Latest News

Desa Kreatif ini Memiliki Matahari Buatan

Posted by beye on Sabtu, 21 Juli 2012 , under | komentar (0)



Manusia tercipta sebagai mahluk berakal yang mampu mencari solusi dari sebuah masalah. Seperti misalnya cara mengatasi musim dingin yang ekstrim, sebuah kreatifitas berhasil mengembalikan kehangatan di sebuah desa di Italia.

Viganella, demikian nama sebuah desa yang terdapat di dasar lembah yang ada di Piedmont, Provinsi Verbano-Cusio-Ossola, Italia. Hampir sepanjang tahun, desa ini tidak pernah disinari oleh matahari seperti wilayah lainnya di dunia. Pada saat musim dingin datang, masyarakat Viganella bisa merasakan dingin yang luar biasa.





Ide cemerlang muncul dari kepala Giacomo Bonzani, arsitek yang mencoba membuatkan matahari untuk Viganella. Awalnya, banyak kalangan yang membatah ide sang arsitek karena dinilai mustahil. Namun, Giacomo telah memuktikannya dengan mewujudkan semua yang ada di kepalanya tersebut.

"Tapi saya yakin. Saya percaya pada ilmu fisika," ungka Bonzani yang dikutip oleh detikTravel dari Oddity Central.





Bonzani membuat cermin raksasa yang bisa memantulkan cahaya matahari ke arah desa yang ada di dasar lembah. Cermin raksasa ini kemudian dijuluki oleh masyarakat Viganella sebagai matahari buatan.

Cermin tersebut dikendalikan oleh perangkat lunak komputer agar bisa melacak di mana sumber matahari dan bisa memantulkannya secara otomatis ke arah desa. Tidak hanya masyarakat Viganella saja yang bisa merasakan dampak dari sinar matahari tersebut, tapi juga para wisatawan yang penasaran atas ide kreatif ini.



Pengunjung yang datang tidak hanya dari Italia saja, tapi juga dari mancanegara. Munculnya 'matahari' di desa ini juga ditunjang dengan kecantikan landskap lembah Viganella dan keramahan masyarakat desa, sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan.





Sumber:

Foto-Foto Jurnalistik yang Unik

Posted by beye on Jumat, 20 Juli 2012 , under | komentar (0)




Foto jurnalistik tidak sekadar gambar, namun rekam momen bersejarah.

"Foto itu berbicara tanpa perlu kata-kata, rekaman yang sangat berharga dan tidak bisa diulang,"  demikian kata Marie Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Berikut ini merupakan hasil foto dari beberapa fotografer dunia, baik yang terkenal maupun amatir, yang berhasil menangkap momen-momen indah, mengharukan dan lucu..

Harapan yang hilang

Ekstrim (Foto terbaik menurut kontes Red Bull Illume 2010)

Perjalanan waktu


Diselamatkan Jesus

Cinta untuk musuh

Paus

Selamat jalan

Paduan suara anak di Korea Utara

Panda dalam perjalanan ke Kebun Binatang Edinburgh

Matikan Rokoknya dong, Pah...


Regenerasi







Sumber:

Mengharukan, Lumba-lumba Bawa Jasad Anaknya

Posted by beye on , under | komentar (0)




Benar-benar mengharukan, seekor induk lumba-lumba tak mampu menyembunyikan kesedihannya ditinggal pergi anaknya yang mati. Hampir selama tiga hari, lumba-lumba itu 'menggendong' jasad sang anak agar tak tenggelam ke dasar laut.

 thesun.co.uk



Induk lumba-lumba itu terlihat membawa bayinya sepanjang 1,5 meter. Dengan menggunakan siripnya, si lumba-lumba membawa jasad anaknya di perairan Teluk Sanniang di selatan Cina.

Ketika mendekati lumba-lumba tersebut, nelayan setempat menyadari bahwa sang bayi lumba-lumba ternyata sudah mati. Ada luka goresan sepanjang 30 cm pada perutnya.

Dari kulitnya yang terlihat masih merah muda, anak lumba-lumba itu diperkirakan baru lahir. Bayi lumba-lumba diyakini sudah mati tiga hari lalu.

