Latest News

Mind Meld - Inilah Mesin Pengendali Pikiran yang Jadi Kenyataan

Posted by beye on Jumat, 30 Agustus 2013 , under | komentar (0)




Ingat serial TV atau film Star Trek? Dalam salah satu sinema fiksi ilmiah terbaik itu, Spock, salah satu tokohnya, mendemonstrasikan mind meld atau peleburan pikiran. Lewat peleburan pikiran, Spock berbagi pemikiran, pengalaman, dan ingatan, tanpa kontak.

Selama bertahun-tahun, manusia menganggap bahwa peleburan pikiran tersebut hanya fantasi belaka. Namun, riset terbaru oleh peneliti dari University of Washington menunjukkan bahwa peleburan pikiran tersebut bisa menjadi kenyataan.
 

Dua peneliti asal University of Washington, Rajesh Rao dan Andrea Stocco, mendemonstrasikan peleburan pikiran antar-manusia untuk pertama kali. Sebelumnya, peleburan pikiran pernah didemonstrasikan antar-tikus serta antara manusia dan tikus.

Dalam eksperimen yang dilakukan pada 12 Agustus 2013 lalu, Rao berhasil mengendalikan pikiran Stocco, tanpa kontak apa pun, tanpa bahasa apa pun, dan dari jarak jauh. Rao berhasil membuat Stocco menjalankan perintah yang tidak terkatakan, tetapi hanya ada di pikiran.

Untuk melakukannya, dua peneliti menggunakan beberapa perangkat, yakni electroenchepalograph (EEG) yang biasa digunakan kalangan kedokteran untuk merekam aktivitas otak, komputer, transcranial magnetic stimulation (TMS) untuk memicu gerakan motorik berdasarkan sinyal yang diterima, serta koneksi internet.

Rao melihat layar komputer dan memainkan video game dalam pikirannya. Di tengah permainan, ia berpikir bahwa ia sedang menembakkan meriam. Ia membayangkan bahwa ia menggerakkan tangan kanannya untuk mengarahkan kursor komputer ke tombol "fire".
 

Pikiran Rao ini direkam oleh perangkat EEG dan akhirnya diubah oleh komputer. Dengan bantuan koneksi internet, pikiran atau pesan Rao dikirim ke komputer Stocco. Pesan itu lalu diterima perangkat TMS yang dikenakan oleh Stocco.

Segera setelah pesan diterima, Stocco menggerakkan tangan kanannya secara tak sadar, seolah-olah menekan tombol "fire" untuk menembakkan meriam. Gerakan tangan tak sadar Stocco menunjukkan bahwa pengendalian pikiran yang dilakukan Stocco dan Rao berhasil.

Berkomentar tentang keberhasilannya, Rao seperti dikutip Reuters, Selasa (27/8/2013), mengatakan, "Sangat mengagumkan sekaligus ngeri, membayangkan aksi yang ada di pikiran saya diterjemahkan menjadi aksi nyata oleh otak orang lain."

Keberhasilan ini punya beberapa manfaat yang bisa dibayangkan. Misalnya, di masa depan, teknologi ini bisa membantu orang yang mengalami paralisis. Namun, jangan dibayangkan bahwa dengan teknologi ini seseorang bisa mengendalikan pikiran orang lain seenaknya.





Sumber:
kompas

Inilah 8 Perangkat Teknologi yang Aneh

Posted by beye on Kamis, 29 Agustus 2013 , under | komentar (0)




Bayangkan perangkat ini, sikat gigi bisa melihat isi mulut dengan jelas, atau merasakan planetarium di rumah sendiri. Atau bahkan 'ngebom' di toilet sambil merasakan pijatan di pinggang.

Berbagai perangkat teknologi dengan fungsi di atas benar-benar ada, loh.  Memang serasa aneh dan tak lazim. Untuk lengkapnya simak daftar di bawah ini.




