Latest News

Mengurangi Memory Usage Mozilla

Posted by beye on Sabtu, 29 Mei 2010 , under , | komentar (0)




Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin besar pula fasilitasnya. Seperti fasilitas yang disediakan web browser Mozilla Firefox. Web browser ini telah up date beberapa kali guna menguntungkan para penggunanya. Mozilla Firefox merupakan web browser terbaik tahun 2010 dengan andalan kecepatanya menjelajahi situs-situs internet.
Tapi, seiring perkembangan dan update yang dilakukan Mozilla Firefox untuk memutakhirkan perangkat dari  performance sampai addons-nya, terkadang menghambat progres atau kinerja sistem operasi PC kita, utamanya bagi pengguna Windows. Kita ketahui ketika kawan blogger membuka mozilla, penggunaan ramNya yang tinggi ditambah lagi dengan membuka program lainnya. Seperti kasus ini (hanya contoh/bukan keadaan sebenarnya) : ketika kawan blogger membuka Program Corel Draw yang membutuhkan ram sebesar 235Mb, kemudian membuka lagi Mozilla firefox dengan kapasitas ram 255Mb serta ditambah lagi membuka Adobe Photoshop dengan kapasitas ram 210Mb. akhirnya komputer akan menghabiskan ram sebesar 700Mb. Berikutnya komputer akan Hank alias tidak dapat bekerja.

Saya akan memberikan tips kepada kawan blogger gimana caranya mengurangi kerja ram Mozilla Firefox.
Ikuti langkah-langkah berikut ini :


Tahap Pertama Cek Extentions dan themes yang terinstall pada Firefox

1. Keluar atau tutup dulu Firefox yang sedang aktif
2. Kemudian click Start->Run dan ketikan firefox -safe-mode lalu tekan Enter/OK

3. Maka muncul kotak dialog “Firefox Safe Mode“.

4. Pilih opsi yang kawan blogger butuhkan agar konfigurasi firefox kembali semula.
5. Kemudian click “Make Changes and Restart“, agar opsi yang dipilih langsung diproses.

Tahap Kedua Bersihkan History Download

1. Buka firefox, kemudian click Tools->Options.

2. Kemudian pada tab menu Privacy unchek / hilangkan tanda chek pada opsi “Remember what I’ve downloaded“. click OK.

Tahap Ketiga Mengubah konfigurasi Cache Memory pada Firefox 
1. Buka firefox, kemudian ketikkan about:config pada Address bar
2. Click tombol I’ll be careful, I promise Jika muncul pesan berikut:  

3. ketikkan browser.cache.memory.enable pada kotak Filter: dan pastikan bahwa sintak ini bernilai TRUE (value: true). 

4. Kemudian kawan blogger tambahkan satu sintak untuk menentukan besarnya jumlah cache memory yang akan digunakan untuk menjalankan firefox. Caranya: Click-kanan pada sembarang tempat, kemudian pilih New->Integer

5. Isi dengan mengetikkan sintak browser.cache.memory.capacity, kemudian OK

6. Kemudian kawan blogger harus mengisi nilai (value) dari sintak yang baru dibuat tadi dengan menentukan besarnya ukuran memori yang akan diberikan untuk firefox

    Berikut data-datanya yang harus diisi diataas sintak diatas sesuai RAM masing-masing
 
7. PENTING: Jika kawan blogger ingin mengembalikan nilai cache memory ke konfigurasi semula/men-disable sintak browser.cache.memory.capacity ini, maka cukup isikan -1 (minus 1) pada nilai/value sintak tersebut.  

Langkah Keempat Meminimalkan/menghemat penggunaan memori pada saat Firefox di Minimize

1.Masih pada console konfigurasi firefox, click-kanan disembarang tempat, seperti cara no 4 diatas. kemudian pilih New->Boolean

2. Kemudian ketikkan config.trim_on_minimize dan click OK.

3. Pilih opsi True pada kotak dialog nilai boolean dari config.trim_on_minimize. kemudian click OK.

4. Terakhir dari tahap terakhir, silahkan kawan blogger Restart Firefox. 

sumber:

Kumpulan Teks-teks Misterius

Posted by beye on , under | komentar (0)



The Codex Seraphinianus
Ditulis kira2 tahun 1976 dan 1978 oleh seniman Italia Luigi Serafini, bukan apa-apa jika tidak disengaja menciptakan sesuatu yang misterius. Buku ini dikatakan menjadi ensiklopedia sebuah planet yang imajiner, lengkap dengan peta dan gambar tanaman dan kehidupan binatang. Yang paling menarik, Serafini menulis buku dalam bahasa hipotetis nya dunia itu. Seluruhnya disusun dalam abjad aneh yang masih belum diterjemahkan bahkan setelah studi yang mendalam oleh ahli bahasa. Karena teks itu sendiri tidak dapat dibaca, Codex telah menjadi paling terkenal karya seni Serafini, yang berkisar dari sureal dan indah. Satu Halaman menggambarkan buah yang kelihatannya berdarah, sementara yang lain menunjukkan ikan yang berbentuk seperti piring terbang. Dalam salah satu gambar buku yang paling terkenal (ini sudah penutup dalam edisi tsb), rangkaian panel menggambarkan seorang pria dan wanita telanjang perlahan-lahan berubah menjadi seekor buaya.
Kemungkinan Penjelasan:
Teori abound seperti apa rahasia dari Codex Seraphinianus sebenarnya, tetapi Serafini tetap bungkam tentang makna buku sejak rilis di awal tahun 80-an.

The Beale Ciphers
Cerita di balik Ciphers Beale, yang telah digagalkan calon pemecah kode untuk lebih dari 100 tahun, adalah jenis harta kuno dikubur dibawah Hollywood. Cerita ini dimulai di Virginia tahun 1820, ketika seorang pria bernama Thomas Beale seharusnya mempercayai sebuah kotak yang berisi tiga halaman teks kode untuk sebuah penginapan, dengan instruksi bahwa kotak hanya akan dibuka jika Beale tidak kembali untuk mengklaim dalam waktu sepuluh tahun. Beale kemudian menghilang tanpa jejak, dan pemilik penginapan, bernama Robert Morriss, kemudian menghabiskan beberapa tahun berusaha untuk memecahkan kode halaman. Salah satu dari mereka akhirnya retak oleh salah satu teman Morriss ', yang menggunakan Deklarasi Kemerdekaan sebagai kunci. Saat itulah diketahui bahwa halaman itu sebuah peta ke lokasi cache dari harta karun terkubur. Menurut dokumen, Beale dan beberapa kaki telah menemukan ribuan pound emas dan perak di New Mexico dan kemudian menguburkannya di Bedford County, VA. Sayangnya, Morriss dan temannya tidak dapat men-decode dua halaman lainnya, yang memberikan lokasi yang tepat harta dan nama-nama pemiliknya, dan metode Beale aneh tentang enkripsi telah berhasil membingungkan siapa pun yang mencoba memahaminya sejak.

Kemungkinan Penjelasan
The Beale Ciphers sejak menjadi hartakarun berharga (ratusan calon pemburu harta karun telah ditahan karena melanggar batas di Bedford County), tapi emas dan perhiasan Beale tak pernah ditemukan. Banyak sejak mengklaim bahwa sandi tidak lain hanyalah sebuah lelucon yang rumit, dan banyak cerita detail-seperti kata2 tertentu dalam dokumen yang tidak dalam penggunaan populer hingga tahun kemudian. Meski demikian, ini tidak menghentikan orang dari mencoba untuk membuka rahasia Beale, terutama karena harta itu sekarang akan bernilai sekitar $ 40 juta.


