Latest News

Inilah Hotel Tertua, Usianya 1000 Tahun Lebih

Posted by beye on Sabtu, 22 Desember 2012 , under | komentar (0)



Hotel apa yang tertua di dunia? Ryokan Hoshi di Onsen Awazu Komatsu, Ishikawa, Jepang. Menurut Guinness Book of World Record sudah berdiri lebih dari 1300 tahun lalu. 

Kisahnya bermula di tahun 717. Seorang biksu, Taicho Daishi bermimpi bahwa ia diperintahkan dewa penjaga Gunung Hakusan untuk menemukan mata air panas di desa Awazu.







Kemudian sang biksu pergi ke desa tersebut bersama muridnya, Garyo Hoshi. Dengan bantuan penduduk desa mereka akhirnya berhasil menemukan lokasi mata air panas seperti terlihat dalam mimpi. Setelah ditemukan, biksu ini menyuruh penduduk desa yang sakit mandi di mata air dan konon mereka langsung sembuh.

Taicho memerintahkan muridnya membangun tempat perawatan (semacam spa) di atas lokasi mata air. Sejak itulah, sang murid Garyo Hoshi menjalankan usaha penginapan secara turun-temurun.






Saat ini Zengoro Hoshi, sebagai generasi ke-46 yang menjalankan bisnis hotelRyokan Hoshi. Hotel ini sudah berkembang hingga memiliki 100 kamar dan bisa menampung sekitar 450 tamu di dalamnya.

Ada beberapa hal unik di hotel tertua ini. Pertama, bangunan-bangunan yang ada diRyokan Hoshi diberi nama sesuai musim yang berlaku di Jepang, yaitu:

Shinshun no Yakata (awal musim semi/akhir musim dingin).
Haru no Yakata (musim semi)
Natsu no Yakata (musim panas)
Aki no Yakata (musim gugur).

Kedua, tamu yang datang ke hotel akan diberikan pakaian tradisional "Yukata". Suasanya diciptakan seperti Jepang tempo dulu. Cocok bagi orang yang ingin mencari ketenangan di tempat ini.








Sumber:

Mengapa Sebuah Desain Sering Memakai "Lorem Ipsum"?

Posted by beye on Jumat, 21 Desember 2012 , under | komentar (0)




Disaat menggunakan template pada suatu aplikasi berbasis desain,  kita pasti menjumpai kata lorem ipsum dolor sit amet. Kurang lebik kata-katanya seperti ini : 
 
"Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum."  

 


Lorem ipsum mulai diciptakan pada tahun 1500, lebih dari 5 abad yang lalu. Sejak awal Lorem Ipsum ini memang dirancang sebagai contoh tulisan yang biasanya untuk mengetahui tata letak dari sebuah karya cetak.

Lorem ipsum ini menjadi terkenal ketika Letraset sheets diluncurkan pada tahun 1960. Aldus Pagemaker juga turut membuat lorem ipsum menjadi terkenal ketika mereka mengeluarkan Aldus PageMaker versi Lorem Ipsum.

Tapi apakah huruf ini dibuat dengan acak?? Sama sekali tidak. Lorem Ipsum ini adalah kalimat dari sebuah karya latin yang dibuat pada tahun 45 BC! 2000 tahun yang lalu.

Lebih tepatnya Lorem Ipsum ini berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 sebuah buku berjudul “de Finibus Bonorum et Malorum (The Extremes of Good and Evil) karya Cicero.

Lalu kenapa Lorem Ipsum ini dipakai? Tulisan yang terlihat seperti tulisan acak dan tidak bisa dibaca ini dipakai untuk mengalihkan perhatian pembaca dari membaca tulisan di contoh layout buku atau website.

Dengan memberikan tulisan yang tidak bisa dibaca, orang akan lebih intens melihat layout dibandingkan dengan membaca tulisan yang ada di layout itu tanpa harus kehilangan esensi dari layout yang dilihatnya.




 


Orang Ini Menemukan Rp. 1,15 Milyar Di Tempat Sampah

Posted by beye on , under | komentar (0)



Seorang pekerja di tempat pembuangan sampah di Jepang menemukan uang sebesar 120.000 dolar Amerika (sekitar Rp1,15 miliar) di dalam sebuah tempat pembuangan sampah (TPS).

