Latest News

5 Kota Dunia Ini Terancam Akan Tenggelam

Posted by beye on Jumat, 25 Januari 2013 , under | komentar (0)




Ancaman banjir, penurunan tanah (land subsidence) serta naiknya air laut jadi ancaman bebarapa kota besar dunia. Bukan tak mungkin bila dalam 20 hingga 80 tahun ke depan ada kota yang akan lenyap dari peta bumi.

Simak 5 kota dunia yang terancam tenggelam berikut ini.


1. Bangkok
 
bangkoksuccess.com

Pada tahun 2100, Bangkok diprediksi akan menjadi Atlantis kedua. Ibukota Thailand tersebut tenggelam disebabkan beberapa faktor, antara lain perubahan iklim karena efek rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah.

Prediksi tersebut dikemukakan oleh kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand Smith Dharmasaroja. Oleh sejumlah pihak, prediksi Smith ditanggapi serius. Sebelumnya dia sudah meramalkan adanya Tsunami di sekitar Samudera Hindia pada tahun 2004.

Selain itu, letak kota yang berada 1,5 meter di bawah permukaan laut menyebabkan Bangkok selalu mengalami banjir setiap tahun.

 

2. Ho Chi Minh City
 
tamsingh.com

Salah satu kota di Asia Tenggara yang terancam tenggelam adalah Ho Chi Minh City. Setiap tahun, ketinggian banjir meninggi setinggi 2 sentimeter.

 

3. Shanghai 
adage.com

Struktur tanah yang semula daerah rawa yang kemudian dipenuhi oleh bangunan pencakar langit, menyebabkan permukaan tanah Shanghai menurun setengah inchi setiap tahunnya.

Kebutuhan akan bangunan pencakar langit tersebut meupakan imbas dari melonjaknya populasi penduduk Shanghai. Pada tahun 2001, penduduk kota yang berada di muara Sungai Yangze ini berjumlah 20 juta orang.

 

4. Mumbai
 

cse.iitb.ac.in

Pada tahun 2008, Kelompok aktivis Greenpeace memperkirakan, pada tahun 2100, kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut hingga 5 meter disebabkan oleh mencairnya es kutub.

Dalam laporan yang berjudul ‘Iklim Migran di Asia Selatan’ Greenpeace mencairnya es kutub disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi hingga 4-5 derajat karena pemanasan global.

 

5. Jakarta

 straitstimes.com

Selain letak geografis yang berada di bawah permukaan air laut, kebutuhan akan air tanah yang tinggi ditengarai menjadi salah satu penyebab tenggelamnya daratan Jakarta. Populasi penduduk yang terus meningkat menjadi alasan utama kebutuhan akan air tanah. Dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, diperkirakan jumlah penduduk di Ibukota meningkat hingga 40 juta jiwa.

Pakar hidrologi asal Belanda, JanJaap Brinkman menjelaskan, jika proses penyedotan air yang terus-menerus dilakukan tidak segera dihentikan, di akhir abad, Jakarta akan tenggelam.

“Jika ekstraksi (penyedotan) air tanah tidak segera dihentikan, di penghujung abad, Jakarta akan tenggelam dengan kedalaman lima hingga enam meter,” jelasnya seperti dikutip theatlanticcities.com.







Sumber:

Ratu Denmark Awalnya Adalah Bajak Laut Wanita

Posted by beye on Rabu, 23 Januari 2013 , under | komentar (0)




Ada legenda yang berkembang dan dipercaya turun-temurun oleh masyarakat Eropa, terutama Denmark. Kabarnya salah satu ratu mereka awalnya seorang bajak laut wanita.

Kisah ini diragukan kebenarannya oleh para sejarawan karena tak terdapat bukti otentik. Apalagi laksana dongeng khas warga Denmark tentang kehidupan yang keras dan akhirnya terbayar indah begitu bertemu pangeran nan rupawan. Seperti apa kisahnya?

 


Konon di abad ke-5, seorang raja di Skandinavia memiliki putri yang cantik jelita, Awilda. Sang raja berniat menikahkan putrinya dengan Pangeran Alf, putra Raja Sygarus yang berasal dari Denmark.

Namun Awilda tidak menyutujuinya. Karena merasa kesal, dia kabur bersama beberapa teman-temannya sambil mengenakan kostum seperti bajak laut. Kemudian dia pergi ke pelabuhan, mengambil sebuah kapal dan berlayar.


Setelah beberapa saat berlayar, kapal Awilda bertemu dengan sebuah kapal bajak laut tanpa kapten. Setelah berdiskusi, orang-orang menunjuk Awilda untuk dijadikan kapten bajak laut mereka.

