Latest News

Hotel Tianzi, Inilah Hotel Paling Aneh Di Dunia

Posted by beye on Sabtu, 01 Desember 2012 , under | komentar (0)



Mungkin sudah sering lihat bangunan hotel yang unik dan aneh, tapi yang satu ini lain dari pada yang lain. Mungkin inilah hotel dengan arsitektur paling nyeleneh di muka bumi.

Namanya Hotel Tianzi.

Sebenarnya ada beberapa nama untuk hotel nyentrik ini, Hotel Tianzi, Hotel Emperor, Hotel Son of Heaven. Lokasinya di provinsi Hebei dan kabarnya sudah dibangun sejak tahun 2000/2001. Tingginya 41,6 meter dan didesain untuk mempresentasikan Fu Lu Shou (nasib baik, kemakmuran, dan panjang umur).


Diketahui hotel ini juga pernah masuk dalam Guiness World Record Book sebagai world's 'biggest image building'.


Kalau dilihat pada fotonya dimana yang berbetuk laki-laki tua sedang memegang seperti buah persik, sebenarnya itu adalah juga salah satu kamar di hotel ini. Dua lubang di depannya adalaj jendela.





Inilah Negara Terkecil di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



Coba tebak, negara apa yang terkecil di dunia? Mungkin banyak yang menebak Vatikan atau San Marino. Tapi jawaban itu salah, yang benar adalah Sealand. Letaknya di laut lepas sekitar 13 kilometer dari Suffolk, Inggris Raya. Luasnya hanya 4 km persegi.

Sealand bukan sebuah pulau, melainkan struktur bangunan di tengah laut yang ditopang oleh dua menara besar. Jadi tak ubahnya seperti rig tempat pengeboran minyak. Walau tanpa pertambangan minyak tentunya.






Struktur ini dibangun oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Namun pada tahun 1968 pengadilan memutuskan struktur tersebut berada di wilayah perairan internasional, dan artinya di luar yurisdiksi Inggris.

Kemudian datanglah sekelompok orang dari Belanda ingin mengambil alih Sealand. Seorang pria bernama Michael Bates melawan dengan menggunakan helikopter. Bates menang, dan ia menobatkan diri sebagai Pangeran Sealand.









Hebatnya, Sealand mempunyai perangko sendiri, lagu kebangsaan, uang, hingga bendera nasional. Ironis, eksistensi Sealand jadi polemik bagi dunia internasional. Negara ini tidak menjadi anggota PBB, dan pada tahun 1987 Inggris memperluas teritori perairannya hingga mengklaim Sealand masuk ke dalam kekuasaan Inggris. 

Walau demikian Bates tetap melawan dan mengajukan banyak argumen kalau Sealand sah menjadi negara yang berdaulat. Alasannya tetap, Sealand tidak masuk wilayah negara mana pun saat dibangun. Lagipula, orang-orang Belanda yang kalah melawan Bates ditahan dalam penjara dan banyak negara yang menyerukan agar Bates membebaskan mereka. Ini artinya, kalau Sealand bukan negara, mana mungkin mereka meminta hal tersebut? 

Menurut wikipedia, jumlah populasi di Sealand pada 2004 berjumlah 27 orang. Nyatanya, kini hanya ada 4 orang. Ada-ada saja...











Sumber:

Ternyata Di Cina Ada Sungai Susu

Posted by beye on Jumat, 30 November 2012 , under | komentar (0)



Sungai Quxi di kota Wenzhou, Cina terdapat sungai berliku-liku dan panjangnya bermil-mil. Sangat mengagetkan, air di sungai ini berwarna putih sehingga banyak orang menjuluki "sungai susu".






Dari mana warna seputih susu itu berasal, apakah ada jutaan susu sapi dibuang ke sungai? Bukan, sungai ini menjadi putih karena pencemaran yang menimbulkan lapisan berminyak putih. 

