Latest News

Malang Tempoe Doeloe

Posted by beye on Sabtu, 22 Mei 2010 , under | komentar (0)



MTD, bagi warga Malang atau yang berdomisili di Malang pastinya sudah tidak asing dengan istilah ini. MTD adalah singkatan dari Malang Tempo doeloe, atau ada yang menyebutnya juga dengan Malang kembali. Nama sebenarnya adalah FMK (Festival Malang Kembali), tapi pada postingan kali inia ku lebih suka menyebutnya MTD, lebih familiar di telingaku.
MTD merupakan acara tahunan kota Malang yang digelar di sepanjang jalan Ijen untuk menyambut hari jadi kota sejuta pesona ini. MTD tahun 2010 ini adalah MTD ke lima yang digelar oleh dinas kebudayaan dan pariwisata pemeritah kota Malang. Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mengenalkan budaya Malang Tempo dulu kepada masyarakat. Tahun ini acaranya dibuka pada hari Jumat, 20 Mei 2010 dan akan ditutup tepat pada tanggal 23 di bulan yang sama. Ada 420 stan pada MTD tahun ini yang menyajikan aneka barang antik, kerajinan, batik, aneka makanan tradisional, jasa tradisi dan beberapa panggung yang menggelar kesenian tradisional. Berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkan MTD diantaranya adalah seminar internasional dan karnaval Topeng Malangan.
Untuk lebih memeriahkan dan menghadirkan nuansa tempo dulu, masyarakat yang berkunjung ke arena MTD dihimbau untuk menggunakan busana jaman dulu. dari pengalaman-pengalam sebelumnya busana yang digunakan oleh pengunjung unik-unik. ada yang berkostum none-none belanda, ada yang menggunakan kebaya tahun 70an, ada yang berkostum ala veteran, dan masih banyak lagi yang unik.
Tema yang diangkat kali ini adalah "Rekonstruksi Budaya Panji."
MTD mulai digelar pada tahun 2006. Pada saat itu panitia menghadirkan suasana masa antara tahun 1914-1945. MTD II menghadirkan suasan tahun 1942-1947, dan MTD III menghadirkan suasana Malang antara tahun 900-1947 dengan penonjolan pada era kerajaan yang ada di Malang, seperti Kerajaan Kanjuruhan dan Singosari. Lalu MTD IV menghadirkan suasana Malang tahun 1938-1958.

untuksemua warga Malang, jangan lewatkan momen satu ini. untuk yang sekedar lewat di Malang, silahkan mampir dan semarakkan MTD. Gratis tanpa bayar, kita bisa menjelajah Malang pada masa-masa sebelum kemerdekaan dan pada masa-masa kerajaan.

kaskus.us

Pria yang Mampu Berkomunikasi dengan Ikan Paus

Posted by beye on , under | komentar (0)



Armour mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan Paus Sperma. Andrew Armour, pengelola Taman Kubuli di kepulauan Karibia, Dominika dikenal sebagai “Pembisik Paus”. Ia mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan Paus Sperma, terutama paus jantan muda yang bernama “Scar.”


“Begitu berada dalam air, saya mencoba menghubungi mereka dengan membuat suara-suara bising di air. Itu suara yang sama sepanjang waktu sehingga mereka tahu ini saya,” katanya seperti diberitakan grindtv.com, 30 April 2010.

Armour mengatakan, “Saya berbicara dengan mereka sepanjang waktu di air, dan mereka mulai datang.”
Armour telah dikenal ‘Scar’ sejak paus muda itu berenang mendekati kapalnya. Ia memiliki ciri khas luka di kepala dan sirip punggung. Ketika itu, Armour membuat senandung dan suara untuk berkomunikasi dengan Scar.

Pada Januari, Scar yang berusia 10 tahun itu datang kembali, bahkan untuk pertama kalinya hadir bersama beberapa paus lain yang jauh lebih muda. Namun, pada Februari, Scar tak lagi muncul.

“Saya merasa itu cara dia memperkenalkan kita kepada anak-anak lainnya, sekaligus untuk mengatakan selamat tinggal,” kata Armour.
89064 ikan paus sperma Kisah Manusia Bicara dengan Ikan Paus
Paus Sperma (Physeter macrocephalus) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia. Dinamakan Paus Sperma karena ada bahan putih susu spermaceti di kepalanya yang semula dikira sperma. Kepala Paus Sperma tergolong besar. Hidup mereka cenderung berkelompok.

Kemunculannya pernah ditulis dalam novel “Moby-Dick” oleh Herman Mellville, seorang penulis novel terkenal. Untuk meyakinkan kisah Armour itulah, Herman Melville datang ke Dominika dan turut berenang dengan ikan paus.

Paus sperma, dulunya berjumlah sekitar 1,1 juta secara global. Kini berjumlah sekitar 360.000. Di Dominika, seperti populasi lainnya, betina dewasa dan paus muda tidak bermigrasi. Pejantan dewasa hanya berkunjung selama musim kimpoi pada musim dingin.

Pejantan muda meninggalkan unit keluarga mereka pada usia 9 tahun dan bermigrasi ke utara dan selatan. Mereka baru kembali untuk berkembang biak setelah mereka jauh lebih tua.

Orang-orang seperti Armour mempelajari “monster laut” besar – yang tanpa belas kasihan diburu di seluruh penjuru dunia – meskipun sesungguhnya ikan ini bisa jinak dan terkadang ramah dengan manusia.