The Liber Linteus
The Linteus Liber adalah teks kuno yang mengembalikan kembali ke hari-hari Etruria, budaya yang berkembang di Italia pada tahun-tahun sebelum munculnya Kekaisaran Romawi. Selain menjadi salah satu dokumen Etruscan tertua dan terpanjang, yang Linteus Liber ini juga terkenal karena menjadi contoh yang hanya dikenal dari sebuah buku yang terbuat dari linen. Bahkan lebih menarik daripada dokumen itu sendiri adalah konteks penemuannya. Setelah jatuhnya Etruria, artefak budaya mereka seperti Linteus Liber berhenti memegang makna apa pun ke Roma. Apa yang mereka tidak peduli, meskipun, adalah kain lenan bahwa buku itu ditulis di. Hal ini karena setelah Roma menaklukkan Mesir, banyak dari mereka mulai merangkul kebiasaan mumifikasi, yang diperlukan tubuh dibungkus dengan kain. Melalui praktik bahwa Linteus Liber, yang mungkin dipandang sebagai artefak tidak berguna, akhirnya digunakan sebagai pembungkus pemakaman bagi tubuh mumi istri seorang penjahit Mesir. Mayat mumi ini sama dibeli ratusan tahun kemudian oleh Kroasia kaya, yang dimaksudkan untuk menggunakannya sebagai hiasan dinding. Setelah kematiannya pada 1800-an, mumi disumbangkan kepada museum, dan hanya kemudian adalah makna budaya besar dari Linteus Liber menyadari.

Kemungkinan Penjelasan
Secara keseluruhan, para Linteus Liber terdiri dari 230 baris teks sejumlah 1200 kata. Sangat sedikit yang diketahui hari ini tentang bahasa Etruscan, dan oleh karena itu dokumen yang belum pernah sepenuhnya diterjemahkan. Tapi berdasarkan pengetahuan mereka yang terbatas, para ahli telah menetapkan bahwa Linteus Liber kemungkinan besar kalender yang menggambarkan ritual keagamaan Etruscan.
The Book of Soyga
Abad Pertengahan diproduksi bagian mereka dari teks yang aneh, tapi mungkin tidak sama misterius sebagai Kitab Soyga, sebuah buku sihir dan paranormal yang berisi bagian-bagian yang belum diterjemahkan oleh para sarjana. Buku ini terkenal karena berkaitan dengan John Dee, seorang pemikir, mencatat era Elizabethan yang terkenal untuk mencoba2 hal gaib. Pada tahun 1500-an, Dee dikatakan menjadi pemilik salah satu salinan buku, dan ia diduga menjadi terobsesi membuka rahasia, terutama serangkaian tabel terenkripsi yang Dee percaya memegang kunci ke beberapa jenis pengetahuan spiritual esoteris . Ini bukanlah tugas yang mudah, sebagai penulis buku yang tidak diketahui telah digunakan sejumlah trik ketik, termasuk menulis kata-kata tertentu dan pengkodean skrip orang lain dalam matematika. Dee menjadi begitu terpaku pada retak kode bahwa ia bahkan melakukan perjalanan ke benua Eropa untuk bertemu dengan media rohani yang terkenal yang disebut Edward Kelley. Melalui Kelley, Dee mengaku telah menghubungi malaikat Uriel, yang ia mengklaim mengatakan bahwa asal-usul buku itu tanggal kembali ke Taman Eden.

Kemungkinan Penjelasan
Sayangnya, Dee tidak mampu menyelesaikan decoding misteri Kitab Soyga sebelum kematiannya. Buku itu sendiri, meskipun diketahui telah ada, diyakini hilang sampai tahun 1994, ketika dua salinan itu ditemukan kembali di Inggris. Para ahli telah sejak mempelajari buku itu, dan salah satu dari mereka mampu menerjemahkan sebagian tabel yang telah begitu terpesona Dee. Namun, me buku ini kemungkinan besar terkait dengan Kabbalah, sebuah sekte mistik Yahudi, para peneliti belum dapat menguraikan signifikansi nyata buku ini.

The Rohonc Codex
Satu dokumen yang telah terbukti tahan terhadap segala jenis terjemahan atau penjelasan yang konsisten adalah Codex Rohonc, sebuah buku abad-tua yang dikatakan telah muncul di Hongaria kira pada 1700. Codex terdiri dari 448 halaman teks, semuanya ditulis dalam bahasa yang masih belum diketahui. Para sarjana berpendapat bahwa hal itu bisa menjadi apa pun dari awal Hungaria ke Bahasa Hindi, tetapi tidak memiliki banyak fitur yang menonjol dari salah satu bahasa. Selain itu, karakter alfabet fitur lebih banyak daripada bahasa utama di luar Cina. Mungkin bahkan lebih menarik daripada teks Codex Rohonc adalah 87 ilustrasi yang menyertainya. Ini menggambarkan segala sesuatu dari lanskap untuk pertempuran militer, tetapi mereka juga menggunakan ikonografi religius yang unik ke sejumlah agama yang berbeda, termasuk Kristen, Hindu, dan Islam. Ini akan menunjukkan bahwa apa pun budaya dokumen menggambarkannya, berbagai agama telah ada secara bersamaan.

Kemungkinan Penjelasan
Ada beberapa terjemahan parsial Codex Rohonc, masing-masing dengan hasil sendiri yang unik. Seorang pakar menyatakan dokumen menjadi teks keagamaan, sementara yang lain mengatakan ini adalah sejarah Vlachs, budaya Latin yang pernah berkembang di Rumania modern. Tapi mungkin yang paling populer pada dokumen asal adalah bahwa itu adalah tipuan yang dilakukan oleh Samuel Literati Nemes, seorang pemalsu terkenal dari pertengahan 1800-an. Ide ini telah sering diperselisihkan, tetapi meskipun mereka telah berhasil membuktikan bahwa teks Codex bukan hanya omong kosong, ulama modern telah tidak dapat membuktikan teori pemalsuan.

Rongorongo
Rongorongo tidak begitu banyak teks karena merupakan serangkaian artefak. Nama itu mengacu pada sistem tulisan piktografik yang berasal di negara pulau kecil Rapa Nui, juga dikenal sebagai Pulau Paskah. Beberapa contoh dari Rongorongo yg ada, di luar beberapa ukiran batu dan kayu tablet, tetapi tetap salah satu misteri terbesar linguistik yang belum terpecahkan di dunia. Hal ini karena isolasi belaka Pulau Paskah berarti bahwa Rongorongo akan telah dibuat tanpa pengaruh bahasa lain, sebuah fitur yang memberikan para ilmuwan kesempatan unik untuk mempelajari bagaimana menulis pertama kali muncul. Seperti hieroglif Mesir, Rongorongo adalah piktografik di alam, terdiri dari serangkaian simbol. Simbol2 itu sendiri dianggap sebagai kunci untuk script pertama kali ditemukan, karena mereka termasuk tanaman tertentu dan hewan yang akan hanya lazim di Pulau Paskah di era sebelum penemuan dengan Eropa pada 1700-an.

Kemungkinan Penjelasan
Meskipun banyak studi, para ilmuwan telah mampu menerjemahkan salah satu sistem penulisan Rongorongo. Bahkan, sangat sedikit yang diketahui tentang hal itu bahwa beberapa berpendapat bahwa tidak menulis sama sekali, melainkan sebuah jenis karya seni hias. Penemuan tablet yang menggambarkan kalender lunar tampaknya untuk membuktikan teori ini salah, tapi sampai simbol Rongorongo sepenuhnya diterjemahkan, sangat sedikit akan diketahui tentang mereka pasti.