Lembaga perlindungan lingkungan bersuara lantang limbah latex yang dibuang perusahaan industri dan dagang jadi sumber polusi di sungai tersebut. Ironis, pers lokal justru menulis, "polutan itu diidentifikasi sebagai emulsi alam... emulsi yang tidak mengandung racun biokimia." Apakah berarti air di "sungai susu" ini aman diminum? 






Sementara, ada kabar lain dari wilayah selatan Cina bahwa terjadi kepanikan di masyarakat karena air mineral kemasan dalam botol yang mereka biasa beli dilaporkan mengandung racun cadmium. Lagi-lagi ini karena ulah industri pertambangan yang membuang limbah ke sungai. 










Sumber:

Beginilah Ladang Server Facebook yang Melayani Seluruh Dunia

Posted by beye on Kamis, 29 November 2012 , under | komentar (0)



Hasil survei Silverpop yang dimuat dalam Digital Strategi, 27 November 2012 menunjukkan pengguna Facebook telah mencapai 1 miliar anggota. Artinya, jejaring sosial ini masih kuat bercokol di puncak teratas paling banyak dipakai orang.

Menarik untuk diketahui, Pengguna menghabiskan lebih dari 20 miliar menit di Facebook setiap harinya. Setiap minggu pengguna berbagi lebih dari 8 miliar lembar konten, termasuk update status, foto dan catatan. Ditotal, kira-kira setiap bulan lebih dari 5 milyar foto diupload ke Facebook.






Jumlah yang sangat besar ini tentu membutuhkan kapasitas server yang sangat besar pada data center, karena diperlukan untuk menampung data setiap detiknya akibat beragam kegiatan pengguna melalui account facebook. 

Begitulah keunikan dari situs jejaring sosial terbesar ini. Seperti yang kita rasakan saat ini bahwa facebook sangatlah cepat diakses dan minim sekali down, berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika awal pengembangannya, facebook terasa agak berat diakses apalagi untuk pengguna Indonesia, tapi hal itu telah berlalu dan saat inilah masa kejayaan facebook. Berikut bisa kita lihat beberapa gambar padafacebook server farm.







Ladang server facebook memiliki sistem pendingin canggih dan bisa menyimpan pasokan tenaga listrik. Lihatlah kabel-kabel yang terhubung sebagai saluran lalu-lintas data dari seluruh dunia.







Pusat server dibangun menggunakan replikasi berlapis, yang membuatnya hampir tidak mungkin gagal, bahkan jika sistem di San Fransisco overload.







Server memproses update halaman pengguna secepat mungkin, sehingga komentar atau posting tampil dalam hitungan detik. Menampung 550 juta (dan terus bertambah) pengguna, Maka dari itu membutuhkan kekuatan pusat data yang luar biasa.










Sumber:

Inilah Nenek Moyang Game Konsol

Posted by beye on , under | komentar (0)



Sebelum Sony berjaya dengan Playstation atau Microsoft dengan Xbox, dunia game konsol dikuasai Atari dan Nintendo. Dan semua seharusnya berterima kasih dengan nenek moyang mereka, Brown Box dan Oddysey.

Adalah Ralph Baer yang pertama kali memiliki gagasan ingin menciptakan sebuah televisi interaktif. Ya, kotak hiburan yang sudah menghipnotis jutaan orang ini menjadi kurang seru kalau hanya bisa ditonton saja. 

Brown Box / pcgameshardware.com


Di tahun 1966, sebagai Chief Engineer di Sanders Associates, Baer menciptakan permainan sederhanya yang bisa dimainkan lewat televisi. Waktu itu masih sangat sederhana, hanya dua titik yang berkejaran dan Baer menamakannya Chase. Alatnya bernama Brown Box.


Setelah demo di hadapan Herbert Campman, akhirnya mengalirlah dana tambahan untuk mengembangkan proyek Baer. Kemudian mereka bekerja untuk perusahaan Magnavox.

