Latest News

Inilah Foto Langka dari Virus-virus yang Paling Mematikan di Dunia

Posted by beye on Sabtu, 15 September 2012 , under | komentar (0)




Sepintas Anda mungkin menganggap gambar-gambar berikut sebagai sebuah karya seni modern, namun faktanya foto-foto ini sebenarnya menunjukkan beberapa virus paling mematikan yang ada di dunia. Termasuk diantaranya antrax dan ebola.

Gambar-gambar menakjubkan ini diambil oleh para fotografer sains di Eye of Science, Jerman, Mereka mengambil koleksi sampel dari Science Photo Library di London.

Kemudian, sampel tersebut diabadikan menggunakan teknologi fotografi terbaru yang memungkinkan setiap materi super kecil diperbesar hingga lebih dari 18 ribu kali.

Salah satu contohnya adalah foto virus yang menyebabkan wabah Black Death di Eropa sekitar tahun 1664-1665. Contoh lainnya adalah virus yang menyebabkan wabah SARS, yakni penyakit paru-paru fatal yang pertama kali merebak di China tahun 2002.

"Di masa lalu, gambar ini akan digunakan semata-mata untuk penelitian," ujar Mark Abbott dari Photo Library Science.

"Beberapa gambar telah dibandingkan dengan karya seni dan bahkan direproduksi dalam buku-buku seni. Kami mendapat respon yang luar biasa. Itu benar-benar membantu untuk berbagi ilmu dengan masyarakat umum, terutama anak-anak."
Bakteri e-coli, diperbesar menjadi 17 ribu kali.

Virus polio ini diperbesar hingga 90 ribu kali.

Virus influenza, diperbesar hingga 230 ribu kali.

Virus SARS (berwarna merah), diperbesar hingga 56 ribu kali.

Virus ebola, diperbesar hingga 12.500 kali.

Virus cacar, diperbesar hingga 28.500 kali.

Bakteri meningitis, diperbesar hingga 33 ribu kali.

Streptococcus pneumoniae, menyebabkan penyakit pneumonia.

Bakteri Plague, penyebab wabah Black Death di Eropa pertengahan abad ke-14.

Bacillus anthracis bacteria, bakteri penyebab wabah antrax.

Bakteri tubercolosis, jika mencapai paru-paru akan menjadi fatal.

Borrelia burgdorferi, menyebabkan penyakit lyme pada manusia.

Inilah 10 Pasukan Perang Khusus Terbaik di Dunia

Posted by beye on Jumat, 14 September 2012 , under | komentar (0)




