Latest News

Buku Unik Ini Hanya Sebesar Jempol

Posted by beye on Sabtu, 25 Februari 2012 , under | komentar (0)



Melihat buku supermini yang akan dilelang Bamfords Auctioneer, bak berada di dunia liliput Alice in Wonderland atau Gulliver’s Travels. Tidak cukup kacamata membacanya, melainnya perlu lensa pembesar khusus.


Buku itu adalah versi mini 'The Bible and the London Almanack', yang terbit pada tahun 1842. Buku itu ditemukan dari sebuah pembongkaran rumah oleh Bamfords Auctioneers, Derbyshire.

Walau tampak semacam miniatur, buku-buku ini memiliki detail isi layaknya bacaan pada umumnya. Orang bahkan dapat menemukan detail-detail penulisan yang sama persis dengan buku dalam ukuran yang sebenarnya.


Sebanyak 16 buku-buku liliput itu akan dilelang pada 16-18 Maret, dengan ukuran terkecil memiliki ukuran 11/8 inci. Sedangkan yang terbesar 31/8 inci. Bamfords Auctioneers mengharapkan akan mendapatkan hasil pelelangan lebih dari 2.000 Euro.

Miniatur buku yang memiliki ukuran lebih kecil dari 31/8 inch menjadi sebuah tren pada 1475. Buku pertama yang dibuat versi mininya adalah sebuah buku religi berjudul 'The Officium Beatae Virginis Maria. Tren percetakan ini pun berkembang. Pada tahun 1985, miniatur 'Old King Cole' yang berukuran 1/32 inch diproduksi di Skotlandia.

Menurut juru lelang Steven Iredale, penemuan miniatur buku antik adalah hal yang sangat langka. "Koleksi seperti ini pasti koleksi dari kolektor buku. Saya hanya pernah membacanya di masa lalu, namun tidak pernah mengurus pelelanganya sebelumnya," ujarnya seperti dikutip laman Daily Mail.


Dia pun menambahkan bahwa miniatur-miniatur buku ini harus mendapatkan perhatian ekstra untuk menjaga keaslian dan detailnya. "Pemiliki miniatur buku ini sebelumnya pasti merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk menjaga buku-buku ini," ujarnya. (umi) • VIVAnews

Inilah Hollow Earth, Legenda Rongga di Dalam Bumi

Posted by beye on Jumat, 24 Februari 2012 , under | komentar (0)



Ada banyak Legenda dari berbagai wilayah di dunia yang menceritakan mengenai adanya dunia lain di dalam perut bumi. Tidak banyak yang menaruh perhatian terhadap legenda-legenda ini sampai seorang ilmuwan ternama mengangkatnya ke dalam forum-forum sains. Ide kalau bumi kita memiliki rongga sebenarnya bukan sesuatu yang baru.

Legenda dunia bawah tanah
Pada masa Sumeria kuno, dunia bawah tanah sudah pernah disinggung dalam Epic of Gilgamesh. Di Babylonia, ada kisah mengenai turunnya Ishtar ke dunia bawah tanah. Dalam buku Mesir Kuno "Egyptian book of the Dead", dunia di bawah tanah juga disinggung berkali-kali.

Dalam legenda suku Indian Hopi, bahkan ada panduan bagi kita untuk bisa masuk ke dalam perut bumi yang berongga. Menurut suku ini, dunia yang kita diami adalah dunia keempat. Tiga dunia lainnya berada di dalam perut bumi dan salah satu pintunya berada di antara ngarai-ngarai raksasa Colorado.

Mungkin yang paling menarik dari semuanya adalah legenda Tibet mengenai Agharta yang secara harfiah berarti "Kerajaan bawah tanah di pusat bumi dimana raja dunia memerintah".
Menarik, karena masyarakat Tibet menggambarkannya dengan cukup lengkap. Bahkan menurut mereka, kerajaan Shambhala yang misterius juga berada di dalam perut bumi.

Pantas, tidak ada yang bisa menemukannya.

Setelah cukup lama dikenal di dalam legenda-legenda kuno masyarakat dunia, ide bahwa bumi ini memiliki rongga mulai mendapat tempat di dunia sains modern.

Hollow Earth dalam Sains
Lebih dari 2.000 tahun yang lalu, Plato memang telah menyinggung adanya lorong-lorong bawah tanah yang membentuk struktur bumi. Namun, pandangan ini baru mendapatkan perhatian ketika dicetuskan oleh ilmuwan ternama bernama Edmund Halley.

Edmund Halley (1656-1742) adalah seorang astronom Inggris yang secara tepat berhasil mengkalkulasi orbit komet yang melewati bumi setiap 76 tahun. Kita mengenalnya sebagai komet Halley.

Ia mencetuskan ide mengenai hollow earth pada tahun 1692. Menurutnya, di bawah kerak bumi yang setebal 500 kaki, ada ruang berongga yang di dalamnya memiliki atmosfer yang mendukung kehidupan.

Bagi kita yang mendengarnya, mungkin mengira Halley terjebak ke dalam pseudo science yang mendasarkan teorinya pada legenda semata. Namun, ternyata ia punya alasan sains yang cukup masuk akal.

Bahkan ia menuangkannya ke dalam sebuah paper yang memiliki judul cukup panjang, yaitu: "An account of the cause of the change of the variation of the magnetical needle with an hypothesis of the structure of the internal parts of the earth: as it was proposed to the Royal Society in one of their later meetings".

Teori ini diambil oleh Halley karena ia menemukan adanya variasi-variasi di dalam medan magnet bumi. Salah satunya, menurutnya, adalah medan magnet yang berasal dari bola di dalam perut bumi. Ini membuatnya berkesimpulan kalau ada empat bola konsentris berongga di dalam perut bumi. Bola-bola berongga ini memiliki atmosfer yang bisa mendukung kehidupan.