Dia menambahkan bahwa ditemukan juga robekan uang kertas sebanyak 2.300 lembar yang dihancurkan oleh mesin di tempat tersebut yang sedang memproses limbah besar, seperti lemari dan bahan-bahan matrial, yang tidak dapat dikumpulkan oleh garasi pengangkut.



abc.net.au


Polisi menduga pemilik uang tersebut lupa uangnya berada di sana ketika mereka membuang furnitur tersebut.

“Kami yakin bahwa ini bukan kejahatan, meskipun kami harus mengatakan bahwa kami tidak mengetahui tentang uang itu,” ujar juru bicara.

Uang itu ditemukan pada Senin. Jika tidak ada seorangpun yang datang dalam tiga bulan, tempat pembuangan sampah itu akan memiliki hak untuk mengklaim uang tersebut, ujar juru bicara. 

Wah, pasti setelah berita ini tersebar, kantor polisi tersebut bakal kebanjiran telepon mengaku jadi pemiliknya. Mungkin kasus ini bisa jadi pelajaran agar teliti sebelum membuang sampah.







Sumber:

Fobia Takut Terbang, Burung Hantu Ini Mendekam di Rumah

Posted by beye on Kamis, 20 Desember 2012 , under | komentar (0)



Seekor burung hantu memiliki fobia terbang atau takut terbang yang disebut agrofobia. Burung hantu ini akhirnya dibuatkan rumah dari bata oleh pemiliknya.

Gandalf, burung hantu berbulu abu-abu ini takut terbang di tempat terbuka sehingga pemiliknya membuatkan rumah dengan bata merah di dalam gudang. Gandalf, sekarang menghabiskan hari-harinya melihat dunia luar hanya dari jendela rumahnya.


"Dia sedikit penakut, karena ia tidak bisa terbang di tempat terbuka. Ketika kami pindah ke sini kami sudah menempatkannya di gudang. Dia tidak mau terbang dan hanya bisa melihat burung-burung lain diluar sana," ujar sang pemilik Janet Southard, seperti dikutip dari Orange.

Fotografer amatir, Mark Bridger mengaku sempat kaget dan sedikit ketakutan ketika melihat wajah bulat besar di jendela. Sedikit aneh melihat burung yang seharusnya berada di alam bebas, justru lebih sering menghabiskan waktunya di dalam bangunan di Liverpool, Inggris.

"Saya sedang melihat sekeliling dan saya melihat wajah di jendela, kemudian menyadari bahwa itu adalah burung hantu. Ini mengejutkan saya!" ungkap pria berusia 44 tahun ini.


Sumber :

Menciptakan Robot Berawal Karena Ilmuwan Muslim ini

Posted by beye on , under | komentar (0)




Bicara soal robot, tak ayal kita juga akan mengingat Negara Jepang sebagai pelopor industri robot-robot cerdas dewasa ini. Tetapi  siapa orang yang pertama kali menemukan sistem robotika modern?

Ibnu Ismail Al Jazari, lahir di  Al Jazira, tepatnya antara Sungai tigris dan Efrat. Nama lengkapnya Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad kedua belas.

 hamariweb.com

Seperti ayahnya ia mengabdi pada raja-raja Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200 sebagai ahli teknik. Di masanya, Al Jazari yang telah mampu menciptakan robot manusia (humanoid) yang bisa diprogram. Al Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.

Ada pun mesin robot yang diciptakan Al Jazari kala itu berbentuk sebuah perahu terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik; dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan peniup seruling. Robot ini diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam suatu acara jamuan minum.

Sebagai robot pemain musik, tentu saja mereka pun ahli menghasilkan suara musik yang indah. Misalnya saja, robot penabuh drum dapat memainkan beragam irama yang berbeda-beda. Jadi, robot itu pun bermain musik seperti manusia sungguhan!

robot musik / en.wikipedia.org

Penemuan penting lainnya dari Al Jazari adalah pencuci tangan otomatis. Keran tersebut bekerja otomatis bisa mengeluarkan air tanpa harus diputar. Sistem pencuci tangan yang dikembangkan Al Jazari itu juga digunakan saat ini dalam sistem kerja toilet moderen.

Teknologi yang dikembangkan Al Jazari mencapai 50 jenis dan semua ditulis dalam kitab yang berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices"

Seorang ahli teknik Inggris, Donal Hill begitu kagum dengan pencapaian Al Jazari. Ia berpendapat, ”Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, ia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin."