Kryptos
Kryptos patung Artis Jim Sanborn tidak dalam bentuk dokumen, tapi dimasukkan di sini karena teks tertulis di atasnya telah menciptakan misteri yang bahkan yang terbaik pemecah kode di CIA tidak mampu terurai. patung itu ditugaskan oleh CIA sebagai monumen untuk pekerjaan pengumpulan intelijen yang membuat agen terkenal, dan itu dipasang di markas mereka di Langley, VA pada tahun 1990. Daripada hanya membuat sebuah karya seni yang indah, Sanborn mengambil hal-hal selangkah lebih maju. Dia berkolaborasi dengan Ed Scheidt, seorang kriptografer CIA atas, dan tertulis serangkaian kode huruf dan tanda tanya pada patung yang menyerupai gulungan. Kode tersebut terdiri dari 869 karakter, dan dapat dibagi menjadi empat bagian yang terpisah, masing-masing yang diduga kunci parsial untuk jawaban yang lain. Bersama-sama mereka melayani sebagai blok bangunan dari Sanborn panggilan "teka-teki dalam sebuah teka-teki" yang hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik decoding canggih.

Kemungkinan Penjelasan
Sanborn dan cipher Scheidt telah sejak menjadi obsesi bagi kriptografer amatir dan profesional sama. Anggota CIA dan NSA memiliki semua mencoba tangan mereka di retak itu, dan bahkan ada grup online yang dikhususkan untuk itu yang memiliki anggota ribuan. Dua puluh tahun kemudian, para penggemar telah berhasil retak tiga dari empat bagian sandi itu, tapi yang keempat dan yang paling penting terus memiliki mereka bingung. Sanborn mengisyaratkan bahwa isi dari lainnya mencakup tiga bagian-yang memberikan bujur dan lintang dari tenggara titik 200 kaki patung itu dan kutipan yang berkaitan dengan penemuan Howard Carter terhadap makam Tutankhamen-menawarkan petunjuk terbaik. Pada namun, meskipun, tak seorang pun telah berhasil mendapatkan ke dasar misteri.

The Voynich Manuscript
Dari semua teks aneh dan misterius yang telah ditemukan selama bertahun-tahun, mungkin tidak ada yang setenar Naskah Voynich, sebuah buku yang ditulis oleh penulis anonim dalam bahasa yang tidak dikenal yang membingungkan hampir setiap kryptografer yang pernah mencoba menerjemahkannya. Dari apa yang peneliti mampu menemukan, naskah abad ke-15 adalah bagian dari sebuah perpustakaan Yesuit di tahun 1800an, dan dari sana melewati beberapa tangan sebelum jatuh menjadi milik sebuah toko buku bernama Wilfrid Voynich Polandia pada tahun 1909. Setelah kematian Voynich's, naskah itu menjadi daya tarik bagi subjek ahli bahasa dan kriptografer, banyak dari mereka menghabiskan tahun belajar bahasa misterius buku dan abjad. Ada teori banyak tentang teks Naskah Voynich, termasuk bahwa beberapa jenis teka-teki terprogram bahwa itu ditulis dalam bahasa yang sampai sekarang belum ditemukan, yang dimaksudkan untuk dibaca di bawah mikroskop, dan bahkan beberapa jenis ilahi terinspirasi agama dokumen yang ditulis di trans. Tapi ini semua teori saja, dan bahkan setelah beberapa tahun lima puluh pemeriksaan oleh pemutus atas dunia kode-\, tidak ada yang diketahui pasti. gambar simplisia dari tanaman dan stoples di margin buku telah membuat banyak orang mengklaim bahwa hal itu harus manual pada obat atau kimia, tapi ini juga hanya dugaan.

Kemungkinan Penjelasan
Karena telah terbukti sangat tahan terhadap terjemahan, naskah Voynich pasti telah dianggap banyak orang sebagai tipuan. Kritik terhadap teori ini berpendapat bahwa sintaks buku itu terlalu canggih telah dipalsukan, tetapi yang lain telah menunjukkan bahwa teknologi perangkat waktu-terutama sebuah encoding disebut "Cardan Grille"-akan memungkinkan bagi seseorang untuk membuat yang Voynich sebagai tipuan. Namun, tak satu pun dari argumen ini telah sepenuhnya yakin Voynich ulama, yang baik mau atau tidak mau mengakui bahwa dokumen itu mungkin palsu. Karbon baru-baru ini membuktikan bahwa naskah memang tanggal kembali ke 1400-an, tetapi di luar itu asal dan tujuan masih tetap teka-teki.

The Urantia Book
Buku Urantia adalah sebuah teks pseudo-agama yang mengklaim "memperluas kesadaran spiritual kosmis dan meningkatkan persepsi" melalui diskusi yang filsafat, kosmologi, dan kehidupan Yesus. Buku diduga berasal di Chicago, Illinois kira pada awal abad ke-pertengahan kedua puluh, dan hari ini telah menjadi semacam fenomena sendiri, karena terinspirasi banyak belajar dan bahkan sebuah yayasan yang berusaha mempromosikan buku dan ajarannya . Teks lebih dari 2.000-halaman tidak memiliki penulis yang dikenal, dan kisah dari asalnya sangat aneh: pada tahun 1925, seorang dokter bernama William Sadler (digambarkan di atas) seharusnya datang dalam kontak dengan orang sakit yang sering hanyut dalam trans dan berbicara dengan suara keras panjang lebar. Sadler dan stenografer sebuah mencatat monolog, yang diklaim dokter kemudian ditambahkan ke oleh beberapa jenis langit, proses supranatural. Buku Urantia karakteristik umum diduga banyak saham dengan agama-agama besar, khususnya Kristen, tetapi juga banyak menghabiskan waktu membahas teori-teori ilmiah. Paling penting adalah deskripsi buku tentang geografi alam semesta, yang terbagi menjadi "superuniverses" dan alam semesta "lokal," yang dikatakan terdiri dari planet dihuni sekitar 1.000.

Kemungkinan Penjelasan
Ini semua mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, dan memang gagasan bahwa Buku Urantia adalah sepotong pintar sastra adalah penjelasan populer dari misteri di balik itu. Skeptis, di antara mereka penulis sains Martin Gardner, berpendapat bahwa Sadler dan sekelompok kepercayaan kemungkinan besar menyusun buku sendiri sekitar tahun 1920-an. Penelitian terbaru, termasuk esai yang mengklaim Kitab Urantia dijiplak sejumlah teks akademis tentang agama, tampaknya kembali pernyataan ini, tetapi ada belum bukti definitif yang benar-benar di balik semua itu.

The Gnostic Gospels
Juga dikenal sebagai perpustakaan Nag Hammadi, Injil Gnostik adalah koleksi buku-buku bersampul kulit yang kembali ke abad ke-4. Mereka membentuk teks utama Gnostisisme, sebuah cabang kekristenan yang ada sekitar waktu abad ke-2, yang dikatakan penganut percaya bahwa keselamatan sejati datang melalui pengetahuan diri dan pemahaman tentang suatu realitas "yang lebih tinggi." The Injil Gnostik, yang fiturnya seperti "Injil Thomas," "Injil Maria," dan bahkan "Injil Yudas," ditemukan pada tahun 1945 oleh sepasang petani di Nag Hammadi, Mesir. Mereka telah dimakamkan di beberapa abad sebelumnya ditabung pelindung, kemungkinan besar seorang pastor berharap untuk menyembunyikan mereka dari gereja Kristen ortodoks, yang menganggap Gnostik sebagai bidaah. Buku-buku itu melalui pemilik yang berbeda, pada satu titik bahkan yang dijual di pasar gelap, dan tidak sampai tahun 1970-an bahwa mereka akhirnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Mereka sudah membuat teks filosofis menjadi populer, dan bahkan menonjol dalam beberapa film yang berbeda dan novel.