Menurutnya, Aurora borealis yang sering terlihat di kutub sebenarnya adalah gas bercahaya di dalam perut bumi yang berhasil lolos dari lapisan tipis kerak bumi di wilayah kutub.

Teori yang diajukan oleh Halley kemudian diadopsi oleh ilmuwan ternama lainnya, seorang ahli matematika bernama Leonhard Euler (1707-1783) dan John Leslie (1766-1832).

Bedanya, Euler menolak ide adanya beberapa bola konsentris seperti yang diajukan Halley dan menggantikannya dengan satu bola berongga yang memiliki matahari berdiameter 600 mil yang menyediakan cahaya dan panas untuk peradaban luar biasa yang hidup disana.

Di lain pihak, John Leslie memang memiliki pendapat yang mirip dengan Euler. Bedanya, ia percaya kalau matahari yang ada di dalam bola berongga itu ada dua, bukan satu. Ia memberi keduanya nama Pluto dan Proserpine.

Lalu, teori hollow earth kembali diadopsi oleh John Cleves Symmes (1780) yang sampai akhir hayatnya memperjuangkan teori ini tanpa kenal lelah.

Symmes adalah mantan tentara dan pengusaha. Ia juga percaya kalau bumi ini memiliki rongga dan jalan masuk menuju rongga itu berada di kutub utara dan selatan. Ia memperkirakan jalan masuk ini memiliki lebar 4.000 mil dan 6.000 mil.

Perjuangan Symmes bahkan sampai membuatnya berhasil melobi kongres Amerika sehingga presiden Amerika saat, John Quincy Adams, menyetujui pendanaan ekspedisi menuju Antartika. Namun, sebelum sempat dikucurkan, presiden berikutnya, Andrew Jackson, membekukan pendanaan itu.

Ekspedisi mencari pintu Hollow Earth
Setelah kematian Symmes, salah seorang pengikutnya yang bernama Jeremiah Reynolds, berhasil meyakinkan pemerintah Amerika untuk melakukan ekspedisi ke Antartika pada tahun 1838.

Memang para penjelajah tidak menemukan lubang raksasa disana, namun mereka menemukan bukti kalau Antartika bukan cuma sekedar wilayah es, melainkan benua bumi yang ke-7.

Teori Hollow Earth kembali mendapat perhatian pada tahun 1846 karena adanya penemuan bangkai utuh seekor Mammoth di Siberia.

Dalam tubuh mammoth itu ditemukan tanaman yang belum tercerna. Ini menunjukkan kalau hewan ini mati dengan tiba-tiba ketika sedang makan. Beberapa orang percaya kalau makhluk itu awalnya hidup di wilayah hangat di dalam hollow earth. Lalu, tanpa sengaja tersesat keluar lewat lubang di kutub utara. Ketika bertemu dengan wilayah dingin, hewan ini mati seketika.

Tentu saja, ini cuma teori yang tidak bisa dibuktikan. Tapi paling tidak penemuan ini membuat antusiasme mengenai Hollow earth terus berkembang hingga menarik perhatian Jules Verne, seorang penulis fiksi sains.

Pada tahun 1864, ia menerbitkan buku berjudul Journey to the Center of the Earth yang menceritakan mengenai sebuah lubang di Islandia yang menuju ke dalam perut bumi.

Pada tahun 1869, teori Hollow earth mulai berkembang menjadi semakin mengada-ngada.

Cyrus Teed dan Hollow Earth
Cyrus Reed Teed, seorang herbalis dan alkemis, mengaku kalau ia mendapatkan penglihatan mengenai seorang wanita yang memberitahukan kepadanya kalau ia berasal dari dalam rongga di dalam perut bumi.

Penglihatan ini cukup mempengaruhi hidup Teed. Empat puluh tahun berikutnya, ia mempromosikan ide ini ke seluruh dunia. Bahkan ia mendirikan sebuah sekte bernama Koreshans yang pengajarannya berkisar kepada dunia Hollow Earth.

Tidak sampai disitu, Teed kemudian memperkenalkan modifikasi baru dari teori hollow earth yang sering disebut Concave Sphere. Menurutnya, KITA-lah yang sedang hidup di dalam rongga bumi. Jadi, ada manusia lain yang hidup di dunia atas.

Tidak ada Lubang di Kutub
Pada awal abad ke-20, transportasi sangat minim. Wilayah kutub belum terjelajahi dengan sepenuhnya. Karena itu, tentu saja teori Hollow Earth akan menjadi sangat susah dibantah.

Tapi, semuanya berubah ketika penerbang Richard E.Byrd (1888-1957) berhasil melakukan penerbangan melintasi kutub utara dan selatan. Ia tidak menemukan adanya lubang raksasa seperti yang dipercaya para penganut teori Hollow earth.

Pada abad 20. kutub utara dan selatan bukan lagi wilayah yang misterius. Transportasi yang lebih maju dan satelit yang secara teratur menghasilkan citra bumi dari luar angkasa sebenarnya sudah bisa menjelaskan kalau di kutub utara dan selatan, tidak terdapat lubang menuju Hollow Earth.

Hollow Earth dan UFO
Walaupun begitu, teori ini masih saja menarik perhatian banyak orang. Bahkan, mereka mulai mengaitkannya dengan fenomena UFO. Contohnya Ernst Zundel yang menulis buku berjudul UFO-Nazi's Secret Weapon?

Ia mengklaim kalau Hitler dan batalyon terakhirnya berhasil lari ke Argentina dengan sebuah kapal selam, lalu mendirikan sebuah markas untuk piring terbang di sebuah lubang di kutub selatan yang mengarah ke dalam perut bumi. Zundel juga percaya kalau Nazi berasal dari ras terpisah yang berasal dari dalam perut bumi. Sepertinya Zundel memiliki pandangan yang sama dengan Hitler.