Sang induk berusaha mempertahankan jasad anaknya tetap berada di permukaan laut.

''Jasad bayi lumba-lumba itu tenggelam tujuh sampai delapan kali akibat terkena terpaan gelombang,'' kata Luo Lieqiangre, nelayan setempat, seperti dikutip The Sun. ''Tapi, sang induk berhasil membawanya kembali ke permukaan laut dengan menggunakan siripnya. Sang induk siang malam menggedong jasad bayinya.''

 
Sumber:

Antara Mitos dan Fakta: Setiap Bersin Degup Jantung Berhenti?

Posted by beye on , under | komentar (0)




Terdapat anggapan bahwa setiap manusia bersin, maka kerja jantung pun berhenti. Apakah benar demikian? Kenyataanya, penelitian medis tidak menemukan fakta tersebut.

Seringkali, detak jantung berubah ketika seseorang bersin, namun bukan berarti berhenti bekerja sama sekali. Kemungkinan, banyak orang merasa demikian akibat bersin yang keras sekali, sehingga seolah jantung tak berdetak. Yang benar adalah, kerja jantung melambat akibat hentakan tubuh terhadap bersin yang ditimbulkan.
 
 azfoto.com


Bersin sebenarnya adalah pengeluaran udara lewat hidung karena gangguan partikel-partikel dari luar, atau reaksi tubuh terhadap distraksi pada saluran pernapasan. Bersin merupakan reaksi penyesuaian untuk menyingkirkan ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung.

Bersin merupakan semburan udara yang bisa mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam).  Bersin juga dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 ┬Ám. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Banyak mitos lain yang beredar seputar bersin. Pada beberapa kepercayaan, orang akan mengatakan "Bless you!" saat melihat orang lain di dekatnya bersin.  Kebiasaan ini rupanya berkembang sejak abad pertengahan, karena orang percaya bahwa di saat bersin jiwa seseorang melayang lewat hidungnya, dan kata-kata seperti "bless you" akan mencegah iblis mengambil jiwa orang tersebut. Sementara sebagian orang lainnya percaya kebalikannya, bahwa saat bersin, iblis mencari celah untuk memasuki tubuh orang bersin itu.

Ada lagi kepercayaan lain seputar bersin. Begini kisahnya...

Pada 400 SM jenderal Athena Xenofon memberikan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia.

Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, sampai seorang tentaranya menggarisbawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini adalah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Lain lagi kepercayaan yang berkembang di negara-negara Eropa Timur. Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang membuat pernyataan kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar.

Nah, kalau di Jepang, bersin merupakan pertanda ada orang lain atau seseorang yang berada jauh daripadanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Sementara di India, orang yang bersin berarti mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Di beberapa daerah terdapat keyakinan bila bersin di saat akan pergi ke suatu tempat sebaiknya dibatalkan, atau menunggu beberapa saat hingga hidung sudah tidak bersin lagi, barulah pergi. Kalau dilanggar, bisa mendapat kecelekaan.

 wisdomsofhealth.com

Mungkin mitos ini bila ditelaah secara arif, mengartikan bahwa bersin merupakan pertanda kondisi tubuh tidak sehat, maka sebaiknya meyakinkan diri kondisi memang fit sebelum pergi. Kalau ternyata sakit dan tetap memaksakan untuk pergi, diri kita sendiri yang rugi. Perjalanan jadi tidak dinikmati, bahkan efek terparah bisa saja menimbulkan kepercayaan.

Kecuali mitos seputar bersin di bawah ini, didapat dari beberapa forum di internet, sepertinya mitos bersin berikut belum bisa diterima secara logika.