“Para paus mendatangi kami, berteman dan berinteraksi dengan kami,” kata Peter G. Allinson, seorang dokter di Baltimore yang telah beberapa kali datang ke Dominika. Lokasinya terletak di antara pulau milik Prancis, yakni Martinique dan Guadeloupe.

Pertemuan terbaik adalah ketika paus bersosialisasi antara mereka sendiri. “Kemudian, mereka datang dan bermain bersama kami,” kata Allinson.

Beberapa dari mereka akan menggosok-gosokkan badan ke anda, berharap anda balik menggosok mereka. Beberapa dari mereka membiarkan anda menggosok perut mereka. “Ini cukup menarik.”

Foto Allinson telah muncul di majalah National Geographic dan memenangkan kontes foto. Ia tidak membagikan foto. Tetapi sebagai pendukung organisasi Pelindung Paus, ia mengizinkan mereka menggunakan kisah ini.

Allinson berharap itu akan meningkatkan kesadaranbahwa paus adalah hewan yang sangat cerdas dan sangat ramah. “Mereka tidak boleh diburu.”

Foto yang diambil oleh fotografer profesional baru-baru ini juga telah muncul di berbagai website. Akibatnya, paus Dominika tiba-tiba tidak lagi rahasia.

“Rahasia itu kini sudah keluar,” kata Armour. “Rahasia yang dimaksud adalah ini adalah tempat terbaik untuk melihat ikan paus, letaknya dekat ke Amerika Utara.”

Seekor burung dikirim Tuhan untuk mengagalkan Mesin pencipta Lubang Hitam?

Posted by beye on , under | komentar (0)




Large Hadron Collider disabotase oleh seekor burung The Large Hadron Collider (LHC) yang juga sering disebut sebagai mesin yang mampu menciptakan kiamat mengalami peristiwa aneh yang tidak disangka. Mesin super rumit tersebut rusak setelah seekor burung yang lewat menjatuhkan sepotong kecil remah roti ke dalam mesin itu.

LHC adalah sebuah mesin raksasa yang dibuat oleh para ilmuwan jenius di CERN yang dirancang untuk memecahkan partikel yang diharapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan dalam fisika kuantum. Mesin yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang 27 km dan terletak di kedalaman 175 meter di bawah tanah perbatasan Perancis-Swiss.
Subjek pemecahan partikel ini telah menarik perhatian para ilmuwan dan penggemar science fiction di seluruh dunia mengingat eksperimen ini juga dipercaya dapat menciptakan lubang hitam mini yang sering dianggap sebagai cikal bakal mesin waktu, walaupun dibantah oleh beberapa fisikawan ternama seperti Michio Kaku.
LHC ini juga sempat diangkat dalam novel Dan Brown berjudul Angels and Demons.
Sedangkan CERN adalah organisasi penelitian nuklir Eropa yang bermarkas di Jenewa yang didirikan pada tahun 1954. Fasilitas yang mereka miliki merupakan laboratorium penelitian partikel terbesar di dunia. Saat ini organisasi ini mempekerjakan hampir 8.000 ilmuwan jenius yang mewakili 580 universitas yang berasal dari 80 negara. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui kalau internet pertama kali ditemukan oleh CERN pada tahun 1989.
Pada awal November ini, LHC mengalami pemanasan yang berlebihan di beberapa bagian setelah sebuah potongan kecil Baguette (sejenis roti) mendarat di sebuah peralatan yang ada di permukaan tanah tepat di atas cincin akselerator.
Dr Mike Lamont, kordinator mesin LHC, mengatakan bahwa potongan kecil baguette itu yang dipercaya dijatuhkan oleh seekor burung yang lewat telah menyebabkan suhu magnet superkonduktor naik dari -271.1 C menjadi -265 C, yaitu titik dimana magnet itu berhenti berfungsi.
Dalam teori, jika LHC beroperasi secara penuh, peristiwa ini dapat menjadi bencana besar. Namun menurut para ilmuwan, mereka telah menyediakan sistem keselamatan yang memadai yang dapat mematikan mesin secara otomatis sebelum suhu naik lebih tinggi.
Pemecahan partikel penuh direncanakan akan dimulai lagi pada pertengahan bulan ini.
Apabila beroperasi, LHC akan menembakkan proton dan ion timah yang akan bergerak menyusuri rute berbentuk lingkaran dengan kecepatan yang hampir menyamai kecepatan cahaya. Proton dan Ion timah tersebut mengandung energi setara dengan kereta super cepat yang bergerak dengan kecepatan penuh.
Tahun lalu, mesin seharga 10 miliar dolar Amerika ini justru menjadi rusak setelah energi super besar ini menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan kebocoran gas helium.
Kerusakan beruntun yang dialami oleh LHC telah menyebabkan sebagian ilmuwan berspekulasi bahwa mesin ini telah disabotase oleh partikel lintas waktu mereka sendiri yang datang dari masa depan. Pendapat ini mirip dengan film terminator dimana seorang robot diutus untuk membunuh cikal bakal pemimpin pemberontakan masa depan.
Namun eksperimen CERN ini ternyata tidak mendapat kata sepakat di kalangan ilmuwan. Menurut sebagian ilmuwan, jika lubang hitam mini tercipta, dan terjadi sesuatu yang diluar perhitungan, bisa saja lubang hitam tersebut menjadi membesar tanpa terkendali dan menelan apa saja yang berada di dekatnya. Dengan kata lain, Kiamat !
Seperti yang kita ketahui, lubang hitam memiliki gaya gravitasi super kuat sehingga bahkan cahayapun ditelan olehnya.
Karena itu di sejumlah negara di Amerika dan Eropa, beberapa ilmuwan telah mengajukan gugatan hukum agar CERN menghentikan usahanya untuk memecahkan partikel.
Apakah mungkin seekor burung dikirim dari masa depan untuk menggagalkan usaha CERN ?? Hmm..paling tidak ia tahu sekali dimana harus menjatuhkan rotinya supaya mesin tersebut rusak.