Pandangan ini mungkin muncul karena pada tahun 1940an, Hitler yang menjadi sangat tertarik dengan ide mengenai Hollow Earth disebut pernah mengirim ekspedisi menuju Rugen, salah satu pulau di Baltic, walaupun tidak membawa hasil. 

Ray Palmer adalah penulis lain yang mengkaitkan antara Hollow earth dengan piring terbang. Pada tahun 1940an, bersama Richard Shaver, ia berspekulasi: 'Karena UFO sering terlihat di langit bumi sepanjang sejarah, maka pastilah UFO-UFO tersebut berasal dari bumi'.

Jadi, menurut mereka, UFO tersebut sebenarnya berasal dari dalam perut bumi yang berongga. Shaver bahkan mengaku pernah tinggal bersama orang-orang dari dalam perut bumi. Pandangan ini membuat keduanya dikenal sebagai bapak gerakan ufology modern. Tentu saja teori ini akan sangat sulit dibuktikan. Tetapi, tetap saja banyak orang lain yang masih percaya adanya rongga di dalam perut bumi.

Beberapa bahkan mengaku pernah masuk kedalamnya. Ada yang bilang kalau mereka mencapai rongga di dalam perut bumi lewat gua-gua purba atau lubang pertambangan kuno. Ada lagi yang berteori kalau segitiga bermuda adalah jalan masuk menuju rongga di dalam perut bumi.

Sebagian percaya kalau pintu masuk yang sebenarnya bukan di wilayah kutub, melainkan di wilayah lainnya di dunia seperti Gunung Shasta di California, Gua Mammoth di Kentucky atau pegunungan Himalaya di Tibet.


Gunung Shasta

Pada tahun 1993, Katharina Wilson menulis sebuah buku berjudul The Alien Jigsaw. Dalam bukunya, ia menceritakan mengenai pengalamannya diculik oleh alien dan dibawa ke dunia bawah tanah. Buku serupa juga pernah ditulis tahun 1995 oleh Timothy Good yang menceritakan pengalamannya dibawa ke markas UFO di dalam tanah.

Ketika Halley dan Euler merumuskan teori Hollow Earth, tidak ada yang menganggapnya mengada-ngada. Soalnya, para ilmuwan itu hidup di abad ke-17 dimana ilmu pengetahuan mengenai struktur bumi belum sempurna. Lagipula, banyak wilayah bumi yang belum terjelajahi. Tapi, ketika sains modern mulai berkembang, kitapun tahu kalau bumi ini tidak berongga.

Struktur Bumi yang Sebenarnya
Bagaimana kita bisa yakin kalau bumi ini tidak berongga?

Ada beberapa argumen, misalnya, walaupun kita tidak pernah melihat isi perut bumi, namun kita bisa "melihatnya" dengan menggunakan vibrasi (umumnya lewat gempa bumi) yang bergerak dari ujung bumi yang satu ke yang lain. Dengan menggunakan metode ini, para geologis bisa menggambarkan kondisi struktur bumi yang sebenarnya. Dari sini kita tahu kalau bumi ini memiliki inti dan kerak bumi, tanpa rongga tentu saja.

Jika bumi ini berongga, maka ia akan memberikan hasil yang berbeda dalam pengamatan seismik.

Lalu, kita juga tahu kalau di bawah kerak bumi, terdapat batu-batuan panas cair yang bernama magma. Ini bisa terjadi karena suhu akan menjadi semakin tinggi sesuai dengan kedalaman. Pada kedalaman sekitar 100 kilometer, suhu di dalam perut bumi diperkirakan sebesar 1.200 derajat celcius.

Magma ini bisa keluar menuju permukaan bumi lewat gunung-gunung api di seluruh dunia. Magma yang keluar dari perut bumi disebut dengan Lava. Kalau ada rongga di dalam perut bumi, Bagaimana menjelaskan pengaruh suhu yang tinggi ini terhadap rongga tersebut?

Struktur bumi yang kita kenal sekarang juga terlihat ketika manusia membuat lubang ke dalam perut bumi. Lubang terdalam yang dibuat oleh manusia saat ini adalah lubang yang terdapat di Sovyet. Dalamnya 12,3 kilometer. Sampai sejauh ini apa yang diamati dari pengeboran itu masih sesuai dengan ilmu geologi yang dikenal saat ini.

Jadi, kita tidak pernah menemukan lubang raksasa di kutub. Kita juga tidak punya bukti kalau bumi ini berongga dan ada matahari yang menyertainya. Sekarang, bahkan dengan mudah kita dapat mengakses google earth dan melihat sendiri kondisi di kutub atau tempat-tempat lain di dunia.

Karena itu, boleh dibilang, setelah hampir 400 tahun sejak diajukan oleh Halley, teori Hollow Earth telah berpindah tempat dari dunia sains menuju dunia pseudo sains.

http://fenz-capri.blogspot.com/2011/03/hollow-earth-legenda-rongga-di-dalam.html

Inilah Foto Gunung Krakatau 125 Tahun yang Lalu

Posted by beye on , under | komentar (0)



satu seperempat abad yang lalu, 1883, sebuah gunung berapi meletus di Selat Sunda. Gunung Krakatau (orang barat menyebutnya Krakatoa) yang saat itu menjuntai di Pulau Krakatau memuntahkan amarahnya dengan kekuatan setara 200 megaton TNT. Asal tahu saja, jumlah TNT sebesar itu setara dengan 13,000 kali Little Boy, bom atom yang meremukkan Hiroshima di Jepang pada 1945. Benar-benar dahsyat.


