Latest News

Inilah Baterai Yang diisi ulang dengan air seni

Posted by beye on Sabtu, 22 Januari 2011 , under | komentar (0)






NoPoPoitulah nama nya, NoPoPo tersebut bisa diisi ulang dengan memanfaatkan beragam cairan, termasuk air kencing.

dari Tech Digest, Jumat (16/1/2009), baterai ini dibuat perusahaan bernama Aqua Power System yang berbasis di Jepang. NoPoPo sempat dipamerkan di perhelatan CES (Consumer Electronic Show) 2009 yang belum lama berakhir.

Selain dengan air kencing, isi ulang NoPoPo juga bisa memanfaatkan air bir, jus apel, dan minuman cola. Caranya cukup dengan memasukkan cairan pada penampung kecil yang ditautkan di baterai.

Dilansir PcMag, cairan tersebut dipakai untuk membangkitkan reaksi antara magnesium dan alumunium di baterai. Daya yang ada memang tidak sekuat baterai AA pada umumnya, hanya cukup mendayai perangkat seperti jam mungil.

Baterai NoPoPo ini sudah tersedia di negara Jepang. Adapun banderol harganya sekitar US$ 15 per unit.

Fenomena Alam Dan Daftar Atraksi Angkasa di tahun 2011

Posted by beye on , under | komentar (0)



Tahun 2010 bumi telah dimeriahkan dengan serangkaian pertunjukan angkasa. Ada gerhana bulan yang baru saja terjadi di beberapa belahan bumi, ada pula hujan meteor Geminids dan Orionids. Nah, apa yang akan terjadi pada 2011 nanti?
Selain siklus bulan yang secara teratur terjadi setiap bulannya, berikut ini adalah daftar pertunjukan angkasa yang akan terjadi di 2011 yang beberapa jam lagi akan bersua dengan kita:  
3 - 4 Januari 2011 - Puncak hujan meteor Quadranids 
Puncak hujan meteor Quadranids dan kurang lebih 40 meteor bisa dilihat setiap jamnya. 
4 Januari 2011 - Gerhana matahari sebagian 
Gerhana ini akan bisa dilihat di beberapa wilayah Afrika, Amerika dan Asia. Cek situs NASA untuk keterangan daerah yang lebih spesifik 
3 April 2011 - Oposisi saturnus 
Saat ini, Saturnus akan ada pada titik terdekatnya dengan bumi. Inilah saat terbaik untuk mengabadikan Saturnus dan bulannya dalam foto.
21 - 22 April 2011 - Hujan Meteor Lyrids 
Sebanyak 20 meteor akan terlihat dalam hujan meteor ini. Meski memuncak pada tanggal 21 - 22, namun hujan meteor sudah bisa dinikmati sejak 16 April 2010.
5 - 6 Mei 2011 - Hujan meteor Eta Aquarids 
Hujan meteor Eta Aquarids adalah hujan meteor tingkat rendah. Mulai terlihat sejak tanggal 4 Mei 2011, hujan meteor ini akan memuncak tanggal 5 - 6 Mei 2011.
1 Juni 2011 - Gerhana matahari sebagian 
Gerhana matahari kali ini akan terlihat di sebagian besar wilayah asia Timur, Alaska, dan bagian utara Kanada dan Greenland.
15 Juni 2011 - Gerhana bulan total 
Gerhana bulan akan terjadi di sebagian besar wilayah Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia. Warga negara Indonesia termasuk yang bisa melihatnya.
1 Juli 2011 - Gerhana matahari sebagian.
Memang, akan terjadi lagi gerhana matahari sebagian. Sayangnya, gerhana matahari ini hanya bisa disaksikan di pantai Antartika.
28 - 29 Juli 2011 - Hujan Meteor Delta Aquarids Selatan 
Sebanyak 20 meteor bisa dilihat setiap jamnya pada malam puncaknya, 28 - 29 Juli 2011.
12 - 13 Agustus 2011 - Hujan meteor Perseids 
Hujan meteor ini adalah salah satu hujan meteor terbaik yang bisa disaksikan. Kurang lebih 60 meteor bisa disaksikan setiap jamnya.
22 Agustus 2011 - Oposisi Neptunus 
Saat ini, Neptunus akan mencapai posisi terdekatnya dengan bumi. Inilah saat terbaik untuk mengabadikan Neptunus, walaupun planet ini biasanya hanya akan tampak sebagi bintik biru di angkasa.
25 September 2011 - Oposisi Uranus 
Ini adalah saat Uranus mencapai posisi terdekatnya dengan bumi. Bisa dijadikan kesempatan untuk mengabadikannya.
21 - 22 Oktober 2011 - Hujan meteor Orionids 
Hujan meteor ini akan memungkinkan warga bumi melihat 20 meteor per jamnya. Lain dari biasanya, pada tahun 2011 hujan meteor ini akan mulai terlihat dari tanggal 20 September 2011.
29 Oktober 2011 - Oposisi Jupiter 
Saat ini, Jupiter berada di posisi terdekatnya dengan bumi. Kesempatan baik untuk memotret Jupiter dan planetnya.
17 - 18 November 2011 Hujan meteor Leonids
Seperti yang terjadi tahun ini, hujan meteor Leonids pada tahun 2011 akan menampakkan 40 meteor per jamnya.
25 November 2011 Gerhana matahari sebagian 
Pun, akan terjadi lagi gerhana matahari sebagian. Sayangnya, hal ini hanya bisa dilihat di Antartika.
10 Desember 2011 - Gerhana bulan total 
Gerhana akan terjadi di sebagian besar wilayah Asia, Afrika Timur, Australia dan Pasifik. Indonesia juga bisa menyaksikannya.
13 - 14 Desember 2011 - Hujan meteor Geminids 
Di hujan meteor ini, 60 meteor berwarna-warni akan bisa dilihat per jamnya. Puncak hujan meteor memang akan terjadi tanggal 13 - 14, namun hujan meteor sudah bisa disaksikan sejak 6 Desember 2011.