9 Eksperimen Militer Tergila di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



Sesungguhnya apa yang dikerjakan jendral2 Barat sono waktu tidak sedang di medan perang?

teori: mereka berbaring di ranjang, menatap langit, sambil membayangkan ide2 gila. Perbedaan kita dengan mereka hanyalah mereka punya duit untuk mewujudkannya.

Kalo ga percaya, inilah hasil kreasi militer dulu:

1. The Bat Bomb
(click to show/hide)


Dengan dasar senjata akan jadi keren kalo terbang dimalam hari dengan sayap kulit, diciptakanlah The Bat Bomb (bom kelelawar) oleh Amerika

Rencana:

Kelelawar mampu membawa beban yang cukup berat. Selain itu mereka suka menyelinap ke bangunan2, cocok untuk jadi media pembawa bom bunuh diri. Rencananya mereka akan dibawa dengan kotak, dijatuhkan dengan pesawat B-29, lepas, dan saat subuh akan menyelinap ke bangunan musuh. Waktu musuh mau gosok gigi ucapkan "Good bye"

Masalah:
Masalah muncul waktu sebagian kelelawar lepas tanpa sengaja dan menyelinap ke markas Angkatan Udara AS, jadi yah... pangkalannya meleduk habis. Tapi hey, itu pertanda rencananya sukses! Tapi setelah menghabiskan dana miliaran dolar, proyek batal. Kelelawarnya terlalu random, ga bis diprediksi bakal lari kemana, dan ilmuwan2 di Proyek Manhattan sudah mulai membicarakan bom gila yang senilai jutaan kelelawar

2. The Great Panjandrum
(click to show/hide)


Pertahanan musuh memang susah mau ditembus, sejak jaman pakai onager sampai meriam. Musuh ngeyel membangun benteng dari bahan keras dan selalu diperbaiki, bikin tambah frustasi

Jadi gimana? Dibuatlah Panjandrum jawaban atas: "Gimana sih caranya bikin bom tambah bahaya?"

Rencana:
Jadi, gimana mau bikin lubang segede tank di dinding beton? Pihak Angkatan Laut Inggris membuat tong yang dipasangi roda. Supaya rodanya jalan, dipasangilah roket2 di berbagai bagian, supaya waktu roketnya nyala bomnya maju kedepan sekitar 60mph, mirip2 gini:


Masalah:
Masalah muncul waktu roketnya mulai meleduk dan mental kemana-mana. Setelah berbagai uji coba, nambahin roket dll, jadinya malah nyemplung ke laut:


Setelah berbagai test lagi, prototype terakhir selesai. Tapi waktu test jumlah roket yang bertambah (supaya lebih stabil) malah bikin tambah runyam. Roket yang mental tambah banyak, dan bikin jendral2 kucar kacir sampai tuh tong akhirnya meleduk sendiri...

3. Project Orcon
(click to show/hide)
Jaman PDII memang bikin kesal. Banyak target gagal kebom karena misilnya kena jam duluan. Jadinya duit habis target selamat. Kesal dengan itu, dimulailah Proyek Orcon


Rencana:
BF Skinner memberikan ide cemerlang: taruh burung merpati di misilnya, dan pasang layar didalam situ. Tiap kali kena jam, si burung akan membelokkan misil ke jalan yang benar, target pasti meleduk, dengan hadiah burung panggang. Makan tuh!



Masalah:
Biar duit udah dikucurkan, proyek Orcon dibatalkan. Sebagian petinggi bilang idenya terlalu aneh, sementara yang lain bilang prose s pelatihan merpatinya susah dan lama. Masalah lain adalah sistem itu sendiri. Kalo rudalnya kena jam jauh2, si merpati harus memperbaiki jalurnya dengan kurang akurat, soalnya terlalu bergantung pada sistem visual. Masalah lain adalah itu adalah rudal yang dikendalikan oleh seekor burung

4. The Sun Gun
(click to show/hide)
Menghabisi musuh dengan menembakkan laser dari luar angkasa adalah dambaan tiap anak kelas 6SD dan ilmuwan militer. Tapi banyak yang tidak tahu itu adalah dambaan Nazi juga



Rencana:
Ilmuwan2 Nazi berencana membangun cermin raksasa di luar angkasa. Cermin ini, yang akan dibangun dari 1 juta sodium logam, akan menghabisi kota, batalion, hutan, juga roti



Rencananya ini cermin akan dioperasikan oleh astronot yang memakai sepatu magnetis supaya bisa nempel di lantai. Oksigen diberikan dari sistem pompa on-board, dan listrik akan dialirkan oleh sistem solar panel

Masalah:
Masalah muncul saat pihak Sekutu mulai kelihatan kemenangannya. Banyak imuwan dari proyek ini yang entah ditarik AS atau membelot, jadinya batal.