1. Miharu Home Care Camera
 


Ini dia sikat gigi pengintai rongga mulut. Dilengkapi dengan fitur unit kamera video kecil plus lampu LED, sikat gigi ini mampu menangkap gambar dengan jelas dalam bagian paling dalam dan gelap sekalipun di mulut. Kamu pun bisa langsung melihat hasilnya dalam layar TV atau komputer dengan kabel yang telah tersedia untuk menghubungkannya



2. Hitachi Rotary Razaq
 


Untuk satu ini adalah alat pencukur pria. Memang terlihat seperti alat pencukur biasa, namun ditangan Razaq Rotary, alat ini berubah menjadi alat yang sangat canggih. Alat ini dilengkapi dengan kemampuian daya 3500-RPM, omni directional, pisau tajam, dengan pegangan yang fleksibel. Jadi jangan heran kalau alat ini menjadi alat pencukur yang sangat ideal bagi kebanyakan pria.



3. LG GD910 Watch Phone and Samsung S9110 Watch Phone
 


Berasal dari dua brand yang berbeda dan punya nama, kedua jam tangan ini memiliki banyak kemiripan. Seperti, sama-sama memiliki sistem aplikasi bluetooth, voice call, MP3 player, speakerphone bahkan layanan surat elektronik, email. Bedanya hanya terletak pada ketebalannya.

Dan rencananya, LG GD910 akan memberikan fasilitas tambahan video call 3G plus kapasitas memori internal 2GB, agar memiliki keunggulan yang berbeda dengan pesaingnya, Samsung S9110



4. Sanyo Eneloop Portable Solar Panel


Ini adalah perangkat baterai isi ulang yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energinya. Sebenarnya alat ini sudah cukup lama dikenal sebagai baterai isi ulang pertama keluaran brand Eneloop. Alat ini sangat cocok sekali digunakan untuk dengan gadget apa pun, mulai dari MP3 player, stick game, ponsel, kamera, bahkan samapi perangkat semacam laptop. Sayangnya, saat ini baru ada di Jepang saja.



5. Soladey 3


Mungkin ini menjadi satu-satunya alat pembersih gigi yang didukung dengan sistem pemrograman komputer khusus. Produk keluaran jepang ini dinamakan Soladey 3, alat pembersih unik yang dilengkapai dengan twist ionik.

Unit ini bekerja dengan panel surya, menyerap cahaya lalu mengirimkan elektron melalui semikonduktor titanium oksida untuk membantu menghilangkan plak-plak pada gigi.




6. Sega Homestar Pro 2nd Edition Home Planetarium
 


Sempatkah membayangkan nyamannya melihat keindahan nuansa planetarium ruang angkasa dalam rumah sendiri?

Dengan alat ini, sungguh sangat mudah untuk mewujudkannya. Sega Homestar Planetarium Pro, menggunakan sistem proyektor pada dasar sebuah logam berbentuk bola, alat ini dilengkapi dengan pengaturan tampilan berbagai nuansa langit malam. Hmmm, bayangkan saja kamu memilikinya satu lalu pasang di kamar, pasti makin bikin nyenyak tidur malam kita.



7. I-O Data SEG Clip


SEG Clip adalah USB stick yang dilengkapi antena untuk menghubungkannya ke PC atau untuk menerima layanan TV mobile gratis (di Jepang dijuluki 1Seg). Istimewanya, pengguna bisa langsung mendownload App TVPlayer dan nirkabel watching apa pun yang telah direkam melalui iPod atau iPhone.



8. Japanese Toilets High Tech


Satu-satunya toilet yang membuat kita merasa terhormat mendudukinya. Di Jepang, toilet ini tak hanya berguna sebagai tempat pembuangan, tapi sekaligus untuk merefleksikan diri. Bagaimana tidak, dilengkapi dengan sistem pengatur dalam bagian yang terpisah, tersedia pengaturan untuk memberikan pijatan pada bagian pinggang mu. Entah apa efek yang akan diberikan, namun sepertinya inilah toilet yang akan memberikan kenyamanan untuk berlama-lama di atasnya.