Kemungkinan Penjelasan
Tidak seperti beberapa entri lain dalam trit ini, para sarjana pada umumnya memahami Injil Gnostik, dan teks-teks telah berhasil diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Namun, buku-buku yang penting karena tempat yang mereka pegang disini untuk membantu mengembangkan kajian dan sejarah Gnostisisme sebagai sistem kepercayaan. Lebih penting lagi, penemuan teks kuno yang menyatakan dapat memberikan cerita latar belakang yang belum ditemukan sebelumnya tentang Yesus telah memicu perdebatan sengit di kalangan agama dan akademis. Beberapa orang menyatakan bahwa buku-buku tidak lebih dari fabrikasi sesat, sementara yang lain berpendapat bahwa Injil Gnostik harus dipertimbangkan dengan ketentuan yang sama dengan Alkitab.


http://www.kaskus.us

Cara Membuat Antena untuk Menangkap Hotspot

Posted by beye on , under | komentar (26)




Berbagai cara dilakukan oleh para penggila wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan gain sinyal perangkat wifi mereka untuk menambah tangkapan sinyal dari akses point ataupun hotspot. Hal ini dilakukan pada umumnya untuk dapat terus menggunakan akses internet maupun sumber daya jaringan lain yang terhubung dengan akses point atau hotspot tersebut. Kualitas tangkapan sinyal dari sebuah perangkat wifi pada arsitektur 802.11 a/b/g atau n dalam menangkap sinyal wifi dari pancaran sebuah akses point atau hotspot pada umumnya dibatasi oleh beberapa hal. Faktor jarak yang relatif jauh dan juga factor hambatan lain seperti pemasangan sebuah hotspot yang tidak benar pada ruangan gedung yang tidak terjangkau juga menjadi salah satu sebab berkurangnya kualitas tangkapan sinyal pada perangkat wifi di komputer anda.
Beberapa alat tambahan dibuat dan dijual secara komersil oleh produsen perangkat wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal perangkat wifi standar. Namun karena beberapa faktor seperti harganya yang cukup mahal membuat perangkat tersebut kurang begitu diminati oleh para konsumennya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas sebuah perangkat wifi adalah antenna wifi eksternal yang dapat anda jumpai pada toko-toko komputer di kota anda.
Namun bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.
Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.
Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.
Alat dan Bahan
Dalam proses pembuatannya, yang anda perlukan untuk membuat antenna Wifi USB ini adalah beberapa peralatan yang relatif murah, sederhana, dan mudah anda dapatkan di dalam rumah anda. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan tersebut adalah :
  • Tutup Panci/wajan penggorengan (bahan dari metal)
  • Tang (untuk melubangi tutup panci)
  • Lem Alteco (perekat)
  • Permen Karet
  • USB Wifi Adapter
  • USB Extension Cable
Langkah Pertama – Membuka tutup panci
Ketika anda membeli sebuah tutup panci, pada umumnya tutup panci tersebut memiliki pegangan yang dapat dilepas dengan cara memutarnya. Bukalah pegangan tutup panci tersebut dengan cara memutar pegangan panci tersebut sehingga lubang pegangan tutup panci tersebut terbuka.
Langkah Kedua - Melubangi Tutup Panci
Tutup panci harus anda coak terlebih dahulu agar lubang yang tersedia cukup besar, dimana lubang tersebut nantinya berguna untuk menempatkan extension cable yang telah disiapkan. Gunakan tang untuk melubangi tutup panci tersebut. Lubangi bagian tengah tutup panci anda dengan cara di coak menggunakan tang yang telah disiapkan. Yang perlu di ingat adalah lubang yang dibuat harus pas untuk extension cable yang nanti akan ditancapkan pada tutup panci tersebut.
Langkah ketiga – Memasukkan USB extension cable
Masukkan bagian Female end dari USB extention cable anda (bagian kabel yang tidak konek ke komputer atau yang akan masuk ke dalam slot USB wifi adapter) kedalam lubang yang baru saja dilubangi. Jika belum pas, maka lubangi kembali tutup panci hingga sesuai dengan bagian tersebut.
Langkah Keempat – Memperkuat USB Extension Cable
Setelah USB extension cable telah terpasang pada tutup panci, kemudian rekatkan permen karet yang telah disiapkan (kunyah dulu sebelum direkatkan hingga permen karet lembek). Kemudian lem bagian tersebut hingga mengeras atau kuat dengan menggunakan lem alteco. Tujuan utama langkah ini adalah agar antara USB extension cable dan bagian metal tutup panci tersebut tidak bergoyang. Pastikan lem tersebut benar-benar kuat dengan cara mengelem pada kedua sisi konektor tersebut.
Langkah Kelima – Memasang USB wifi Adapter
Setelah lem merekat kuat pada bagian yang diinginkan, maka antenna wifi USB anda telah siap digunakan. Langkah terakhir adalah menempatkan USB wifi adapter anda kedalam port yang tersedia pada antenna wifi anda.
Langkah Terakhir – Memasang Antena
Langkah terakhir adalah menghubungkan male end USB antenna wifi anda tersebut (dari extension cable) ke dalam port USB di komputer anda. Ada baiknya jika anda menggunakan alat penyangga untuk menahan perangkat ini agar mudah digunakan dan diarahkan. Anda dapat menggunakan tripod handycam atau menempelkannya langsung pada jendela kamar anda.
Kini anda dapat menikmati kekuatan sinyal wifi yang kuat dari jarak yang relatif jauh. Nyalakan aplikasi Netstumber atau Kismet untuk melihat kekuatan gain sinyal wifi yang bisa anda dapatkan. Dan alat ini telah siap untuk ber-war driving sinyal wifi hotspot tetangga anda Namun perlu diingat bahwa alat ini digunakan untuk memfokuskan penangkapan sinyal pada target pemancar sinyal, sehingga pada penggunaannya, arahkanlah alat ini pada sebuah pemancar sinyal atau hotspot agar penggunaannya lebih maksimal.

Legenda Harta Karun El Dorado

Posted by beye on , under | komentar (0)



El Dorado sempat menjadi impian pemburu harta karun. Bayangan tentang sebuah kota yang penuh emas. Namun selama ratusan tahun, tak satu ekspedisi pun yang berhasil membuka tabir misterinya. Apakah El Dorado hanya sebuah dongeng? Ataukah ia benar-benar ada?

Legenda El Dorado memancing rasa penasaran. Sejumlah penelitian sejarah atau penelitian pribadi dilakukan untuk mengungkap misteri yang meliputinya. Bayangan tentang emas dan permata berharga yang terkubur di suatu tempat di pedalaman Amerika Selatan itu tetap hangat dibicarakan.

http://schaver.files.wordpress.com/2009/10/dorado5.jpg

Satu-satunya pijakan untuk mengungkap rahasia besar itu adalah legenda yang tersiar sejak lima ratus tahun lalu. Tentang suku Chibcha, sub suku Indian Amerika Selatan yang sangat memuja Dewa Matahari. Mitologi kuno mereka yang dilansir orang-orang Spanyol menyebutkan bahwa pemujaan ini berkaitan dengan sejumlah persembahan harta berharga seperti emas dan batu permata.