Yang lebih parah lagi, ukuran dari ide ini saja menjadi batu sandungan untuk mengerjakannya. Bahkan di tahun 2008 pun AS belum bisa membuatnya, lebih dari 50 tahun kemudian.


5. Project Habbakuk
(click to show/hide)
Dalam upaya membuat musuh frustasi sampai buang air dicelana, Inggris memulai proyek Habbakuk. Habbakuk adalah sebuah aircraft carrier (semacam kapal yang tugas utamanya meluncurkan pesawat udara), yang dirancang anti-tenggelam, dan secara fisika (tidak secara teori seperti Titanic) Habbakuk 100% tidak mungkin tenggelam. Kenapa? Karena Habbakuk adalah bongkahan es



Habbakuk direncakan akan jadi sepanjang 2000 kaki, setinggi 200 kaki, dan dindingnya 40 kaki. Jadinya seberat 2 juta ton (bandingkan dengan carrier tipe Nimitz yang cuma 100rb ton). 2 juta ton es



Waktu diketahui es bukanlah benda yang cocok untuk dijadikan kapal carrier, mereka beralih ke Pykete, kombinasi harmonis es dan kayu. Saking kuatnya dalam simulasi benda ini bisa mementalkan peluru. Dengan ide segila ini, apa lagi yang kurang?

Masalah:
Masalah muncul dalam kemudahan penggunaannya. Versi kecilnya (yang cuma 1000 ton beratnya dan panjang 60 kaki) memperlihatkan cara kerjanya. Butuh 3 tahun sampai prototype itu meleleh. Edisi full-versionnya akan memakan $70 juta, 8000 pekerja, dan 8 bulan sampai selesai dari peletakan es pertama. Kecepatannya cuma 6 knot (benar2 lambat), dan waktu sampai di tujuan, akan masih berwujud es


6. Project Stargate
(click to show/hide)
Waktu agen mata-mata mulai berkurang jumlahnya, entah karena tertangkap atau kenapa, memata-matai jadi susah. Maka dimulailah Project Stargate, yang akan memanfaatkan "penglihatan jarak jauh"



Rencana:
Rupanya blok Komunis waktu Perang Dingin pernah mencoba meneliti kemampuan psikis. CIA pengen juga, sebelum muncul seseorang yang bisa menghabisi presiden cuma dengan otak saja. Proyek dimulai tahun 1970an, dan dibantu oleh Gereja Sains (Church of Scientology)



Masalah:
Masalah muncul waktu CIA dengan segera menyadari hal itu mustahil. Dan dengan segara dalam artian 25 tahun kemudian.

Walau penelitian menunjukkan beberapa "penglihatan" yang sukses dna detil, lebih banyak lagi hasil yang gagal. Banyak ilmuwna yang terlibat mengatakan hasilnya sama saja dengan meminta pengemis jalanan menebak2.

Untuk menemukan itu, AS menghabiskan $20 juta. Tapi toh, Rusia mengabiskan 500 juta ruble untuk menemukan hal yang sama


7. The Gay Bomb
(click to show/hide)
Dalam hal ide militer, dari jaman nenek moyang kita melemparkan batu ke yang lain sampai ke masa nanobot dan laser, jelas tidak ada yang sehebat The Gay Bomb. The Gay Bomb adalah nama yang harafiah: Senjata yang mampu meruntuhkan musuh dengan gay. Gay yang dipersenjatai.



Dalam upaya menemukan senjata anti-kkerasan dalam kasus penanganan massa, Wright Laboratory di Ohio memberikan ide bagi Pentagon: daripada pakai gas air mata, kenapa tidak menyemprotkan mereka dengan aphrodisiac (obat perangsang yang lebih tangguh berkali-kali lipat dari viagra) dalam jumlah ekstrim sampai mereka jadi horny?

Masalah:
Ide ini sesungguhnya bagus, cuma tidak ada data jelas ini akan berlaku bagi semua pria. Rupanya, masalah "bagaimana" bukanlah urusan mereka. lab yang sama memberi ide untuk membuat musuh jadi bau sampai hama menyerang mereka, atau membuat target jd bau supaya ga ilang di kerumunan. Semuanya bagus, cuma cara implementasinya tidak ditemukan...

Lepas dari itu, ide ini bertahan dalam pentagon selama 7 tahun...


8. The Pain Ray
(click to show/hide)
Active Denial System, lebih populer sebagai The Pain Ray, adalah nama futuristik untuk memastikan seseorang akan mengalami sial seharian. Didesain untuk penanganan massa, The Pain Ray adalah nama yang harafiah: senjata ini menyebabkan rasa sakit, dari jarak jauh!



rencana:
Dalam beberapa kasus, pihak militer enggan membuat anak buahnya dekat2 dengan marabahaya, tapi menembaki massa dengan sniper yang bersembunyi di rerumputan jelas memberi citra buruk. Maka metode anti-kekerasan mulai populer.

Manifestasinya adalah ADS ini, senjata jarak jauh yang bisa mengirimkan radiasi elektromagnetis berfrekuensi tinggi dari jarak 500 yard. Senjata ini membuat molekul air di ubuh seseorang "senang", yang merupakan cara asik untuk mengatakan dia sedang di microwave, walau ngga sampai tahap berbahaya. Mungkin...



