Latest News

Para Ahli Astronom Telah Menemukan Lubang Hitam baru

Posted by beye on Sabtu, 11 Desember 2010 , under | komentar (0)



Pengamatan yang dilakukan melalui sinar infra mengatakan supernova yang dijuluki SN 1979C merupakan lubang hitam yang sedang terbentuk, ujar sebuah regu ahli astronomi yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa.

"Jika perkiraan kami benar, itu merupakan contoh terdekat bagi pengamatan penciptaan sebuah lubang hitam," ujar seorang ahli Astrofisika dari Harvard-Smithsonian Center di Massachusetts, Daniel Patnaude, yang memimpin penelitian itu.




Seorang ahli astronomi amatir dari Maryland, Gus Johnson, menemukan supernova pada 1979 di tepi sebuah galaksi yang bernama M100, kemudian para ahli astronomi lain meneliti hal tersebut setelah penemuannya. Cahaya dan sinar infra dari pecahan telah memakan waktu selama 50 juta tahun untuk menuju ke bumi dengan kecepatan cahaya sebesar 300.000 kilometer per-detik atau sekitar 10 triliun kilometer per-tahunnya.




Pusat Pengamatan Sinar Infra Chandra milik NASA, Badan Antariksa Eropa XMM-Newton, dan Pusat Pengamatan Rosat milik Jerman telah menyaksikan bahwa itu memancarkan sumber sinar infra stabil yang terang.


Analisis sinar infra mendukung ide bahwa benda yang diamati merupakan lubang hitam dan itu juga akan menarik masuk benda yang jatuh dari sebuah supernova atau mungkin dari bintang kembar, ujar para ahli astronomi.


Para ilmuwan percaya bahwa lubang hitam dapat tercipta melalui beberapa cara yang dalam hal ini karena sebuah bintang yang berukuran sekitar 20 kali massa dari Matahari yang akan menjadi supernova dan kemudian meledak menjadi beberapa benda yang padat yang menghisap benda-benda di sekitarnya kedalam inti lubang hitam itu.

sumber: taukahkamu.com

Peneliti Temukan Planet Bertabur Berlian

Posted by beye on , under , | komentar (0)




Joseph Harrington, astronom dan profesor dari University of Central Florida, Amerika Serikat, dan timnya menemukan bahwa terdapat lebih banyak karbon dibanding oksigen pada atmosfir planet WASP-12b. Planet itu berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi.

Temuan ini mengindikasikan bahwa bebatuan yang ada di seluruh planet itu terdiri dari karbon murni, dalam bentuk berlian atau grafit. Meski belum bisa dipastikan, tetapi planet yang sangat kaya akan karbon itu kemungkinan juga memiliki inti berlian dalam jumlah besar.

“Secara umum, planet biasanya memiliki jumlah oksigen yang sangat banyak yang membuat bebatuan seperti kuarsa dan gas seperti karbon dioksida bisa tersedia dalam kuantitas besar,” kata Harrington.

Tetapi, kata Harrington, jika karbon lebih banyak dibanding oksigen, maka akan banyak batu-batuan yang terdiri dari karbon murni seperti berlian dan grafit. Selain itu akan ada banyak gas metana.

Tim peneliti melakukan analisa kimia berdasarkan teleskop ruang angkasa Spitzer milik NASA. Mereka membandingkan perilaku inframerah gas-gas yang ada untuk menentukan komposisi atmosfir planet yang bersangkutan.

Meski karbon merupakan salah satu elemen penting yang membentuk kehidupan, WASP-12b tampaknya tidak dapat dihuni oleh makhluk hidup.

“Jaraknya terlalu dekat dengan mataharinya, dan setahun planet itu hanya berlangsung selama 26 jam saja,” kata Harrington. “Temperatur di siang hari pada planet yang diperkirakan bertaburan berlian itu juga sangat panas, mencapai sekitar 2.600 derajat Celcius. Planet itu juga rusak akibat besarnya gaya gravitasi dari mataharinya itu,” ucap Harrington.

Sebagai informasi, WASP-12b pertamakali ditemukan oleh konsorsium Wide Angle Search for Planets asal Inggris pada tahun 2009 lalu.

Sumber:http://teknologi.vivanews.com/news/read/193088-peneliti-temukan-planet-bertabur-berlian

Alaska Dirikan Masjid Pertama dan Toserba Halal

Posted by beye on , under | komentar (0)





Alaska Dirikan Masjid Pertama dan Toserba Halal
Foto: carrieanddanielle.com
Alaska - Lima belas tahun yang lalu kota Anchorage, Alaska dihuni hanya sekitar 200 penduduk muslim. Tetapi, kini kota tersebut telah menjadi rumah lebih 3000 muslim. Selain mendirikan masjid pertama, berbagai gerai toko serba ada halal dan pizzeria halal pun bermunculan.

Pada bulan Oktober 2010 lalu, masyarakat muslim Anchorage, Alaska berhasil mewujudkan mimpi mereka dengan mendirikan masjid pertama di kota tersebut. Masjid yang terletak di Old Seward Highway dengan pemandangan gunung Chugach tersebut dibangun atas seijin penduduk kota di bulan Agustus dan rencananya akan selesai tahun depan.