Orang-orang Chibcha menganggap emas adalah anugerah dari Dewa Matahari dan selayaknya dipersembahkan kembali kepada sang Dewa. Lalu kisah yang menyeruak dari mulut ke mulut menyebutkan bahwa pemujaan tersebut membuat suku-suku Chibcha melebur emas sebagai perisai bagi bangunannya. Sehingga kuil-kuil pemujaan mereka disebut dilapis lempeng emas. Namun tak ada bukti yang tersisa dari perkiraan ini.

http://www.toptenz.net/wp-content/uploads/2009/08/Muisca_raft_Legend_of_El_Dorado_Offerings_of_gold.jpg

Kisah ini mirip dengan legenda dalam bahasa Omagua yang diketahui sebagai Indian Tupi-Guyana di teritori antara Brasil dan Guyana. Mereka percaya pada legenda El Dorado berkaitan dengan emas. Namun penjelajah sering menafsir El Dorado mengacu pada sebuah kota emas. Dan dalam peta kuno mereka terdapat sebuah nama El Dorado yang lokasi persisnya tidak jelas.
Sebuah Mitologi
Dalam kepercayaan kuno Chibcha ada disebutkan soal Dewi penunggu danau suci. Selain pemujaan terhadap Dewa Matahari, pemujaan dewi air suci ini juga sangat populer di kalangan Indian itu di masa lalu.

Kisah tentang Dewi ini bermula dari mitologi tentang seorang istri kepala suku Chibcha di masa awal. Karena dituduh melakukan suatu pelanggaran "hukum" perempuan yang merasa benar itu kemudian bunuh diri dengan melompat ke dalam sebuah danau.

Kemurnian hatinya ternyata terbukti dan ia pun bertransfromasi menjadi seorang dewi.Maka sang Dewi ini pun menjadi penunggu danau suci --yang dalam perkamen tua dikenal sebagai Danau Guatavita.

Pemujaan terhadap Dewi Guatavita ini kemudian menjadi ceremoni satu tahun sekali. Di puncak upacara tersebut, seluruh tubuh kepala suku Chibcha akan dilabur dengan getah kemudian dilapisi dengan serbuk emas. Dari kepala hingga ujung jari kaki. Lewat ritual tertentu, kepala suku kemudian diarak menuju danau. Dari sana ia akan dinaikkan ke rakit hingga ke tengah danau. Tiba di tengah danau kepala suku akan terjun ke air dan membasuh tubuhnya hingga bersih. Saat ritus ini dilakukan, barisan upacara yang mengiringinya akan melemparkan sejumlah persembahan emas dan permata ke dalam danau.

Inilah yang disebut sebagai upacara orang emas yang dalam bahasa Muisca (Chibcha) disebut sebagai El Dorado. Benarkah legenda ini?

Sebuah laporan bertahun 1962 menyebutkan tentang penemuan spektakuler dua petani. Di suatu desa dekat Bogota (ibukota Colombia sekarang) mereka menemukan sebuah liang gua yang sangat kecil. Penasaran, kedua petani ini kemudian masuk ke dalamnya dan mereka menemukan emas! Emas temuan mereka ini berupa artefak berbentuk rakit miniatur dengan delapan pendayung dan seorang kepala suku yang terbuat dari emas.

Kedelapan pendayung ini duduk membelakangi sang kepala suku. Inilah salah satu bukti kuat tentang legenda El Dorado yang berhasil ditemukan.

Namun impian tentang emas yang melimpah di El Dorado, tak pernah ditemukan hingga kini. Walau Danau Guatavita tercantum di peta, deskripsinya itu tidak sesuai dengan perkamen kuno tentang danau suci Guatavita yang sesungguhnya. Konon danau suci itu terdapat di antara pegunungan Andes, di dalam sebuah gua yang kini sudah tertutup di dekat Bogota. Seluruh upaya pencarian tidak membuahkan hasil. Terkadang misteri memang bukan untuk diungkap!

sumber

Misteri Candi Borobudur

Posted by beye on , under | komentar (1)



Sekira tiga ratus tahun lampau, tempat candi ini berada masih berupa hutan belukar yang oleh penduduk sekitarnya disebut Redi Borobudur. Untuk pertama kalinya, nama Borobudur diketahui dari naskah Negarakertagama karya Mpu Prapanca pada tahun 1365 Masehi, disebutkan tentang biara di Budur. Kemudian pada Naskah Babad Tanah Jawi (1709-1710) ada berita tentang Mas Dana, seorang pemberontak terhadap Raja Paku Buwono I, yang tertangkap di Redi Borobudur dan dijatuhi hukuman mati. Kemudian pada tahun 1758, tercetus berita tentang seorang pangeran dari Yogyakarta, yakni Pangeran Monconagoro, yang berminat melihat arca seorang ksatria yang terkurung dalam sangkar. Kemudian pada tahun 1814, Thomas Stamford Raffles mendapat berita dari bawahannya tentang adanya bukit yang dipenuhi dengan batu-batu berukir. Berdasarkan berita itu Raffles mengutus Cornelius, seorang pengagum seni dan sejarah, untuk membersihkan bukit itu. Setelah dibersihkan selama dua bulan dengan bantuan 200 orang penduduk, bangunan candi semakin jelas dan pemugaran dilanjutkan pada 1825.
Pada 1834, Residen Kedu membersihkan candi lagi, dan tahun 1842 stupa candi ditinjau untuk penelitian lebih lanjut.