Daftar ini dilihat dari 10 dari pasukan khusus dari seluruh dunia yang memiliki kehormatan yang paling elit dan disegani. Jangan ragu untuk menyebutkan favorit sobat sendiri di kotak komentar dibawah.
10
Spetsnaz
B0113
Setara dengan US Green Baret, kegiatan sehari-hari mereka adalah berlatih extra keras dan terus menerus. Mereka bisa berhenti kapan saja mereka inginkan. Para Spetsnaz hanya pasukan terpilih, kuat fisik, pembunuh, ahli tempur dan berpengetahuan luas.
Mereka berlatih hingga melukai satu sama lain, tulang rusuk patah, jari, tulang belakang, penyembuhan bisa cukup lama untuk kembali dan menyelesaikan latihan. Mereka biasanya dikerahkan untuk perang khusus dan pengintaian, tetapi juga bekerja sebagai pengawal yang sangat tangguh untuk politisi tingkat tinggi.
Mereka mengklaim bahwa mereka tidak diajarkan untuk mengabaikan rasa sakit, yang ada diotak hanya latihan dan jalankan misi dengan sempuran.
9
French Naval Commandos
French Navy Commandos
Mereka menyebut diri mereka dengan sebutan “baret verts,” atau “baret hijau,” dan terdiri dari 6 unit: Hubert, Trepel, de Montfort, de Penfentenyo, Jaubert, dan Kieffer. Setiap unit dilatih untuk tugas-tugas khusus, bisa tugas berupa menyelam, pertempuran laut, exfiltration, unit anjing, atau mengintai, termasuk penembak jitu dan peluncur rudal. Mereka banyak didirikan atas perintah Jacques-Yves Cousteau, yang tidak lain adalah seorang perwira angkatan laut dalam Perang Dunia II.
8
MARSOC
Marsoc Bow-Thumb-500X342
Saat ini, hanya laki-laki yang diperbolehkan untuk bergabung dengan U. S. Marine Corps Forces Special Operations Command. Misi utama biasanya berupa pengintaian khusus, aksi langsung, dan pertahanan internal dari negara-negara asing.
Rejimen pelatihan mereka adalah terdiri dari 4 tahap, peningkatan strenuousness. Tahap 1 adalah SERE pelatihan, bertahan hidup hidup, penghindaran, perlawanan, dan melarikan diri. Mereka dilatih untuk membuat api oleh gesekan, api oleh cermin, bahkan api dengan es, tergantung pada lokasi yang hadapi.
Mereka mulai latihan kebugaran fisik, berlatih seni bela diri yang paling fungsional: Jeet Kune Do, Wing Chun, Karate, Jiu-Jitsu, bahkan Pankration.
Ini hanya tahap 1. Tahap 2 adalah keahlian menembak, penghancuran amfibi, pengintai. Tahap 3 adalah contrinuation dari 2, tetapi dengan penambahan dukungan dari lapangan dan data-uplink satelit sistem US. Tahap 4 adalah instruksi “peperangan tidak teratur” , yang merupakan eufemisme untuk “sesuatu berjalan.” Tahap ini terutama terdiri dari operasi Jembatan Derna, yang memaksa merekrut untuk menggunakan semua keterampilan yang diperoleh selama kursus.


7
MI-6
Government
Hal yang paling akrab dengan James Bond dapat ditemukan di personil ecret Intelligence Service, atau Security Service, bagian 6. Ia bekerja dalam kemitraan erat dengan pasal 5 (MI-5), yang merupakan badan mata-mata murni, didedikasikan untuk kontra-intelijen dan kontra spionase.
MI-6 adalah unit yang menyebarkan agen-agennya di seluruh dunia untuk mendeteksi ancaman intelijen internasional dan “menetralisir” mereka sebelum mereka menjadi benar-benar berbahaya. Markas mereka di Vauxhall Cross, London, dan mereka akan memberitahu sobat bahwa tidak ada James Bond di antara mereka, dan bahwa tugas mereka dan misi mereka itu cukup membosankan.


6
U. S. Army Rangers
Armyrangers
Setelah pelatihan Angkatan Darat dasar, para pasukan AS bisa mendaftar sukarela ke dalam Resimen Ranger ke-75 akan melatih mereka untuk lompat parasut HALO, SERE, belajar bahasa, elit combatives, peperangan gunung, gerilya, menyelam, di samping semua pelatihan kualifikasi senjata.
5
U. S. Army Green Berets
Screen Shot 2010-01-11 At 1.53.46 Pm
Itu adalah nama panggilan mereka. Secara teknis mereka adalah U. S. Army Special Forces, yang memakai baret hijau.
Biasanya, Baret Hijau dilatih untuk mengelola “perang tidak konvensional,” yang mencakup area infiltrasi musuh dalam mengantisipasi keterlibatan militer besar-besaran, dan pelatihan populasi ketahanan lokal untuk melawan terhadap musuh. Ini dilakukan di Vietnam Selatan, Irak dan Afghanistan.
Angkatan Darat memilih orang dengan kapasitas 12 atribut, yaitu: kecerdasan, ketahanan fisik, motivasi, jaminan mutu, akuntabilitas, jatuh tempo, stabilitas, penilaian, ketegasan, kerjasama, pengaruh, dan komunikasi.
Akhir pelatihan terdiri dari kursus berbagai daya tahan, membawa ransel yang berat ditambah berjalan lebih dari 40 mil di medan kasar, dan hanya dibekali pisau. Jika masih bisa membuat api, mereka bisa makan ayam matang.
4
The Delta Force
Delta
Didedikasikan untuk menyelamatkan sandera, pemberontakan, dan anti-terorisme. Nama lengkap mereka adalah 1st Special Forces Operational Detachment-Delta, yang dikelola oleh Angkatan Darat. Seleksi ini dilakukan menurut tes ketahanan fisik: sit ups, push ups, diikuti dengan berjalan 3-mil, dalam batas waktu tertentu. Ketika latihan mereka harus berjalan sejauh 18 mil dengan membawa ransel yang sangat berat tanpa disertai peta, mereka hanya di beri kompas dan informasi lisan.
Kemudian psikolog melakukan ujian mental untuk mengeksplorasi mental para pasukan. Jika ia melewati semuanya, ia langsung mendapat pelatihan untuk memulai menjadi anggota Delta Force, selama 6 bulan. Senjata api, persenjataan yang berat, perlengkapan elit akan menjadi milik mereka.