Sumber:
clear

Tips Mengenal dan Melatih Pribadi yang Asertif, Bukan Agresif.

Posted by beye on Rabu, 28 Agustus 2013 , under , | komentar (0)




Dalam interaksi keseharian, kita akan menemukan berbagai orang dengan kepribadian yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat orang yang harus berdebat atas semua hal tanpa memikirkan konsekuansi perihal perilaku mereka. Inilah yang disebut agresif

Namun ada pula orang yang tenang dan percaya diri mengemukakan prinsipnya tanpa harus berperilaku kasar. Dan ini yang disebut dengan asertif. Perbedaan antara keduanya terlihat gamblang di bawah ini.

blog.i-reconnect.com

Kepribadian Asertif

1. Orang asertif memiliki pandangan positif perihal pendapat dan perilakunya. Pada saat yang sama, mereka tetap menghormati pikiran dan tindakan orang lain.

2. Orang asertif biasanya berbicara jujur tentang pendapat mereka secara sopan tanpa harus menyakiti perasaan orang lain.

3. Orang asertif termotivasi untuk mencapai tujuan serta apa yang mereka inginkan. Pada saat yang sama, mereka juga berusaha menghormati orang lain serta mengajak maju bersama.

4. Orang asertif membuat kontak mata saat berbocara dengan orang lain. Ekspresi matanya cenderung tenang dan tidak agresif.

5. Orang asertif melihat semua orang memiliki kedudukan yang sama. Pendekatan mereka cenderung lebih demokratis.

6. Orang asertif memiliki postur lurus tanpa membungkuk dan ekspresinya umumnya santai. Cara komunikasi asertif adalah berbicara ‘to the point’ tanpa berbelit-belit.

 
Kepribadian Agresif

1. Orang agresif merasa bahwa hanya pendapatnya yang memilki bobot dan menganggap orang lain tidak mampu mengambil keputusan.

2. Orang agresif akan berbicara keras untuk membuat orang lain mendengarkannya. Mereka biasanya memiliki keterampilan mendengarkan yang buruk.

3. Orang agresif berusaha mencapai tujuan dan impian mereka dengan cara menyakiti orang lain atau dengan menginjak harga diri orang lain.

4. Orang yang agresif cenderung memelototi orang lain agar tunduk tanpa melawan.

5. Orang agresif menempatkan dirinya diatas orang lain dan bersikap kasar.

6. Postur orang agresif cenderung berjarak dan kaku dengan ekspresi mengancam di wajahnya.

Lantas, dalam berinteraksi sehari-hari tentu saja memiliki jiwa asertif merupakan pilihan yang ideal. Dengan komunikasi asertif, maka kita mampu berkomunikasi secara efektif tanpa terlalu banyak terganggu dengan apa yang orang lain mungkin pikirkan atau katakan.

Komunikasi asertif juga akan menuntun seseorang untuk memutuskan antara mengatakan ‘ya’ atau ‘tidak’ untuk situasi tertentu. Sebaliknya, orang yang kurang asertif cenderung selalu berkata ‘ya’ meskipun sebenarnya dia tidak berada dalam mood untuk melakukan hal tersebut.

imprinttrainingcenter.blogspot.com


Apa saja manfaat menjadi asertif?

1. Bebas dari konflik internal

Bayangkan situasi berikut, Anda sedang mengalami sakit kepala parah dan ingin menghabiskan waktu sendirian untuk beristirahat.

Tapi teman baik Anda menelepon dan mengatakan bahwa ia ingin pergi keluar dengan Anda.

Menghadapi situasi ini, sebenarnya Anda hendak menolak ajakan tersebut karena tidak dalam mood untuk melakukannya.