Replika jam gajah di museum London / freeartlondon.wordpress.com


Salah satu karya Al Jazari yang membuat Donald Hill kagum adalah jam gajah - diciptakan sekitar tahun 1206. Cara kerjanya dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkan secara otomatis sistem mekanis, yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Replika jam gajah dapat dilihat saat ini di London Science Museum.

Pada acara World of Islam Festival yang diselenggarakan di Inggris pada 1976, banyak orang yang berdecak kagum dengan hasil karya Al-Jazari. Ketertarikan Donald Hill terhadap karya Al-Jazari membuatnya terdorong untuk menerjemahkan karya Al-Jazari pada 1974, atau enam abad dan enam puluh delapan tahun setelah pengarangnya menyelesaikan karyanya.
Tahukah kamu bahwa menurut Encylopedia of Britanica, Leonardo Da Vinci mendapat banyak pengaruh ilmu dari Al Jazari...




Tips Cara Memperkuat Sinyal Wifi Darurat

Posted by beye on , under | komentar (0)



Kadangkala sinyal wifi tidak menyebar merata, sehingga kegiatan berinternet jadi lambat. Sinyal lemah dapat disebabkan beberapa sebab. Jarak antara WiFi router yang terlalu jauh, tembok yang tebal, keberadaan obyek metal bisa saja menjadi penyebabnya.

Ada sebuah cara yang terbilang cukup mudah guna mengatasinya. Yang dibutuhkan hanya kaleng bekas minuman ringan. Bagi yang suka mengikuti artikel pakar TI Onno W. Purbo pasti sudah memahaminya.

Singkatnya, beginilah caranya:

1. Ambil kaleng bekas minuman, potong melingkar bagian atas dan bawahnya.







2. Sisakan beberapa centimeter.






3. Lalu potong lagi sisi badang kaleng menjadi dua bagian






4. Bentangkan bagian badan kaleng yang sudah terbagi dua






5. Taruh bagian bolong di atas kaleng pada antena modem.




6. Viola, selesai. Semoga sinyalnya bertambah kuat sekarang





Sumber:
merdeka

Dengan Alat Ini Membuat Pipis Jadi Menyenangkan

Posted by beye on Rabu, 19 Desember 2012 , under | komentar (0)



Ide awalnya datang dari toilet di bandara Schiphol, Amsterdam. Di sana, urinoir dilukisi gambar yang bertujuan agar para pria yang buang air seni di sana punya sesuatu sebagai target. Dengan demikian, kerja petugas kebersihan juga jadi lebih ringan karena tidak banyak urin berceceran di lantai.


Namun, sebuah perusahaan asal Inggris menghadirkan inovasi lebih lanjut. Mereka mendesain urinoir yang dilengkapi dengan layar video. Lewat layar ini, pria yang buang air kecil di sana bisa mengarahkan urinnya ke kiri dan kanan, mengontrol karakter mereka bermain ski es menuruni bukit. 


Dikutip dari DailyMail, Captive Media, perusahaan yang mengembangkan game berbasis urin ini membutuhkan waktu 4 tahun untuk mengembangkannya. Alat ini pun didesain tahan air, tahan guncangan dan menggunakan layar yang rapat. 

Sistem itu bekerja dengan menggunakan sensor gerak yang diarahkan pada "area tembak" di urinoir. Di atas urinoir tersebut ada layar LCD 12 inci di mana pemain bisa melihat game yang sedang mereka mainkan. Berhubung alat ini tidak menggunakan sensor cair ataupun kamera, artinya 'konsol game' ini jadi tidak perlu sering-sering dibersihkan. 

Selain ski es menuruni bukit, ada game lain yang bisa dimainkan oleh si pemilik hajat yakni Breakout, sebuah game klasik yang dimainkan dengan menghancurkan balok-balok, dan sebuah game kuis yang diberi nama Clever Dick. 


Bahkan ada pula daftar high score pada game-game tersebut. Namun demikian, agar berhasil mengalahkan skor para 'gamer' lainnya, seseorang perlu menahan kencing agak lama supaya ia punya 'amunisi' yang cukup untuk bermain game dan masuk ke daftar Hall of Fame. 

Sejauh ini, peralatan ini sudah diuji coba di sebuah pub di Cambridge, Inggris. Para peminum di seluruh Inggris kemungkinan akan dapat menguji coba kemampuannya dalam waktu dekat. 