3
Shayetet 13
Speciality Israel02.Gif
Shayetet 13 berarti “armada 13,” dan motto resmi mereka adalah sama dengan militer Israel: “Never Again,” yang merujuk pada Holocaust. Moto tidak resmi mereka, karena mereka suka lelucon, adalah “Ketika akan menjadi sulit, orang-orang Yahudi marah.”
Mereka adalah 1 dari 3 pasukan khusus Israel paling elit, Shayetet 13 adalah unit yang paling mirip dengan Delta Force. Mereka mengkhususkan diri dalam penyelamatan sandera dan kontra-terorisme, dan karena mereka tinggal begitu dekat dengan Amerika Serikat. Mereka sangat rahasia, tetapi misi mereka dipublikasikan. Membunuh adalah sesuatu yang biasa bagi mereka.
2
Navy SEALs
Navy-Seals
Banyak film-film pertempuran yang mengadopsi nama Navy SEALs. Ada sekitar 2.000 dari mereka. Mereka adalah kombatan paling elit di Amerika Serikat. Mereka dilatih di semua bidang di mana pasukan khusus AS lainnya dilatih.
pelatihan SEAL berlangsung lebih dari setahun, dan membutuhkan usia antara 17 dan 28 tahun, penglihatan mata laki-laki tidak lebih buruk dari 20/200, dan tes skrining fisik.
berenang sejauh 500 yd (460 m) menggunakan gaya dada atau gaya renang samping dengan waktu harus kurang dari 12 menit 30 detik.
Setidaknya harus push-up 42 kali dalam 2 menit dengan jumlah yang kompetitif 79 kali atau lebih.
Harus sit-up 50 kali dalam 2 menit dengan jumlah yang kompetitif 79 kali atau lebih.
Setidaknya harus pull-up 6 kali dengan jumlah yang kompetitif dari 11 atau lebih.
berjalan sejauh 1,5 mil (2,4 km) dengan sepatu bot dan celana panjang dengan waktu harus kurang dari 11 menit 30 detik.
Pelatihan sesungguhnya dimulai. Pengkondisian fisik, menyelam, peperangan tanah, selama 24 minggu, kemudian 26 minggu lagi pelatihan kualifikasi SEAL. Kemudian spesialisasi di semua bidang, tim SEAL membutuhkan semua keahlian dari penembak jitu ke spesialis bahasa, memanjat, menyelam, jumpmaster, masuk diam-diam, (breacher door), dll


1
British SAS
Action2Saswindow
The Special Air Service dilatih untuk melakukan sama hal seperti SEAL, tetapi mereka juga dilatih oleh MI-5 dan MI-6 untuk kontra-spionase, seperti James Bond. Kompetensi fisik harus kuat, sehat dan tahan sakit.
Mereka mengenakan baret cokelat, seperti US Army Rangers, baik SAS dan SEAL mereka dilatih dalam pertempuran pisau oleh para ahli teknik pisau di Apache India, serta mereka dilatih beladiri Sayoc Kali, Krav Maga, Jeet Kune Do.