Tapi karena tidak mampu berkata ‘tidak’, Anda akhirnya pergi keluar sehingga menambah derita sakit kepala Anda dengan melakukan apa yang tidak ingin Anda lakukan.

Jika Anda cukup asertif untuk menolak teman Anda, Anda bisa menghabiskan waktu beristirahat atau melakukan apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan.

Untuk berkata ‘tidak’, Anda tidak harus bersikap kasar. Komunikasi asertif harus tetap mengedepankan hubungan saling menghormati.

Dari contoh diatas, sikap asertif akan membuat seseorang terhindar dari stres dan tekanan yang tidak perlu dari lingkungan.

2. Meningkatkan percaya diri

Komunikasi asertif membantu meningkatkan kepercayaan diri. Orang yang asertif berarti tidak ragu dalam menyuarakan pendapatnya.

Orang lain juga akan cenderung menghargai orang yang asertif karena berani menyuarakan pikiran dan memilih memberikan jawaban yang jujur.

Apresiasi dan penghargaan dari orang lain pada akhirnya akan meningkatkan rasa percaya diri Anda yang telah bersikap asertif.

3. Membantu mengelola stres

Bersikap asertif membuat seseorang lebih mudah mengelola stres.

Orang yang asertif tidak akan menyesali apa yang dilakukan karena telah menyuarakan apa yang menjadi pendapat dan keyakinannya.

4. Hidup yang tidak terikat dan bebas

Orang asertif selalu percaya dengan prinsipnya tanpa terlalu banyak terganggu dengan apa yang dikatakan orang lain.

Orang asertif umumnya bahagia dan percaya diri karena mampu menentukan pilihan dan tujuan hidupnya sendiri.

Orang lain tidak akan bisa memanfaatkan orang yang asertif karena perilaku asertif membuat seseorang tetap kukuh dengan prinsipnya.

Sebaliknya, orang yang tidak bisa berkata ‘tidak’ cenderung dimanfaatkan orang lain karena ketidakmampuannya untuk menolak.

Jika Anda merasa belum mampu berkomunikasi secara aasertif, latihan dan pembiasaan bisa membantu menumbuhkan sifat positif ini.

 
embraceliving.net


Bagaimana mengembangkan diri memiliki perilaku asertif?

1. Asertif adalah kualitas penting yang harus dipunyai

Anda harus memahami bahwa asertif merupakan kualitas yang diperlukan dalam kepribadian Anda.

Baik itu dalam hubungan personal, pekerjaan, bisnis, dan studi, Anda harus bersikap asertif untuk mengekspresikan diri secara positif.

Asertif adalah tentang mengekspresikan hak-hak, mengungkapkan keyakinan, keinginan, serta menyatakan pandangan Anda dengan tetap menghormati orang lain.

Berbicara untuk diri sendiri penting agar Anda tidak diperlakukan secara negatif atau agar orang tidak berasumsi bahwa Anda tidak memiliki kemampuan.

2. Meningkatkan percaya diri

Untuk menjadi asertif, Anda harus memiliki rasa percaya diri.

Pribadi yang penuh percaya diri akan menciptakan kesan tentang siapa diri Anda di hadapan orang lain.

Berbicaralah dengan yakin. Jangan bergumam atau bersuara pelan seperti orang yang tidak memiliki rasa percaya diri.

3. Katakan apa yang Anda inginkan

Tanpa harus menjadi agresif atau kasar, ekspresikan keinginan dan pendapat Anda dimanapun diperlukan.

Jangan diam dan hanya menunggu. Selalu usahakan mengekspresikan diri Anda.

4. Tingkatkan kemampuan bahasa tubuh

Bahasa tubuh memiliki peran penting dalam komunikasi non verbal.

Lakukan kontak mata ketika sedang berbicara dengan orang lain. Latih agar ekspresi dan suara tetap terkontrol.

5. Jangan terlalu banyak minta maaf

Sebagian dari kita mungkin amat bersemangat mengatakan maaf.