Foto Cap Jempol Raksasa Di Planet Mars

Posted by beye on , under | komentar (0)




Sebuah gambar resolusi tinggi terbaru berhasil mengabadikan sebuah lokasi di Planet Mars, Gambar yang diambil dari sebuah Teleskop milik NASA dengan menggunakan metode High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) terlihat mirip sebuah sidik jari jempol atau cap jempol (fingger print) raksasa yang berukuran sangat besar sekali aktualnya disana.

 
Hal ini menurut para peneliti memprediksi terjadi karena sebuah perubahan siklus alam dan cuaca disana dalam kurun waktu yang sangat panjang, sekilas bila kita amati mirip danau kering yang semula terdapat riak gelombang di tengahnya.

Seperti bekas lembah atau danau berair yang mengering terlihat sekilas bagai sidik jari jempol tangan

Dan untuk itu para peneliti planet merah tersebut memperkirakan kurun waktu silam di sana terdapat semacam kehidupan, walau mereka tidak bisa merincikan kehidupan seperti apa yang dimaksud. Gambar ini diambil di lokasi Coprates Mars dan menandakan terbentuk dari sedimen proses air menguap lalu mengering dan terbentuklah bentuk yang terlihat sekarang ini. (Mail Online). Pemandangan lebih detail yang dibesarkan memperlihatkan lebih jelas



Pemandangan lebih detail yang dibesarkan memperlihatkan lebih jelas bekas sungai-sungai yang mengering dan bekas arus air mengalir sebagaimana kehidupan dibumi.


Inilah 10 Orang Yang Tidak Pernah Ada Nyata di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)




Kebanyakan orang tua yang beragama Nasrani menceritakan kepada anak-anaknya pada malam Natal bahwa Santa Claus akan datang dan memberi hadiah ketika mereka sedang tidur, budaya ini berlaku bagi kebanyakan orang barat. 

2. BARBIE




Barbie telah berkembang menjadi seorang perempuan cantik, yang meng inspirasi kebanyakan wanita atau anak perempuan di dunia. 

3.ROBIN HOOD



Pria ini telah menjadi perdebatan banyak orang di Inggris bahkan dunia akan keberadaannya, tapi menurutku ia tidak ada, masa c pencurian dibenarkan, hanya karena ia mengembalikan lagi hasil curiannya ke orang miskin? tetap saja salah. tapi menurutku ia tetap hanya sebuah cerita fiksi. 

4. COWBOYS



Seorang pria jantan dengan pistol dan kudanya yang melindungi perempuan dan anak-anak guna memerangi Bandit dan Indian yang jahat, itulah cerita tentang cowboys. kenyataannya, Cowboy adalah seorang cowok peternak Sapi atau petani dan ia tidak pernah berperang. 

5. MARLBOROMAN




Apakah ia benar ada? kehidupan seperti di iklan-iklan rokoknya ?, itu hanyalah sebuah iklan dan kehidupannya tidak pernah ada. 

6. SI UNYIL & FRIENDS




“Hom-pim-pah alaiyum gambreng!”saia ingat film si unyil tiap hari minggu tahun 80an, ketika itu saia percaya akan keberadaannya, Tapi sekarang itu hanya tokoh manusia yang di buat boneka. BTW Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia. 

7.MALIN KUNDANG



Adalah cerita rakyat sumatera, karena telah berkhianat pada ibunya hingga ia di kutuk menjadi batu, di sumatera sana batunya emang ada hingga sekarang. Apakah ia memang benar-benar ada ? itu hanya sebuah batu mirip manusia bersujud yang dijadiin cerita. 