Ayah Awilda tidak tinggal diam. Dia menyuruh putranya untuk bertempur dengan saudarinya. Saat kapal kerajaan datang mendekat kepada Awilda, Pangeran Alf muncul dan menengahi pertempuran tersebut.

Karena terpesona melihat kegagahan dan keberanian Pangeran Alf, Awilda akhirnya mengungkapkan jati dirinya dan bersedia menikahi sang pangeran. Tanpa menunggu waktu lama, mereka menikah diatas kapal secara resmi. Akhirnya mereka berdua hidup bahagia sebagai Raja dan Ratu Denmark.

Bagaimana menurut kamu, dongeng atau sejarah nyata?





 

Inilah 7 Manusia Super di Dunia Nyata

Posted by beye on Selasa, 22 Januari 2013 , under | komentar (0)




Mungkinkah manusia mutan sudah jadi kenyataan seperti di film X-Men? Entah. Nyatanya 7 orang di bawah ini punya kemampuan di atas manusia normal. Langsung saja kita lihat satu persatu.


1. Daniel Paul Tammet
 

 agingcreativity.blogspot.com

Boleh jadi Daniel Paul Tammet manusia dengan otak paling super di dunia. Ia sangat hebat soal perhitungan matematik serta belajar bahasa baru dengan cepat. Ia memegang rekor Eropa untuk menghapal dan menghitung nilai Pi ke angka 22.514 hanya dalam waktu 5 jam.

Ia juga menguasai berbagai bahasa seperti Inggris, Perancis, Finlandia, Jerman, Spanyol, Lithuania, Rumania, Estonia, Islandia, Welsh dan Esperanto. Bahkan Daniel menciptakan bahasa baru yang disebut Manti.

Pada kesempatan lain, ia ditantang oleh sebuah stasiun televisi Channel 5 untuk belajar bahasa Islandia. Daniel hanya diberi waktu 1 minggu. Tujuh hari kemudian ia muncul di televisi Islandia dan bertutur dengan bahasa tersebut sangat fasih. Orang-orang yang melihatnya cuma bisa berucap, "Ia bukan manusia."



2. Ben Underwood

 

Ben divonis buta karena kanker saat masih berusia 3 tahun. Tapi ia tetap bisa bermain basket, sepeda, serta menjalani kehidupan yang normal. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ben punya kemampuan sonar. Ia belajar sendiri untuk menggunakan lokasi gema dari pantulan suara benda. Ia bisa menjentikkan jarinya hingga memantul ke objek yang ia tuju. Kemampuannya sama seperti sonar pada lumba-lumba.



3. Daniel Browning Smith

 


Manusia karet di dunia nyata adalah Daniel Browning Smith, pemegang rekor di Guinnes Book of Record sebanyak 5 kali. Keahliannya sudah dipertontonkan di banyak saluran televisi, hingga film seperti Men in Black 2 dan CSI: NY.





4. Michel Lotito


Kelahiran 1950 ini dijuluki Monsieur Mangetout (Pemakan Segala). Dalam pertunjukan yang dilakukannya, Lotito biasa memakan sepeda, televisi, hingga pesawat Cessna 150. Tentu tidak dimakan sekaligus, melainkan dipotong-potong sebelumnya. Khusus pesawat Cessna, ia butuh waktu dari tahun 1978 - 1980 untuk menghabiskannya.

Anehnya, ia tidak pernah menderita efek negatif atas aksi yang dilakukannya. Kemungkinan Lotito selalu mengkonsumsi minyak mineral dan minum banyak air saat makan 'menu aneh' tersebut. Ia juga memiliki usus dengan dinding lebih tebal 2 kali lipat dibanding manusia normal.



5. Liew Thow Lin

 

Pria 70 tahun asal Malaysia ini punya kemampuan magnetis pada kulitnya. Ia bisa membuat berbagai objek menempel tanpa jatuh.



6. Kevin Richardson
 

Pawang hewan buas, demikian julukan yang cocok disematkan pada Kevin. Ia bisa dengan mudah menjalin ikatan yang intim dengan berbagai binatang buas. Ia juga bisa menghabiskan waktu semalam tidur bersama tanpa takut diterkam.

Sihirnya berlaku untuk singa, cheetah, macan tutul, serta hyena. Bisa jadi dengan hewan-hewan lainnya. Namun sejauh ini singa menjadi hewan favoritnya.


 
7. Claudio Pinto
 


Kalau ada tokoh super "manusia mas koki" mungkin saja Claudio Pinto jadi modelnya. Kemampuannya memang unik, ia bisa memunculkan sebagian matanya keluar sekitar 4 cm (95% keluar dari rongganya).