Buah Unik Menyilaukan Ini Paling Berwarna di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)




Buah menyilaukan yang tumbuh di hutan hujan di belantara Afrika, dinobatkan sebagai spesies alam paling berwarna yang pernah dikenal dalam dunia ilmu pengetahuan.

Ia adalah buah dari Pollia condensata, tanaman yang tumbuh dengan ketinggian kurang dari setengah meter di Ethiopia, Angola, dan Mozambik. Buahnya berbentuk bundar, kecil, dengan warna metalik seperti manik-manik. 


Yang istimewa dari kulit buahnya, meski berwarna kebiruan, ia sejatinya tak punya pigmen biru. Riset terbaru yang dimuat di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menyebut, alih-alih memiliki struktur warna, kulitnya merefleksikan gelombang cahaya yang ukurannya berbeda-beda. 

Tiap individu sel menghasilkan warna beragam, yang membuatnya seperti lukisan pointillism, teknik yang dimiliki pelukis impresionis merangkai titik menjadi sebuah lukisan yang utuh. Saat dilihat di bawah mikroskop, kulitnya terlihat berubah warna tergantung dari sudut mana ia diamati. 

Ketebalan lapisan selnya juga menentukan panjang gelombang cahaya yang dipantulkan. Beberapa sel memiliki lapisan tipis yang merefleksikan warna biru, yang lebih tebal menghasilkan warna hijau atau merah.


Dr Beverley Glover dari Department of Plant Sciences, University of Cambridge mengatakan, "Pollia condensata telah berevolusi secara cerdas." 

"Tanaman kecil ini sungguh fantastis, mampu membuat buahnya mengkilap, gemerlapan, multiwarna, menjadi sinyal yang menarik untuk burung di sekitarnya, tanpa membuang cadangan fotosintesis hanya untuk memberi makan burung," kata dia. 

Seperti diketahui, tanaman membutuhkan bantuan mahluk lain, seperti serangga dan burung untuk menebar benih. "Ini evolusi yang sangat cerdas." 


Meski buahnya tak punya nilai gizi, burung-burung tertarik pada warnanya yang terang. Mungkin dianggap indah untuk dekorasi sarang, atau untuk membuat pasangan mereka terkesan. 

Yang juga mengesankan, warna buah Pollia condensata tak pudar oleh waktu. Para peneliti menemukan sampel buah di koleksi herbarium dari abad ke-19, yang masih mengkilap dan berwarna-warni seperti yang ada di alam. 


Jadi inspirasi

Tak hanya menimbulkan decak kagum, Pollia condensata bisa jadi inspirasi untuk manusia. "Dengan mengambil inspirasi dari alam, kita bisa memanfaatkan kecerdasan kita untuk memanfaatkan material yang melimpah, murah, dan berkelanjutan seperti selulosa," kata Dr Silvia Vignolini dari Departemen Fisika University of Cambridge.

Dia meyakini, selulosa seperti pada Pollia condensata bisa digunakan untuk membuat produk pewarna untuk kepentingan industri. Misalnya, menggunakan selulosa berbasis struktur nano dengan warna struktural sebagai pengganti pewarna beracun dan pewarna makanan.


Sumber :

Momen Duka Mendalam Sekelompok Simpanse Atas Kematian Temannya

Posted by beye on , under | komentar (0)




Lebih dari selusin simpanse berdiri dibalik kawat duri tanpa suara sambil menyaksikan dorothy, seekor simpanse yang berumur 40 tahun lebih, sekarat akibat gagal jantung. Ini adalah foto yang sangat menyentuh dan mungkin tidak pernah anda saksikan sebelumnya.


Para simpanse tersebut berasal dari pusat penyelamatan simpanse Sanaga Yong di Kamerun. Para penduduk lokal bekerja ditempat itu sebagai sukarelawan perawat atau "care givers" bagi para simpanse yang telah menjadi yatim piatu akibat perburuan liar.