Masalah:
Sampai sekarang, belum ada. Senjatanya udah jadi, dan berfungsi baik. Hanya uji-coba untuk kasus kena radiasi terlalu lama belum ada, mungkin tidak ada yang mau matanya di microwave lama2. Kamu mau?


9. Malodorants
(click to show/hide)
Salah satu senjata penanganan massa yang ampuh adalah Malodorant, lebih dikenal sebagai The Stink Bomb.


Rencana:
Pihak militer sudah bereksperimen dengan ide ini sekian lama. Idenya dalah membuat musuh kabur sambil mempermalukan mereka dengan bau yang dibenci ibu mereka sendiri. Phak militer juga telah mematenkan beberapa jenis bau, termasuk kotoran manusia. Waktu PDII, sekelompok ilmuwan mengembangkan Who Me? untuk digunakan ke tentara Jerman, yang merupakan stink bomb ini

Amerika punya US Government Standard Bathroom Malodor (Ruang Bau Standar Pemerintah Amerika) yang saking baunya dalam beberapa detik saja orang2 sudah berteriak2. Laporan mengatakan bau disana itu "semua bau terbau yang bisa kau pikirkan, gabungkan, perkuat 10 kali lipat". Laporan lain menyebutkan saking baunya di ruangan itu garis bau yang sering ada di kartun bisa terlihat disitu. Pihak militer merasa puas dan mau melemparnya ke manusia


Masalah:
Walau idenya masih dikembangkan, sejarah menunjukkan stink bomb agak "kurang bersahabat". Bukan hanya target yang jadi bau, pesawat bombernya juga jadi bau, dan seluruh area tempat bomnya jatuh jadi bau juga...

Peneliti Berhasil Menciptakan Kehidupan Buatan Pertama di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



 
Peneliti Berhasil Menciptakan Kehidupan Buatan Pertama di DuniaDapunta Online – TIM PENELITI Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menyatakan telah berhasil menciptakan “kehidupan buatan” pertama di dunia. Penemuan ini adalah serangkaian sel bakteri hidup yang dihasilkan DNA buatan berdasarkan pemrograman komputer.
Craig Venter, pemimpin tim riset di J Craig Venter Institute di Kota Rockville, negara bagian Maryland, AS mengatakan, “Ini merupakan sel pertama di planet ini yang orangtuanya adalah komputer,” kata Venter seperti yang dimuat di laman harian USA Today, Kamis sore 20 Mei 2010 waktu setempat.
“Sel ini bermula dari kode digital di komputer,” lanjut Venter, yang dikenal sebagai salah satu peneliti pelopor atas studi pemetaan genome manusia dan biologi sintetis.
Penemuan ini merupakan, “Momen yang menentukan dalam sejarah biologi dan bioteknologi.” Begitu kata Mark Bedau, cendekia dari Reed College dan editor Jurnal “Artificial Life,” seperti yang dikutip majalah Science.
Sel bakteri hidup berwarna biru itu disimpan dalam suatu alat pendingin dan akan dipamerkan di suatu museum. Sel itu diyakini tidak menular. Venter Institute yakin bahwa penciptaan ini berdampak besar bagi penelitian-penelitian lain.
“Melalui studi ini, tim telah berdiskusi dan terlibat dalam tinjauan etis secara eksternal dan menyadari implikasi sosial atas penelitian ini,” demikian menurut Venter Institute.
Venter kini berencana membuat piranti lunak (software) khusus untuk perkembangan sel itu. Tim peneliti awalnya menyalin genome bakteri yang sudah ada dan selanjutnya merangkai kode genetik genome itu dan menggunakan “mesin sintesis” untuk membuat salinan baru secara kimiawi.
“Kami kini mampu mengambil kromosom sintetik dan mencangkokkannya ke sel penerima, yang merupakan organisme yang berbeda,” kata Venter kepada stasiun televisi BBC.
Maka, dia melanjutkan bahwa begitu piranti lunak yang mereka ciptakan berfungsi, sela yang bersangkutan akan bereaksi dan berubah menjadi spesies-spesies yang dipetakan dalam kode genetik.
“Ini merupakan kali pertama DNA sintetik sepenuhnya mengendalikan sebuah sel,” kata Venter. [*] USA TODAY/SCIENCE/VIVA NEWS/BBC/DPT

Taman Nasional Terindah di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



1. Snowdonia National Park, Wales, Great Britain
Taman nasional Snowdonia yang terletak di Wales, Inggris Raya ini mempunyai luas sekitar 2,170 km2. Taman nasional ini teretak di ketinggian 1,085 m di Gunung Snowdon. Perlu dikeahui, Snowdon adalah gunung tertinggi di inggris. Taman Nasional ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, dan memberikan kesan "damai" kepada para pengunjungnya.
http://img24.imageshack.us/img24/935/1snowdonianationalpark.jpg
http://img210.imageshack.us/img210/4575/1snowdonianationalpark2.jpg

2. Grand Canyon National Park, Arizona
Nama Grand canyon sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga para kaskuser. yup, Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Jurang yang terbentuk sepanjang 446 km dan mempunyai lebar 6 - 29 Km dengan kedalaman 1.600 m. Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol.
http://img25.imageshack.us/img25/9440/2tamannasionalgrandcany.jpg