Mengenai nama Borobudur sendiri banyak ahli purbakala yang menafsirkannya, di antaranya Prof. Dr. Poerbotjoroko menerangkan bahwa kata Borobudur berasal dari dua kata Bhoro dan Budur. Bhoro berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti bihara atau asrama, sedangkan kata Budur merujuk pada nama tempat. Pendapat ini dikuatkan oleh Prof. Dr. WF. Stutterheim yang berpendapat bahwa Borobudur berarti Bihara di atas sebuah bukit. Sedangkan Prof. JG. De Casparis mendasarkan pada Prasasti Karang Tengah yang menyebutkan tahun pendirian bangunan ini, yaitu Tahun Sangkala: rasa sagara kstidhara, atau tahun Caka 746 (824 Masehi), atau pada masa Wangsa Syailendra yang mengagungkan Dewa Indra. Dalam prasasti didapatlah nama Bhumisambharabhudhara yang berarti tempat pemujaan para nenek moyang bagi arwah-arwah leluhurnya.
Bagaimana pergeseran kata itu terjadi menjadi Borobudur? Hal ini terjadi karena faktor pengucapan masyarakat setempat.
Dalam pelajaran sejarah, disebutkan bahwa candi Borobudur dibuat pada masa Wangsa Syailendra yang Buddhis di bawah kepemimpinan Raja Samarotthungga. Sedangkan yang menciptakan candi, berdasarkan tuturan masyarakat bernama Gunadharma. Pembangunan candi itu selesai pada tahun 847 M. Menurut prasasti Kulrak (784M) pembuatan candi ini dibantu oleh seorang guru dari Ghandadwipa (Bengalore) bernama Kumaragacya yang sangat dihormati, dan seorang pangeran dari Kashmir bernama Visvawarman sebagai penasihat yang ahli dalam ajaran Buddis Tantra Vajrayana. Pembangunan candi ini dimulai pada masa Maha Raja Dananjaya yang bergelar Sri Sanggramadananjaya, dilanjutkan oleh putranya, Samarotthungga, dan oleh cucu perempuannya, Dyah Ayu Pramodhawardhani.
Sebelum dipugar, Candi Borobudur berupa reruntuhan seperti halnya artefak-artefak candi yang baru ditemukan sekarang ini. Ketika kita mengunjungi Borobudur dan menikmati keindahan alam sekitarnya dari atas puncak candi, kadang kita tidak pernah berpikir tentang siapa yang berjasa membangun kembali Candi Borobudur menjadi bangunan yang megah dan menjadi kekayaan bangsa Indonesia ini.
Pemugaran selanjutnya, setelah oleh Cornelius pada masa Raffles maupun Residen Hatmann, dilakukan pada 1907-1911 oleh Theodorus van Erp yang membangun kembali susunan bentuk candi dari reruntuhan karena dimakan zaman sampai kepada bentuk sekarang. Van Erp sebetulnya seorang ahli teknik bangunan Genie Militer dengan pangkat letnan satu, tetapi kemudian tertarik untuk meneliti dan mempelajari seluk-beluk Candi Borobudur, mulai falsafahnya sampai kepada ajaran-ajaran yang dikandungnya. Untuk itu dia mencoba melakukan studi banding selama beberapa tahun di India. Ia juga pergi ke Sri Langka untuk melihat susunan bangunan puncak stupa Sanchi di Kandy, sampai akhirnya van Erp menemukan bentuk Candi Borobudur. Sedangkan mengenai landasan falsafah dan agamanya ditemukan oleh Stutterheim dan NJ. Krom, yakni tentang ajaran Buddha Dharma dengan aliran Mahayana-Yogacara dan ada kecenderungan pula bercampur dengan aliran Tantrayana-Vajrayana. Oleh sebab itu, para pemugar harus memiliki sekelumit sejarah agama ini di Indonesia. Penelitian terhadap susunan bangunan candi dan falsafah yang dibawanya tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi kalau dihubung-hubungkan dengan bangunan-bangunan candi lainnya yang masih satu rumpun. Seperti halnya antara Candi Borobudur dengan Candi Pawon dan Candi Mendut yang secara geografis berada pada satu jalur.
Materi candi
Candi Borobudur merupakan candi terbesar kedua setelah Candi Ankor Wat di Kamboja. Borobudur mirip bangunan piramida Cheops di Gizeh Mesir. Luas bangunan Candi Borobudur 15.129 m2 yang tersusun dari 55.000 m3 batu, dari 2 juta potongan batu-batuan. Ukuran batu rata-rata 25 cm X 10 cm X 15 cm. Panjang potongan batu secara keseluruhan 500 km dengan berat keseluruhan batu 1,3 juta ton. Dinding-dinding Candi Borobudur dikelilingi oleh gambar-gambar atau relief yang merupakan satu rangkaian cerita yang terususun dalam 1.460 panel. Panjang panel masing-masing 2 meter. Jadi kalau rangkaian relief itu dibentangkan maka kurang lebih panjang relief seluruhnya 3 km. Jumlah tingkat ada sepuluh, tingkat 1-6 berbentuk bujur sangkar, sedangkan tingkat 7-10 berbentuk bundar. Arca yang terdapat di seluruh bangunan candi berjumlah 504 buah. Sedangkan, tinggi candi dari permukaan tanah sampai ujung stupa induk dulunya 42 meter, namun sekarang tinggal 34,5 meter setelah tersambar petir.
Menurut hasil penyelidikan seorang antropolog-etnolog Austria, Robert von Heine Geldern, nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengenal tata budaya pada zaman Neolithic dan Megalithic yang berasal dari Vietnam Selatan dan Kamboja. Pada zaman Megalithic itu nenek moyang bangsa Indonesia membuat makam leluhurnya sekaligus tempat pemujaan berupa bangunan piramida bersusun, semakin ke atas semakin kecil. Salah satunya yang ditemukan di Lebak Sibedug Leuwiliang Bogor Jawa Barat. Bangunan serupa juga terdapat di Candi Sukuh di dekat Solo, juga Candi Borobudur. Kalau kita lihat dari kejauhan, Borobudur akan tampak seperti susunan bangunan berundak atau semacam piramida dan sebuah stupa.
Berbeda dengan piramida raksasa di Mesir dan Piramida Teotihuacan di Meksiko Candi Borobudur merupakan versi lain bangunan piramida. Piramida Borobudur berupa kepunden berundak yang tidak akan ditemukan di daerah dan negara manapun, termasuk di India. Dan itulah salah satu kelebihan Candi Borobudur yang merupakan kekhasan arsitektur Budhis di Indonesia.
Melihat kemegahan bangunan Candi Borobudur saat ini dan candi-candi lainnya di Indonesia telah memberikan pengetahuan yang besar tentang peradaban bangsa Indonesia. Berbagai ilmu pengetahuan terlibat dalam usaha rekonstruksi Candi Borobudur yang dilakukan oleh Teodhorus van Erp. Kita patut menghargai usaha-usahanya mengingat berbagai kendala dan kesulitan yang dihadapi dalam membangun kembali candi ini.
Sampai saat ini ada beberapa hal yang masih menjadi bahan misteri seputar berdirinya Candi Borobudur, misalnya dalam hal susunan batu, cara mengangkut batu dari daerah asal sampai ke tempat tujuan, apakah batu-batu itu sudah dalam ukuran yang dikehendaki atau masih berupa bentuk asli batu gunung, berapa lama proses pemotongan batu-batu itu sampai pada ukuran yang dikehendaki, bagaimana cara menaikan batu-batu itu dari dasar halaman candi sampai ke puncak, alat derek apakah yang dipergunakan? Mengingat pada masa itu belum ada gambar biru (blue print), lalu dengan sarana apakah mereka itu kalau hendak merundingkan langkah-langkah pengerjaan yang harus dilakukan, dalam hal gambar relief, apakah batu-batu itu sesudah bergambar lalu dipasang, atau batu dalam keadaan polos baru dipahat untuk digambar. Dan mulai dari bagian mana gambar itu dipahat, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas? Dan masih banyak lagi misteri yang belum terungkap secara ilmu pengetahuan, terutama tentang ditemukannya ruang pada stupa induk candi.
Restorasi di tahun 1974-1983