Kedahsyatan ledakkan Krakatau bisa dilihat juga dari jumlah korban tewas. Sebanyak 36,417 orang meregang nyawa karena amuknya, 165 permukiman hilang dari permukaan bumi, dan 132 desa luluh lantak porak poranda. Letusan Krakatau juga memicu terjadinya tsunami yang terasa hingga Hawaii dan pantai barat Amerika, sebuah jarak yang bagi banyak orang belum pernah terbayangkan sebelumnya karena saking jauhnya. Kapal yang sedang berada di Afrika Selatan konon sampai terhempas gara-gara tsunami yang bersumber dari ujung Pulau Jawa ini.


Ada lagi rekor yang dibuat Krakatau: suara ledakkan terdengar sampai Perth di sebelah Timur yang berjarak 3,110 kilometer dan di sisi barat penduduk di Rodrigues, dekat Mauritius yang berjarak 5,000 kilometer bisa mendengar “desahan” Krakatau. Ini berarti sekitar seperdelapan penduduk planet bumi bisa mendengar Krakatau sedang mengamuk dahsyat.


Usai ledakan, planet ini sempat gelap tertutup abu vulaknis yang menutupi atmosfer. Sinar mentari tidak mampu menembus tebalnya debu yang beterbangan. Asal tahu saja, Krakatau memuntahkan 25 kilometer kubik batu dan abu ke udara. Wah, seperti mau kiamat dong…


Foto yang menghiasi lema ini adalah dari Illustrated London News yang terbit pada 8 September 1883 (Anda bisa membeli replika halaman depan koran itu seharga 184 dollar di Amazon). Sementara itu pada 1927 sebuah gunung “menjebul” lahir dari bekas lokasi Gunung Krakatau. Dia dinamakan Anak Krakatau.

Inilah 15 Pesepakbola Hebat yang Gagal di Inter Milan

Posted by beye on Kamis, 23 Februari 2012 , under | komentar (0)



1. Christian 'Bobo' Vieri



Adalah salah satu penyerang hebat dunia yang pernah merumput di stadion Giuseppe Meazza. Inter Milan juga menjadi klub yang paling lama dibela Vieri dibanding klub lain (mulai 1999-2005). Sayangnya pemain kelahiran Bologna, 12 Juli 1973 itu tidak menyumbangkan trofi bergengsi selama enam tahun membela Nerazzuri. Vieri pernah berduet bersama Ronaldo. Saat itu duet 'Ro-Bo' (singkatan Ronaldo-'Bobo' Vieri) sempat diprediksi menjadi duet yang mematikan, sayangnya prediksi tersebut meleset.


2. Luis Nazario De Lima atau Ronaldo


Salah satu penyerang terhebat Brasil, Luis Nazario De Lima atau Ronaldo sukser bersama Barcelona Ronaldo dibeli Inter Milan, sayangnya cedera lutut kambuhan membuat Ronaldo jarang tampil. Ronaldo berkostum Inter Milan sejak 1997-2002, namun menjelang Piala Dunia 2002, Inter menjual pemain kelahiran 22 September 1976 itu ke Real Madrid. Ronaldo sukses membatu Brazil juara dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang. Ia menjadi pencetak gol terbanyak dengan catatan delapan gol. Ronaldo membuat 15 gol di tiga Piala Dunia (1998:4, 2002:8, 2006:3).


3. Roberto Baggio


Sukses di Juventus dan AC Milan, Roberto Baggio berlabuh di Inter Milan. Sayang cedera kambuhan dan persaingan lini depan La Beneamata membuat karier Bagio redup. Padahal sebelum pindah ke Inter, Baggio adalah inspirasi Bologna. Roberto Baggio membela Inter mulai 1998-2000 dengan catatan sembilan gol dari 41 penampilan. Baggio menjadi salah satu penendang yang gagal dalam babak adu pinalti.

4. Ivan Zamorano


Salah satu penyerang hebat berasal dari Cili. Zamorano membela Inter mulai 1996 hingga 2000 dengan catatan 27 gol dari 102 penampilan. Sebelum membela Inter, Zamorano sukses bersama Real Madrid (1992-1996). Ia menjadi top skor La Liga di musim 1994/1995 dengan jumlah 27 gol.


5. Gabriel Omar Batistuta






Batistuta adalah penyerang hebat yang pernah dimiliki oleh Argentina setelah Mario Kempes dan Diego Maradona. Batistuta berkostum Inter Milan pada pertengahan musim 2002-2003 dengan status pinjaman dari AS Roma. Di Inter Batistuta hanya membuat 2 gol dari 12 pertandingan. Padahal selama membela AS Roma (2000-2003), Batistuta mencetak 30 gol dari 63 pertandingan dan membantu Serigala Roma menjadi Scudetto di akhir musim 2000-2001. Di Fiorentina, Batistuta membuat 168 gol dari 269 laga (1991-2000). 





6. Roberto Carlos




Bek kiri yang memiliki lari kencang dan tendangan geledek, namun Carlos benar-benar gagal saat berkostum Inter Milan (1995-1996). Roberto Carlos lalu pindah ke Real Madrid (1996-2007) dan meraih berbagai trofi juara lokal hingga level internasional.



7. Hakan Sukur




Hakan Sukur penyerang hebat yang pernah dilahirkan Turki. Sukur membela Inter di musim 2000/2001 dan mencetak lima gol dari 24 pertandingan. Hakan Sukur membela tim nasional Turki sejak 1992 hingga 2007 dengan catatan 112 caps dan 51 gol.



8. Clearence Seedorf




Salah satu produk akademi Ajax Amsterdam yang sukses. Sayangnya Clearence Seedorf tidak menunjukkan sinarnya di Real Madrid (1996-1999) dan di Inter Milan (1999-2002). Namun Seedorf sukses besar bersama musuh Inter, AC Milan. Gelar Scudetto hingga Liga Champions diraih Seedorf bersama Milan.