Terakhir, meski efek higienis yang ditawarkan oleh game ini terhadap ruang toilet sendiri masih perlu dibuktikan, namun Captive Media yakin bahwa alat ini akan membujuk para pria untuk kencing ke arah yang tepat.


Sumber :

Inilah 10 Mobil Antik Termahal Didunia

Posted by beye on Selasa, 18 Desember 2012 , under | komentar (0)



Tidak hanya mobil berteknologi canggih punya harga selangit. Mobil antik pun, walau terlihat sudah 'uzur' tetap punya daya jual tinggi. Tak heran, komunitas penggemar mobil antik semakin menggelembung dari tahun ke tahun. Bagi penggemar otomotif, memiliki mobil antik di garasi sama halnya menaikkan status seseorang.

Dikutip dari laman fastcar yang bekerjasama dengan RAC, inilah daftar harga mobil antik termahal di tahun 2012.


1. 1962 Ferrari 250 GTO






Ferari 1962 ini dinobatkan sebagai mobil antik dengan harga termahal. Bulan Juni 2012 silam terjual seharga USD 35 juta atau setara dengan 337.575 Milyar Rupiah. Kabarnya, penyebab tingginya harga Ferari ini karena hanya ada 39 buah di dunia selama masa produksi dari 1964 hingga 1964.



2. 1957 Ferrari Testa Rossa Prototype




Di urutan kedua ditempati oleh 1957 Ferrari Testa Rossa Prototype. Ini baru prototype, lho. Di sebuah pelelangan terjual USD 16,39 juta atau sekitar 158 Milyar Rupiah. 



3. 1957 Ferrari 250 Testa Rossa



Bila protoype-nya terjual 158 Milyar, maka model resmi 1957 Ferrari 250 Testa Rossa laku seharga USD 12,4 juta (119 Milyar Rupiah) pada tahun 2009. Hanya ada 22 mobil jenis ini di dunia.



4. 1936 Mercedes-Benz 540 K Spezial Roadster




Seri mobil Jerman yang satu ini ikut nangkring di posisi 4. Pada suatu lelang di awal 2012 dihargai USD 11,77 juta atau 113 Milyar Rupiah. Mercedes Spezial Roadster ini pertama kali digunakan keluarga bangsawan Prussia di tahun 1936.



5. 1960 Ferrari 250 GT California LWB Competizione Spider




Ferrari 250 Competizione Spider terjual seharga USD 11,275 juta atau setara 108 Milyar Rupiah. Warna menyala dan atap terbuka serta model sport yang elegan, siapa yang tak kepincut?



6. 1968 Ford GT40 Gulf/Mirage




Pada sebuah lelang, Ford GT Mirage ini menjadi mobil dengan harga jual termahal di Amerika Serikat. Yakni USD 11 juta atau 106 Milyar Rupiah.




7. 1961 Ferrari 250 GT SWB California Spyder





Lagi-lagi Ferrari. Di nomor 7 ditempati oleh 1961 Ferrari California Spyder. Chris Evans, seorang host radio terkenal di Inggris yang membayar sebesar USD 10,894,900 atau 105 Milyar Rupiah pada 2008 lalu.




8. 1931 Duesenberg Model J Murphy-Bodied Coupe 




Bodied Coupe ini pertama kali diluncurkan tahun 1928. Bisa jadi inilah mobil berteknologi mutakhir di masanya. Sudah dengan sistem hidrolik, rem vacuum, ukuran yang 'jumbo' diperuntukkan mereka yang berkantong tebal. 

Saat diluncurkan, harga jual mobil ini hanya 5.200 Poundsterling. Tapi, di tahun 2011 harganya melonjak menjadi USD 10,34 juta setara dengan 99,7 Milyar Rupiah.



9. 1931 Buggati Royale Type 41 Kellner Coupe







Akhirnya Buggati masuk jajaran mobil antik termahal juga. Di urutan 9 ini Buggati Kellner Coupe produk tahun 1931 menjadi mobil termahal dengan harga jual USD 9,8 juta pada suatu lelang di London. 



10. 1937 Mercedez-Bens 540 K Spezial Roadster







Bila Spezial Roadster keluaran 1936 ada di peringkat 4, maka di nomor buncit milik 1937 Mercedes-Benz 540K Spezial Roadster. Mobil ini terjual seharga USD 9,68 juta (setara 93 Milyar Rupiah) pada lelang di California tahun 2011.