Harta karun

Pemugaran selanjutnya dilakukan pada tahun 1973-1983, selang 70 tahun dari pemugaran yang dilakukan van Erp. Pemugaran ini dimaksudkan tiada lain sebagai upaya melestarikan budaya yang tak ternilai harganya. Inilah “harta karun” yang sesungguhnya tak bisa dihargai dengan uang apalagi dijual untuk membayar utang. Kesadaran masyarakat untuk ikut mengamankan bangunan candi sangat diharapkan termasuk juga dari para wisatawan.
Penggalian, penelitian, dan rencana pemugaran terhadap candi-candi atau benda-benda bersejarah lainnya yang baru-baru ini ditemukan tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Pemugaran bangunan budaya dan kepurbakalaan tidak semudah pembangunan gedung modern. Setiap bentuk bangunan budaya memiliki makna yang khusus dan hal ini tidak dapat diabaikan di dalam pemugaran bangunan kuno tersebut. Oleh sebab itu butuh dukungan dari berbagai pihak, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Upaya membangun kembali sebuah simbol-simbol peradaban yang pernah hilang berarti semakin membuka mata-hati kita tentang sejarah peradaban manusia Indonesia yang kaya dengan ilmu pengetahuan dan budaya. Dengan demikian, kita akan menjadi manusia berbudaya yang mampu menghargai budayanya sendiri sebagai bentuk jati diri dan identitas bangsa yang mandiri.
Akhirnya, kita harus membangkitkan kembali gairah menghargai benda-benda cagar budaya yang bukan hanya menjadi kekayaan masyarakat dan bangsa, melainkan juga menjadi kekayaan ilmu pengetahuan yang akan terus mengungkap fakta-fakta sejarah itu. Menikmati keindahan dan menjaga kelestariannya merupakan salah satu bentuk kepedulian yang sangat berarti. Tentunya peran lembaga yang berkaitan dengan perlindungan benda-benda cagar budaya perlu ditingkatkan dengan memberikan pemahaman, pengertian dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan benda-benda tersebut.
Perlindungan hukum pun harus ditegakkan secara konsisten sehingga tidak terjadi lagi kepincangan-kepincangan hukum yang menyisakan rasa ketidakadilan bagi masyarakat, seperti halnya kasus peledakan Candi Borobudur pada 1983.***
Tetap menjadi suatu misteri,sekedar tambahan candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dengan tinggi 34,5 meter dan luas bangunan 123 x 123 meter. Di dirikan di atas sebuah bukit yang terletak kira-kira 40 km di barat daya Yogyakarta, 7 km di selatan Magelang, Jawa Tengah.
Candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Sailendra antara tahun 750 dan 842 Masehi. Candi Buddha ini kemungkinan besar ditinggalkan sekitar satu abad setalah dibangun karena pusat kerajaan pada waktu itu berpindah ke Jawa Timur.
Sir Thomas Stanford Raffles menemukan Borobudur pada tahun 1814 dalam kondisi rusak dan memerintahkan supaya situs tersebut dibersihkan dan dipelajari secara menyeluruh. Proyek restorasi Borobudur secara besar-besaran kemudian dimulai dari tahun 1905 sampai tahun 1910 dipimpin oleh Dr. Tb. van Erp. Dengan bantuan dari UNESCO, restorasi kedua untuk menyelamatkan Borobudur dilaksanakan dari bulan Agustus 1913 sampai tahun 1983.
Namun, sampai sekarang Candi Borobudur masih menyimpan sejumlah misteri. Sejumlah misteri itu misalnya, siapa yang merancang Candi Borobudur, berapa jumlah orang dipekerjakan untuk membangun candi tersebut, dari mana saja batu untuk membangun candi ? Filosofi apa yang digunakan untuk membuat candi tersebut ? Tetapi yang pasti candi ini merupakan aset penting bagi Indonesia di mata dunia internasional. Kita harus bangga dan selalu menjaga kelestariannya.

Motivasi - Belajar dari Magnet

Posted by beye on Jumat, 28 Mei 2010 , under | komentar (0)








Belajar dari Magnet



Suatu ketika, Jundy, salah seorang sahabat kecil saya dirumah yang baru kelas 2 SD membuka habis seluruh komponen mobil-mobilannya. Setelah dipreteli satu persatu, sampailah pada travo penggerak rodanya. Ketika travo kecil dibuka, ditemukannya sepasang magnet yang menjadi mainan baru yang sangat menyenangkan bagi diri dan adik-adiknya. Semua logam yang bemedan magnet dapat tertarik dan menempel padanya.



Banyak hal yang dapat kita pelajari dari magnet. Magnet akan menarik benda-benda yang mengandung medan magnet disekitarnya. Magnet juga akan menahan benda-benda yang telah menempel padanya. Bahkan magnet juga mampu mengarahkan suatu logam bermedan magnet kepada arah tertentu. Ia juga akan menularkan sifat magnetis kan kepada benda-benda yang melekat kepadanya, sehingga sama-sama mempunyai kekuatan magnetis.



Sudah selayaknya kita berperilaku bagaikan magnet, menjadi pusat kehidupan masyarakat sekitar. Orang-orang tertarik untuk mendekat pada diri kita. Karena energi magnetis yang kita punya mereka malah nempel tak mau lepas. Bahkan kita mampu mengarahkan lingkungan/situasi ke aah yang kita inginkan. Mereka mau mengikuti apa yang kita mau dan kita fahami, bukan kita yang diarahkan mengikuti keinginan orang lain. Sifat-sifat magnetis yang kita punya juga akan membuat kita menjadi pemersatu bagi rekan-rekan kita yang sedang retak hubungan.



Ada 4-TA yang dapat kita jadikan sebagai sumber energi mangnetik, yaitu harTA, tahTA, kaTA dan cinTA (meminjam istilah rekan-rekan Kubik). Harta dapat memberikan energi magnetik, sebagaimana banyak orang-orang kaya, dengan harta yang dimilikinya, mereka bisa mempengaruhi banyak orang. Hartanya pula yang menarik orang lain unutk datang mengajukan kerjasama dengannya. Jika Anda adalah seorang bankir atau dikenal menguasai banyak uang, niscaya akan banyak orang yang datang membawa proposal untuk mendapatkan kucuran dana dari Anda.



Begitu pula dengan tahta, dalam kehidupan sehari-hari, jika seseorang menduduki jabatan tertentu, apalagi cukup tinggi, akan banyak orang, kenalan, sanak saudara, teman-temannya yang datang untuk mengajak bekerja sama, meminta fasilitas, memohon perlindungan dan lain-lain. Ketika Soeharto berkuasa, banyak orang yang mendekatinya untuk mendapatkan bisnis, kemudahan-kemudahan dan juga jabatan darinya. Begitu pula kini, ketika SBY & JK naik tahta menjadi pasangan nomor satu di negeri ini, seketika itu pula, diam-diam atau terang-terangan, bahyak pihak yang berusaha mendekatinya.



Kata juga bisa menjadi sumber energi magnetik. Kata yang dimaksud disini adalah ilmu, pengetahuan, pengalaman, pemikiran, konsep, petuah atau fatwa-fatwa yang kita miliki. Lihatlah, betapa Robert T Kiyosaki banyak mempengaruhi orang di muka bumi ini dengan pemikiran financial freedom-nya. Bulan Novembe 2005 yang lalu, para petinggi negara dan banyak sekali eksekutif di Indonesia berbondong-bondong memadati JHCC hanya untuk mendengarkan Steven R Covey berbicara 8 Habits. Dulu, Zainuddin MZ sangat pouler sebagai da’i sejuta ummat, kini pamornya sudah digantikan oleh Aa Gym. Kita juga pernah punya Soekarno yang mampu menyihir jutaan orang dengan pidato-pidatonya.



Cinta juga tak kalah dahsyatnya sebagai sumber energi magnetik. Bagaimana seorang anak kecil menguntit ibunya kemanapun dia pergi. Karena cita, seorang pemuda rela melakukan apapun agar selalu dekat dengan gadis pujaannya. Karena cinta pula, kita rela menyumbangkan apa yang kita miliki untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa bencana.



Para nabi dan rosul adalah contoh yang paling sempurna sebagai pemilik energi magnetik. Anda tinggal pilih, mau dari mana sumber energi yang akan membangkitkan sifat-sifat magnet bagi diri Anda, sehingga keberadaan Anda lebih bermanfaat bagi banyak orang. 


Syamsul Arifin 

Bangsa Ini Memerlukan Zhu

Posted by beye on , under | komentar (0)






Bangsa Ini Memerlukan Zhu
Oleh: Asro Kamal Rokan (Republika Online)

Amazing!
Dari tahun 2001 sampai 2005 Cina telah menghukum mati 4000 orang karena
korupsi, dan menurut Amnesti Internasional (AI) fakta sesungguhnya masih
lebih banyak lagi. Orang bilang komunis itu kejam, tapi cara tsb terbukti
sukses memberantas korupsi dan hasilnya terlihat indikator perekonomian
Cina melesat.
Bunuhlah seekor ayam untuk menakuti seribu ekor kera, beranikah
Indonesia meniru?

Xiao Hongbo telah dihukum mati pekan lalu. Delapan orang pacarnya --
yang dibiayai dalam kehidupan mewah-- mungkin hanya menangisi lelaki
berusia 37 tahun. Tidak ada yang bisa membantunya.
Deputi manajer cabang Bank Konstruksi China, salah satu bank milik
negara, di Dacheng, Provinsi Sichuan, itu dihukum mati karena korupsi.
Xiao telah merugikan bank sebesar 4 juta yuan atau sekitar Rp 3,9 miliar
sejak 1998 hingga 2001. Uang itu digunakan untuk membiayai kehidupan
delapan pacarnya.