Melihat sejarah kebelakang, kota Anchorage merupakan kota terbesar di negara bagian AS, Alaska yang memiliki sistem pemerintahan sendiri. Sekitar lima belas tahun lalu, kota ini hanya dihuni oleh sekitar 200 penduduk muslim minoritas. Kini Anchorage telah menjadi rumah bagi lebih dari 3000 penduduk muslim yang berdatangan dari berbagai negara seperti Albania, Somalia, Pakistan, dan Malaysia.

"Kini saatnya bagi penduduk muslim Alaska untuk memperoleh tempat tinggal yang tetap," ujar Umar Samatar pemilik Juba Halal Market. Juba Halal Market milik Samatar merupakan salah satu dari tiga toko di Anchorage yang menjual spesialis produk-produk Islamic dan makanan halal ternasuk daging halal.

Dalam beberapa tahun setelah ia menetap di Anchorage, ia melihat banyaknya kaum muslim migran yang pindah dari berbagai negara termasuk negaranya Somalia. "Saya membuka toko ini agar saya merasa seperti di rumah. Begitu pula dengan adanya masjid baru yang akan dibangun, saya pikir itu akan sangat membantu kaum muslim lainnya agar serasa berada di rumah sendiri," ujarnya seperti yang dikutip dari www.alaskadispatch.com.

Selain memiliki masjid, kini penduduk kota Anchorage juga dapat memenuhi kebutuhan mereka di toko serba ada yang menjual kebutuhan Islami dan makanan halal. Bahkan terdapat pizzaria yang juga menjual pizza halal sesuai permintaan. Meskipun belum banyak fasilitas yang mereka miliki, namun penduduk muslim Anchorage setidaknya kini merasa berada layaknya di rumah sendiri.
( dev / Odi )

Depok di Nobatkan Kota Petir Sedunia

Posted by beye on , under , | komentar (0)



Petir berarus listrik terbesar di dunia terdapat di Depok, Jawa Barat. Banyak korban berjatuhan. Lingkungan, manusia, harta benda, dan peralatan rumah tangga. Tapi persoalan tentang petir memang kompleks, tidak bisa hanya ditangani oleh PLN semata.

Cukup mengejutkan berita di Warta Kota edisi 22 Juli 2002 : “Petir Depok Terganas di Dunia”. Harian metropolitan Jakarta dan sekitarnya itu mendasarkan pada temuan ahli petir, peneliti pada Laboratorium Arus Tinggi dan Tegangan Tinggi Jurusan Teknik Listrik Fakultas Teknik Industri ITB, Dr. Ir. Dip. Ing Reynaldo Zoro.

Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), itu untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta. Tak disangka, Zoro mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

“Sejauh pengetahuan saya, itu terbesar di dunia. Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun”, kata Zoro kepada Warta Kota. Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Dalam wawancara dengan majalah ini (Intisari Desember 2000), Zoro menjelaskan, kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir – udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol – terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

Selama ini, penelitian Zoro dipusatkan di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, dengan anggapan di daerah itu sambaran petri cukup besar. Tak dinyana, penelitian mutakhir justru menemukan daerah Depok, khususnya selatan seperti Sawangan dan Cinere. Menurut Zoro, Depok merupakan daerah yang dipengaruhi angin regional dan angin lokal. Yakni angin dari lembah dan angin gunung dari Bukit Barisan, serta angin lokal dari angin darat dan angin laut Kepulauan Riau dan Selatan Malaka. Gerakan angin itulah yang menyebabkan pembentukan awan petir dengan kerapatan dan sambaran petir sangat tinggi.

Hari guruh terbanyak di dunia
Dalam Intisari Desember 2000, Zoro mengibaratkan Bumi sebagai kapasitor. Antara ionesfer dan Bumi, jika langit cerah, ada arus listrik yang mengalir terus-menerus, dari ionosfer yang bermuatan positif ke Bumi yang bermuatan negatif. Tapi Bumi tidak terbakar, karena ada awan petir yang bermuatan listrik positif maupun negatif sebagai penyeimbang. “Yang positif turun ke Bumi, dan yang negatif naik ke ionosfer,” kata Zoro.

Ketika langit berawan, tidak semua awan adalah awan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir. Petir terjadi karena pelepasan muatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dari awan langsung ke Bumi.

Dalam terminologi Perusahaan Listrik Negara (PLN), instansi yang paling sering menanggung kerugian karena petir, sambaran dibedakan menjadi tiga jenis yang semuanya didata. Selain sambaran positif dan sambaran antarawan, ada juga sambaran negatif, yakni lompatan listrik dari Bumi ke ionosfer.

Dalam catatan PLN Depok, sepanjang tahun 2001 terjadi 340 kali sambaran positif, 8.520 kali sambaran negatif, dan 1.151 sambaran antarawan. Kekuatan maksimum yang tercatat 290,2 kA. Sambaran negatif yang jumlahnya jauh lebih tinggi daripada sambaran positif atau antarawan, diduga karena kandungan besi tanah di Depok terbilang tinggi. Seorang staf PLN Unit Bisnis Strategis Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (UBS P3B), Cinere, menerangkan, “Penelitian ahli geologi UI beberapa tahun lalu pernah mendapati tingginya kandungan besi di sekitar Depok, khususnya di danau buatan di Kampus UI. Mungkin temuan itu ada hubungannya juga, karena di musim hujan petir di sekitar danau sangat kuat.”