8.GATOT KACA




Adalah putra Bima dan Arimbi ( Hidimbi ) dalam cerita pewayangan atau dalam sanskrit Mahabarata, ia adalah manusia super, berkulit baja, bertulang besi dan berurat kawat yang
memerangi kaumnya dari kejahatan Kurawa, Ia tewas oleh Adipati Karna dalam perang Kurukshetra. Apakah ia benar pernah ada ? sampai orang india sana mendirikan kuilnya di Manali, Himachal Pradesh. 

9. SANGKURIANG



Adalah seorang cowok dalam legenda rakyat Sunda, kisahnya pertama kali dibuat sejak abad ke 15 dalam manuskrip “BUjangga Manik” atau terkenal dengan pangeran pakuan. Mengisahkan tentang seorang pemuda yang jatuh cinta pada ibunya sendiri yakni Nyi dayang sumbi, yang kemudian karena syaratnya membuat kapal laut / perahu dalam satu malam tidak kesampaian maka ditendanglah kapal tersebut hingga terbalik dan sampai sekarang perahu tersebut menjadi gunung “Tangkuban parahu”. Apakah memang kisah ini “cenah” benar-benar terjadi ribuan tahun lampau ? sama kek Malin Kundang. Manuskrip / catatan nya sendiri sekarang berada di Universitas Oxford Inggris 

10. ROMEO & JULIET

 

Adalah sebuah kisah cinta sejati, karangan William Shakespeare . Yang banyak mengilhami para pecinta sejati di barat ataupun di Indonesia untuk setia pada pasangannya sampai akhir hayat menjemput,dikenal juga dengan kisah Romi dan Yuli.

Inilah Daftar 10 Pemuda Terkaya Di Dunia Maya

Posted by beye on , under , | komentar (0)



Siapa yang menjadi kaya raya sebelum berumur 30 tahun. Era teknologi membuat banyak pemuda pintar mendadak populer dan sangat kaya. Boleh dibilang menjadi kaya karena internet, atau anak muda yang kaya karena adanya teknologi internet.

Siapa saja yang berhasil mendapatkan posisi tertinggi. Data dari Complex mengumpulkan 10 anak muda mampu berhasil sebelum berumur 30 tahun.


1. Aodhan Cullen, 27 tahun, Statcounter, perkiraan 18 juta dollar.
Dia banyak amal dengan membuat website statisik untuk mencatat pengunjung. Memiliki 1.5 juta member.

2. Matt Mullenweg, 26 tahun, WordPress, 40 juta dollar
Matt keluar dari Gig di Cnet, membuat situs untuk blogger dan paling ramai sedunia.

3.Sean Belnick, 23 tahun, Bizchair, 42 juta dollar.
Apa yang dikerjakan ketika berumur 14 tahun. Dia adalah anak muda yang memiliki toko furniture di internet. Tidak itu saja, dia bekerja di kamar untuk mengatur 100 karyawannya.

4. Jack Nickell, 30 tahun, Threadless, 50 juta dollar
10 tahun lalu dia membuat komunitas untuk jualbeli Threadless. Sekarang sudah sangat terkenal.

5. Alexander Levin, 26 tahun, Imageshack, 56 juta dollar (perkiraan)
Yang ini memang beramal, membuat situs untuk penyimpan gambar.

6. Angelo Sotira, 28 tahun, Devianart, 75 juta dollar
Dia membuat situs Devianart, setidaknya ada 11 juta member. Membuat situs komunitas seni.

7. Naveen Selvadurai, 28 tahun, Foursquare, 80 juta dollar (proyeksi)
Menjadi arstiek musik Sony, lalu membuat Foursquare. Kurang dari 1 tahun usernya 275 ribu orang. Aplikasi yang dibuat paling populer di iPhone dan Android.

8. Blake Ross, 25 tahun, Mozilla, 150 juta dollar
Tahun 2004 dia membuat program Firefox. Dalam 1 tahun setidaknya sudah 100 juta lebih softwarenya didownload, tentu gratis. Bayangkan ketika itu dia baru berumur 19 tahun.

9. Dustin Moskovitz, 26 tahun, Facebook, 1.4 milyar dollar
Salah satu pendiri kerajaan si Facebook. Memiliki 6% saham.

10. Mark Zuckerberg, 26 tahun, Facebook, 4.9 milyar dollar
Tentu saja ini bosnya Facebook. Situs yang dimiliki mendapatkan 500 juta user sekarang. Menjadi situs jejaring sosial terbesar di Dunia. Bla bla bla, dia nomor 35 pada daftar Forbes sebagai orang paling kaya. Lebih tinggi dari CEO QApple boo. Amalnya juga besar, dia mendonasi $100 juta untuk sekolah publik.

Daftar Manusia-Manusia Tertua Pencetak Rekor Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)




Tua-tua keladi, mungkin julukan ini tepat untuk beberapa manusia langka ini. Di usianya yang kalau orang biasa sudah tidak mampu berbuat apa-apa atau bahkan hanya berdiam diri di panti jompo, mereka justru mencetak prestasi luar biasa.

