Latest News

Wanita ini Punya Pendengaran Super, Tetapi Malah Terganggu

Posted by beye on Sabtu, 29 Juni 2013 , under | komentar (0)




Telinga supersonic bukan hanya ada dalam kisah fiksi super hero. Julie Refern dilaporkan memiliki kemampuan bisa mendengar suara di atas normal, yakni mendengar suara-suara aneh yang berasal dari dalam tubuhnya.

Ia mampu  mendengar gerakan detak jantungnya, atau goyangan pada otak, suara mendesis dari cairan tubuhnya yang bergerak, bahkan ia pun dapat mendengar gerakan matanya. Nyatanya, semua hal ini membuatnya frustasi.

"Ini membuatku sangat frustasi bisa mendengar segala sesuatu. Tidak seorang pun ingin mendengar suara pada tubuh mereka terus-menerus,” ungkap Julie seperti dilansir dari The Sun.

Julie pun mengakui kalau dirinya memiliki kondisi langka seperti itu sejak tahun 2006 silam. Kemudian tak berselang lama, ia mulai menghindari makanan renyah seperti apel dan keripik karena suara yang ditimbulkan sangat bising saat ia makan.

“Itu adalah hal yang mengerikan, saya benar-benar bisa mendengar mereka bergerak, menggaruk, dan itu sangat aneh,” terang Julie.

Akhirnya Julie memeriksakan kondisinya itu ke Manchester Royal Infirmary untuk menjalani MRI dan CT scan. Pihak kedokteran mengatakan kondisi yang langka ini disebut sindrom Superior Canal Dehiscence (SCD). Kondisi SCD ini disebabkan oleh lubang-lubang kecil di telinga bagian dalam yang memungkinkan cairan bocor ke otak.

Julie berencana untuk melakukan operasi untuk memperbaiki kerusakan pada telinganya itu, meskipun risiko tuli dan cacat wajah akan dialaminya.













Sumber:
yahoo

Inilah Seni Kertas yang Sangat Menakjubkan

Posted by beye on , under , | komentar (0)




Lihatlah gambar-gambar berikut, begitu indah dan sangat detail. Seni kertas ini hasil karya seniman hebat dari Brazil, Carlos Meira. Sebagai desainer dan art director, Carlos telah membuka wawasan baru dalam dunia seni rupa. Ia tidak hanya menciptakan gaya baru, tetapi juga seorang seniman yang sangat mencintai negerinya. Mayoritas karya Carlos mengangkat budaya Brazil.

Kita lihat saja karya-karyanya berikut ini, dan bersiaplah berdecak kagum.
 











Beginilah proses pembuatan seni kertas oleh Carlos di studionya














Inilah 8 Hewan Kecil yang Sangat Imut

Posted by beye on Jumat, 28 Juni 2013 , under | komentar (0)




Melihat anak kucing, anak anjing (puppies) sering membuat kita 'gregetan' karena imut dan lucunya. Kalau anak-anak hewan lainnya seperti foto-foto di bawah ini ada di hadapan kamu, mungkin akan naksir berat karena mereka terlihat 'unyu-unyu'

 
Landak kecil
 
Buaya kecil

Panda kecil

Babi kecil

Jerapah kecil

Keledai kecil

Ada yang ingat kisah Bamby si rusa kecil ?

Tahu ini apa? Anak ikan pari







Sumber:
uphaa

Tanaman pun Ternyata Pandai Matematika

Posted by beye on Kamis, 27 Juni 2013 , under | komentar (0)




Kalau membenci pelajaran matematika, cobalah belajar dari tanaman. Mereka bisa bertumbuh dan bertahan hidup karena pintar berhitung.


Matematika memang sering jadi momok menakutkan. Mungkin, 90 persen dari siswa sekolah paling benci dengan pelajaran penuh angka ini. Saya jadi ingat seorang teman yang berkeringat dingin setiap jam pelajaran matematika datang, apalagi melihat sang guru sudah berdiri di pintu kelas. Karena phobia, teman yang satu ini lebih memilih bolos.