Seorang ahli program, Bill Rusch direkrut untuk mempercepat pembangunan mesin game tersebut. Maka di tahun 1972 terciptalah Magnavox Odyssey. 






Sayangnya, game ini tak bertahan lama. Banyak pihak menilai game seperti ini tidak punya potensi untuk dijual, apalagi berkembang gosip kalau game ini hanya bisa dimainkan dengan teisi keluaran pabrikan Magnovox.



Saat itu Atari banyak membeli lisensi dari Magnavox. Ternyata mereka mengembangkan game ini dengan tim sendiri. Di tahun 1975 muncullah permainan arcade game dikembangkan oleh Nolan Bushnell yang disebut Pong. Game ini langsung menjadi hit di pasaran. Sejak saat itu perkembangan berbagai game pun berlanjut. 



computerworld.com



Atari bisa dibilang jadi penguasa dunia game selama 10 tahun, hingga masuknya Nintendo ikut meramaikan persaingan di tahun 1985. Super Mario Bross jadi contoh permainan yang dikembangkan Nintendo dan menjadi salah satu legenda game hingga saat ini.



Catatan: Perkembangan game di komputer sudah ada sejak 1950-an. Hal ini untuk membedakan game dengan video game consoles / game konsol. Generasi pertama atau nenek moyang game konsol adalah Brown Box dan Odyssey. Namun, untuk kategori game konsol yang pertama kali sukses dijual di pasaran, maka Pong dari Atari yang jadi jawara, walau konsol ini termasuk generasi kedua.












Sumber:

Sekarang Kita Bisa Melihat Formasi Bintang di Tata Surya Bisa Lewat Google

Posted by beye on , under | komentar (0)



Menemukan letak bintang atau belajar soal konstelasi semakin sulit sekarang. Apalagi bagi yang tinggal di kota besar, lampu-lampu yang terang menyulitkan pemandangan kita ke angkasa. Paling banter harus ke planetarium atau menggunakan teleskop.






Tapi kini tak perlu sulit lagi untuk melihat bintang di langit. Lewat layanan Google kita bisa menjelajah Bima Sakti dengan mudah. Ini merupakan eksperimen dari Google Chrome yang disebut 100,000 stars.

Caranya cukup mudah. Kita tinggal memilih zoom in atau zoom out untuk mencari bintang yang dituju. Pada layar juga tertera nama-nama bintang atau formasinya. Kalau ingin mencari rasi bintang, kamu harus mengerti istilah dalam bahasa inggris. Misalnya Ursula Majors untuk Rasi Bintang Biduk, dan lain sebagainya.






Pada nama-nama bintang yang tertera, saat kita klik maka akan muncul informasi lebih detil. Di pojok kiri atas layar bila diklik, kita akan diajak tur untuk melakukan perjalanan singkat ke beberapa tempat paling persektif di galaksi. 

Bagi guru atau orang tua, menarik juga untuk mengajarkan ilmu perbintangan pada anak-anak. Tertarik? Klik link ini: 100,000 Stars.










Sumber:

Saingan Terbesar Google Ternyata Ada di Cina

Posted by beye on Rabu, 28 November 2012 , under | komentar (0)



Di banyak negara, Google adalah mesin cari internet terpopuler yang tiada tanding. Namun di China, mereka kalah telak dari mesin cari lokal, Baidu.

Pendiri Baidu adalah sosok muda bernama Robin Li. Lelaki yang berumur 44 tahun ini berhasil mendulang kekayaan senilai USD 10,2 miliar berkat kejayaan Baidu.






Siapakah Robin Li? Ia lahir di kota Yangquan, Provinsi Shanxi, Cina. Kedua orang tuanya pekerja pabrik, dan Li sebagai anak keempat, satu-satunya anak lelaki dari lima bersaudara. Minatnya pada dunia teknologi tampak saat bersekolah di Sekolah Tinggi Yangquan, dan memperoleh nilai tertinggi kedua saat ujian masuk.