Bersin antara jam 06 - 07 pagi hari - bermakna akan ada ajakan untuk makan-makan

Bersin antara jam 07 - 08 pagi hari - bermakna akan ada keberuntungan yang tak terduga

Bersin antara jam 08 - 09 pagi hari - bermakna akan ada orang yang menghina anda

Bersin antara jam 09 - 10 pagi hari - bermakna akan ada keberhasilan dari urusan yang anda usahakan

Bersin antara jam 10 - 11 pagi hari - bermakna anda menjadi pembicaraan orang banyak

Bersin antara jam 11 - 12 siang hari - bermakna akan ada sesuatu perselisihan yang menghawatirkan antara anda dengan teman anda

Bersin antara jam 12 - 13 siang hari - bermakna akan ada berita yang menyenangkan dari luar daerah

Bersin antara jam 13 - 14 siang hari - bermakna akan ada penghalang dalam setiap rencana anda yang menyebabkan kegagalan

Bersin antara jam 14 - 15 siang hari - bermakna akan ada orang yang akan mencelakakan diri anda

Bersin antara jam 15 - 16 sore hari - bermakna akan ada berita yang kurang mengenakkan dari kerabat sendiri

Bersin antara jam 16 - 17 sore hari - bermakna akan ada sesuatu yang mehalang-halangi niat biak anda

Bersin antara jam 17 - 18 sore hari - bermakna akan ada sesuatu sebab yang mengganggu kesehatan anda

Bersin antara jam 18 - 19 malam hari - bermakna akan ada pemberian yang menggembirakan dari atasan anda

Bersin antara jam 19 - 20 malam hari - bermakna seandainya anda memiliki seorang kekasih ini, merupakan taanda yang berarti si dia sedang merindukan anda

Bersin antara jam 20 - 21 malam hari - bermakna akan ada pencuri yang akan mengunjungi anda

Bersin antara jam 21 - 22 malam hari - bermakna akan ada suatu barang yang dinilai berharga pergi meninggalkan anda

Bersin antara jam 22 - 23 malam hari - bermakna akan ada perjumpaan antara anda dengan seorang karib yang lama diperantauan

Bersin antara jam 23 - 24 malam hari - bermakna akan ada peristiwa yang menyusahkan yang menghambat perjalanan anda

Bersin antara jam 24 - 01 dini hari hari - bermakna bagi anda yang telah berumah tangga di harapkan dapat menghindari perselisihan yang akan terjadi

Bersin antara jam 01 - 02 pagi hari - bermakna akan ada khabar yang kurang mengenakkan jiwa dan hati anda yang datangnya dari luar daerah

Bersin antara jam 02 - 03 pagi hari - bermakna akan ada undangan yang datang kepada anda untuk dapat menghadiri suatu perayaan

Bersin antara jam 03 - 04 pagi hari - bermakna akan ada teguran dari pimpinan untuk anda

Bersin antara jam 04 - 05 pagi hari - bermakna akan ada penyambutan dari anda untuk tamu yang datang dari jauh

Bersin antara jam 05 - 06 pagi hari - bermakna akan ada rasa yang sangat menggambarkan kenikmatan dan kebahagiaan

 


Sebaiknya Tidur Memakai Bantal atau Tidak

Posted by beye on Kamis, 19 Juli 2012 , under | komentar (0)




Bantal sudah termasuk kebutuhan pokok saat kita tidur. Di Indonesia ini malah harus ditambah guling. Ya, tanpa bantal dan guling, rasanya tidur belum afdol.

Mengapa tidur harus dengan bantal? Salah satu alasan utama kita menggunakan bantal ada hubungannya dengan hubungan yang rumit antara kepala, leher, dan tulang punggung. 

 get2bed.co.uk

Ketika seseorang berjalan tegak pada siang hari, kepala dan leher yang berada di jajaran vertikal di atas tulang belakang dengan pengaturan yang kompleks otot dan tendon. Namun, Selama tidur, banyak dari otot-otot ini yang santai, menyebabkan kepala jatuh ke belakang atau ke depan. Ini menempatkan tambahan tekanan pada otot leher dan tulang belakang, yang pada gilirannya memicu kekakuan pada otot punggung dan tulang belakang.

Solusi untuk situasi menyakitkan ini adalah untuk mengangkat kepala dan leher sampai mereka kembali sesuai dengan tulang belakang. Cara termudah untuk mencapai keselarasan didukung ini adalah dengan menggunakan bantal hingga sudut yang tepat akan tercapai.