Mengatakan maaf memang seakan telah menjadi norma kesopanan.

Bukan berarti mengatakan maaf tidak boleh dilakukan. Yang harus dihindarkan adalah terlalu sering minta maaf untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

6. Berani berkata ‘tidak’

Anda mungkin cenderung mengorbankan pendapat dan ide-ide hanya karena teman-teman dekat Anda meminta Anda untuk melakukannya.

Hubungan harus didasarkan pada sikap saling menghargai, bukan berdasarkan pada dominasi.

Jika teman atau kolega Anda selalu mengharapkan ‘ya’ dari Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak ingin melakukannya, maka Anda harus belajar untuk mengatakan tidak.

Buat batas sehingga orang lain tidak mengganggu kedamaian pikiran Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan sikap asertif.

7. Bekali diri dengan informasi akurat

Membekali diri dengan informasi dan fakta yang akurat akan membuat Anda lebih percaya diri yang pada akhirnya membantu Anda bersikap lebih asertif.

Informasi yang akurat amat membantu mendukung pendapat yang Anda ajukan.

8. Tidak perlu menyenangkan semua orang

Agar menjadi asertif, Anda harus sadar tidak mungkin menyenangkan semua orang.

Belajar untuk mengatakan ‘TIDAK’ jika memang diperlukan.

Bukan merupakan kewajiban Anda berusaha membuat semua orang senang dan bahagia.

Semua yang Anda butuhkan hanyalah berusaha melakukan yang terbaik. Akan sulit untuk menyenangkan semua orang.

Akhirnya, belajar untuk menjadi lebih asertif dalam setiap hubungan akan memperbesar peluang Anda menjalani kehidupan yang lebih bahagia.





Sumber:
amazine

Mengapa Portugal Merayakan Hari Revolusi Bunga?

Posted by beye on Senin, 26 Agustus 2013 , under | komentar (0)




Revolusi Bunga (Carnation Revolution atau Revolução dos Cravos) merupakan revolusi (kudeta) tak berdarah yang terjadi di negara Portugal pada tahun 1974.

Revolusi Bunga membuat kediktatoran yang telah berkuasa selama hampir 50 tahun akhirnya terguling. Setelah periode singkat kekacauan, Portugal muncul sebagai negara demokrasi yang mapan.
 
 
Sejarah revolusi ini berawal pada tahun 1926, ketika sebuah kudeta militer mendirikan Estado Novo dengan menggulingkan Republik Pertama Portugal yang baru lahir pada tahun 1910 untuk menggantikan monarki Portugal.

Warga negara Portugal merasa tertekan di bawah rezim ini selama hampir 50 tahun. Setelah menunggu, pada akhirnya militerlah yang mengakhiri rezim dikatator ini.

Para perwira militer dengan kecenderungan sayap kiri mendalangi kudeta dalam menanggapi pemecatan seorang jenderal Portugis yang menentang kebijakan kolonial Portugis.

Pada dini hari tanggal 25 April 1974, Revolusi Bunga dimulai di kota Lisbon.

Kekuatan militer dengan cepat mengepung pemerintahan, memicu demonstrasi spontan di jalan, di mana warga sipil berlari keluar untuk berbaur dengan tentara meskipun terdapat perintah untuk tinggal di dalam ruangan.

Pada saat itu, bunga anyelir (carnation) terdapat melimpah di pasar bunga besar di Lisbon. Banyak warga lantas menempatkan anyelir ke dalam laras senapan tentara sehingga menginspirasi nama “Revolusi Bunga”.
 
 
Pasukan pemerintah berhasil membunuh empat orang sebelum akhirnya menyadari mereka tidak akan mampu membendung Revolusi Bunga.

Kudeta yang berlangsung relatif damai juga merupakan andil dari tekad tentara revolusioner untuk menghindari pertumpahan darah.