1. Pendaki Mt Everest Tertua (71 tahun)

Manusia tertua yang pernah mendaki puncak Everest adalah orang Jepang bernama Katsusuke Yanagisawa (lahir 20 Maret 1936), seorang guru, yang memanjat bagian utara dari puncak tertinggi dunia itu bersama tim Himex pada tanggal 22 Mei 2007 dalam usianya ke-71 tahun 63 hari.

2. Peterjun Tandem Wanita Tertua (100 tahun)

Estrid Geertsen, wanita berkebangsaan Denmark (lahir 1 Agustus 1904), membuat rekor terjun tandem pada tanggal 30 September 2004 dari ketinggian 4000 meter di atas kota Roskilde, Denmark, pada usianya yang ke-100 tahun 60 hari.

3. Manusia Tertua yang Menyelesaikan Lari Maraton (98 tahun)

Manusia tertua yang berhasil menyelesaikan lomba lari maraton sejauh 26 mil (42 km) adalah pelari Yunani bernama Dimitrion Yordanidis. Jarak sejauh itu diselesaikannya dalam waktu 7 jam 33 menit pada perlombaan lari maraton di Atahunena, Yunani pada tanggal 10 Oktober 1976 saat dia berusia 98 tahun.

4. Ballerina Tertua (71 tahun)

Charin Yutahunasastrkosol, wanita berkewarganegaraan Amerika yang lahir di Thailand 30 Desember 1930, mulai belajar ballet baru pada usia 47 tahun. Setelah itu, dia rutin melakukan pertunjukan ballet dan yang terakhir dilakukannya di depan duta besar Thailand untuk Amerika Saktahunip Krairikish di Albuquerque, New Mexico, USA pada tanggal 21 Juli 2002 saat usianya menginjak 71 hari 203 hari.

5. Pe-Ski Tertua di Dua Kutub (66 tahun)


Peski tertua di dunia baik di kutub utara dan selatan adalah laki-laki berkebangsaan Jerman Norbert H. Kern (lahir 26 Juli 1940) yang melakukan olahraga ski di kutub selatan pada tanggal 18 Januari 2007 dan kutub utara tanggal 27 April 2007 saat usianya mencapai 66 tahun 275 hari.

6. Perempuan Melahirkan Tertua (66 tahun)

Ibu tertua di dunia adalah Maria del Carmen Bousada Lara, asal Spanyol yang lahir pada tanggal 5 Januari 1940, yang melahirkan bayi melalui operasi caesar pada saat usianya telah mencapai 66 tahun 358 hari. Tidak tanggung-tanggung, nenek ini melahirkan bayi kembar, Christian dan Pau, di rumah sakit Sant Pau, Spanyol pada tanggal 29 Desember 2006. Inilah akibatnya jika kakek lupa pake sarung, hehehe...

7. Paduan Suara (Koor) Tertua (746 tahun)

Kombinasi umur 10 penari dari tur koor kelompok Tivoli Lovelies (Australia), asal Melbourne, Victoria, Australia ini berjumlah 746 tahun 147 hari saat mereka tampil pada tanggal 12 Oktober 2004.

8. Penari Telanjang Pria Tertua (60 tahun)

Bernie Baker warga AS yang lahir pada 31 July 1940, adalah seorang penari strip di Club LeBare, Miami, Florida. Dia memulai karirnya pada usia 60 tahun setelah sembuh dari kanker prostat dan bekerja sebagai stripper hingga dia meninggal dunia pada tahun 2007. Selama karirnya, dia sudah pernah memenangkan 30 kontes

6 stadion teraneh di dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



1. Vesturi á Eiðinum Stadium

Stadion ini digunakan untuk sepak bola di semenanjung pulau . Lokasinya di Pulau Faroe, berkapasitas 3000 orang. Yang tak kalah menarik, juga ada seorang pria di sebuah perahu selama pertandingan terjatuh ke laut saat mengumpulkan bola. wah bukanya cari aman !!

2. Podium Apung Marina Bay


Stadion apung terbesar di dunia yang ada di Singapura. Seluruhnya terbuat dari baja, podium apungnya memiliki panjang 120 m, lebar 83 m, lebih besar 5% dari Stadion Sepak Bola Nasional. Bisa menahan beban seberat 1.070 ton ( sama dengan berat total 9.000 orang, 200 ton perlengkapan, dan 30 ton kendaraan militer). Sedangkan tribun stadionnya berkapasitas 30.000 orang. tetapi kok di Indonesia gak ada ya ??

3. Stadion Osaka



Stadion ini digunakan untuk baseball di Naniwaku, Osaka, Jepang. Sebelumnya Merupakan markas Nankai Hawks yang kemudian pindah ke Stadion Heiwadai tahun 1988. Sayang kemudian Stadion Osaka dikonversikan menjadi perumahan. karena tidak pernah dipakai oleh pertandingan - pertandingan sepakbola , Stadion Osaka dihancurkan tahun 1998 kemudian dibangun Shopping Center di lokasi tersebut.
wah padahal gede itu stadion ! haha !