Xiao Hongbo satu di antara lebih dari empat ribu orang di Cina yang
telah dihukum mati sejak 2001 karena terbukti melakukan kejahatan,
termasuk korupsi. Angka empat ribu itu, menurut Amnesti Internasional
(AI),jauh lebih kecil dari fakta sesungguhnya. AI mengutuk cara-cara Cina
itu, yang mereka sebut sebagai suatu yang mengerikan.
Tapi, bagi Perdana Menteri Zhu Rongji inilah jalan menyelamatkan
Cina dari kehancuran. Ketika dilantik menjadi perdana menteri pada 1998,
Zhu dengan lantang mengatakan, ''Berikan kepada saya seratus peti mati,
sembilan puluh sembilan untuk koruptor, satu untuk saya jika saya
melakukan hal yang sama.''
Zhu tidak main-main. Cheng Kejie, pejabat tinggi Partai Komunis
Cina, dihukum mati karena menerima suap lima juta dolar AS. Tidak ada
tawar-menawar. Permohonan banding wakil ketua Kongres Rakyat Nasional itu
ditolak pengadilan. Bahkan istrinya, Li Ping, yang membantu suaminya
meminta uang suap, dihukum penjara.
Wakil Gubernur Provinsi Jiangxi, Hu Chang-ging, pun tak luput dari peti
mati. Hu terbukti menerima suap berupa mobil dan permata senilai Rp 5
miliar. Ratusan bahkan mungkin ribuan peti mati telah terisi, tidak
hanya oleh para pejabat korup, tapi juga pengusaha, bahkan wartawan.
Selama empat bulan pada 2003 lalu, 33.761 polisi dipecat. Mereka dipecat
tidak hanya karena menerima suap, tapi juga berjudi, mabuk-mabukan,
membawa senjata di luar tugas, dan kualitas di bawah standar. Agaknya Zhu
Rongji paham betul pepatah Cina: bunuhlah seekor ayam untuk menakuti
seribu ekor kera.
Dan, sejak ayam-ayam dibunuh, kera-kera menjadi takut, kini
pertumbuhan ekonomi Cina mencapai 9 persen per tahun dengan nilai
pendapatan domestic bruto sebesar 1.000 dolar AS. Cadangan devisa mereka
sudah mencapai 300 miliar dolar AS.

Sukses Cina itu, menurut guru besar Universitas Peking, Prof Kong
Yuanzhi, karena Zhu serius memberantas korupsi. Perang terhadap korupsi
diikuti dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Zhu mengeluarkan
dana besar untuk pendidikan manajemen, mengirim ribuan siswa belajar ke
luar negeri, dan juga mengundang pakar bisnis berbicara di Cina.

Kini, lihatlah apa yang terjadi di Indonesia.
Pengangguran terus bertambah, anak-anak gadis dari desa terpaksa menjadi
pelacur di kota, lulusan SMU menjadi pengamen, anak-anak SD yang malu
tidak dapat membayar uang sekolah, bunuh diri. Ratusan ribu orang tumpah
ke kota-kota karena di desa tidak ada harapan. Ratusan ribu orang menjadi
tenaga kerja di luar negeri, ditipu calo dan disiksa majikannya. Mereka
adalah korban. Koruptor menghisap hidup mereka, bertahun-tahun tanpa ada
yang menolong. Koruptor mengambil hak mereka atas tanah, hak mereka atas
air, hak mereka untuk sekolah, hak mereka untuk berdagang, hak mereka
untuk bekerja, hak mereka untuk mendapatkan layanan, hak mereka untuk
kesehatan.
Apalagi hak yang tersisa untuk orang-orang miskin itu?
Pemerintah bukan penolong orang-orang miskin, terkadang mereka juga
mengambil uang dari orang-orang miskin. Bangsa ini memerlukan orang
seperti Zhu Rongji, bukan pecundang atau pesolek yang tiap kali berbicara
atau mengambil kebijakan selalu mwngutip kalimat �atas nama rakyat�,
tetapi hasil yang didapat jauh panggang dari api.

Inilah Indonesia saat ini!

Jatuhkanlah tiga buah batu dari pesawat udara di wilayah Indonesia,
maka, yakinlah satu di antara batu itu akan mengenai kepala koruptor!

Motivasi - Kisah Anak Kerang

Posted by beye on , under | komentar (0)



ANAK KERANG

Pada suatu hari seekor anak kerang di dasar laut mengadu dan mengaduh pada ibunya sebab sebutir pasir tajam memasuki tubuhnya yang merah dan lembek. "Anakku," kata sang ibu sambil bercucuran air mata, "Tuhan tidak memberikan pada kita bangsa kerang sebuah tangan
pun, sehingga Ibu tak bisa menolongmu. Sakit sekali, aku tahu anakku. Tetapi terimalah itu sebagai takdir alam." "Kuatkan hatimu. Jangan terlalu lincah lagi. Kerahkan semangatmu melawan rasa ngilu dan nyeri yang menggigit. Balutlah pasir itu dengan getah perutmu.
Hanya itu yang bisa kau perbuat", kata ibunya dengan sendu dan lembut.

Anak kerang pun melakukan nasihat bundanya. Ada hasilnya, tetapi rasa sakit bukan alang kepalang. Kadang di tengah kesakitannya, ia meragukan nasihat ibunya. Dengan air mata ia
bertahan, bertahun-tahun lamanya. Tetapi tanpa disadarinya sebutir mutiara mulai terbentuk dalam dagingnya. Makin lama makin halus. Rasa sakit pun makin berkurang. Dan semakin lama mutiaranya semakin besar. Rasa sakit menjadi terasa lebih wajar.

Akhirnya sesudah sekian ! tahun, sebutir mutiara besar, utuh
mengkilap, dan berharga mahal pun terbentuk dengan sempurna.
Penderitaannya berubah menjadi mutiara ; air matanya berubah menjadi
sangat berharga. Dirinya kini, sebagai hasil derita bertahun-tahun,
lebih berharga daripada sejuta kerang lain yang cuma disantap orang
sebagai kerang rebus di pinggir jalan.

Cerita di atas adalah sebuah paradigma yg menjelaskan bahwa
penderitaan adalah lorong transendental untuk menjadikan "kerang
biasa" menjadi "kerang luar biasa". Karena itu dapat dipertegas
bahwa kekecewaan dan penderitaan dapat mengubah "orang biasa"
menjadi "orang luar biasa".

Banyak orang! yang mundur saat berada di lorong transendental
tersebut, karena mereka tidak tahan dengan cobaan yang mereka alami.
Ada dua pilihan sebenarnya yang bisa mereka masuki : menjadi `kerang
biasa' yang disantap orang, atau menjadi `kerang yang menghasilkan
mutiara'. Sayangnya, lebih banyak orang yang mengambil pilihan
pertama, sehingga tidak mengherankan bila jumlah orang yang sukses
lebih sedikit dari orang yang `biasa-biasa saja'.

So..sahabat mungkin saat ini kamu sedang mengalami
penolakan, kekecewaan, patah hati, atau terluka krn orang2 disekitar
kamu..coba! lah utk tetap tersenyum dan tetap berjalan di lorong
tersebut, dan sambil katakan didalam hatimu.. "Airmataku
diperhitungkan Tuhan..dan penderitaanku ini akan mengubah diriku
menjadi mutiara2..."

Related Posts with Thumbnails