 

Sumber:
oddee

Inilah Goa Terindah di Dunia

Posted by beye on Senin, 21 Januari 2013 , under | komentar (0)




MARBLE CATHEDRAL

Gua ini terletak di danau air tawar terbesar kedua di Amerika Selatan, tepatnya di General Carrera di Patagonia, Chile. 

Cahaya yang terpantul ke dalam gua yang berisi air ini mengukir dinding marmer gua dan menciptakan pertunjukkan cahaya menakjubkan.

"Pengalaman pergi ke gua ini selalu berbeda karena cahaya dan ketinggian air danau selalu berubah,” ujarnya.fotografer Linde Waidenhofer (67)

Namun sungai yang ‘memberi makan’ danau ini berada dalam bahaya program pengembangan pemerintah Chile. “Harta ala mini perlu dilindungi untuk generasi masa depan,

Pandangan Danau Umum Carrera dari dalam Katedral Marmer. Linde Waidehofer, dari Colorado di Amerika Serikat, perjalanan ke tempat terpencil yang terletak di ujung paling selatan Chili untuk menangkap keajaiban alam

Keajaiban alam Marble Cathedral layak menjadi jaringan gua tercantik di dunia. Kuil biru langit yang diciptakan alam ini menunjukkan betapa berharganya Bumi.

Gua ini terletak di danau air tawar terbesar kedua di Amerika Selatan, tepatnya di General Carrera di Patagonia, Chile. Cahaya yang terpantul ke dalam gua yang berisi air ini mengukir dinding marmer gua dan menciptakan pertunjukkan cahaya menakjubkan.

Fotografer lanskap dan ahli lingkungan Linde Waidenhofer (67) dari Kolorado, Amerika Serikat (AS), berhasil mengambil gambar menakjubkan gua ini.

Rombongan Turis menjelajahi Katedral Marmer di Danau Umum Carrera di Patagonia, Chili. Cahaya dari air memantul ke dalam gua-gua dan pemogokan dinding marmer, casting gua dalam cahaya yang indah 

Bersama 2 negara Argentina dan Chile danau terdalam di Amerika Selatan terkenal dengan ikan trout dan ikan salmon. 

Perairan Umum Carrera Danau yang indah, kombinasi berkilauan dari zamrud, pirus, aquamarine dan biru. Langit mungkin biru tapi air tampaknya masih biru.

Namun sepanjang tepi sungai, tepat di bawah Andes, tebing terjal marmer menampilkan diri untuk lebih mencengangkan pengunjung. Selama ribuan tahun mereka telah lapuk dan dilipat untuk menciptakan sebuah katedral yang menakjubkan dari marmer.

 
 
 

Sebenarnya Manusia Terbuat dari Debu Bintang?

Posted by beye on , under | komentar (0)




Manusia diciptakan dari tanah. Ya, itu benar. Tanah itu ada di mana? Di bumi. Bagaimana asal bumi? Hampir semuanya terbuat dari materi-materi yang terbentuk di pusat sebuah bintang. Apa pun yang tidak terbentuk di dalam sebuah bintang memiliki materi yang sama seperti bintang-bintang—contohnya planet-planet gas, seperti Jupiter dan Saturnus.

Mengutip dari Langitselatan, disebutkan ketika sebuah bintang lahir, jauh di dalam segumpal awan gas dan debu kosmis, materi yang tersisa membentuk sebuah cakram di sekelilingnya (seperti cincin-cincin Saturnus). 


australiangeographic.com.au


Butiran-butiran batu kecil di dalam cakram kemudian saling bertabrakan dan kadang-kadang menyatu, membentuk objek-objek yang semakin lama semakin besar. Seperti inilah planet-planet lahir.

Semakin banyak materi yang ditarik planet, semakin besar ukurannya. Namun, planet-planet makan dengan sangat berantakan. Saat planet-planet raksasa penghirup gas makan, mereka menarik gas dari cakram dalam aliran-aliran panjang. Nyaris mustahil melihat planet-planet terbentuk, karena gas dan debu di dalam cakram menyembunyikan mereka dari pandangan.

Tetapi, dengan menggunakan sebuah teleskop raksasa baru berkekuatan tinggi bernama ALMA, para astronom telah melihat bahwa aliran-aliran gas itu mengalir dari cakram pembentuk planet di sebuah bintang muda di dekat Tata Surya kita! Karena ada lebih dari satu aliran, mungkin sekelompok planet raksasa tengah terbentuk!

Fakta Menarik: Tahukah kamu, Tata Surya kita sendiri memiliki empat raksasa gas? Mereka semua berada di “Bagian Luar Tata Surya”, lebih jauh dari Mars. Mereka adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Jupiter adalah yang terbesar: 1.300 planet seukuran Bumi bisa muat di dalamnya!




 



Related Posts with Thumbnails