Ketika kepala, leher, dan tulang punggung kembali selaras, seseorang harus dapat bernapas lebih mudah dan telah meningkatkan sirkulasi.


Tidur tanpa bantal/sleepcare.com


Bagaimanapun, tidur dengan bantal bukan berarti jadi satu-satunya solusi mendapatkan kualitas tidur yang enak. Terkadang, bila salah posisi bantal bisa membuat leher kita sakit ketika bangun. Akhirnya, banyak orang memilih untuk tidur tanpa bantal sama sekali.

Sesungguhnya, tidur tanpa bantal ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat tidur tanpa bantal? Berikut diantaranya.


1. Keuntungan untuk tulang punggung

Tidur tidak menggunakan bantal dianggap metode yang paling sehat karena memberikan keuntungan kepada tulang punggung seseorang. Tidur menggunakan punggung memperbolehkan tulang punggung untuk sepenuhnya beristirahat dengan lekukan tubuh yang natural pada tempatnya.

Ketika kita tidur dengan menggunakan bantal yang tebal, tulang punggung mengalami perubahan lokasi dan anda mungkin mengalami sakit punggung keesokan pagi. Jadi, tidur dengan tidak menggunakan bantal adalah obat terbaik untuk sakit punggung.


2. Mencegah kerut di wajah
Orang yang tidak menggunakan bantal mempunyai kesempatan yang rendah untuk mendapatkan kerutan pada wajah dan ciri yang tidak menarik lainnya. Alasannya adalah, mereka yang tidak menggunakan bantal tidak menekankan wajahnya pada bantal yang dapat menyebabkan kerutan-kerutan pada wajah


3. Kualitas tidur
Apabila ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, disarankan untuk menyingkirkan bantal anda karena dapat menghalangi tidur.

Sebenarnya, kebanyakan orang tidak menggunakan bantal yang sesuai dan mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari. Tidur tidak menggunakan bantal dapat memastikan kualitas tidur yang baik, karena tubuh ada pada level normal dan tidak tinggi seperti menggunakan bantal.


4. Mencegah sakit leher
Tidur menggunakan bantal adalah sumber utama dari sakit pundak dan leher. Meskipun masih disarankan untuk melakukan pemanasan (stretching) dan menggunakan pemanas, metode yang terbaik adalah menhindari sakit yang tidak enak ini lewat tidur tidak menggunakan bantal.
 
 
 
 
 
Sumber:

Inilah Kolam Renang Terdalam Di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)


Tips Memanfaatkan Kulit Manggis Sebagai Bahan Tambahan Kue Bolu

Posted by beye on Rabu, 18 Juli 2012 , under | komentar (0)





Selama ini kulit buah manggis dianggap sebagai limbah yang tidak bermanfaat. Namun empat mahasiswa Politeknik Negeri Bandung yaitu M. Nurfajar, A. Annisa, A. Oktriani dan T. Aldila meningkatkan kemanfaatan ektrak kulit manggis tersebut sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bolu.

Melalui inovasi “BoXant : Bolu Xanthone Dari Ekstrak Kulit Manggis Menjadi Makanan Nikmat Berkhasiat” tersebut kemudian mampu mengantarkan keempat mahasiswa dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 25 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Buah Manggis

Menurut salah satu mahasiswa M. Nurfajar menuturkan bahwa produk inovasi mereka tersebut selain nikmat juga berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit karena dalam ‘BoXant’ mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh. “Selain itu melalui inovasi yang kami lakukan juga bisa mengubah pandangan masyarakat bahwa kulit manggis hanyalah sebagai limbah. Padahal bisa dimanfaatkan sebagai tambahan membuat kue bolu,”urainya ketika ditemui usai presentasi PIMNAS Rabu (11/7).

Nurfajar menambahkan bahwa dalam kulit manggis trsebut terdapat kandungan kimia yang bernama xanthone. “Xanthone ini terbukti memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi bahkan beberapa kali lebih kuat melebihi kekuatan vitamin C dan E.”jelasnya.