9. Andrea Pirlo




Potensi Andrea Pirlo tidak digali dengan maksimal di Inter Milan. Selama membela La Beneamata (1998-2001), Pirlo lebih sering dimainkan di posisi penyerang lubang dan bolak-balik dipinjamkan ke Brescia. ini membuat karier Pirlo suram di Inter. Bersama AC Milan (2001-2011), Pirlo ditempatkan di posisi gelandang jangkar. Dan racikan Carlo Ancelotti ini terbukti sukses. Pirlo ikut membantu Milan meraih gelar Scudetto dan Liga Champions.



10. Robbie Keane



Nasib pesepakbola satu ini lebih tragis di Inter Milan. Keane hanya memperkuat Inter selama setengah musim di edisi 2000-2001. Keane sukses bersama Tottenham Hotspur (2002-2008) dengan catatan 197 penampilan dan 82 gol.




11. Nwankwo Kanu


Sempat disebut-sebut sebagai penyerang berbakat dari benua Afrika. Pemain asal Nigeria ini membela Inter Milan sejak 1996-1999. Sayangnya Kanu memiliki masalah di jantungnya dan pernah menjalani operasi. Kanu cuma menyumbang satu gol dari 12 penampilannya bersama Inter. Tapi Kanu menjadi salah satu pilar Arsenal. Bersama The Gunners (1999-2004) Kanu mencetak 30 gol dari 119 penampilan dan ikut merasakan beberapa gelar juara.



12. Dennis Bergkamp



Adalah penyerang hebat Belanda pasca era marco Van Basten. sukses bersama Ajax Amsterdam (1986-1993) dengan raihan 103 gol dari 185 laga, Bergkamp tidak terlalu menonjol di Inter Milan (1993-1995). Ia hanya menyumbangkan 11 gol dari 52 laga bersama Nerazzuri. Tetapi Bergkamp adalah aktor penting kesuksesan Arsenal (1995-2006) dan timnas Belanda di Piala Dunia 1998.



13. Paul Ince


Salah satu gelandang Inggris yang berkarier di Serie A. Bersama Paul Gascoigne, Ince menjajal kerasnya sepak bola Italia. Jika Gascoigne lumayan sukses bersama Lazio, Ince benar-benar redup di Inter Milan (1995-1997). Tapi Ince lumayan bersinar bersama Liverpool (1997-1999) dan sempat menjadi Kapten The Reds.



14. Youri Djorkaeff


Adalah motor serangan Inter Milan (1996-1999) dengan catatan gol 30 dari 87 laga. Sayangnya Djorkaeff hanya menyumbang satu trofi EUFA Cup 1998. Padahal Youri Djorkaeff bersama tim nasional Perancis berhasil menjadi juara dunia 1998 dan juara Eropa 2000. Kerjasamanya bersama Zinedine Zidane, Didier Deschamps dan Emanuel Petit menjadikan lini tengah The Blues adalah yang tersolid di dunia pada era akhir 90-an sampai awal 2000-an.



15. Fabio Cannavaro




Adalah salah satu bek modern terbaik Italia bahkan dunia. Namun kariernya di Inter Milan tidak bersinar. Ia membela Inter sejak 2002-2004. Cannavaro adalah Kapten tim nasional Italia di Piala dunia 2006. Gli Azzuri lalu menjadi juara dunia untuk keempat kalinya



Inilah Asal Usul Sejarah Alat Anti Pengutil

Posted by beye on , under | komentar (0)