Menurut Zoro, sambaran petir di Depok terjadi hampir sepanjang tahun. Yang tertinggi pada bulan Maret, April, dan Mei, atau pada musim hujan. Sambaran agak mereda di bulan Februari. Warta Kota juga mengutip data yang didapat pada laboratorium yang dipimpin Zoro di ITB, Jaringan Deteksi Petir Nasional, bahwa Indonesia memiliki hari guruh (hari terjadinya petir dalam setahun) 200 hari. Sementara Brasil 140 hari, Amerika Serikat 100 hari, dan Afrika Selatan 60 hari.
Menekan kerugian

Penelitian Zoro di Depok, semula ditujukan semata-mata untuk mengenali kekuatan dan karakter petir. Karena setiap kali PLN UBD Jawa Barat dan Banten, Area Pelayanan Jaringan Depok, menderita kerugian akibat sambaran petir. Trafo terbakar, jaringan putus, pemadaman listrik sehingga sejumlah KWh tak terjual, sampai peralatan elektronika rumah tangga rusak dan konsumen mengadukan ke PLN.

“Keluhan konsumen dan kerusakan instalasi PLN, 75% disebabkan oleh petir”, kata Ir. Hadi Suhana, kepala PLN Depok.
Sebelum dilakukan pengamanan, dalam sebulan dipastikan tujuh-delapan trafo PLN rusak. Untuk memperbaikinya dibutuhkan biaya Rp. 120 juta – Rp. 150 juta. Selain itu, PLN Depok juga kehilangan (KWh yang tidak terjual) sekitar 0,5% pendapatan dari hasil penjualan, atau sekitar Rp. 150 juta akibat padamnya listrik.

Secara keseluruhan, menurut Hadi Suhana, kerugian akibat petir dalam tahun 2001 senilai Rp. 1,1 miliar, dan kerugian karena kerusakan trafo Rp. 1 miliar. Atas rekomendasi Zoro, PLN Depok melakukan langkah pengamanan sehingga kerugian bisa ditekan. Sampai semester perama 2002, menurut catatan Hadi, kerugian karena petir Rp. 373 juta, dan kerugian karena kerusakan trafo Rp. 264 juta. “Dalam persentase, kalau biaanya kerugian tahunan di atas dua digit, dari semester pertama tahun ini sudah terlihat, itu bisa ditekan hingga 9,8%”, tambah Hadi.

Pengamanan yang dilakukan adalah memasang arrester alias “penangkap” petir untuk menyamakan perbedaan potensial listrik yang dibawa petir dengan tanah, melakukan perbaikan grounding alias pentanahan, serta pemasangan kawat tanah.

Tentu saja, proses itu akan memakan waktu dan dana yang tidak sedikit. Betapa dicakupan area pelayanan jaringan yang mencapai luas 60 x 60 km2, memiliki sekitar 320.000 pelanggan dengan pertumbuhan tahunan sekitar 10% yang mengambil listrik dari 47 feeder (semacam gardu sebagai kepanjangan pembangkit listrik), bentangan saluran udara tegangan menengah (SUTM) mencapai 429 km, itu terdapat ribuan titik yang setiap titiknya memerlukan tiga buah arrester.

“Sampai akhir Desember nanti, target kami dalam pemasangan arrester, grounding dan kawat tanah adalah 5.000 titik. Pemasangannya secara selektif, pada titik rawan petir yang ditunjukkan oleh serveinya Pak Zoro”.

Bukan Cuma tanggung jawab PLN

Petir, peristiwa yang merupakan bagian dari sirkuit global, adalah persoalan yang cukup kompleks. Hadi Suhana menekankan, masalah petir ini terlalu besar kalau hanya ditangani oleh PLN. Maka tak sekali-dua pihaknya melakukan penyuluhan, pengawasan, dan pendidikan masyarakat walau tidak secara langsung. Misalnya mengajarkan cara pentanahan yang baik bagi pembangunan rumah, juga aneka petunjuk pengamanan lainnya.

Termasuk didalamnya misalnya menjelaskan bahwa penerangan jalan umum (PJU) bukanlah tanggung jawab PLN, tetapi pemerintah daerah. Sehinga tidak setiap kali kerusakan perangkat rumah tangga harus komplain ke PLN.

Sesekali dalam perbincangan dengan masyarakat, staf Hadi menjelaskan, petir menyambar karena mencari persamaan potensial. Petir yang menyambar ke tanah, jika tidak menemukan potensial yang sama, akan keluar lagi mencarinya. Yang dicari apa saja yang bersifat sebagai konduktor. Bena atau makhluk hidup seperti manusia.