Foto yang luar biasa ini diambil pada tanggal 23 September 2008 oleh Monica Szczupider yang bekerja di pusat penyelamatan itu. Menurut Monica, Dorothy sudah berada di pusat penyelamatan itu selama 8 tahun dan ia adalah tokoh penting di antara 25 simpanse lainnya.

"Simpanse itu secara alami bukan hewan yang suka berdiam diri. Mereka biasanya suka berteman, suka ribut dan mengeluarkan suara keras dan biasanya sangat sukar membuat mereka untuk memperhatikan sesuatu dalam waktu agak lama." Kata Monica

"Namun hari itu, mereka tidak bisa melepaskan pandangan matanya dari Dorothy dan kesunyian yang terjadi sangat luar biasa."


Sebelumnya, para ilmuwan menolak teori bahwa hewan bisa merasakan emosi dan menyebut teori tersebut sebagai "anthropomorphic" yang berlebihan. Anthropomorphic berarti mengenakan atribut atau sifat-sifat manusia kepada makhluk selain manusia.

Namun sejumlah bukti menunjukkan bahwa mungkin hewan juga bisa merasakan emosi.

Contohnya simpanse di pusat penyelamatan Sanaga Yong seringkali terlihat sedang meratapi kematian keluarga atau anggota kelompoknya dengan cara berdiam diri setelah kematian terjadi.


Bahkan menurut Dr Marc Bekoff, seorang ethologist dari universitas Colorado, burung magpies juga menunjukkan hal serupa. Ketika ada seekor di antara kelompoknya mati, mereka terlihat berduka dan mengadakan upacara penguburan dengan cara menaruh sejumput rumput di samping bangkai sahabatnya.

Sementara para simpanse di Sanaga berdiam diri dari balik kawat berduri, Dorothy dengan lembut diselimuti di tempat tidur yang membawanya ke peristirahatan terakhirnya.

Selamat jalan Dorothy . . .


Sumber :

Asal Usul dan Kisah di Balik Nama Candi

Posted by beye on Kamis, 13 September 2012 , under | komentar (0)




Mengapa warga Sleman, Yogya lebih mengenal nama Candi Jonggrang dibanding nama aslinya, Candi Prambanan? Dan, konon Candi Borobudur awalnya adalah biara? Ternyata banyak cerita menarik di balik nama-nama candi. Beberapa diantaranya sebagai berikut.
1. Candi Prambanan
beingindonesian.com

Berbicara soal Candi Prambanan berarti harus memahami legenda Bandung Bondowoso. Ia adalah orang sakti yang ingin mengawini Puteri Loro Jonggrang, anak Prabu Ratuboko.

Loro Jonggrang tidak mempunyai hati terhadap Raden Bandung Bondowoso. Sebab ayahnya terbunuh di tangan sang Raden. Karena itulah ia mengajukan syarat, bersedia menikah asal Bandung Bondowoso membuat sebuah istana yang berisi seribu arca dalam waktu semalam saja. Konon, Raden Bandung meminta bantuan pasukan jin untuk menyelesaikan tugasnya

Setelah mendengar laporan istana hampir selesai, Puteri Loro Jonggrang memerintahkan para gadis di sekitar Prambanan untuk menumbuk padi dan membakar jerami supaya kelihatan terang pertanda pagi sudah tiba, dan ayampun berkokok bergantian.
 id.wikipedia.org

Mendengar ayam berkokok dan orang menumbuk padi serta di timur kelihatan terang, para jin berhenti membuat candi. Mereka melaporkan pada Raden Bandung Bondowoso bahwa jin tidak bisa meneruskan membuat candi yang kurang satu karena pagi sudah tiba.

Tetapi menurut firasat Raden Bandung, pagi belum tiba. Dipanggillah Putri Loro Jonggrang dan disuruh menghitung candi. Ternyata jumlahnya baru 999 candi, jadi yang belum jadi tinggal satu candi lagi. Sehingga Putri Loro Jonggrak tidak mau dipersunting oleh Raden Bandung.