Masyarakat juga mendorong anggota rezim untuk menyerah, daripada melawan, sehingga membuat kudeta terbebas dari kekerasan.

Seperti yang sering terjadi pasca kudeta, Portugal mengalami periode ketidakstabilan setelah Revolusi Bunga.

Butuh beberapa tahun bagi negara ini untuk menciptakan pemerintahan demokratis yang kuat.

Selama periode tersebut, Portugal melepaskan hampir semua wilayah koloni mereka serta mengalami gejolak ekonomi yang parah.

Pemerintahan diktator sebelumnya menguasai ekonomi Portugal sedemikian rupa sehingga dibutuhkan waktu agar kondisi kembali stabil.

Untuk Portugal dan koloni mereka sebelumnya, periode tersebut menjadi masa yang sulit, meskipun mereka yakin akan efek jangka panjang yang lebih baik.

Saat ini, Portugal merayakan Hari Kebebasan pada tanggal 25 April setiap tahunnya.








Sumber:
amazine.

Inilah 7 Kisah Mengerikan di Balik Pembuatan Film

Posted by beye on , under | komentar (2)




Tahukah Anda bahwa dalam proses pembuatan film terkadang muncul cerita mengerikan. Sebuah peristiwa yang membuat bulu kuduk merinding. Percaya atau tidak beberapa cerita berikut dipercaya terjadi.


1. Janin sapi diawetkan


Film Eraserhead dikenal karena kesan mengerikan dan juga misterius. Ceritanya tentang pria pecundang (Henry Spencer) yang selalu mengalami visi aneh dan punya anak aneh yang sama sekali tak mirip manusia.

Kisah di atas masih kalah mengerikan dengan keputusan sang sutradara David Lynch untuk tidak memberitahukan dengan cara apa ia menampilkan bayi mengerikan tersebut. Sampai satu dekade kemudian ia baru mengungkapkannya. Ia membiarkan para kru bertanya-tanya tentang sosok bayi aneh yang berlendir tersebut. Banyak yang beranggapan bahwa bayi tersebut adalah janin sapi yang diawetkan.



2. Penguntit mengerikan


Penguntit selebriti bukanlah hal baru di Hollywood. Namun penguntit yang mengincar Emma Watson selama syuting NOAH ini benar-benar agresif. Saat rehat syuting, Emma Watson memutuskan untuk pergi ke hutan di sekitar lokasi, tanpa disangkanya seorang penguntit tiba-tiba menyergapnya. Penguntit tersebut dikenali Emma adalah penguntit yang selalu mengintai di dekat rumahnya. Untung saja saat itu ada kru produksi yang menangkap sang penguntit.



3. Tembakan ancaman


Cerita di balik layar yang paling terkenal dari film tahun 1972 ini (Aquirre, Wraith of God) adalah ketika Werner Herzog sang sutradara mengancam Klaus Kinski dengan senjata agar ia tak hengkang dari proyek film ini. Versi lain mengatakan bahwa Kinski lah yang memegang pistol dan ia lah yang menembak di lokasi sehingga jari salah satu kru terkena. Kinski juga pernah menebas salah satu kru dengan pedang properti miliknya. Untungnya kru yang tertebas mengenakan helm. Jadi wajar saja bila sang sutradara menodongnya balik dengan pistol.



4. Penuh dengan pesan tersirat
 
 
Film The End of Evangelion - Anime versi layar lebar buatan tahun 1997 ini menghadirkan banyak sekali simbol dan juga adegan kekerasan. Salah satu yang paling membingungkan adalah saat tokoh utamanya berhalusinasi dengan melihat banyak huruf dan gambaran anak kecil.

Gambaran dalam film tersebut ternyata adalah gambar para anak korban pelecehan yang dimasukkan dalam film. Dan huruf-hurufnya adalah kata-kata dalam surat ancaman yang sungguh-sungguh diterima sang sutradara, Hideki Anno. Dan satu lagi dalam salah satu adegan pencekikan, para pengisi suaranya benar-benar mencekik satu dengan lainnya demi mendapatkan suara yang pas.