Makanya, jika suatu saat Anda kebetulan berada di dekat petir, segerelah rapatkan kedua kaki. Sebab kaki yang terbuka aka membedakan potensial dan memungkinkan arus listrik petir melompat diantaranya.


sumber: ruangunik.tk

Penyakit Yang Bisa Diobati Dengan Makan Durian

Posted by beye on , under | komentar (0)



img
Mendengar durian yang terlintas di pikiran orang adalah buah lezat tapi jahat karena kadar lemaknya super tinggi. Tapi jangan takut dulu, jika dimakannya tidak berlebihan durian justru bisa jadi obat.

Durian paling banyak mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Tak cuma itu, zat-zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc dan besi juga ada di dalamnya.

Karena kalorinya yang tinggi, buah durian bersifat panas sehingga pasien diabetes atau ibu hamil sangat tidak dianjurkan makan durian.

Bayangkan saja dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Itu artinya ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari.

Durian juga banyak mengandung gula meski ada kandung mangan yang bisa menjaga kadar gula tetap stabil. Bagi ibu hamil, durian diyakini tidak baik karena mengandung banyak gula dan sedikit alkohol.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa durian memicu kontraksi dan keguguran, ibu hamil selalu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan buah ini.

Gangguan pencernaan juga bisa terjadi jika durian dikonsumsi bersama dengan minuman beralkohol. Penelitian di University of Tsukuba, Jepang bahkan membuktikan kandungan sulfur pada durian bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian.

Nah, itu semua bahaya yang ada pada durian jika memakannya terlalu banyak atau dibarengi dengan makanan tinggi kolesterol lainnya seperti daging atau alkohol.

Di sisi lain, durian yang dijuluki sebagai 'raja buah' ini juga banyak manfaatnya yang tidak hanya didapatkan dari daging buahnya tapi kulit dan daunnya juga berguna. Kulitnya bisa untuk mengusir nyamuk dan mengobati kurap sementara daunnya banyak dipakai sebagai ramuan penurun panas.

Namun karena tidak banyak orang yang mengonsumsi daun durian apalagi kulitnya, manfaat dari daging buah durian yang lezat tentu lebih mudah didapatkan.

Dikutip dari Healthmad, Jumat (12/11/2010), berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan makan buah durian yang tidak terlalu banyak.
  1. Mengatasi sembelit karena banyak mengandung serat
  2. Mengatasi anemia karena mengandung folat atau Vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah
  3. Menjaga kesehatan kulit karena mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan antipenuaan
  4. Mengandung banyak potasium atau kalsium sehingga baik untuk keseahtan tulang dan persendian
  5. Asal tidak dimakan berlebihan, kandungan mangaan dalam durian bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil
  6. Mengandung senyawa tembaga yang bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid
  7. Menjaga nafsu makan karena banyak mengandung thiamin atau Vitamin B1
  8. Mengatasi migrain karena mengandung senyawa riboflavin atau Vitamin B2
  9. Meredakan stres dan mengatasi depresi karena mengandung Vitamin B6 atau piridoksin
  10. Menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mengandung posphor.

Tapi jika Anda makan durian yang didapat malah badan tidak enak, coba cek lagi berapa banyak durian yang sudah dimakan dan apa saja teman makan duriannya sehingga memicu tak enak badan. 

source: http://www.detikhealth.com/read/2010/11/12/160004/1493105/766/penyakit-yang-bisa-diatasi-dengan-makan-durian?l991101755

Keajaiban Buah Jeruk yang Belum Banyak Diketahui

Posted by beye on , under , | komentar (0)



Buah jeruk merupakan buah yang sangat populer di seluruh belahan dunia. Untuk mendapatkannya pun tak perlu menunggu musim, sebab buah jeruk selalu ada di setiap musim.

Tak hanya cocok dijadikan camilan sehat, buah yang memiliki rasa asam manis ini juga kerapkali dijadikan bahan resep utama dalam berbagai hidangan. Bahkan kini, jus jeruk sering dijadikan bagian menu utama yang tak terlupakan saat sarapan.

Jeruk tersedia dalam dua kategori, manis dan pahit. Biasanya, jeruk dengan tekstur kulit mulus dan agak berat memiliki kandungan air lebih tinggi daripada jeruk dengan tekstur kulit seperti spons dan memiliki berat ringan.

Cari tahu khasiat jeruk lainnya berikut ini, seperti dikutip dari laman Times of India:

Sumber vitamin C
 
Satu jeruk memiliki pasokan 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.

Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang.

Antioksidan untuk kesehatan kulit

Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu buah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.

Kaya Vitamin B6

Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.

Serat jeruk untuk cegah diabetes

Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Kaya beta-cryptoxanthin

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah yang banyak ditemukan pada jeruk, jagung dan labu bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru.

source:  http://www.bikinsegar.co.cc/2010/12/keajaiban-buah-jeruk-yang-belum-banyak.html

Lampu Jalan Bertenaga Surya yang Ramah Lingkungan

Posted by beye on , under | komentar (0)



Kenaikan permintaan energi dan terbatasnya energi telah membuat desainer datang dengan alternatif energi matahari. Ini dia lampu jalan generasi berikutnya yang bertenaga matahari.

Ilmuwan bekerjasama dengan designer menciptakan dan menerapkan dengan solusi pencahayaan yang lebih baik untuk masa depan dan membuat jalan-jalan hijau dan aman.