Pernah membeli produk di hipermarket atau supermarket yang pada saat pembayaran, si kasir melepaskan sesuatu yang melekat di produk yang kita beli ? Itu adalah tag pengaman dari tangan-tangan iseng yang mencoba mengutil barang tanpa membayar. Akibatnya, ketika melewati sensor yang dipasang di pintu keluar, akan keluar bunyi dan petugas keamananpun berdatangan mendekati Anda. Terlepas aspek kesengajaan atau tidak, yang pasti Anda akan berurusan dengan petugas keamanan dan bahkan mungkin akan diserahkan ke polisi untuk penyelidikan lebih lanjut. Jadi pastikan semua produk yang Anda beli semua sudah terbayar.
Bagaimana cerita di balik alat anti pengutil ini ?
Cerita bermula dari Ronald Assas, sang store manager, frustasi akan banyaknya pengutil yang mencuri barang di supermarket Akron, Ohio, tempat dia bekerja. Dia berkomentar siapapun yang dapat menciptakan alat untuk mendeteksi pengutil pasti akan kaya. Sepupunya, Jack Welch, mendengar keluhannya dan tertantang untuk menciptakan alat tersebut. Beberapa minggu kemudian Welch membawa kotak berukuran 60 cm2, bersama dengan beberapa box besar yang berisi komponen elektronik yang dirangkai di bagasi rumahnya. Dia menunjukkan kepada Assas bagaimana alarm berbunyi apabila barang tersebut melewati kotak yang dia rangkai.
Beberapa tahun kemudian Assas mendirikan Sensormatic Electronics Corporation, yang sampai saat ini masih memiliki 65% market share dalam dunia pengaman elektronik. Sejak produk Sensormatc Electronics Corporation dipasarkan pada tahun 1966, shoftlifting tag menjadi sangat popular. SEC telah menghasilkan bilyaran dollar dari hasil produksinya. Penggunaan tag merupakan salah satu alat yang efektif bagi pemilik toko. Bermacam-macam bentuk tag yang ditemui saat ini yang semuanya berfungsi sama dan tag tersebut dapat dipergunakan berulang kali. Kasir toko akan melepaskan tag pada saat produk di bayar dan memasangnya kembali pada produk yang belum terjual.
Dalam industri retail, alat ini sekarang dikenal dengan tag pengaman atau tag EAS (Electronic Article Surveillance). Technology yang disukai saat ini adalah sepasang pembatas yang mengirimkan sinyal frekuensi radio jarak dekat. Dalam masing-masing tag adalah resonator, alat yang dapat menangkap sinyal tadi dan mengirimkannya kembali. Pembatas juga dilengkapi dengan penerima yang diprogram untuk mengenali sinyal yang masuk dalam interval waktu tertentu. Jadi apabila sinyal tiba-tiba terhenti dan kemudian menerima sinyal yang dikirimkan oleh resonator pada area disekitarnya, maka berbunyilah alarm. Ada juga alarm diikuti dengan menyalanya lampu untuk mempermudah pengenalan bahwa ada barang yang keluar tanpa sepengetahuan kasir alias dicuri.
Selama 20 tahun pertama tag pengaman menggunakan teknologi Swept-RF (Swept Radio Frequency), yang bergantung pada diode semikonduktor yang mengirimkan sinyal radio berfrekuensi tinggi dalam area pengawasan tertentu. Teknologi ini ada kelemahan karena ternyata tag pengaman apabila ditutup dengan aluminium foil dapat tidak terdeteksi. Saat ini tag pengaman menggunakan chip yang lebih canggih.
Pada pertengahan tahun 1980. Teknologi acousto-magnetic dikembangkan untuk mengatasi kelemahan teknologi swept-RF. Sistem ini beroperasi dengan gelombang radio berfrekuensi rendah yang tidak dapat dihalangi oleh kemasan foil. Tag ada berbagai macam, ada yang tag yang khusus dipasang pada produk pakaian yang sulit dilepas tanpa merusak pakaian itu sendiri. Ada juga tag yang berisikan tinta, yang apabila dilepas paksa, tinta akan menodai tidak hanya pakaian yang dipasang tetapi juga tangan orang yang merusak tag tersebut. Ada juga yang akan mengeluarkan bunyi apabila dilepas paksa. Tag berupa label sekali pakai saat ini semakin banyak dipakai khususnya tag yang disisipi dalam produk yang sudah dikemas dari pabriknya. Dengan pengemasan langsung dari pabrik, kemungkinan tag dirusak menjadi lebih minimal. Tag seperti ini lebih dikenal sebagai source tag.
Jadi jangan sekali-sekali berpikir untuk mengutil ya, biar nggak malu dan nggak berurusan dengan petugas keamanan dan polisi.





Inilah 10 Keputusan Politik Dunia Yang Kontroversial Abad Ini

Posted by beye on , under | komentar (0)



Kebanyakan kita pernah membuat keputusan yang buruk. dan Untungnya keputusan kita biasanya tidak menyebabkan kehancuran masif bagi banyak penduduk dunia. Dan berikut ini adalah keputusan yang berdampak dasyat di akhir abad 20. Sebagian mungkin anda tahu, tapi sebagian lagi akan membuat anda terkejut ..

10. Pemboman Hiroshima dan Nagasaki 

Meskipun Harry Truman berada di bawah tekanan yang ekstrim untuk mengakhiri perang dan mengurangi korban di pihak Amerika saya pikir keputusannya untuk menjatuhkan dua bom atom pada tanggal 6 Agustus dan, 9 Agustus 1945 adalah salah. Karena Orang Jepang sudah dikalahkan. Menurut Jendral Angkatan Udara Henry H. (Hap) Arnold, "Sudah jelas bagi kami,ada bom atom atau tidak ada bom atom, Jepang sudah berada di ambang kehancuran." Presiden Eisenhower menyatakan dalam sebuah wawancara dengan Newsweek: "...Kala itu Jepang sudah siap untuk menyerah dan tidak perlu untuk memukul mereka dengan hal yang mengerikan. " 

9. Elit dalam tubuh Partai Demokrat 

Gerakan yang buruk,Pada tahun 1960-an dan awal 1970-an golngan kelas atas mengambil alih Partai Demokrat AS. Sejak itu Partai Demokrat AS jarang memenangkan pemilu, tidak peduli seberapa bodoh Partai Republik (lawannya) berperilaku konyol atau membuat kesalahan. Tragisnya beberapa orang berpikir Partai Demokrat baru dari golongan elit ini akan menjadi lebih pro-perdamaian. Kenyataannya Partai Demokrat dari golongan elit ini lebih menyukai perang dari sebelumnya, hanya sekarang perangnya lebih berorientasi pada tujuan kemajuan bisnis . contohnya infasi pada negeri - negeri kaya minyak ..

8. Perang Vietnam 

Jenderal MacArthur mengatakan bahwa setiap sekretaris pertahanan yang menyarankan presiden untuk berperang di tanah Asia harus diperiksa otaknya. Sayangnya itulah saran dari Menteri Pertahanan Robert McNamara kepada Presiden Johnson, sehingga dikirimlah puluhan ribu pasukan pada pertengahan 1960-an ke Vietnam. 
Tidak ada oposisi domestik yang diijinkan di Vietnam kala itu sehingga pemerintah tidak perlu khawatir tentang opini publik. Pemberontak Vietnam memiliki populasi besar dan dapat bersembunyi dari senjata Amerika di hutannya yang lebat. 
Sebaliknya,Media Amerika Serikat sering mengkritik perang ini. Rakyat Amerika tidak suka jumlah korban yang tinggi, terutama dengan cara perang tak berkesudahan di seluruh dunia. 

7. Perang Irak 

Komisi 9/11 yang diketuai oleh Partai Republik Tom Kean menyimpulkan bahwa Saddam Hussein tidak membantu Al-Qaeda dalam serangan 9/11.
Kelompok Survei untuk Irak menyimpulkan bahwa Saddam Hussein tidak memiliki senjata pemusnah massal setelah 1991. Jadi, mengapa begitu banyak orang mati di tahun 2003 untuk Perang Irak? dan Mengapa menghabiskan anggaran biaya yang besar? 