Tahun 1987 saat mengikuti ujian masuk Pendidikan Tinggi Nasional, Li mendapat nilai tertinggi hingga akhirnya bisa kuliah di Universitas Peking mengambil jurusan Manajemen Informasi. Dia juga kuliah di Amerika Serikat di University at Buffalo.

Tahun 1994 ia membantu mengembangkan program untuk edisi online The Wall Street Journal, selain bekerja juga pada peningkatan algoritma untuk mesin pencari. Dari sinilah cikal-bakal pembangunan mesin pencari Baidu, yang dibangun bersama koleganya Erix Xu pada tahun 2000.

Dalam dua belas tahun sejak mendirikan Baidu pada Januari 2000, Li telah mengubah perusahaan tersebut menjadi mesin pencari terbesar China, dengan lebih dari 80% pangsa pasar dengan permintaan pencarian, dan mesin pencari terbesar kedua independen di dunia.

Robin Li adalah tipe pekerja dan pembangun sejati. Melakukan pekerjaannya dengan semangat, perlahan-lahan membangun dengan kesabaran. Penuh dedikasi atas apa yang dikerjakannya.

Memiliki mimpi setinggi langit memang bagus bila kita punya cara untuk mewujudkannya. Namun, bermimpi soal ide besar sambil terus membual tanpa langkah nyata, lupakan saja. You'd better think small and grow...







Inspirasi:

Facebook suruh karyawannya supaya pindah dari iOS ke Android

Posted by beye on Selasa, 27 November 2012 , under | komentar (0)




Kampanye Facebook © Techcrunch.com


Sebuah kampanye dilakukan Facebook. Dalam kampanyenya tersebut, Facebook menyarankan agar penggunanya yang menggunakan iOS agar beralih ke Android. 

Memang sampai sekarang belum ada rumor yang mengaitkan Google dalam hal ini, namun secara terbuka, Facebook menyarankan agar pengguna mobile lebih baik menggunakan Android dalam mengakses situs jejaring sosial mereka tersebut.

Techcrunch (24/11) melansir bahwa tidak hanya menyarankan pergantian perangkat mobile, Facebook juga memampang poster yang memperlihatkan perbedaan grafik dua operating system tersebut.

Untuk langkah awalnya, Facebook menyarankan kepada para karyawannya untuk menggunakan Android dalam beraktivitas.

Alasan kenapa Facebook cenderung terkesan lebih mengangkat Android dibanding iOS karena saat ini pengguna perangkat Android jauh lebih besar dibanding perangkat besutan Apple.

Kedua, Kebanyakan pengguna mobile yang mengakses Facebook menggunakan Android. Ketiga, ada rumor bahwa Facebook sedang mengembangkan aplikasi khusus Android yang dinamakan Rage Shake.

Uniknya, walaupun poster tersebut secara langsung ditujukan untuk para karyawannya, sampai sekarang masih banyak orang-orang di Facebook yang terkesan tidak ingin mengganti perangkat mereka ke Android. Mayoritas orang-orang di Facebook masih membawa perangkat dari Apple dan juga handset lain berbasis Android.
[das]


http://www.merdeka.com/teknologi/facebook-suruh-karyawannya-pindah-dari-ios-ke-android.html

Inovasi Lampu Pengubah CO2 Menjadi Listrik

Posted by beye on , under | komentar (0)



Seperti diketahui, tumbuhan merupakan penyerap CO2 terbaik. Sehingga gerakan penghijauan di perkotaan menjadi penting. Sayang, daya serap ini masih kalah dengan polusi yang ditimbulkan dari asap industri dan emisi gas buang dari kendaraan. Perlu bantuan lebih agar tingkat polusi bisa dikurangi seoptimal mungkin.