1. SOLAR POWERED INVISIBLE STREETLIGHT

Lampu jalan Invisible adalah lampu jalan tenaga surya yang meniru daun dan dapat tersembunyi di antara tanaman alami di sisi jalan. Terdiri dari injeksi ganda silikon, aluminium dan foto kapasitor, lampu ini terus bersinar sepanjang malam. Perancangnya adalah Jogoh Lee.

2. ROSS LOVEGROVE’S SOLAR TREE


Desainer Ross Lovegrove merancang lampu ini dengan sistem pencahayaan jalan inovatif yang bergantung pada energi matahari. Idenya adalah untuk membawa seni dengan konsep pohon surya, dibuat dengan teknologi modern pipa lentur.
  
Ini contoh Lampunya di museum Angewandte Kunst di Wina. Dibuat dengan memperhatikan estetika dan teknologi ramah lingkungan.

3. SONUMBRA


SonUmbra telah dirancang oleh Loop.pH sebagai sistem pohon yang unik, interaktif dan bertenaga surya pencahayaan. Strukturnya terbentuk dengan helai kain tenunan yang memancarkan cahaya ke dalam jaring dan cabang yang berkilau.

SonUmbra mendapatkan energinya dari PV-kanopi yang memanfaatkan energi matahari di siang hari dan disimpan dlm baterai onboard untuk menerangi setelah gelap.

 


4. LIGHT TREE


Light Tree dirancang oleh perancang Omar I. Huerta Cardoso. Disusun seperti pohon dengan sel surya nanotube yang memberikan estetika yang unik. Konsep ini gabungan teknik hidroponik dengan teknologi sel surya dan air untuk mensuplai energi pada berbagai LED ultra-terang.

5. SOLAR SUNFLOWERS


Desainer Harries / Heder, menciptakan konsep bunga matahari bertenaga surya di Austen, Texas. 15 bunga (seperti panel photovoltaic) menyerap energi matahari untuk hasilkan aliran energi terbarukan. 

Terletak pada jalur pejalan kaki dan jalur sepeda antara desa Mueller dan jalan raya Austin I-35. Solar Sunflower tidak hanya menawarkan keteduhan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda, tetapi juga mengumpulkan energi pada siang hari lalu menggunakannya untuk menyalakan LED pada malam harinya.

 

 


6. SOLAR MALLEE TREES

Terdapat di Adelaide, memberikan pemandangan yang spektakuler. Berada di luar Adelaide Festival Centre, pohon indah ini berbentuk unik dengan tenaga surya dan dibangun untuk program go green.

Pohon dengan panel surya di atasnya memberikan pencahayaan di sekitar daerah itu. Setiap pohon mampu menghasilkan 864 kWh/tahun. Energi yang dihasilkan digunakan untuk menyalakan lampu malam.

 
  
 
  
 


7. LUCEPLAN SKY


Dirancang oleh Alfredo Häberli, mengandalkan energi matahari untuk menerangi jalan-jalan setelah gelap. Panel PV terletak di atas untuk mengisi baterai lampu pada siang hari. Lalu digunakan untuk menyalakan LED yang dapat melepaskan pencahayaan intens dan berkepanjangan di daerah tersebut.



8. SOLAR FOREST


Konsep ini mengkondisikan pohon seperti terstruktur di hutan. Solar Forest tersusun dari pohon-pohon yang terdiri dari daun fotovoltaik, bertujuan untuk mengumpulkan tenaga surya. 

Pada setiap pohon memiliki stopkontak listrik yang digunakan untuk mengisi daya listrik. Selain menyediakan tenaga, daun photovoltaic juga memberikan keteduhan pada mobil-mobil yang parkir di bawahnya. Konsep ini akan segera terwujud di Inggris dan Italia.
  
 
  
 


source: http://dansemua.blogdetik.com/index.php/2010/12/lampu-jalan-tenaga-matahari-yang-keren-futuristik-dan-ramah-lingkungan/

6 Kejadian besar di dunia IT

Posted by beye on , under , | komentar (0)



1. Yahoo Melewatkan Facebook


Tahukah Anda kalau Mark Zuckerberg pernah nyaris menjual hak kepemilikan Facebook kepada Yahoo? Tahun 2006, Yahoo melihat potensi Facebook cukup besar untuk dijadikan lawan MySpace. Mereka sempat menawarkan uang sebesar US$ 1 miliar kepada Mark. Namun saat akuisisi nyaris terjadi, tiba-tiba Yahoo mengalami penurunan saham sampai 22 persen. Reaksi Yahoo? Bernegosiasi menurunkan tawaran harga kepada Mark menjadi US$ 800 juta saja. Jelas dirinya menolak dan akhirnya memutuskan untuk membesarkan Facebook sendirian.

2. Real Networks Menolak “iPod”


iPod, pemutar file multimedia paling populer saat ini, ternyata pernah ditolak konsepnya oleh Philips dan Real Networks. Tepatnya tahun 2000, Tony Fadell menawarkan konsep pemutar MP3 mungil, bergaya, dan menyediakan content-delivery system yang memudahkan pengisian musik, bernama Pod.