Karena merasa ditipu dan dipermainkan, Raden Bandung murka dan mengutuk Putri Loro Jonggrang, “Hai Loro Jonggrang, candi kurang satu dan agar genap seribu, engkaulah orangnya”. Aneh bin ajaib, Putri Loro Jonggrang berubah wujud menjadi arca patung batu.

 dewa-krisna.blogspot.com

Legenda ini sangat populer, sehingga penduduk setempat lebih mengenal nama Loro Jonggrang daripada nama Prambanan. Jangan heran, kondektur bus yang menuju tempat wisata ini lebih sering berteriak "Jonggrang...Jonggrang," dan bukan, "Prambanan."

Padahal, nama Candi Prambanan diberikan karena letaknya ada di Desa Prambanan. Lagipula, arca Loro Jonggrang yang ada di candi tersebut sebenarnya menggambarkan Dewi Durga, istri Dewa Siwa.

2. Candi Sari

Tak jauh dari Candi Prambanan, tepatnya di jalan raya Yogyakarta - Solo ada Candi Sari. Mengapa diberi nama demikian? Dulu, saat pertama kali ditemukan, banyak orang terkagum-kagum dengan batu-batu berukir yang jadi bagian dari candi ini.
 kulanuwun.com

Setelah pemugaran selesai, mereka mengibaratkannya dengan kemolekan seorang gadis. Jadinya, sebagai penghormatan pada candi tersebut, diberilah nama Candi Sari. Dalam bahasa Jawa artinya lebih-kurang: Molek.

3. Candi Tikus

en.wikipedia.org

Candi Tikus yang berada di kompleks Trowulan, Jawa Timur diberi nama demikian karena pada awal penemuannya, di sela-sela batu candi yang masih berantakan banyak dijumpai sarang tikus.

4. Candi Asu Sengi
Letak Candi Asu Sengi tidak jauh dari lokasi tempat wisata Candi Gedong Songo yang terletak di dusun Darum desa Candi, Magelang.

kilasbaliknusantara.blogspot.com 

Nama “Asu” berasal dari bahasa jawa yang berarti “Anjing”. Nah, terdapat kekeliruan dengan nama candi ini.  Saat awal ditemukan, situs candi ini belum diberi nama. Namun, di dekat candi ada sebuah arca berbentuk hewan.

Nah, penduduk sekitar menganggap arca itu berwujud anjing, karena itulah diberi nama Candi Asu. Sesungguhnya, arca yang telah hilang dicuri orang tersebut adalah ujud lembu suci, atau arca Nandiswara - atau Nandi. Lembu ini adalah kendaraan Dewa Siwa dalam mitologi Hindu.

5. Candi Wurung


Gundukan tempat Candu Wurung berada /  kilasbaliknusantara.blogspot.com

Di daerah Magelang ada juga Candi Wurung.  Pertama kali ditemukan, masyarakat sekitar menafsirkan bahwa candi itu belum "urung" (bahasa Jawa, artinya "rampung/selesai"). Memang, situs yang satu ini berbentuk gundukan tanah yang berada di tengah sawah. Hanya terlihat onggokan kecil tertutup rumput, seolah candi yang belum selesai dibangun.

6. Candi Borobudur
Nama Candi Borobudur masih terus diperdebatkan hingga kini. Menurut penduduk setempat, Borobudur  bermakna “arca di Desa Budur”. Konon, dulu setiap hari penduduk selalu melihat banyak boro (= arca) di Desa Budur.
 jogjawae.com

Pendapat kedua mengatakan, nama Borobudur berasal dari pohon budur (pohon bodhi atau pohon kehidupan) yang pernah tumbuh subur di sana.

Sementara dari penelitian ilmiah, J.L. Moens,  istilah budur artinya kota Budha. Karena dalam kitab kuno Nagarakretagama penyebutan budur sudah ada.

Lain lagi menurut Poerbatjaraka, ahli epigraf Indonesia, nama Borobudur berasal dari kata biara (tempat suci) dan bidur (tempat tinggi), yang kemudian “diplesetkan” menjadi borobudur.