6. Negara Israel 

 
Setelah Perang Dunia II, banyak orang Yahudi melarikan diri dan dianjurkan untuk pindah ke Palestina dan mendirikan negara baru Israel, sehingga pertentangan satu set baru besar orang - masyarakat Muslim yang kini berjumlah sekitar 1/5 dari penduduk dunia. 
Muslim sampai sekarang sudah sangat anti-Yahudi, tapi setelah kaum Zionis membantai desa dan memaksa penduduk asli untuk mengungsi, Muslim berbalik melawan orang Yahudi. Bukankah akan lebih baik untuk bangsa Yahudi bermigrasi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya ...

5. Serangan Jepang terhadap Pearl Harbor 

 
7 Desember 1941 serangan Jepang terhadap Pearl Harbor adalah ambisi kegilaan. Apalagi yang mengejutkan adalah bahwa Laksamana Yamamoto, yang merencanakan serangan itu, tahu betul Jepang tak mungkin memenangkan perang berkepanjangan melawan Amerika Serikat.
AS memiliki populasi jauh lebih besar dan kekuatan industri jauh lebih unggul dari Jepang kala itu. 

4. Mao Dibiarkan Berkuasa

 
Kalau saja keputusan telah dibuat untuk menghapus Mao dari kekuasaan!Rakyat China yang mengalami penderitaan panjang akan mengalami Lompatan Jauh ke Depan (sebenarnya Mundur), Kelaparan Besar dari 1958-1962, dan Revolusi Kebudayaan. 
Salah satu dari ide cemerlang Mao selama Lompatan Jauh ke Depan: rencananya untuk memusnahkan burung pipit. Dia pikir burung - burung kecil di ladang mengkonsumsi sebagian besar butir padi / gandum dan dalam kenyataannya mereka juga banyak memakan serangga. Dengan punahnya burung-burung kecil, populasi belalang meledak, menyebabkan kerusakan ekologi yang sangat besar. 

3. Inggris menjamin Polandia 

 
Winston Churchill seharusnya tidak pernah mengeluarkan jaminan ke Polandia pada tahun 1939, sehingga menyebabkan perang ketika Jerman menginvasi Polandia. 
Sebagai diplomat Amerika terhormat dan sejarawan George Kennan menulis: "jaminan Inggris ke Polandia ... adalah tidak perlu dan tidak bijaksana." Inggris dan Perancis tidak memiliki kekuatan untuk menyelamatkan Polandia dari Jerman.
Jaminan bodoh Churchill hanya menguntungkan Stalin, yang senang melihat Jerman, Perancis, dan Inggris menghancurkan satu sama lain. 
Stalin telah membunuh jutaan rakyatnya sendiri dalam sistem yang luas dari kamp penjara dan kelaparan yang direkayasa dari 1932-1933 (Holodomor). 
Churchill saya pikir harus dipilih sebagai pengambil keputusan tunggal yang terburuk abad ini. 
Sebagai Pemimpin Pertama Angkatan Laut dia penuh semangat memukul genderang perang saat Inggris masih merenungkan untuk apa ikut Perang Dunia I. 
Churchill juga patut disalahkan atas bencana pada kampanye Gallipoli. Churchill sebagai menteri keuangan mengawasi kembalinya bencana Inggris ke standar emas, yang membuat ekonomi Inggris memasuki masa Depresi Besar. 

2. Perjanjian Versailles 

 
Perdana Menteri Clemenceau mungkin pantas menyalahkan pada Perjanjian Versailles yang penuh dendam (ditandatangani 1919) meskipun beberapa rekannya menganggapnya terlalu murah hati. 
Meskipun janji dibuat untuk Pemerintahan Pusat, wilayah dibagi-bagi oleh para pemenang terlepas dari keinginan . 
Jerman dibebani dengan pembayaran ganti rugi besar,yang tidak mungkin terbayar. 
Ekonom John Maynard Keynes menulis tentang keputusan ini: "Saya percaya bahwa kampanye untuk mengamankan Jerman dari biaya umum perang adalah salah satu tindakan yang paling serius dari politik yang tidak bijaksana yang negarawan kita sudah pernah bertanggung jawab." tidak adil untuk memaksa Kekuasaan Tengah untuk menerima tanggung jawab untuk semua biaya perang. 
Keynes menyimpulkan bahwa perjanjian Versailles adalah “Carthaginian peace” pembalasan Versailles menabur benih untuk Perang Dunia II . 

1. Keterlibatan Inggris dalam Perang Dunia I 

 
Pada tahun 1914 Perdana Menteri Asquith dan Menteri Luar Negeri Sir Edward Grey memutuskan untuk melibatkan Inggris dalam Perang Dunia I, meskipun sebenarnya Perancis dan Rusialah yang mengancam Kerajaan Inggris (bukan Jerman). 
Kebijakan Inggris menyerukan aliansi melawan kekuatan kontinental yang paling tangguh, tetapi jangka panjang adalah Jerman saja sehingga sangat unggul untuk Prancis dan Rusia? 
Jika Inggris tidak mengirim pasukannya, mungkin perang akan berakhir dalam satu tahun.dan Eropa akan luput dari salah satu mimpi buruk terbesar - jutaan yang meninggal karena senapan mesin, meriam, penyakit, gas beracun, dan kelaparan. 
Munculnya kaum Bolshevik di Rusia, dengan semua penderitaan yang menyertainya, dan kekejaman Perang Dunia II juga akan bisa dihindari. 
Tidak ada Perang Besar dan hanya akanterjadi Perang yang relatif kecil dari 1914, dan Eropa tidak akan pernah turun ke kedalaman keputusasaan dan dekadensi dari mana mereka masih belum sepenuhnya pulih


kaskus.us

Inilah Beberapa Penemuan Canggih yang Belum Terselesaikan

Posted by beye on , under | komentar (0)





www.AstroDigi.com
Nikola Tesla adalah seorang ilmuwan penemu populer selain Thomas Alva Edison. Bila Edison terkenal dengan generator arus searah, Tesla adalah penemu generator arus bolak-balik.
Ilmuwan berdarah Serbia itu juga menemukan teknologi radio dan transfer energi nirkabel. Seperti halnya seorang pesulap, Tesla suka mempertunjukkan penemuannya secara demonstratif.