Dari daftar di atas, terlihat mobil antik model sport dan produk Ferrari merajai pasar lelang dunia. Barulah diikuti pabrikan lain seperti Mercedes, Ford, dan Bugatti. Itulah produsen otomotif paling berkelas yang ada di muka bumi ini.









Sumber:

Ini Cara Membaca Kalender "Kiamat" Maya yang Benar

Posted by beye on , under | komentar (0)



Penyebab salah prediksi tentang kiamat berawal dari hitungan di kalender Maya berakhir pada 21 Desember. Sehingga isu pun berkembang soal kiamat diakibatkan tak ada lagi penanggalan setelah itu. 

Sesungguhnya, kalendar Maya akan mengalami siklus tahunan yang terbaru setelah 21 Desember. Jadi hanya akhir periode saja, sama seperti kita melihat kalender masehi di rumah yang selalu berakhir setelah 31 Desember. 

Lalu, sebenarnya bagaimana membaca kalender suku bangsa yang tinggal di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini? Suku bangsa Maya menciptakan sistem matematika mereka sendiri. Mereka menggunakan rangkai titik dan garis untuk mengidentifikasi angka. Satu titik sama dengan satu unit, lalu satu baris sama dengan lima unit. Terakhir ada kerang yang merefleksikan angka nol.





december2012thefacts.com


Jika angkanya sudah di atas 10, membacanya harus ke bawah atau vertikal. Berbeda dengan angka latin yang membacanya ke kanan atau horizontal. Untuk angka 27, misalnya, dalam tulisan suku Maya akan terlihat tiga titik hitam membentuk segitiga dan satu garis. Artinya, satu garis bernilai lima, lalu dua titik di atasnya bernilai dua. Terakhir, satu titik di baris kedua berarti puluhan kedua, yang artinya 20.

Sistem matematika suku Maya untuk angka 10 hingga 19 menggunakan dua baris dan titik. Jadi, untuk 12 akan ada dua baris dan titik dua, 18 akan ada tiga baris dan titik tiga. Penggunaan angka berbeda dengan simbol untuk kalendar suku Maya.



greatdreams.com



drupal.org




20 Hari Setiap Bulan
Siklus kalender suku yang acap tinggal di kawasan dataran tinggi ini menggunakan sistem Kalendar Tzolk'in. Sebuah siklus dasar dari kalendar suku Maya yang beroperasi selama 260 hari untuk satu siklus. Salah satu teori yang menjelaskan kenapa ada 260 hari adalah dugaan yang berhubungan dengan lamanya kelahiran. Sumber lain menyebutkan bahwa lamanya hari dalam siklus kalendar Maya berkaitan dengan panjang waktu untuk menanam jagung.


ancientx.com


Di kalender suku Maya, ada 20 hari setiap bulan yang disimbolkan dengan gambar bernama glyps. Untuk bulan, ada 13 angka dengan lambang yang disebut tones. Lewat kalender Tzolk'in, suku Maya percaya ada hubungan antara tanggal kelahiran dan karakter seseorang. Ini seperti halnya astrologi yang dipercayai manusia modern.

Orang suci suku Maya juga menggunakan Kalendar Tzolk'in untuk menyelenggarakan upacara agama. Di setiap awal bulan, seorang dukun suku Maya akan menentukan kapan upacara agama dan upacara adat dimulai. Ia kemudian memilih tanggal yang diharapkan menjadi waktu yang paling menguntungkan dan menyejahterakan masyarakat.



3 Macam Kalender
Kalender Tzolk'in dinilai tidak akurat karena tidak menganut sistem perputaran matahari. Maka suku Maya pun tak hanya memiliki satu kalender, ada kalendar Haab dan kalendar lingkaran. Kalendar Haab mirip dengan kalendar Gregorian yang digunakan manusia sekarang.


Ilustrasi kalender Tzolk'in / mayan-calendar.com


Bangsa Maya mengembangkan almanak ini berdasarkan siklus matahari, dan digunakan untuk aktivitas pertanian, ekonomi, dan akutansi. Setiap bulan ada 20 hari dan setiap tahun ada 18 bulan, sehingga total ada 360 hari.