Untuk proses pembuatannya, dalam penjelasannya alat maupun bahan yang digunakan seperti untuk membuat bolu biasa. “Menggunakan kompor, panci pengukus, mixer, baskom, baking pan, loyang dan timbangan. Lalu bahan-bahannya yaitu mentega, telur ayam, gula pasir, terigu dan perasa coklat, strawberry, dan keju. Yang membedakan adalah kami menggunakan tepung manggis yang mampu membeikan cita rasa khas.”ujarnya.

Melalui upaya memperkenalkan poduk dari ektrak kulit manggis tersebut juga diakui Nurfajar sebagai upaya untuk mengembangkan kemandirian dan jiwa kewirausahaan. “Karena kami kemudian berupaya untuk mengembangkan kualitas produk dalam memanfaatkan kulit manggis tersebut.”tambahnya.

Tidak hanya itu saja, usaha mereka tersebut juga dapat menciptakan peluang usaha baru yang berprospek dan berprofit tinggi. Serta juga berperan sebagai produk panganan berizi yang diminati konsumen. “Kami beharap bisa juga menjadi alternatif lapangan kerja baru bagi masyarakat.”harapnya.sumber : Pimnas UMY 2012

Nyanyian Gadis Kecil ini Selalu Mengundang Anak Rubah Misterius

Posted by beye on , under | komentar (0)



Lydia Dimmock (7) melihat seekor anak rubah jantan di kebun rumahnya sendirian, tampaknya sudah ditinggal induknya. Lydia pun selalu meninggalkan roti dan susu untuk makanan anak rubah tersebut.



Dailymail.co.uk

Kini, keanehan terjadi. Setiap Lydia bernyanyi dan bermain di kebunnya, rubah kecil itu selalu muncul dan ikut bermain. Rubah kecil yang dijuluki Lydia 'Loxy Foxy' seperti karakter dari film Disney Chicken Little, begitu kepincut dengan anak ini. 

Yang mengherankan, rubah keluar di siang hari untuk menonton Lydia bernyanyi di kebunnya dan melompat bersama ketika dia bermain di trampolin.

"Foxy Loxy sangat lucu, aku benar-benar menyukainya," ujar Lydia. "Dia suka menonton saya di trampolin dan mencoba ikut melompat-lompat. Saya membuat lagu dan bernyanyi untuknya. Ia pun selalu menyahut dengan menggonggong. Saya suka melihatnya. "




Dailymail.co.uk

Zillah Dimmock, Ibu Lydia (39) menambahkan: "Ini benar-benar persahabatan yang luar biasa. Lydia mencintai rubahnya dan perasaan itu tampaknya seimbang."

Walau demikian, Zillah, dan suaminya Andrew (48), pembersih jendela, telah menghubungi badan amal hewan Fox Project. 

"Merupakan hal yang bagus memiliki rubah liar di kebun kami, tapi kami tidak ingin melakukan apapun yang dapat merusak kesejahteraan hewan itu," kilah sang ibu. ''Badan amal hewan mengatakan kepada kami untuk tidak menyentuh rubah dan tidak mendekatinya."



Dailymail.co.uk 

Anehnya, hanya Lydia yang bisa memanggil rubah kecil itu keluar sarang. Sementara setiap kedua orang tuanya ada di kebun, Foxy selalu bersembunyi ketakutan.

Trevor Williams, direktur Proyek Fox, mengatakan, "Bayi rubah secara alami memang penasaran dan merasa nyanyian Lydia menghibur dan menyenangkan. Hewan itu jelas tidak melihat Lydia sebagai ancaman tetapi seorang teman dan bukan sesuatu yang ia harus melarikan diri."






Sumber:

Inilah Kendaraan-kendaraan Unik yang Canggih Di Dunia

Posted by beye on Selasa, 17 Juli 2012 , under , | komentar (0)








Kendaraan telah berevolusi ke arah bentuk-bentuk yang semakin canggih, praktis, efisien, multifungsi, nyaman dan aman digunakan. Rumah-rumah desain otomotif dunia berlomba-lomba menghadirkan kendaraan-kendaraan yang mencoba memenuhi kebutuhan manusia dengan menawarkan berbagai keunggulan. Inilah sebagian di antaranya, masih berupa konsep dan ada yang sudah siap dipesan dan diboyong ke garasi.