Tak lama lagi, kita mungkin bisa menikmati teknologi terbaru yakni ditemukannya lampu yang bisa mengubah CO2 menjadi tenaga listrik. Adalah Pierre Calleja, biochemist asal Prancis yang berhasil menciptakan lampu yang dapat menyerap Karbondioksida di udara lebih banyak dibandingkan pohon.






Dalam penelitian yang dia tekuni selama kurang lebih 20 tahun itu, Calleja menggunakan microalgae atau ganggang berukuran mikro yang terdapat di sekitar danau di Louisiana, Amerika Serikat. Apabila bercampur air, maka ganggang ini akan mengubah air menjadi hijau terang.

Ganggang mikro ini dapat menghasilkan energi listrik secara alami ketika mereka melakukan fotosintesis.

"Lampu tersebut berbentuk silinder dan berisi ganggang mikro. Ganggang tersebut menyerap sinar matahari dan CO2 di udara dan mengubahnya menjadi energi listrik," jelas Calleja.

Memang sampai sekarang lampu ciptaan Calleja ini belum dikembangkan secara penuh. Namun, ketika lampu tersebut sudah teruji dan siap digunakan, dengan menempatkan lampu tersebut di sekitar jalanan yang sering dilewati kendaraan, maka sekitar 25% emisi gas buang atau kandungan Karbondioksida di udara dapat terserap.

Ketika pada waktu siang lampu tersebut berhasil menyerap CO2 dan sinar matahari, energi yang dikumpulkannya dapat juga digunakan sebagai penerangan jalan di malam hari. 





Sumber:

Inilah 5 Gua Terdalam Di Dunia

Posted by beye on Senin, 26 November 2012 , under | komentar (0)




1. Krubera (Voronja)
lokasi: Abkhazia
Kedalaman: 2.080M


2. Lamprechtsofen Vogelschacht Weg Schacht

lokasi: Austria
Kedalaman: 1.632M


3. Gouffre Mirolda / Lucien Bouclier

lokasi: Perancis
Kedalaman: 1.626M


4. Reseau Jean Bernard

lokasi: Perancis
Kedalaman: 1.602M


5. Torca del Cerro del Cuevon (T.33)-Torca de las Saxifragas

lokasi: Spanyol
Kedalaman: 1.589M


Ternyata Ada Kota Tanpa Matahari di Papua

Posted by beye on , under | komentar (0)



Papua terkenal dengan cuaca yang terik dan panas, tapi tidak di Tembagapura. Setiap hari, kota ini selalu diselimuti kabut yang menghalangi matahari dan memiliki curah hujan tinggi. Brrrr, dingin!

Tembagapura di Kabupaten Mimika, dikenal sebagai kawasan pertambangan PT Freepot. Di kota inilah para pekerja Freepot tinggal dan bekerja.






Dari Bandara Mozes Kilangin, Timika, perjalanan ke Tembagapura dapat ditempuh dengan dua kendaraan. Kendaraan tersebut adalah chopper alias helikopter, selama 20 menit atau dengan bus anti peluru selitar 3 jam. Namun, perjalan ke sana tergantung cuaca. Jika cuaca baik, maka naik chooper. Jika cuaca buruk, maka naik bus tersebut dengan pengawalan keamanan yang ketat.

"Naik helikopter harus pagi, antara pukul 06.00-11.00 pagi, setelah itu tidak ada penerbangan lagi karena sudah sangat berkabut," kata juru bicara PT Freeport Indonesia, Ramdani Sirait kepada detikTravel, Rabu (21/11/2012).

Setibanya di Tembagapura, Anda seolah melihat sisi lain Papua. Udara dingin akan terasa menembus kulit. Apalagi saat gerimis, Anda tidak akan pernah mau melepas jaket!

Tembagapura terletak di ketinggian sekitar 2.000 meter. Jangan heran, kalau kabut pun tiba-tiba datang dan menyelimuti Tembagapura. Matahari seolah menghilang. Berbicara pun keluar asap lho!