Astronom Maya menyadari bahwa 360 hari tidaklah cukup untuk matahari melalui satu siklusnya. Mereka berdebat apakah kalendar Haab harus mengikuti siklus seakurat mungkin atau tidak. Sebab, ahli matematika suku Maya tak setuju. Mereka ingin yang sederhana saja, seperti pembagian bulan yang 20 hari sesuai dengan sistem matematikanya. Akhirnya, tercapai kesepakatan ada 18 bulan dengan 20 hari, beserta lima tambahan hari tanpa nama.

Bangsa Maya terus berbenah dalam urusan astronomi. Tak puas dengan Haab dan Tzolk'in, bangsa ini mengembangkan kalendar lingkaran, kombinasi dua kalendar sebelumnya. Dalam kalendar ini, 260 hari di kalendar Tzolk'in dibandingkan dengan 360 hari serta lima hari tanpa nama dari kalendar Haab. Hasilnya, sebuah kalendar lingkaran dengan 18.890 nama unik selama 52 tahun.


saturniancosmology.org


Saat itu, kalendar lingkaran menjadi kalendar terlama di Meso-Amerika. Ternyata kalender lingkaran bukan yang terakhir. Pengembangan soal almanak berujung pada kalendar hitungan panjang. Kalendar ini didesain untuk waktu selama 5.125, 36 tahun, sebuah periode waktu yang merujuk sebagai siklus besar. Kalendar hitung panjang dibagi menjadi lima unit. Satu hari (kin), 20 hari (uinal), 360 hari (tun), 7.200 hari (katun), dan 144 ribu hari (baktun).

Antropolog Inggris, Sir Eric Thompson, berusaha mengkonversi kalendar Maya ke kalendar Gregorian, yang dikenal sebagai Thompson Correlation. Para Ilmuwan kemudian berkumpul untuk menentukan tanggal yang cocok sebagai tanggal awal siklus kalendar suku Maya, yaitu 13 Agustus 3114 Sebelum Masehi.

Beberapa tahun terakhir, terjadi salah interpretasi terhadap kalendar hitungan panjang. Pada 21 Desember 2012, versi kalendar Gregorian dibaca menjadi 13.0.0.0.0 dalam kalendar hitungan panjang. Angka ini dianggap sebagai akhir dari siklus besar. Tak ada prasasti suku Maya yang menyebutkan bahwa terjadi kiamat ketika siklus besar berakhir.

Kejadian yang berhubungan dengan angkasa hanyalah posisi matahari. Untuk pertama kalinya selama 25.800 tahun, matahari akan sejajar dengan pusat galaksi, bimasakti. Peristiwa ini, menurut astronom, tidak akan mempengaruhi bumi. Yang jelas, siklus baru kalendar maya tetap berjalan.











Sumber:

Inilah Airbag untuk HP, Jadi Anti Jatuh

Posted by beye on Senin, 17 Desember 2012 , under | komentar (0)



Amazon bisa jadi jadi produsen pertama yang bakal menjual handphone tahan banting, karena produk tersebut dilengkap dengan airbag. Sang CEO, Jeff Bezos telah mengumumkan dengan resmi soal paten ini. 

Daya kerja airbag ini serupa dengan yang terpasang pada mobil. Jadi, kalau seseorang sengaja atau tidak menjatuhkan handphone, maka accelerometer secara aktif mendeteksi apakah jatuh terlalu cepat atau tidak. Bila ya, airbag yang terpasang pada beberapa bagian akan mengembang dan meredam efek jatuhnya.






Menurut Vice President Amazaon, Greg Heart, paten terbaru ini bisa dipakai untuk membuat handphone berteknologi airbag. Kalau tidak, ide tersebut akan dipakai oleh produsen lain dengan membayar lisensi ke Amazon.

Bagaimanapun, banyak pihak yakin airbag ini akan digunakan pada produk Amazon seperti Kindle keluaran terbaru. 

Yang jadi pertanyaan, airbag pada mobil biasanya tak berfungsi lagi setelah terjadi kecelakaan. Bagaimana dengan airbag pada handphone, apakah setelah mengembang lalu bisa kembali menyusut dan bisa berguna lagi setelah itu? Kita tahu, seringkali handphone tidak hanya jatuh sekali, melainkan berulang-ulang. Apakah teknologi ini benar-benar berguna? Tunggu saja perkembangan selanjutnya...






Sumber:

Related Posts with Thumbnails