5. Ditembak peluru sungguhan


Film Come and See dari Uni Soviet ini menceritakan tentang korban invasi Jerman ke Soviet. Dalam penggarapannya, Elem Klimov sang sutradara dirasa terlalu realistis dalam menggarap filmnya. Para pemainnya benar-benar ditembaki peluru sungguhan. Aktor utamanya Aleksey Kravchenko berujar bahwa peluru benar-benar menyerempet kepalanya.



6. Diancam betulan
 

Film Last House on The Left menjadi film terobosan Wes Craven. Akan tetapi ia dinilai terlalu berlebihan dalam menggarapnya. Menurut pengakuannya dan aktor David Hess sertaMarc Shaffer,apa yang terjadi di balik layar juga tak kalah mengerikan.

Untuk membuat tokoh utama wanitanya benar-benar ketakutan, Marc Shaffer benar-benar mengancam untuk mencederainya bila ia tak mau berakting ketakutan. Saat adegan perkosaan, David Hess benar-benar mengancam sang pemeran wanita.



7. Penyiksaan sungguhan


Sutradara film Men Behind The Sun merasa perlu untuk menampilkan betapa mengerikannya penyiksaan manusia selama Perang Dunia II. Oleh karenanya ia memutuskan untuk menghilangkan jarak antara kenyataan dan film. Ia benar-benar membakar tikus hidup-hidup dan juga adegan otopsi anak kecil. Bayangkan saja bocah yang baru saja meninggal langsung dipakai sebagai properti film.











Sumber:
clear

Inilah Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

Posted by beye on , under | komentar (0)




Maraknya pedagang yang menjual madu palsu membuat para konsumen seperti kita selalu berpikir negatif tentang madu yang ditawarkan. Sebagian besar dari kita pasti akan pesimis bahwa madu yang ditawarkan pada kita adalah madu asli apalagi dengan harga yang cukup murah. Memang untuk membedakan antara madu asli dengan yang palsu susah-susah gampang.

Madu palsu yang beredar di pasaran, jenisnya berbeda-beda. Mulai dari campuran antara madu asli dengan cairan gula sampai tanpa ada unsur madu aslinya pun juga ada.

insiderireland.ie

Kita sebagai konsumen dituntut lebih 'pintar' sebelum membeli produk madu yang ditawarkan, jangan sampai manfaat yang seharusnya kita dapatkan dari madu asli, tidak kita peroleh malah membuat efek negatif pada kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa cara membedakan madu asli dengan madu palsu :

1. Dibakar di atas sendok.
Taruhlah madu pada sebuah sendok logam. Bakar bagian bawah sendok dengan api/lilin. Madu yang asli akan mendidih hingga busanya tumpah dari sendok, sedangkan yang palsu, meskipun mendidih namun busa tak sampai tumpah.

2. Dengan kertas koran.
Teteskan madu pada kertas tipis/koran. Madu yang asli tidak akan membuat kertas basah/robek. Sedangkan madu palsu akan terserap ke dalam kertas, karena kandungan airnya yang lebih tinggi.

3. Menggunakan korek api.
Masukkan batang korek api ke dalam madu beberapa saat. Ambil dan pantikkan/gesekkan agar menyala. Bila madu asli, korek akan tetap bisa menyala, dan sebaliknya.

4. Dengan segelas air.
Teteskan setetes madu ke dalam segelas air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tetap terlihat berkumpul/tidak larut dengan air.

5. Dimasukkan dalam freezer.
Masukkan madu ke dalam freezer/lemari es. Madu asli tidak akan membeku.

6. Dicampur kuning telur.
Campur dan aduk madu dengan kuning telur bebek. Bila madu asli, telur akan berubah warna dan terlihat seperti setengah matang.




Related Posts with Thumbnails