"Ketinggian Tembagapura adalah 1.800 mdpl, pucak tertingginya ada di Grasberg yaitu sekitar 4.200 mdpl," lanjut Ramdani menjelaskan.

Itu yang terjadi saat pagi hingga sore, bagaimana kalau malam hari? detikTravel pun berkesempatan untuk bermalam sehari di sini pada Senin (19/11/2012). Udara pada malam hari dinginnya makin terasa. Jangan sekali-kali melepas alas kaki Anda dan menginjakan kaki di lantai. Dingin banget!






Tak hanya itu, rumah tempat bermalam pun seolah memiliki AC. Jika tidak ingin kedinginan lebih lama, maka baiknya tutuplah pintu Anda. Jangan sampai udara malam yang super dingin masuk ke dalam rumah.

"Tembagapura adalah kota yang dibangun untuk menunjang kegiatan pertambangan Freeport. Ada perkantoran, pemukiman, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah di sini," ungkap Ramdani.

Tembagapura juga disebut sebagai kotanya karyawan Freeport. Dari pekerja kantoran hingga tambang, semuanya tinggal di sini. Anda dapat berjumpa berbagai macam orang dari setiap daerah Indonesia di sini, ada orang Yogya, Makassar, Kalimantan, Bandung, Jakarta, hingga Sumatera Utara. Inilah keunikan Tembagapura lainnya.

Jika ingin berkunjung ke Tembagapura, maka Anda harus seorang karyawan atau keluarga dari Freeport. Tentu, ada beberapa prosedur dan peraturan yang harus ditaati saat berkunjung ke sini. Berani coba dinginnya Tembagapura?














Sumber:

Olahraga Unik ini Ternyata Tercipta Berkat Petani Burma

Posted by beye on , under | komentar (0)



Suatu ketika di awal abad 20 George Hansburg melancong ke Burma. Di sana ia bertemu dengan seorang petani miskin yang mempunyai anak perempuan bernama Pogo. 

Di Burma mayoritas warganya beragama Buddha. Pogo punya keinginan berkunjung setiap hari ke kuil memanjatkan doa untuk ayahnya. Masalahnya, jarak yang harus ditempuh dari rumah ke kuil lumayan jauh serta penuh rintangan tanah berbatu dan lumpur. Pogo tak punya alas kaki untuk bepergian.


onelargeprawn.co.za


Ayahnya tak kehabisan akal. Ia lalu membuatkan tongkat untuk melompat berbentuk huruf T sehingga Pogo bisa pergi ke kuil tanpa menjadi kotor. Pengalaman yang disaksikan Hansburg ini memberinya ide untuk membuat alat yang sama. Sebagai penghormatan, alat itu pun diberi nama pogo stick.

Di tahun 1919 Hansburg mematenkan pogo stick sebagai alat olahraga, namun kala itu masih terbuat dari kayu. Pada perkembangannya, bahan logam menggantikan kayu agar lebih kokoh dan awet. Penambahan pegas pada tongkat memungkinkan orang yang memakai pogo stick bisa melompat lebih tinggi dan jauh.



pogosticksreviews.net


Di tahun 1996, Dave Armstrong tercatat sebagai pencetus nama olahraga stunt pogo, sebuah versi ekstrim lompat pogo. Dari sini olahraga ini semakin berkembang oleh para pogoers - istilah pemain pogo - seiring berbagai gaya yang ditemukan. Pada prinsipnya sama seperti gaya yang dipakai dalam trik sepeda BMX, skateboard, atau Motocross. Misalnya "Can-Can" dan "Heel Clicker".

Rekor seorang pogoers yang bisa melompat paling tinggi saat ini masih dipegang oleh Fred Grzybowski, dia mencapai ketinggian 2,7 meter.













Sumber:

Related Posts with Thumbnails