Hanya Apple yang mau menerima proposal Fadell dan memproduksi peranti yang kita kenal sebagai iPod serta content-delivery system bernama iTunes. Saat ini iTunes mendominasi 80% pasar musik digital berbayar di dunia. Kabar Real Networks? Dengan RealPlayer-nya, pendapatan mereka per tahun hanya segelintir dibanding penghasilan Apple dari iTunes saja, belum ditambah penjualan iPod.

3. IBM Mengatrol Microsoft

Tahun 1980, IBM sedang mengerjakan proyek PC pertama dan mencari perusahaan perangkat lunak yang bisa menyediakan disc operating system (DOS). Awalnya mereka meminta bantuan Gary Kildall dari Digital Research, pembuat sistem operasi CP/M.

4. Xerox Alto “Dicuri” Apple

Vendor Xerox mengembangkan sebuah komputer pertama yang memakai window-based GUI. Komputer yang ada sebelumnya hanya mengandalkan teks sebagai operasionalnya. Diberi nama Alto, komputer ini sudah dilengkapi tetikus, jaringan ethernet, dan penyunting teks WSYIWYG (what you see is what you get). Namun saat diluncurkan tahun 1973, pasar konsumen PC belum terbentuk.

Akibatnya Xerox hanya mendistribusikan Alto ke beberapa universitas secara gratis. Nah, tahun 1979, Steve Jobs mengunjungi Xerox PARC, tempat pengerjaan Alto. Saat melihat komputer ini, ia langsung terinspirasi dan kemudian mengimplementasikan banyak fitur utama Alto ke dalam Lisa dan Mac, dua PC yang sedang perusahaannya kembangkan. Ternyata Mac sangat laris manis, sementara Xerox yang akhirnya mengikuti dengan memasarkan Xerox Star (berbasis teknologi Alto) sudah terlambat masuk pasar.

5. “Google” Sebelum Google

Medio 1990-an ketika perang antarmesin pencari masih berimbang antara Yahoo, Altavista, dan Lycos, ada satu yang mencuat ke permukaan. Open Text Web Index namanya. Mirip Google saat ini, Open Text dikenal karena kecepatan respon, akurasi, dan komprehensif. Tahun 1995, arsitektur Open Text bahkan dibeli Yahoo untuk diterapkan dalam mesin pencariannya.

Namun dua tahun berselang, pemilik Open Text memutuskan berpindah haluan ke sektor content management system untuk enterprise. Padahal tahun 1998, Google baru diluncurkan. Jika saja Open Text (dan Yahoo) tetap bermain di teknologi mesin pencari, mungkin saat ini merekalah yang memimpin pasar. Sayang, mereka tak menyadari besarnya industri mesin pencari pada masa seperti sekarang ini.

6. Microsoft Menyelamatkan Apple

Tahun 1997 adalah tahun kebangkitan Apple. Dalam kondisi krisis keuangan akibat Mac-nya kalah bersaing dengan Power Computing dan Radius, mereka terancam berhenti produksi. Untungnya, datang bantuan yang tak disangka-sangka: Microsoft. Tanpa diduga mereka bersedia membeli saham Apple sebesar US$ 150 juta, relatif cukup untuk memperpanjang nafas.
Steve Jobs, sebagai negosiator dalam perundingan dengan pihak Microsoft, akhirnya ditunjuk sebagai CEO Apple. Kemudian lewat tangan dinginnya, Apple kini malah mampu menandingi Microsoft — sang juru penolong — dalam kompetisi bisnis TI.


kaskus.us

Restoran Toilet yang “Menjijikan” Namun Digemari

Posted by beye on , under | komentar (0)



Banyak cara kreatif dalam berbisnis restoran, mulai dari konsep kembali ke alam sampai konsep toilet seperti yang dilakukan oleh pengelola sebuah restoran di China. Restoran Toilet ini kesannya “menjijikan” karena es krimnya dibentuk menyerupai kotoran manusia, mejanya berbentuk bak mandi, tempat makanannya berupa toilet, dan hal-hal lain yang biasa kita temui di kamar mandi. Walaupun demikian, restoran ini banyak yang menggemari.
restoran unik toilet
restoran toilet
restoran toilet di China
Walah, ada-ada saja Gan. Ane nih sih ogah makan di situ…

http://ruang-unikz.blogspot.com/2010/07/restoran-toilet-yang-menjijikan-namun.html

Teka-teki Pembentukan Gua Terpecahkan

Posted by beye on , under | komentar (0)




Tonjolan batuan kapur atau disebut stalaktit dan stalakmit berusia ratusan tahun yang terbentuk secara alami, menghiasi dalam Goa Gong sekitar 30 kilometer arah barat daya Kota Pacitan tepatnya di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kamis (30/4). Goa sedalam 256 meter ini menjadi tempat wisata unggulan bagi Kota Pacitan. Goa ini juga diklaim wisatawan sebagai goa terindah di Asia Tenggara.

Selama lebih dari seabad para ilmuwan telah menemukan dan memercayai mekanisme dasar pembentukan gua, yakni sebuah patahan kecil terbentuk pada batuan dan air masuk ke dalamnya. Air yang masuk mengandung karbon dioksida, lalu membentuk asam lemah yang mampu melarutkan kalsium karbonat pada batuan.