3. Kruger National Park, South Africa
Taman Nasional Kruger merupakan yang terbesar di Afrika. Taman nasional ini terdiri dari area seluas 18.989 Km2. Disini para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk melihat Mamalia dan Burung khas afrika dalam jumlah yang besar. Taman nasional ini juga terkenal dengan video "Battle at Kruger", sebuah video amatir berdurasi 8 menit yang menggambarkan pertarungan antara sekawanan Buffalo beberapa Singa dan Buaya.
http://img339.imageshack.us/img339/448/3krugernationalparksout.jpg

4. Deosai National Park
Taman Nasional Deosai terletak di Skardu, Pakistan. Taman Nasional ini terletak di lembah Deosai (4,114 dpl), yang berada diantara dataran tertinggi dunia. Deosai terkenal dengan musim semi ketika itu ditutupi oleh hamparan jutaan bunga dan berbagai macam kupu-kupu.
http://img4.imageshack.us/img4/4796/4deosainationalpark2.jpg

5. Kakadu National Park, Northern Territory, Australia
Merupakan Salah satu Situs Warisan Dunia, Taman nasional ini di kelola secara bersama- sama oleh Suku Aborigin dan Pemerintah Australia. Kakandu mempunyai pemandangan yang indah, air terjun besar dan seni batuan suku Aborigin. Satu lagi, Kakandu merupakan habitat asli Buaya air asin.
http://img341.imageshack.us/img341/1600/5kakadunationalpark3.jpg

6. Iguazu National Park Argentina
Taman Nasional ini melindungi salahsatu pemandangan paling spektakuler di Argentina dan Brazil, Air Terjun Iguazu dan Hutan Sub tropis. Situs ini dijadikan World Heritage Sites oleh UNESCO pada tahun 1984. Salah satu pengalaman yang akan didapatkan di Taman Nasional ini adalah sensasi menaiki sekoci disekitar "ratusan air terjun kecil"
http://img140.imageshack.us/img140/6185/6iguazunationalparkarge.jpg

7. Sagarmantha National Park, Nepal
Pegunungan Himalaya Termasuk dalam cakupan Taman nasional ini. Taman Nasional Sagarmantha terletak di Nepal dan di bagian selatan gunung Everest. Taman Nasional ini didirikan tahun 1976 seluas 1148 m2 dengan elevasi terendah 2845 m dan tertinggi 8850 m.
http://img46.imageshack.us/img46/8589/7sagarmanthanationalparq.jpg

8. Madain Saley National Historic Park, Saudi Arabia
Madain Shaleh adalah kota kuno yang terletak di wilayah utara Hejaz (saat ini Arab Saudi), sekitar 25 km dari utara kota Al-'Ula. Pada 500SM sampai 100M, orang-orang Nabatean menciptakan kuburan dengan cara memotong muka batuan.
http://img688.imageshack.us/img688/6480/8madainsaleynationalhis.jpg

9. Plitvice Lakes National Park, Croatia
Taman Nasional Danau Plitvice terletak di dataran tinggi Plitvice yang dikelilingi oleh tiga bagian pegunungan di Alpen, Pljesevica, Mala Kapela dan Medvedak. Kondisi geologi Taman nasional ini terdiri dari Air Terjun dan sungai - sungai kecil dengan air yang sangat jernih. Gangang dan lumut yang hidup disana memberikan warna biru hijau yang khas.
http://img704.imageshack.us/img704/3613/9plitvicelakesnationalp.jpg

10. Hortobagy National Park, Hungary
Ini adalah taman nasional pertama Hongaria. Tipe taman nasional ini adalah Stepa dengan luas sekitar 800Km2. Taman Nasional ini memiliki beberapa spesies burung yang terancam punah dan merupakan perlindungan bagi kuda Przewalski serta burung air yang bermigrasi.
http://img139.imageshack.us/img139/8370/91hortobagynationalpark.jpg

sumber: kaskus.us

Sejarah Penemuan Mie Instan

Posted by beye on , under | komentar (0)





Barang kali kita pantas berterima kasih kepada Mamofuku Ando, orang Jepang kelahiran Taiwan 1911. berkat kerja keras dan jerih payahnya kita sekarang bisa menikmati kelezatan mie instan. Makanan cepat saji dengan berjibun penggemar, yang masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 1960-an.

Begini ceritanya…

Ditinggal orang tuanya, Ando yang berumur 3 tahun harus membantu neneknya mengurus rumah. Balita ingusan itupun mesti menjaga toko. Belum lagi harus mencuci pakaian dan mamasak. Hasilnya positif, ia jadi pintar masak-memasak, sebaliknya sekolahnya terlantar.

Menjadi pedagang adalah angan2nya. Harta peninggalan ortunya pun digunakan untuk berdagang pakaian rajutan di Taiwan dan Osaka, jepang. Usahanya terbilang maju. Ia pun bisa kembali ke bangku sekolah menyelesaikan pendidikan yang sempat terbengkalai.

Namun kemudian ia dituduh korupsi dalam perdagangan senjata dan onderdil pesawat. Ia lantas dijebloskan ke bui. Setelah 2 tahun hidup di Hotel Prodeo, ia pun dibebaskan. Pada 1956, satu-satunya harta yang tertinggal adalah rumah.

Masa itu Amerika Serikat sedang gencar2nya menyumbangkan gandum ke Jepang yang sedang paceklik pangan. Harga terigu menjadi murah. Pemerintah Jepang pun menganjurkan rakyatnya mengonsumsi roti dan terigu sebagai pengganti nasi.