***

Jadi, sebagian besar candi-candi yang ada di Indonesia hanya sedikit yang dinamakan sesuai dengan apa yang diesebutkan dalam naskah kuno. Artinya, sesuai nama asli. Seperti misalnya saja Candi Jawi, sesuai dengan nama bangunan suci Jajawa. Atau kata "Jajaghu" kini untuk nama Candi Jago - terjadi penyederhanaan nama. Dua nama candi itu disebut dalam kitabNagarakretagama dari abad ke-14.

Kebanyakan pemberian nama candi sesuai wilayahnya, atau dari masyarakat sendiri.





Gunung yang "Tenggelamkan" Kota Atlantis Kini Telah Bangkit

Posted by beye on , under | komentar (0)




Batuan cair menggelegak panas di bawah pulau gunung berapi Santorini, di Laut Aegea, Yunani, tempat di mana salah satu erupsi gunung berapi terdahsyat di Bumi terjadi, dalam kurun waktu 10.000 tahun. 

Letusan itu terjadi sekitar 3.600 tahun lalu. Kala itu sekitar tahun 1620 Sebelum Masehi, Santorini meletus dahsyat, memicu tsunami setinggi 12 meter yang menyapu bersih peradaban Minoa di Yunani, dan mungkin telah melahirkan salah satu legenda yang menyandera imaji manusia: misteri kota Atlantis yang hilang. 


Dan, gunung itu kini menunjukan tanda-tanda kebangkitannya. Dalam 1,5 tahun terakhir, kamar magma di bawah pulau gunung berapi itu menggelembung sebesar 20 juta meter kubik atau 15 kali ukuran London Olympic Stadium -yang digunakan sebagai lokasi pembukaan dan penutupan olimpiade 2012-. Massa magma raksasa juga telah menyebabkan kenaikan pulau setinggi 14 centimeter. Demikian studi terbaru yang dimuat di jurnal Nature Geoscience.

Penelitian terbaru ini menindaklanjuti laporan sebelumnya, yang juga dikeluarkan tahun ini, yang menyatakan kebangkitan aktivitas gempa baru di bawah gunung berapi, setelah ia diam dan tenang selama 25 tahun terakhir.

Laporan tersebut menimbulkan kekhawatiran, gunung itu bisa meletus dalam waktu dekat, meski kapan persisnya itu bakal terjadi, belum bisa dipastikan. 


"Sebelumnya kami sama sekali tidah tahu perilaku gunung api itu selama periode jeda antar erupsi," kata David Pyle, peneliti Oxford University dan salah satu penulis laporan kepada situs sains Our Amazing Planet. "Saat ini, sepertinya ruang magma di bawah gunung berapi seperti Santorini tumbuh makin besar." 

Saat meletus 1620 SM, gunung itu merusak peradaban di Laut Aegea, menghancurkan pulau-pulau di sekitarnya. Dari atas udara, kawah bekas letusannya kini hanya berupa wilayah kecil di antara koleksi pulau-pulau besar Yunani di Laut Aegea. 

Awal tahun ini, sensor global positioning system (GPS) yang dipasang di kaldera mendeteksi pergerakan baru mengukur serangkaian gempa bumi kecil.

Aktivitas seismik diyakini bisa memicu erupsi, dan sering menjadi pertanda bahwa sebuah gunung sedang bersiap untuk meletus dalam waktu relatif dekat. Namun, yang membingungkan, alih-alih naik, aktivitas seismik justru menurun drastis dalam waktu beberapa bulan. 

Bagaimana jika Santorini kembali meletus? Apakah efeknya akan sama mengerikannya seperti di masa lalu?

Menurut para peneliti, tragedi yang sama tidak akan berulang kembali. Apalagi sampai menyapu perabadan seperti di era Minoa. Sebab, ukurannya jauh lebih kecil. 

"Santorini memang terkenal dengan letusan dahsyatnya di masa lalu. Namun erupsi sebesar itu mungkin hanya terjadi tiap 20.000 tahun," kata Pyle. Meski demikian, para ahli memperingatkan, gunung api itu wajib untuk terus diawasi. 