Padahal, siapa pun tahu matematika adalah ilmu yang pasti digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Paling sederhana, lihat saja pedagang di pasar. Boleh jadi di antara mereka ada yang tak pandai membaca, tapi soal berhitung uang bisa saja lebih khatam dibanding kita.

sciencerecorder.com
Soal hitung-menghitung, mengapa kita tak berguru pada tanaman? Selama jutaan tahun, ternyata semua tumbuhan di bumi bisa terus bertumbuh dan mempertahankan hidupnya karena pintar matematika. Hal ini diungkapkan dari hasil penelitian Profesor Martin Howard dari John Innes Centre, Norwich, Inggris.

Bagaimana tanaman mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari? Dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal akses terbuka e-Life, para ilmuwan di John Innes Centre menunjukkan tanaman membuat penyesuaian yang tepat untuk menilai tingkat konsumsi pati mereka.

Saat siang hari, tanaman memroses makanan sendiri dengan menggunakan sinar matahari. Energi dari matahari itu diubah jadi karbondioksida ke dalam gula dan karbohidrat (pati).

Setelah matahari terbenam, tanaman hanya bergantung pada cadangan karbohidrat agar tidak kelaparan. Maka, tanaman pun melakukan perhitungan aritmetika dasar untuk memastikan cadangan pati tercukupi sampai subuh atau berjaga-jaga jika saat tengah malah merasa kelaparan. Sepanjang malam, mekanisme dalam daun mengukur ukuran cadangan pati dan memperkirakan lama pasokan sampai jelang pagi.

Soal informasi waktu malam dan pagi hari pada tanaman didapat dari mekanisme jam internal yang mirip terjadi pada tubuh manusia. Pengelolaan cadangan pati itu diharapkan maksimal 95 persen sampai waktu subuh.


Profesor Martin Howard dan Alison Smith. (Phys)
 
"Perhitungan tepat itu agar tanaman mencegah kelaparan tapi juga membuat penggunaan yang paling efisien dari makanan mereka," kata ahli metabolisme biologi, Profesor Alison Smith.

"Jika cadangan pati digunakan terlalu cepat, tanaman akan kelaparan dan berhenti tumbuh pada malam hari. Jika cadangan yang digunakan terlalu lambat, sebagian pati akan sia-sia," jelasnya lagi, "Kemampuan melakukan perhitungan aritmetika sangat penting bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman."

Ya, tanaman pun harus pintar berhitung guna kelangsungan hidup mereka. Bagaimana dengan kita, mestikah tetap membenci matematika?






 








Sumber:
viva.

Chronovisor, Inilah Mesin Pelihat Masa Lalu

Posted by beye on Rabu, 26 Juni 2013 , under | komentar (0)




Kembali muncul sebuah misteri dari ruang-ruang gelap di Vatikan, benarkah mereka memiliki sebuah mesin yang bisa melihat masa lalu?

Seorang pastor keuskupan Katolik Roma, Francois Brune mengejutkan dunia saat bukunya Le nouveau Mystère du Vatican ("Misteri Baru Vatikan") terbit di tahun 2002. Di dalamnya, Brune menulis bahwa ia bersama Pellegrino Ernetti (1925-1994), seorang pendeta Italia dan ilmuwan berhasil membuat sebuah mesin yang bisa melihat masa lalu - bagaikan kita melihat tayangan di televisi namun yang tampil adalah peristiwa-peristiwa sejarah manusia -  dan disebut: Chronovisor.
 

Ilustrasi Chronovisor / unmuseum.org


Pastor Eernetti bersama Brune membentuk tim yang terdiri dari 12 ilmuwan hebat di dunia (di antaranya Enrico Fermi dan Wernher von Braun).  Mereka kemudian membuat Chronovisor berbentuk  lemari besar dengan tabung sinar katoda untuk menampilkan gambar-gambar dari masa lalu. 

Dalam buku yang ditulis Brune, disebutkan pula Ernetti telah melihat peristiwa penyaliban Kristus,  hingga masa-masa Kekaisaran Roma di tahun 169 SM. Ernetti bahkan mengaku telah membuat foto dari peristiwa yang dilihatnya dan tampil pada sebuah majalah mingguan Italia, La Domenica del Corriere per tanggal 2 Mei 1972.

Bagaimanapun, tak ada bukti kuat soal keberadaan Chronovisor. Soal bukti-bukti yang diklaim Ernetti pun diragukan kebenarannya. Beberapa tahun setelah 1972, dikabarkan Ernetti mengakui semuanya hanya kebohongan belaka. Walaupun ia tetap yakin Chronovisor bekerja sesuai yang diharapkan.
 