4. Stadion Melawan Gravitasi



Hehehe nama stadionnya apa tuh, melawan gravitasi gitu. Tapi stadion ini ada. Aneh, miring gitu. Mainnya pasti repot! miring gitu !

5. Eco Stadium




Stadion ini tidak punya beton. Stadion Eco Janguito Malucelli ini ada di Curitiba, Brazil. Stadion ini terkenal karena yang pertama menjadi tahap penghijauan di Brazil. Kursi penonton diletakkan di bukit. Makanya disebut stadion Eko (baca: Ekosistem). Maksudnya stadion yang mengacu dengan ekosistem...ha4x! lucu!

6. Stadion Braga


Stadion ini sungguh aneh tapi keren.hehe.. Stadion ini ada di Braga, Portugal. Stadion ini dibangun di sebelah tambang (Monte Castro) yang menghadap ke kota Braga. Desain stadion ini terinspirasi suku Inca kuno Amerika Selatan. Proses pemindahan batu besar, menelan biaya sebesar 83,1 juta Euro. Lebih besar dari biaya pembangunan stadion untuk Euro 2004 manapun. Christiano Ronaldo pernah latihan di stadion aneh ini nggak ya???

Animator Film Shrek Ternyata Adalah Orang Indonesia

Posted by beye on , under | komentar (0)



Shrek merupakan salah satu karakter populer di dunia perfilman. Siapa sangka, salah satu pencipta karakter-karakter di film Shrek itu adalah orang Indonesia. 

Dialah Grisela Sastrawinata. Kini Grisela bekerja di Dreamwork, sebuah studio film ternama yang berada di California, Amerika Serikat. 

Siapakah Griselda? Berawal dari hobi, Griselda memutuskan pindah ke AS saat kelas dua SMA. Setelah menamatkan SMA-nya di Negeri Paman Sam, ia melanjutkan studi ke Art Center College of Design di Pasadena, AS. 

Selain bekerja di Dreamwork, Griselda mengajar ilmu komunikasi visual di kampus almamaternya. Meski masih enjoy di Dreamwork, ia mengaku tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti berkarya di Indonesia.

Ini foto Griselda: 



Dan, ini cuplikan wawancara VOA dengan Griselda:



vivanews

Ditemukan Danau dibawah Gurun Sahara

Posted by beye on , under | komentar (0)





Sebuah danau kuno yang membentang sepanjang 350 kilometer ditemukan di bawah lautan pasir Gurun Sahara, Mesir.

Pakar Geologi Ted Maxwell dari Smithsonian National Air dan Museum Space, Washington DC, menguji gambar beresolusi tinggi di barat daya Mesir yang diambil menggunakan Shuttle Radar Topografi Mission (SRTM) milik NASA.


SRTM merupakan sebuah sistem radar modifikasi, yang menempel pada Space Shuttle Endeavour, yang diluncurkan sejak Februari 2000. Sistem ini berhasil mengidentifikasi suatu daerah di Tushka, di mana air danau terbentuk dari luapan Sungai Nil.

Danau itu muncul sekitar 250 ribu tahun lalu, selama periode iklim basah saat wilayah tersebut masih tertutup padang rumput. Saat pasang, danau itu memiliki luas sekitar 68.200 kilometer persegi. Namun, danau itu mengering sejak 80 ribu tahun yang lalu.

Perkiraan luas danau itu mungkin akan menjelaskan bagaimana fosil ikan dari periode akhir interglacial ditemukan di Bir Tarfawi, sekitar 400 kilometer barat Sungai Nil. Fosil ini juga ditemukan di ujung utara saluran limpasan Selima Oasis di Sudan.

Bukti untuk mega-danau ini terdeteksi di Chad, Sudan dan Libya. Lokasi oasis kuno ini bisa membantu menjelaskan pola migrasi manusia purba. 
 kaskus.us

Apa yang Ditawarkan Oleh Windows 8

Posted by beye on , under | komentar (0)





Kali ini, Microsoft tampaknya bakal berhasil dengan Windows 8 mereka. Pusat-pusat penelitian mereka di seluruh dunia sedang mengembangkan teknologi untuk sistem operasi masa depan tersebut.

Suasana pada Konferensi Microsoft PDC (Professional Developer Conference) awalnya terasa cerah. Namun, kemudian wajah Steven Sinof­sky, President of Windows and Windows Live Division, menjadi membatu. “Apa yang Anda rencanakan untuk Windows 8 yang baru?”, tanya seorang reporter. Sinofsky terdiam sebentar. Reporter kembali mengulangi pertanyaannya. Akhirnya, Sinofsky menjawab, “Saya tidak me­nga­takan apa-apa. Windows 8? Itu Anda yang bilang, bukan saya.” Microsoft tetap tidak mau berkomentar walaupun beberapa detail tersebut bocor ke publik. Namun, detail tersebut hanya menyangkut perubahan de­ngan interface, bukan teknologi di baliknya.