Namun, masalahnya, mekanisme tersebut menyisakan teka-teki. Bagaimana pelarutan bisa berlangsung begitu cepat sehingga bisa mengakibatkan penetrasi yang begitu dalam dan membentuk sistem gua? Sebagai informasi, sistem gua Mammoth Cave di Kentucky bisa mencapai 580 kilometer.
Baru-baru ini, teka-teki itu terpecahkan lewat analisis matematis terbaru. Piotr Szymczak, fisikawan dari Universitas Warsawa, dan rekannya, Anthony Ladd, insinyur kimia dari University of Florida in Gainesville menguraikan analisisnya di Earth and Planetary Science Letters.

Analisis itu menguraikan bahwa aliran air dalam batuan selalu memiliki ketidakstabilan matematis. Singkatnya, ketika patahan mulai terbentuk, air terkonsentrasi untuk mengalir ke dalam saluran tersebut, memperbesarnya dan mengorbankan saluran lain.

“Mekanisme yang disebut channeling ini mempercepat pelarutan. Itulah yang membuat air bisa memenetrasi begitu dalam. Kebanyakan dari model matematika yang menguraikan pembentukan gua tidak memiliki mekanisme ini sama sekali,” tutur Szymczak.

Analisis baru yang dikemukakan Szymczak bisa menjelaskan alasan mengapa pembentukan gua di wilayah bendungan kadang lebih cepat dari yang diharapkan. Model tersebut juga bisa membantu menjelaskan cara air merembes di celah batuan.

sumber: taukahkamu.com

10 Penyakit Terpopuler Sepanjang Sejarah Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



Berikut adalah 10 dari penyakit yang terkenal efeknya pada sejarah (baik melalui angka kematian tinggi atau perubahan cara kita berurusan dengan orang sakit)
http://www.koran-jakarta.com/gambarberita/2010-11-03/Rona/Berita%20Utama%20Rona/GambarBeritaKoranJakarta20101102181945.jpg

10. Tipus 
Tifus adalah salah satu dari beberapa penyakit serupa yang disebabkan oleh Rickettsiae. Nama berasal dari typhos Yunani yang berarti berasap atau kabur, menggambarkan keadaan pikiran mereka yang terkena dampak dengan tifus. Gambaran yang dapat diandalkan pertama penyakit muncul selama pengepungan Spanyol dari Granada Moor pada 1489. ini termasuk deskripsi dari demam dan bintik-bintik merah di lengan, punggung dan dada, maju ke delirium, luka gangren, dan bau dari daging yang membusuk. Selama pengepungan, orang Spanyol kehilangan 3.000 orang untuk aksi musuh tapi tambahan 17.000 meninggal karena tifus. Epidemi terjadi di seluruh Eropa dari 16 ke abad 19, dan terjadi selama Perang Saudara Inggris, Tiga Puluh Tahun Perang dan Perang Napoleon. Dalam Perang Tiga Puluh Tahun, 8 juta Jerman dihapuskan oleh demam pes dan tifus. Selama retret Napoleon dari Moskow pada tahun 1812, lebih banyak tentara Perancis meninggal karena tifus daripada dibunuh oleh orang Rusia. 

9. Ebola 
Demam berdarah Ebola dinamai Sungai Ebola, dimana wabah demam diakui pertama terjadi. Virus ditandai dengan filamen yang panjang, dan memiliki bentuk mirip dengan virus Marburg, juga dalam keluarga Filoviridae, dan memiliki gejala penyakit serupa. Ini sebagian besar tetap tidak jelas hingga tahun 1989 dengan pecahnya di Reston, Virginia. Virus ini telah dikonfirmasi untuk bisa ditularkan melalui cairan tubuh, bagaimanapun, penularan melalui paparan lisan dan melalui pajanan konjungtiva adalah mungkin. Pada tahap awal, Ebola mungkin tidak sangat menular. Kontak dengan seseorang di tahap awal mungkin tidak menularkan penyakit. Sebagai penyakit berlangsung, cairan tubuh dari diare, muntah, dan pendarahan mewakili Biohazard ekstrim. Karena kurangnya peralatan yang tepat dan praktek-praktek higienis, epidemi berskala besar terjadi terutama pada orang miskin, daerah terpencil tanpa rumah sakit modern atau staf medis terdidik. 

8. Malaria 
Beberapa gejala malaria adalah anemia, demam, menggigil, dan bahkan koma atau kematian. Penyakit ini biasanya menyebar ketika orang-orang yang digigit oleh nyamuk Anopheles, yang terinfeksi dari manusia lain. Setiap tahun, ada sekitar 400 juta kasus malaria, membunuh jutaan orang. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular yang paling umum, dan masalah serius. Saat ini, tidak ada vaksin yang memiliki dampak besar telah dibuat, tetapi banyak yang sedang diciptakan. 

7. Kolera 
Dalam bentuk yang paling parah kolera adalah sangat fatal. Jika tidak ditangani dalam waktu tiga jam, orang yang terinfeksi akan mati. Gejala diare, shock, mimisan, kram kaki, muntah, dan kulit kering. Wabah kolera pertama di Bengal, dan dari sana menyebar ke India, Cina, Indonesia, dan Laut Kaspia. Ketika pandemi akhirnya berakhir pada tahun 1826, ada lebih dari 15 juta kematian di India saja. Terapi rehidrasi oral dan antibiotik mengobati kolera. 