Tampilan tulisan majalah Italia 1972: sebelah kanan adalah tampang Yesus saat disalib  /unveiledsecretsandmessagesoflight.blogspot.com


Nah, masalah baru muncul karena dalam bukunya, Brune yakin bahwa Ernetti terpaksa mengaku "bohong" karena paksaan berbagai pihak. Brune tetap kukuh mengatakan bahwa mereka telah berhasil membuat mesin pelihat waktu tersebut. Sayangnya, mesin ini kemudian disita oleh Vatikan.

Dari sinilah teori konspirasi baru muncul kembali. Siapakah yang benar, Brune yang yakin dengan keberadaan Chronovisor? Atau tulisannya hanya karya fiksi ilmiah yang hanya mencari sensasi? Apakah mungkin diam-diam Vatikan memang memiliki mesin tersebut dan ada misi rahasia untuk mengendalikan pemerintahan serta ekonomi di dunia kita?







 



Sumber:
wikipedia

Akademi Berusia 1000 Tahun Ada di Situs Warisan Dunia ini

Posted by beye on Selasa, 25 Juni 2013 , under | komentar (0)




Di tahun 918 - 1392 Dinasti Koryo (disebut juga Goryeo) memerintah di Korea, inilah dinasti kedua atau setelah era akhir periode Three Kingdoms, dan sebelum imperium  Joseon - paling lama memerintah di Korea.

Di masa sekarang, Dinasti Koryo yang beribukota Kaesong terletak di sebelah utara perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Wilayahnya cukup luas yakni terdiri atas 12 lokasi terpisah. Di antara semua bangunan, yang memiliki nilai sejarah tinggi misalnya reruntuhan istana Manwoldae,  makam Raja Kongmin serta sebuah akademi yang sempat berfungsi selama 1000 tahun:  Songkyongkwan Academy.
 
Songkyongkwan Academy.
 
 
Tentunya semua bangunan yang menjadi saksi sebuah warisan budaya Korea sangat penting nilainya. Dan baru-baru ini UNESCO akhirnya memasukkan situs ibukota Dinasti Koryo ini sebagai salah satu warisan dunia.

"Ini peninggalan budaya berharga dan menjadi kebanggaan bangsa kita sebagai catatan yang menunjukkan sejarah panjang bangsa kita," kata Kim Jin Sok, seorang peneliti di Kaesong Kantor Manajemen City yang bertugas melestarikan Warisan Nasional.

Jadi, selamat untuk pihak Korea Utara karena proposal mereka telah disetujui UNESCO. Negara yang selalu diisukan negatif di mata dunia ini masih mempunyai kesadaran tinggi untuk menjaga warisan budaya mereka.

 
Mausoleum Raja Gongmin

Mausoleum Raja Wang Geon, pendiri Dinasti  Koryo

Salah satu gerbang menuju Kaesong






 
 
 
 
Sumber:

Wow, Kemegahan Masjid ini Ukurannya Lima Kali Lapangan Sepak Bola

Posted by beye on Senin, 24 Juni 2013 , under | komentar (0)




Masjid Agung Sheikh Zayed adalah  masjid terbesar di Uni Emirat Arab dan masjid terbesar kedelapan di dunia. Ukurannya setara dengan ukuran lima sepakbola. Bisa dibayangkan, begitu besarnya sehingga setiap perayaan Idul Fitri dapat dikunjungi lebih dari 40.000 orang.

Masjid Agung Sheikh Zayed diprakarsai oleh almarhum Presiden dari Uni Emirat Arab (UEA), HH Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang ingin mendirikan sebuah struktur yang menyatukan keragaman budaya dunia Islam, nilai-nilai sejarah dan arsitektur modern dan seni.

Di masjid ini terdapat perpustakaan -  terletak di utara atau timur menara, melayani masyarakat dengan buku-buku klasik dan publikasi menangani berbagai mata pelajaran Islam: ilmu, peradaban, kaligrafi, seni, koin dan termasuk beberapa publikasi langka sejak lebih dari 200 tahun. Koleksi bukunya terdapat dalam berbagai bahasa seperti Arab, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, Jerman dan Korea.


 
 







Sumber:
plasa.

Related Posts with Thumbnails