Melihat banyak orang melahap mie, di dekat toserba hankyu di Osaka, pikiran Ando terbuka. Mengapa tidak membuat mie dari terigu? Bukankah orang Jepang sangat menyukai mie.

Apalagi mie dirasa enak, murah, tahan lama, dan tidak sulit mengolahnya.

Ide liar itu terus bergulir di benaknya. Cuma ia tidak mau membikin mie biasa yang sudah banyak beredar di pasaran. Ia ingin membuat mie bentuk lain yang enak, lebih cepat dan mudah diolah, serta gampang didapat dimana-mana.

Ando mulai mewujudkan impiannya dengan membeli mesin pembuat mie dan bereksperimen membuat mie instant di emper belekang rumahnya. Mula2 mie digoreng agar lebih awet, gurih, dan cepat diolah. Lalu menimbang2 rasa yang pas untuk kuah itu. Dipilihnya kuah ayam karena yang netral. Ando membawa contoh mie instannya ke sebuah toko serba ada. Ternyata semuanya ludes hari itu juga. Waktu itu tahun 1958.

Emper rumahnya tak kuasa menampung pesanan. Ia memindahkan usahanya ke sebuah gudang kosong di Osaka. Di sana Ando membuat mie instant dibantu keluarganya. Sejak itu perusahaan2 besar berebut ingin menjadi penyalur mie instannya. Desember 1958 ando menamai perusahaannya Nissin Foods. Beberapa bulan kemudian ia pindah ke sebuah pabrik seluas 20000m2. tahun 1960 ia membuka pabrik kedua, dan tahun berikutnya lahir pabrik baru lagi.

Meski mie instant laris manis, Ia tak bosan2 bereksperimen untuk terus memperbaiki mutu. Bahkan ada keinginan memperkenalkan dan mejualnya ke luar negeri. Untuk menjajaki kemungkinan itu, ia pergi berkeliling Eropa dan Amerika tahun 1966. di sana ia melihat orang makan mie dengan garpu, tanpa kuah dan memakai piring, meyeruput mie dianggap tidak span.

Ia juga mengamati ada kaldu yang bisa dilarutkan dengan air panas tanpa harus dimasak. Ada gelas kertas sekali pakai dan kertas almunium sebagai wadah kedap udara. Ando pun mendapat ilham membuat mie instant dalam wadah berbagan stereofoam, yang lantas ditutup rapat dengan lembaran aluminium. Mie gelas itu tidak perlu dimasak, cukup diseduh. Supaya tidak hancur terkocok2, mie dibuat lebih tebal. Disediakan pula garpu untuk memakannya.

Di puncak keberhasilannya ando yang pada tahun 1988 genap berumur 77 tahun, membuka Foodeum di Shinjuku, Tokyo. Gedung itu disebut pula ISTANA MIE karena mempunyai beberapa restoran mie, tempat disko, dan museum mie.

sumber

Quince, Robot Penyelamat di Segala Medan

Posted by beye on , under | komentar (0)



Quince adalah robot penyelamat yang keren dan canggih yang sedang dikembangkan oleh Japan’s International Rescue System Institute, Tohoku University dan Chiba Institute Of Technology saat ini. Quince mempunyai semua hal yang diperlukan sebagai sebuah penyelamat, baik dari segi mobilitas maupun teknologi yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan 8 buah roda, Quince bisa berjalan menembus semua jenis kondisi jalan mulai dari jalan dengan bebatuan bahkan sampai menaiki tangga sekalipun. Untuk teknologi, di dalamnya terdapat kamera, mic, Position Sensitive Detector (PSD) sensor, Laser Range Finder, Wi-Fi dan kamera infrared thermography.



Quince sendiri akan diprioritas sebagai robot penyelamat dalam hal bencana yang dikenal dengan "CBRN" (Chemical, Biological, Radilogical atau Nuclear Disasters). Ukuran Quince adalah 655 x 481 x225 mm, berat 26,4kg dan punya kecepatan 1,6m/s. Coba lihat videonya deh, bisa dipastikan bahwa Quince bisa juga digunakan untuk mencari korban gempa bumi yang terjebak di reruntuhan bangunan.

sumber

Sejarah Tentang Hakim Bao (Judge Bao)

Posted by beye on Jumat, 21 Mei 2010 , under | komentar (0)



Bao Zheng (999-1062) adalah seorang hakim dan negarawan terkenal pada jaman Dinasti Song Utara. Karena kejujurannya dia mendapat julukan Bao Qingtian yang berarti Bao si langit biru, sebuah nama pujian bagi pejabat bersih. Musuh-musuhnya menjulukinya Bao Heizi yang artinya si hitam Bao karena warna kulitnya yang gelap. Nama kehormatannya adalah Xiren.

http://dyfaim.blogdetik.com/files/2009/10/10533_1132815962172_1280469803_30374093_1891876_n.jpg

Bao dilahirkan dalam keluarga sarjana di Luzhou (sekarang Hefei, provinsi Anhui). Kehidupan awalnya banyak mempengaruhi kepribadiannya. Orang tuanya walaupun hidup pas-pasan, namun masih sanggup menyekolahkannya dengan baik. Ketika sedang mengandungnya, ibunya sering turun naik gunung untuk mengumpulkan kayu bakar. Di kampungnya dia banyak berteman dengan rakyat jelata sehingga dia mengerti beban hidup dan masalah mereka. Hal ini membuatnya membenci korupsi dan bertekad untuk menegakkan keadilan dan kejujuran. Orang yang berpengaruh besar pada kehidupannya adalah Liu Yun, seorang pejabat kehakiman di Luzhou, seorang pejabat yang ahli dalam puisi dan literatur serta adil dan membenci kejahatan. Dia juga seorang yang menghargai intelektual dan bakat Bao. Di bawah pengaruh Liu, Bao bertekad untuk memberikan kesetiaannya terhadap kerajaan dan cintanya pada negara dan rakyat.