Walaupun Microsoft tampak diam, secara internal mereka sudah berkonsentrasi dengan Windows 8. Berdasarkan bocoran dari pegawai mereka, ada dua skenario untuk jadwal release Windows 8. Dalam blog-nya, seorang developer menye­butkan 1 Juli 2011 sebagai awal dari Lifecycle Support. Saat ini, ia tidak lagi bekerja di Microsoft. Sumber lain, yang berasal dari sebuah presentasi, mengungkapkan bah­wa jadwal RTM (Release to Manufacturing) Windows 8 sekitar tahun 2012.

Salah satu alasan bagi Microsoft untuk tidak berkomentar seputar Windows 8 mungkin disebabkan oleh trauma Vista.
Banyak yang berharap Windows 8 dapat menghadirkan tekonologi yang tepat di masanya. Sepertinya, desakan tersebut muncul lantaran kesuksesan Windows 7 itu sendiri, sampai-sampai pengguna tidak ingin versi Windows yang lebih dari Windows 7. Menurut Forrester Research, hanya satu persen dari selu­ruh perusa­haan di AS dan Eropa yang mau melewatkan Windows 7 untuk menunggu versi selanjutnya. Selebihnya, 99 persen pasti meminta agar Microsoft tidak terburu-buru untuk mengganti Windows 7 menjadi Windows 8.

Tidak mengherankan bahwa seorang pegawai Microsoft melalui blog-nya (saat ini, postingan blog tersebut telah dihapus) mengungkapkan bahwa Windows 8 benar-benar berbeda dan pengoperasian komputer akan menjadi revolusi. Banyaknya keinginan untuk melakukan perubah­an merupakan suatu kebutuhan karena hardware platform untuk Windows saat ini semakin terkikis. Komputer mini, mulai dari smartphone sampai dengan iPad, saat ini merajai pasar dan banyak di antaranya yang tidak lagi menggunakan prosesor Intel, melainkan prosesor ARM yang tidak dapat menjalankan Windows.

Untuk Windows 8, Microsoft harus melakukan perubahan yang lebih besar. Panduan yang diperlukan untuk itu sudah tersedia berkat proyek-proyek penelitian mereka yang bertebaran di seluruh dunia. Mereka hanya tinggal menerapkannya saja. Paling tidak, terdapat empat proyek Microsoft yang menarik untuk masa depan Windows.

Sistem operasi Barrelfish: Jalan pada semua hardware
“Kami hanya ingin melihat apakah sistem ini berfungsi”, jelas Andrew Baumann (developer) mengenai sistem operasi Barrelfish yang dikembangkan bersama dengan Universitas Zürich. Kelebihan Barrelfish terletak pada multikernel. Multikernel dirancang untuk berjalan pada beberapa prosesor sekaligus serta bekerja sama de­ngan prosesor lainnya, seperti GPU dari graphics card. Developer menyebut konsep mereka sebagai Multikernel OS, berbeda dibandingkan dengan monokernel pada Windows, Mac OS, dan Linux.

Barrelfish akan mengatur setiap core prosesor menjadi satu kernel. Setiap kernel bekerja sebagai node dalam sebuah jari­ngan core. Setiap node terdiri atas dua elemen. Elemen pertama bekerja dalam User Mode dan mengorganisir tugas-tugas untuk dan antar-CPU. Elemen ini identik dalam setiap kernel. Elemen lainnya akan mengambil peran Hardware Interface dan berfungsi sebagai CPU driver. Interface tersebut akan disesuaikan dengan hardware, misalnya command set dan karakteristik sebuah prosesor x86, ARM, ataupun GPU.
Manajemen distribusi CPU resource pada Barrelfish berbeda dibandingkan de­ngan Windows. Pada Windows 7, Microsoft mengoptimalkan Centralized Dispatcher Lock yang berguna untuk manajemen proses sehingga bottleneck tidak terjadi lagi ketika sistem harus bekerja dengan 8 atau 16 core. Oleh sebab itu, Windows 7 dapat berjalan pada sebuah komputer yang memiliki sampai 256 CPU. Namun, semakin banyak core, semakin kecil optimalisasi kinerja yang diperoleh.
Barrelfish mengatasi masalah ini secara lebih sistematis. Di sini, beberapa Dispatcher, satu untuk setiap Kernel, saling menyesuaikan satu sama lain. Komunikasi antara masing-masing kernel berlangsung melalui Remote Procedure Calls dengan mengalokasikan memory area bersama. Dengan mekanisme ini, jumlah dan jenis CPU yang digunakan tidak lagi memiliki batasan. Performa Barrelfish akan bertambah sesuai dengan jumlah CPU.
INI YANG DITAWARKAN WINDOWS 8: 

Banyak konsep dalam Barrelfish yang melangkah jauh ke depan. Namun, hanya dua yang terlihat menarik, yaitu kemudahan porting Barrelfish terhadap prosesor tipe lain, seperti prosesor ARM. Selain itu, Barrelfish menggunakan GPU melalui kernel terpisah pada saat dibutuhkan. Di sini, terdapat keuntungan performa untuk tugas-tugas spesifik yang sebelumnya kurang dapat direalisasikan. Namun, Barrelfish tidak menyediakan solusi otomatis untuk porting software yang diprogram dengan C atau C++ ke tipe prosesor lain.