6. Cacar 
Cacar diyakini mulai menginfeksi manusia di 10.000 SM Di Inggris pada abad ke-18 penyakit ini menewaskan sekitar 400.000 orang setiap tahun dan bertanggung jawab untuk sebagian besar kebutaan. Tanda-tanda lainnya termasuk muntah, sakit pinggang, demam, dan sakit kepala. Bukti awal cacar di mumi Mesir Kuno. Diperkirakan bahwa pedagang Mesir membawa penyakit itu ke India, di mana itu tetap endemik selama 2000 tahun. Setelah kampanye vaksinasi sukses sepanjang abad 19 dan 20, WHO bersertifikat pemberantasan cacar pada bulan Desember 1979. Untuk hari ini, cacar adalah penyakit hanya menular manusia telah benar-benar diberantas. 

5. Flu Spanyol 
Tahun 1918 pandemik flu (biasanya disebut sebagai flu Spanyol) adalah seorang pandemi influenza yang menyebar ke hampir setiap bagian dari dunia. Hal ini disebabkan oleh Influenza yang luar biasa jahat dan mematikan A strain virus subtipe H1N1. Data historis dan epidemiologi tidak memadai untuk mengidentifikasi asal geografis virus. Sebagian besar korbannya adalah orang dewasa muda sehat, berbeda dengan wabah influenza yang paling dominan mempengaruhi pasien remaja, lanjut usia, atau melemah. pandemi berlangsung dari Maret 1918 hingga Juni 1920, menyebar bahkan ke Kutub Utara dan terpencil kepulauan Pasifik. Diperkirakan bahwa di mana saja dari 20 sampai 100 juta orang tewas di seluruh dunia, atau setara dengan perkiraan sepertiga dari penduduk Eropa. Menariknya, flu Spanyol berasal dari subtipe yang sama (influenza A subtipe virus H1N1) sebagai flu babi. 

4. Demam Kuning 
Gejala Demam Kuning adalah hal-hal seperti demam, menggigil, detak jantung lambat, mual, muntah, dan sembelit. WHO memperkirakan bahwa penyakit ini menyebabkan sekitar 30.000 kematian setiap tahun, ketika dibiarkan tidak divaksinasi. Sebuah wabah yang terkenal demam kuning di Philadelphia, Pennsylvania pada 1793. Penyakit ini menewaskan sebanyak 10.000 orang di Philadelphia saja. Sebagian besar penduduk kota melarikan diri, termasuk presiden. Tapi, walikota tinggal dan hidup dan ketertiban segera dipulihkan. Digambarkan di atas adalah sebuah stasiun karantina demam kuning. 

3. Tuberkulosis 
Tuberkulosis, atau "konsumsi" seperti yang umumnya dikenal, disebabkan perhatian publik yang paling luas di abad ke-20 ke-19 dan awal sebagai penyakit endemis masyarakat miskin perkotaan. In 1815, Pada tahun 1815, satu dari empat kematian di Inggris konsumsi; oleh 1918 satu dari enam kematian di Prancis masih disebabkan oleh TB. Pada abad ke-20 TB menewaskan sekitar 100 juta orang diperkirakan. TBC adalah penyakit sering mematikan yang biasanya mempengaruhi paru-paru. Gejala batuk, penurunan berat badan, keringat malam, dan darah diwarnai dahak. Kerangka tetap menunjukkan bahwa orang-orang kembali di 7000 SM yang terinfeksi TB. 

2. Polio 
Polio sangat menular. Ini adalah penyakit yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan tulang belakang, kadang-kadang meninggalkan korban lumpuh. Gejala sakit kepala, leher, punggung, dan nyeri perut, muntah, demam, dan lekas marah. Pada tahun 1952, wabah di Amerika Serikat tersisa lebih dari 20.000 anak-anak lumpuh dan lebih dari 3.000 mati. Sejak itu vaksin telah dibuat dan kebanyakan anak dilindungi. 

1. Wabah pes 
kelenjar getah bening, kulit menjadi merah lalu hitam, napas berat, sakit kaki, muntah darah, dan nyeri mengerikan adalah beberapa gejala. Rasa sakit ini disebabkan oleh membusuk / membusuk daging. Semua penyakit bersama-sama ini telah menyebabkan lebih dari 200 juta kematian. Mungkin pandemi paling terkenal dan mengerikan berada di Eropa pada akhir 1300-an. It was known commonly as the Black Death. Itu umum dikenal sebagai Black Death. Kejadian ini hampir dibelah dua penduduk Eropa. The pes biasanya disebabkan oleh gigitan kutu yang terinfeksi. Sekarang, di zaman modern, beberapa vaksin telah diciptakan, dan orang yang terinfeksi sekarang diobati dan disembuhkan. Digambarkan di atas adalah orang yang menderita penyakit pes selama wabah di Aljazair pada tahun 2003.

sumber: sumber http://gratisanlounge.blogspot.com/2010/12/10-penyakit-terpopuler-sepanjag-sejarah.html

Related Posts with Thumbnails