Kaitan dengan Atlantis


Masih terkait letusan Santorini di masa lalu, ada banyak spekulasi tentang kaitannya dengan legenda Atlantis, yang menurut Plato, tenggelam di dasar lautan.

Meski sebagian ilmuwan berpikir, itu hanya sekedar cerita yang dibuat-buat, lainnya berpendapat, cerita soal letusan gunung itu mungkin membangkitkan kisah tentang sebuah kerajaan yang hilang, tentang peradaban Minoa yang nyata pernah hidup dan berkembang di Mediterania.

Seperti diungkap Plato dalam "Timaeus" dan "Critias" , Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules". 

Pulau berperadaban maju itu memiliki angkatan laut yang menaklukan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra. "Hanya dalam waktu satu hari satu malam".

Sejumlah spekulasi pun bermunculan. Ada yang menyebut ia tenggelam di Kepulauan Mediterania, Gurun Sahara, Amerika Tengah, Antartika, Spanyol, bahkan Indonesia. 


Sumber :

Inilah 5 Gereja Dengan Desain yang Unik

Posted by beye on Rabu, 12 September 2012 , under | komentar (0)




Gereja merupakan tempat peribadatan pemeluk agama Katholik dan Kristen. Bangunan gereja tradisional seringkali berbentuk salib dan memiliki sebuah menara atau kubah. Gedung-gedung gereja yang lebih modern memiliki berbagai variasi arsitektur dan tata letak. Berikut ini 5 gereja modern dengan desain yang unik.

1. Gereja dari tumpukan salju (Jerman) 



Gereja salju ini dibangun pada tahun 2011, di hutan Bavaria oleh penduduk desa dari Mitterfirmiansreut, Jerman. Terletak dekat perbatasan Ceko, gereja ini memancarkan cahaya biru yang indah. 

Gereja ini dibuka untuk umum pada tanggal 28 Desember 2011 oleh sang arsitek, Dean Kajetan Steinbeisser. Gereja ini dibangun dalam rangka memperingati dibangunnya sebuah gereja yang sama pada tahun 1912, tepat 100 tahun yang lalu. 

Pembangunan Gereja salju memakan biaya sekitar € 100.000, menggunakan 1.400 meter kubik salju dan lempengan es. 


2. Gereja dari susunan lego (Belanda) 


Gereja ini berada di Belanda, dibangun dari batu bata beton berbentuk dan warna menyerupai LEGO. Michiel de Wit dan Filip Jonker mendirikan gereja ini untuk Festival Grenswerk di kota Enschede, Belanda.


3. Gereja dari Susunan Tulang (Rep. Cheska) 


Gereja ini bernama "The Sedlec Ossuary" terletak di Sedlec, pinggiran kota Kutna Hora, di Republik Cheska (Geko). Mungkin Anda akan berpikir bahwa itu hanya sebuah gereja gothic tua abad pertengahan. 

Namun saat Anda memasuki Ossuary Sedlec, Anda akan segera menyadari bahwa gereja tersebut adalah salah satu gereja yang paling menakjubkan dan unik di dunia. Gereja ini dihiasi oleh lebih dari 40.000 tengkorak manusia buatan, wajar bila gereja ini dikenal sebagai Gereja Tulang. 


4. Gereja terkecil di dunia (New York) 


Cross Island Chapel "Gereja Terkecil di Dunia", berdiri di atas kayu di tengah kolam di taman kota New york. Dibangun pada tahun 1989 berukuran 28,68 kaki persegi. Gereja ini hanya dapat dipakai maksimal 3 orang, dan untuk menjangkaunya anda harus menyeberanginya dengan perahu. 


5. Gereja di ujung tebing (Georgia) 


Terletak di negara bagian Georgia, gereja ini berdiri diatas tebing yang tingginya mencapai 130 kaki. Seorang biarawan Georgia telah tinggal di dalamnya selama hampir 20 tahun. Gereja tinggi ini diperkirakan telah dibangun antara abad ke-6 dan ke-8.


Sumber :

Related Posts with Thumbnails