Singularity OS: Sistem anti-crash
Teorinya, Bluescreen selalu dihubungkan dengan Windows. Walaupun sudah berkurang, tetap saja tampilan biru masih muncul pada Vista dan Windows 7. De­ngan Singularity, Microsoft mengembangkan sebuah sistem yang tidak lagi mengenal Bluescreen. Tidak ada lagi istilah crash. “bahkan dalam environment yang tidak bersahabat sekalipun”, menurut pengembang Microsoft, Galen Hunt. Singularity dapat mengatasi masalah ini, karena sistem dipisahkan oleh software dengan proses yang sedang berjalan dan tidak dapat mengakses hardware.

Isolasi software hanya berfungsi pada program-program yang dijalankan dalam sebuah runtime environment, seperti aplikasi Java dan .NET. Runtime bertugas agar kode program tidak “terputus” dan tidak menghasilkan buffer overflow yang menyebabkan crash. Jadi, Singularity dapat mengatasi risiko yang muncul dari aplikasi yang kurang baik di program atau bahkan malware sekalipun.
Sayangnya, konsep tersebut tidak diterapkan secara penuh untuk Windows. Umumnya, program-program yang berhubungan dengan pengguna ditulis dalam bahasa, seperti C atau C++. Lantaran program tersebut langsung dijalankan dalam CPU, secara prinsip performanya menjadi lebih baik. Windows terproteksi dari potensi risiko yang dapat ditimbulkan oleh program. Program berjalan dalam User Mode CPU sehingga tidak memiliki banyak akses. Namun, langkah proteksi ini meminimalkan lompatan performa dari bahasa program tersebut.

Windows mencadangkan Kernel Mode untuk fungsi-fungsi sistem yang penting. Namun, Singularity dapat menjalankan semua aplikasi secara terproteksi dalam Kernel Mode. Walaupun dalam runtime environment, performa yang diperoleh masih sebaik program-program C pada Windows 7.
INI YANG DITAWARKAN WINDOWS 8: Sebelumnya, Kernel Mode hanya digunakan Windows untuk komponen hardware dari sistem operasi terutama driver hardware. Dengan software isolation, system service seperti interface COM yang digunakan terutama untuk ActiveX, juga dapat berjalan dalam mode ini. Untuk itu, komponen sistem tersebut ditransfer, misalnya ke dalam .NET Framework. Hasilnya, sistem menjadi lebih stabil, sehingga serangan malware dapat diminimalkan.
Browser Gazelle: Terlindungi dari serangan Internet
Browser ini merupakan aplikasi sentral dalam sistem operasi dan mungkin satu-satunya bagi kebanyakan pengguna. Tidak mengherankan ini memicu pertaru­ngan untuk membuat browser yang paling cepat dan aman. IE9 bakal diluncurkan pada akhir 2010 ini, mendahului kemunculan Window 8. Browser untuk Windows 8 nantinya adalah IE10.

Generasi IE9 secara teknis masih menyempurnakan kekurangan yang terdapat pada browser-browser sebelumnya. Performanya semain ditingkatkan de­ngan memanfaatkan resouce tambahan, seperti cadangan dari graphics card. Arsitektur browser lebih aman dengan menjalankan plugin ke dalam proses terpisah. Namun, browser tidak terlindungi dari serangan-serangan yang berkaitan, misalnya pencurian data. Cross Site Scripting berlangsung antara browser dan website. Jangan kaget, jelas Helen J. Wang yang memimpin Browser Project Gazelle di Microsoft. Generasi awal browser tersebut belum dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
Oleh sebab itu, Gazelle tidak hanya memperhatikan macam-macam bahasa program, melainkan juga sumbernya. Gazelle dapat menjalankan JavaScript dari sebuah website yang terpercaya, seperti www.chip.co.id secara normal. Namun, bila script code di-load dari sumber-sumber di luar website CHIP, Gazelle akan menjalankannya dalam proses terpisah dengan hak akses terbatas.

