualaf, ia menjadi jembatan perdamaian antara dunia Islam dan dunia barat.

Bagi yang belum tahu Abercrombie, semoga kisah perjalanannya menjadi inspirasi tentang betapa indahnya perjuangan untuk perdamaian, dan bukan saling membenci karena perbedaan ras, suku, atau agama.

Thomas J. Abercrombie, lahir 13 Agustus 1930 di Stillwater, Minnesota. Di negara bagian inilah ia bertumbuh dan memulai karirnya sebagai fotografer profesional. Awalnya, saat Abercrombie di usia 15 tahun melihat parade Lumberjack Days, iring-iringan pilot yang baru kembali dari Perang Dunia II.

Kebetulan kakaknya, Bruce termasuk dalam rombongan pilot. Dan, ia membawa kamera Leica yang dibeli di Italia. Dari kamera milik kakaknya inilah, Abercrombie mulai memotret segala hal, termasuk foto pertamanya adalah foto sang pacar, Lynn.

Pensiun dini dari Angkatan Bersenjata karena jamur di kakinya, membawa Abercrombie ke depan meja redaktur foto National Geographic Society di tahun 1956. Kemudian, mulailah petualangannya di dunia fotografi. Liputan berita soal Fargo Forum dan Milwaukee Journal mengantarnya sebagai penerima penghargaanNewspaper Photographer of The Year.



Sebagai fotografer majalah NatGeo membawa Abercrombie berangkat ke Timur Tengah. Ia sempat mewawancari Presiden Lebanon, Camille Chamoun yang membuat sang presiden menjadi kagum setelahnya. Presiden ini sebelumnya terkenal sangat kaku, namun perjumpaan dengan Abercrombie mengubah tabiatnya. Abercrombie  berhasil 'masuk' ke dalam kegiatan pribadi Presiden, ia mengabadikan gambar sang Presiden bersama istrinya sedang bersantai di bawah pohon.

Abercrombie memang dikenal punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan tidak terburu-buru menghadapi orang, sehingga lebih mudah mendekati dan mengambil kepercayaan seseorang agar mau dipotret dan ditulis. Sebagai contoh, saat di Afghanistan Timur, ia harus memotret buzkashi, olah raga tradisional Afghanistan menggunakan kuda. Abercrombie ikut terlibat dalam perolombaan, dan hasilnya ia mendapat banyak gambar yang indah.

Bukan semata fogografer, Abercrombie juga memiliki kenekadan serta keahlian di atas rata-rata. Hanya dengan pisau saku, ia pernah mengamputasi jari kaki seorang peziarah di Tibet yang terkena gangre. Ia juga pernah mengoperasi korban gempa di Iran, dan itu dilakukan seorang diri.


Selama berkelana ke Timur Tengah, Tom belajar banyak bahasa, dan ia menguasai bahasa Arab, Jerman, Perancis, serta Spanyol. Ia dapat membaca Al Quran, dan selalu menggunakan nama Omar dalam perjalanannya di kawasan Arab.

Mungkin inilah saat ia akhirnya mendapat hidayah, kemudian memeluk Islam. Namun, ia tetap berpegang pada 'diam' yang tak pernah menggembar-gemborkan soal kepercayaan barunya tersebut. Baginya, perbuatan lebih penting daripada seribu kata-kata.

Saat memotret dan menulis The Sword and The Sermon (pedang dan khotbah), Abercrombie pergi ke Kazakhstan mengunjungi sebuah masjid di Alma Ata dan sholat Jumat di sana.

"Saya memperkenalkan diri pada sheikh di sana. Sambil kami berbicara bahasa Arab, jamaah orang Kazakhstan tua yang jumlahnya makin membesar, mulai berkumpul mengeliling kami. Ketika saya memperlihatkan foto-foto Mekkah dan ibadah haji, mereka hampir menangis. Banyak yang mengusap baju saya lalu menyapu muka mereka dengan mendapatkan berkah dari seorang haji. Saya menjadi sangat emosional," ceritanya seperti dimuat dalam National Geographic.

Ya, Abercrombie telah membuka mata dua pihak. Di satu sisi, ia menyadarkan orang-orang Islam garis keras, bahwa masih banyak orang-orang di barat sana yang membuka tangan terhadap Islam. Serta, ia juga menohok sentimental orang barat lewat foto-fotonya, tentang dunia Islam secara nyata.

Semoga peristirahatan Haji "Omar" Tom Abercrombie (meninggal 3 April 2006) dari dunia membawa perubahan yang lebih baik demi perdamaian.





Sumber dan photo source under copyright of:

Related Posts with Thumbnails