Sepeda dengan Music Player
Desain hasil karya Reindy Allendra ini menggabungkan music player dengan sepeda. Musik tidak bisa lepas dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Untuk itulah sepeda ini didesain, digunakan untuk olahraga, bekerja, atau untuk sekedar jalan-jalan tanpa lepas dari alunan musik.

Music playernya dipasang di setang yang bisa dirubah-rubah posisinya dan mampu mengkonversi energi dari roda sepeda untuk mengisi baterai yang digunakan tidak hanya untuk music player-nya tapi juga untuk menyalakan lampu di malam hari

Mobil Konsep MAG LEV
Mobil konsep ini ditenagai oleh mesin listrik yang menghasilkan medan magnet yang mampu membuatnya berjalan.

Mobil MAG ini membutuhkan semua onderdilnya berjalan berdasarkan magnetisasi, yang agak impossible untuk implementasi skala besar. Tapi teknologinya sangat mengurangi kebutuhan akan energi untuk menggerakkannya karena motor elektromagnetiknya yang mampu mengurangi berat hingga 50 persen.

Proxima Konsep Hybird Sepeda Motor/Mobil
Proxima dimaksudkan untuk mengawinkan antara sebuah mobil dengan sepeda motor. Punya dua tempat duduk dengan desain minimalis yang tidak memenuhi jalan atau tempat parkir.


SAM Vehicle dari Cree Ltd
SAM ini adalah desain konsep pemenang penghargaan di Swiss dan dipatenkan sebagai kendaraan Zero Emission Vehicle (ZEV). Didesain dan dibangun oleh Cree Ltd. Saat ini masih dalam tahap prototipe dan telah disetujui untuk digunakan sebagai kendaraan untuk publik.


Honda Puyo
Honda Puyo dibuat sebagai kendaraan yang hangat dan bersahabat, baik untuk penggunanya maupun untuk pejalan kaki. Konsepnya ultra-efisien, ditenagai mesin berteknologi hydrogen fuell cell.
Bentuknya didesain dengan minimalis dan seefisien mungkin. Bodinya terbuat dari material soft yang Honda menyebutnya sebagai "gel body". Menariknya material dari alam ini bisa memancarkan cahaya alias bisa menyala.


The Scorpion Eco-Exotic Car 
Mobil sport ini adalah gabungan mobil eksotis sekaligus ramah energi. Scorpion didesain oleh rumah produksi Austin dan dikembangkan oleh Ronn Motor untuk mobil hybird berbahan bakar hydrogen injected.
Berbasiskan teknologi "hydrogen on demand", mengolah air dan merubahnya menjadi hidrogen yang diinjeksi ke dalam sistem bahan bakar mobil. Masih menggunakan bahan bakar fosil untuk inisialisasinya, mobil ini mampu memnghemat bahan bakar hingga 40% dengan teknologinya dan siap bersaing dengan supercars eksotis lainnya.

Kabarnya mobil eksotis ini milai bisa dipesan di tahun 2009 ini.

Jaambaaro pedal car
Di banyak negara miskin atau sedang berkembang, ketersediaan mobil ambulan sangat terbatas. Berdasarkan pemikiran ini Benoit Angibaud mendesain Jaambaro, ambulan bertenaga pedal yang ditujukan untuk masyarakat di Afrika untuk memeroleh penanganan medis secara cepat.

Disamping digerakkan oleh pedal, kendaraan ini juga dipadu dengan mesin listrik bertenaga matahari untuk bergerak. Didesain untuk mudah dibuat dan dari material lokal yang mudah didapat, diharapkan kendaraan ini bisa dibangun dengan memanfaatkan sumberdaya lokal setempat.
Backpack Bicycle Concept

Mungkin sudah pernah melihat atau menggunakan sepeda yang bisa dilipat dan ditenteng. Tapi sepeda yang satu ini tidak hanya bisa dilipat tapi bisa dibawa layaknya tas punggung.