Windows 8 Siap untuk Teknologi Baru
Dengan sistem operasi mendatang ini, Microsoft memiliki kesempatan untuk mengganti sebagian atau seluruh komponen sistem yang tidak aman dan usang.
64 Gantikan 32 bit: Windows 8 hanya akan ditawarkan untuk sistem 64 bit. Versi lain tidak efektif untuk hardware yang modern. Apalagi, software 32 bit masih tetap berjalan secara normal.
EFI Gantikan BIOS: Penerus BIOS, EFI, sudah mendukung sistem 64 bit dari Windows Vista dan Windows 7. Untuk Windows 8, Microsoft memianta produsen hardware agar membuat driver yang kompatibel dengan EFI untuk motherboard mereka.
.NET Gantikan COM: Sampai saat ini, program-program masih menggunakan interface COM untuk berkomunikasi dengan komponen sistem. Aplikasi komponen-komponen yang sensitif, seperti ActiveX, ke dalam .NET Framework mampu meningkatkan keamanan sistem.
MF Gantikan DirectShow: Mulai versi 8, Windows hanya menggunakan Media Foundation (MF) sebagai ganti DirectShow untuk repoduksi multimedia. MF menawarkan stabilitas dan performa yang lebih baik berkat Hardware-Acceleration melalui GPU.
Dari arsitektur ini, Gazelle menjadi seperti sebuah sistem operasi mini. Oleh sebab itu, namanya saat ini disebut ServiceOS. Dengan sistem ini, Gazelle juga dapat menjalankan file-file EXE, yaitu native code, dan juga mengaktifkan hardware eksternal seperti sebuah webcam atau GPS.
INI YANG DITAWARKAN WINDOWS 8: Konsep keamanan pada Gazelle maju selangkah, namun belum diimplementasikan dalam browser dan belum bisa membuat web menjadi zona yang aman. Arsitektur ini juga dapat diterapkan untuk IE10, tanpa harus menjadikan browser sebagai sistem operasi kedua, seperti yang didesain untuk Gazelle sebenarnya.
Package ManagementCoApp: Tidak ada lagi masalah software
Umumnya, program dikembangkan untuk platform Windows karena sistem operasi ini berjalan pada hampir 95 persen PC yang ada. Walaupun demikian, dukungan software sebenarnya bisa lebih baik, terutama untuk aplikasi-aplikasi open source. Banyak pengembang yang menganggap bahwa program-program yang kebanyakan merupakan open source untuk platform Linux, sulit untuk diporting ke platform Windows. Masalahnya sering terjadi saat software yang telah di-compile hendak menggunakan beberapa fungsi dalam DLL tertentu. Apakah programmer menemukan fungsi tersebut dalam versi yang sesuai pada setiap Windows. Tidak ada yang tahu.

Proyek CoApp dapat mengatasi masalah ini. Programer Microsoft, Garrett Serack, berencana untuk mengembangkan sebuah Packet Manager untuk platform Windows, seperti yang tersedia dalam dunia Linux. CoApp dikembangkan sebagai proyek open source. Menurut Serack, proyek ini baru dapat diaplikasikan dalam satu sampai dua tahun mendatang. Sebenarnya, proyek tersebut dirancang untuk Windows 8, namun juga dapat berjalan pada XP, Vista, dan Windows 7.
Starting point dari CoApp adalah Windows Side by Side (WinSxS). Berkat komponen sistem ini, berbagai versi DLL dapat bekerja sama satu sama lain. Saat sebuah software ter-install, melalui sebuah Manifest, software tersebut dapat menjelaskan versi DLL yang diperlukan. Apabila manifest tidak me­nyediakannya, Windows mengambil DLL versi yang standar.
Akhirnya, CoApp menawarkan sebuah platform untuk meng-compile source code program ke dalam Windows tanpa masalah. Bagi pengguna, ini berarti lebih banyak program open source dalam versi terbaru dan pengguna memiliki modul terpusat sehingga program dapat diaktualkan dengan mudah dan aman.
INI YANG DITAWARKAN WINDOWS 8: Versi Windows mendatang, tidak hanya meng­adaptasi proyek CoApp, melainkan juga diperluas menjadi software komersil. Bisa saja, sistem ini menjadi dasar untuk platform aplikasi sendiri. Sepertinya akan ada banyak lowongan pekerjaan baru. Untuk Windows 8, pada awal tahun, Microsoft mencari programer untuk kembali mengembangkan Update Client. Selanjutnya, Windows 8 akan menyediakan update dari produsen software yang sudah terpercaya, seperti pada driver hardware saat ini. Jadi, lubang keamanan terbaru, misalnya dalam Ado­be Reader, dapat ditutup dengan cepat.
KESIMPULAN: Microsoft mengembangkan sederetan proyek yang diharapkan dapat me­nyempurnakan core Windows agar performanya lebih cepat, serbaguna, dan aman. Itulah yang dijanjikan oleh Windows 8. Kemungkinan, Microsoft ingin membuat sebuah sistem operasi untuk semua platform, mulai dari smartphone sampai dengan komputer desktop. Tujuannya, kembali mendominasi pasar.reza.wahyudi@chip.co.id
Source :
http://chip.co.id/articles/featured/2010/12/03/coretan-pertama-untuk-windows-8/

Related Posts with Thumbnails