Ilmuwan yang sempat menjadi asisten Edison itu gemar menjadikan tubuhnya sebagai konduktor, atau juga mematikan saklar listrik berukuran besar di bawah guyuran hujan percikan api.
www.AstroDigi.com


Namun, tak semua inovasinya bisa menjadi penemuan yang dikenal banyak orang. Situs io9.com mencatat beberapa penemuannya yang belum banyak terungkap, bahkan beberapa di antaranya juga tak pernah berhasil ia tuntaskan atau ia wujudkan.
www.AstroDigi.com


1. Transfer energi nirkabel jarak jauh

Di masa hidupnya, Tesla menemukan transmisi energi nirkabel dengan menggunakan gelombang mikro, Tesla coil, serta magnifying transmitter. Tesla terobsesi untuk membuat sistem di mana energi bisa dipancarkan ke jarak yang sangat jauh. Untuk mewujudkannya, ia membangun Menara Wardenclyffe yang terletak di Shoreham, Long Island.
www.AstroDigi.com


Menara Wardenclyffe buatan Nikola Tesla

Menara dibuat sebagai fasilitas yang bisa memancarkan tenaga listrik. Namun, belakangan JP Morgan, yang mendanai proyek itu, menarik dananya. Karena tak berhasil mencari investor pengganti, akhirnya Tesla terpaksa menelantarkan pembangunan menara tersebut dan tak bisa mewujudkan mimpinya membuat sistem energi listrik nirkabel pertama di dunia.
www.AstroDigi.com


2. Robot Perahu Humanoid

Perahu robot pertama besutan Tesla

Pada 1898, Tesla mendemonstrasikan temuannya, perahu yang dikendalikan dengan radio control dari jarak jauh di sebuah acara ekshibisi kelistrikan di Madison Square Garden. Ia mempresentasikan temuan bernama Teleautomaton sebagai ras robot pertama, yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan aman dan efektif.
www.AstroDigi.com


Ia percaya, temuannya cukup penting bagi militer AS yang membutuhkan semacam torpedo yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Beberapa pihak yang menghargai penemuan ini mengatakan bahwa momentum itu adalah merupakan kelahiran dari robotika.


3. Death Ray

Pada tahun 1930-an, Tesla mengklaim menemukan senjata penembak partikel. Senjata ini sering disebut juga sebagai 'Death Ray' atau 'Peace Ray' (untuk tujuan anti-perang). Senjata ini secara teoritis bisa membangkitkan sebuah sinar energi yang intens, dapat ditargetkan menuju sasaran tertentu, dan dikirimkan melalui jarak yang sangat jauh.
www.AstroDigi.com


Senjata ini disebut-sebut sebagai senjata yang sangat ampuh untuk menghancurkan sebuah pesawat tempur atau pasukan musuh. Tesla sempat menjajaki kerja sama dengan beberapa pasukan militer dan pemerintah Internasional untuk membuat alat ini.
www.AstroDigi.com


Ilustrasi Death Ray buatan Tesla

Menurut Tesla kepada New York Times edisi 11 Juli 1934, senjata Death Ray miliknya bisa menghancurkan 10 ribu pesawat tempur dari jarak 250 mil, dan bisa membunuh jutaan tentara musuh.

Tak seperti senjata lain, senjata ini diklaim beroperasi tanpa suara, dan tidak akan meninggalkan jejak, bahkan tanpa meninggalkan bukti-bukti kehancuran sama sekali walaupun diditeliti dengan sebuah mikroskop yang canggih sekalipun. 

Tidak diketahui apakah Tesla pernah mengerjakan sebuah purwarupa (prototipe) senjata ini, namun rancangan senjata ini pun tak pernah diketemukan bahkan sampai Tesla meninggal.

4. Pesawat udara canggih

Tesla memiliki visi untuk mengaplikasikan teori transfer energi nirkabelnya untuk transportasi. Tesla mengklaim bahwa sebuah pesawat yang ditenagai listrik yang bisa mengangkut penumpang-penumpang dari New York ke London dalam tempo sekitar 3 jam, dengan melintasi delapan mil di atas udara.

Pesawat tak bersayap besutan Tesla

Ia juga membayangkan.bahwa pesawat ini mungkin akan bisa menarik tenaga listrik yang dikirimkan secara nirkabel, melalui atmosfer sehingga pesawat tak pernah memerlukan waktu untuk sekadar mengisi bahan bakar

Konsep ini juga bisa diterapkan untuk pesawat perang tak berawak untuk tujuan penyerangan udara atau sejenisnya.

5. Super Electrotherapy

Super Electrotherapy buatan Tesla

Seorang insinyur bernama Georges Lakhovsky yakin bahwa orang bisa mencapai kesehatan yang prima hanya dengan menyesuaikan getaran sel tubuh mereka.

Belakangan Lakhovsky mengajak Tesla membuat sebuah mesin Multiple Wave Oscillator yang diklaim mampu memperbaiki kondisi kesehatan seseorang, mengenyahkan penyakit atau bahkan menyembuhkan kanker. Namun, banyak yang memandang alat ini hanya sekadar alat perdukunan semata.
Sumber:

Sumber :kaskus.us

Related Posts with Thumbnails