Designer Chang Ting Jen memperkenalkan desain sepeda ringan yang beratnya hanya 5,5 kg dan berukuran panjang 60cm ketika dilipat sehingga bisa dibawa layaknya ransel di punggung Anda dengan mudah.


Clever Concept

CLEVER adalah kependekan dari Compact Low Emissions Vehicle for Urban Transport. Kendaraan beroda tiga yang diberi nama TRON-esque ini panjangnya 10ft, lebar 3,3ft tinggi 4,4ft, dan berat 879lbs dengan wheelbase 2450mm.

Di depan dipasang vel berdiameter 17" dan 18" untuk dua roda belakangnya. Kendaraan ini didesain mampu miring di belokan dan computer-controlled hydraulic rolling system-nya mampu menjaga keseimbangan saat miring dengan sudut 45°, mirip saat mengendarai sepeda motor.

CLEVER adalah hasil kolaborasi antara TUB, BMW, dan beberapa inovator otomitif lainnya untuk mendesain kendaraan perkotaan yang ringan, rendah emisi dan irit.

Yamaha Deus Ex Machina Motorcycle

Didesain oleh Jake Loniak, mahasiswa di Art Center, Pasedena untuk Yamaha, The Yamaha Deus Ex Machina sosoknya sangat futuristis merupakan kendaraan personal yang dirancang untuk satu orang penumpang.
"Kendaraan ini ditenagai oleh ultra-capacitors dan doped nano-phoshpate batteries (biasanya juga digunakan di mobil-mobil hybird) dan dikendalikan dengan menggunakan 36 kabel-kabel udara/gas yang digerakkan oleh dua actuator linier yang dipasang di sepanjang punggungnya yang terdiri dari tulang belakang buatan."

Desainernya yakin kendaraan ini mampu mencapai kecepatan 75mph (0-60mph dalam 3 detik) dengan waktu recharge 15 menit dan cycle-time satu jam.

The Hydrogen Fuel Cell Tractor

Mesi bukan suatu pencapaian yang luar biasa, traktor baru ini menunjukkan bagaimana teknologi bahan bakar alternatif mulai unjuk gigi. Traktor ini ditenagai oleh sel-sel baterai NH2 yang tanpa emisi dan menghasilkan tenaga sebesar 106 HP. Sel-sel ini bekerja pada motor listrik yang bekerja selama 1,5 hingga 2 jam untuk setangki hidrogen.

NH2 bukan mesin berat pertama yang menggunakan energi alternatif, tetapi sepertinya inilah yang pertama didesain untuk digunakan secara komersil. Testing prototipe-nya diharapkan segera dilakukan dan siap diproduksi dalam tiga tahun.

Namir, Mobil Hybird Tercepat

Rumah desain Italdesign mendesain Namir yang diklaim sebagai mobil hybird tercepat di dunia. Bertenaga 370HP, Top speed 187mph (miles per hour) dan mampu berjalan sejauh 1200 mil tanpa mengisi bahan bakar atau re-charge.

Mesinnya ditenagai oleh suatu lithium ion battery pack dengan power 270kw, ekuivalen dengan 370HP. Efisiensi bahan bakarnya mencapai 39km/L, kira-kira 92 mil per-galon. Emisi karbonnya kurang dari 60 g/km CO2. Dan dengan 50 liter bensin supercar ini mampu berjalan sejauh 2000 mil.

Bonus:
Tabbert Paganini Caravan 
Caravan mewah yang satu ini memang luar biasa dilihat dari sisi manapun. Eksteriornya menghadirkan desain yang moderen sekaligus indah dipandang. Interiornya digarap dengan sangat detail. Rak-rak di atasnya terbuat dari stainless steel anti karat dengan meja terbuat dari kayu asli yang dibuat dengan kualitas tinggi.

Atapnya mempunyai ketebalan 6 cm berfungsi menyerap panas dan meredam bunyi dipadu dengan AC yang terpasang disitu menambah kenyamanan berada di dalamnya. Masak di dapur mini dengan kulkas untuk tempat persediaan makanan dan tidak lupa kamar mandi dengan shower di langit-langitnya.



Related Posts with Thumbnails