http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2006/11/24/baogong.jpg

Pada usia 29 tahun, dia lulus ujian kerajaan tingkat tertinggi dibawah pengujian langsung dari kaisar hingga menyandang gelar Jinshi. Sesuai hukum dan peraturan saat itu yang mengatakan bahwa seorang sarjana Jinshi dapat ditunjuk menempati posisi penting dalam pemerintahan, maka Bao diangkat sebagai pejabat kehakiman mengepalai Kabupaten Jianchang. Namun dia mengundurkan diri tak lama kemudian karena sebagai anak berbakti dia memilih pulang kampung untuk merawat orang tuanya yang sudah tua dan lemah selama sepuluh tahun. Baru setelah kematian orang tuanya, dia kembali diangkat sebagai pejabat, kali ini sebagai pejabat kehakiman Provinsi Tianchang. Ketika itu dia telah berumur 40 tahun.

http://www.pep.ph/images/guide/b1d4001e8.jpg

Sebagai pejabat, Bao bekerja dengan adil, berani, dan berpegang pada kebenaran. Kecerdasan dan bakatnya membuat banyak orang kagum, termasuk Kaisar Song Renzong yang mempromosikannya dan memberikannya jabatan penting termasuk sebagai hakim di Bian (sekarang Kaifeng), ibukota Dinasti Song. Dia terkenal karena pendiriannya yang tak kenal kompromi terhadap korupsi diantara pejabat pemerintahan saat itu. Dia menegakkan keadilan bahkan menolak untuk tunduk pada kekuasaan yang lebih tinggi darinya bila itu tidak benar termasuk pada Guru Besar Pang, ayah mertua kaisar yang merangkap guru besar yang membimbing putra mahkota sehingga Pang sangat menganggap Bao sebagai musuhnya.

http://english.cri.cn/mmsource/images/2006/03/21/bao-zheng2.jpg

Sejarah mencatat bahwa selama kurang lebih 30 tahun sejak dia memegang jabatan pertama kalinya, sebanyak lebih dari 30 orang pejabat tinggi termasuk beberapa mentri telah dipecat atau diturunkan pangkatnya olehnya atas tuduhan korupsi, kolusi, melalaikan tugas, dan lain-lain. Dia sangat berpegang teguh pada pendiriannya dan tidak akan menyerah selama dianggapnya sesuai kebenaran. Enam kali dia melaporkan pada kaisar dan memintanya agar memecat pejabat tinggi, Zhang Yaozhuo, paman dari selir kelas atas kerajaan, tujuh kali untuk memecat Wang Kui, pejabat tinggi lain yang kepercayaan kaisar, bahkan dia pernah beberapa kali membujuk kaisar untuk memecat perdana mentri Song Yang. Dalam kapasitasnya sebagai juru sensor kerajaan dia selalu sukses meyakinkan kaisar tanpa membawa kesulitan bagi dirinya, padahal dalam sejarah banyak juru sensor telah mengalami nasib yang buruk, seperti misalnya Sima Qian, sejarawan dan filsuf Dinasti Han yang dikebiri karena Kaisar Han Wudi tidak bisa menerima pendapatnya.

http://artcraft.zymq.com/Pottery/image/01889,j.jpg

Dalam pemerintahan, teman dekatnya adalah paman kaisar yaitu Zhao Defang yang lebih dikenal dengan nama pangeran ke delapan (Ba Wang Ye). Di kalangan rakyat, Bao Zheng dikenal sebagai hakim yang adil dan berani memutuskan segala sesuatu berdasarkan keadilan tanpa rasa takut, juga mampu membedakan mana yang benar dan yang salah. Baginya siapapun termasuk kerabat dekat kaisar sekalipun harus dihukum bila terbukti bersalah melakukan pelanggaran. Bao meninggal tahun 1062 dan dimakamkan di makam keluarganya di Hefei, di kota itu juga dibangun kuil untuk mengenangnya.

http://chineseroleplaying.com/w/images/thumb/b/bd/Baozheng.jpg/300px-Baozheng.jpg

Bao Zheng banyak menghiasi karya literatur dalam sejarah Tiongkok, kisah hidupnya yang melegenda sering ditampilkan dalam opera dan drama, kebanyakan kisah-kisah ini didramatisasi. Dalam opera biasanya dia digambarkan sebagai pria berjenggot dengan wajah hitam dan tanda lahir berbentuk bulan sabit di dahinya (beberapa versi menyebutkan tanda ini berasal dari luka ketika dia memberi hormat dengan sangat keras pada ibunya untuk menunjukkan baktinya).

http://travel-cities.com/wp-content/uploads/2008/12/bheadcutter.jpg

Disebutkan juga bahwa kaisar menganugerahi Bao tiga gilotin (alat penggal) dalam tugasnya sebagai hakim. Ketiga gilotin itu mempunyai dekorasi yang berbeda dan digunakan untuk menghukum orang sesuai statusnya. Guilotine kepala anjing untuk menghukum rakyat jelata, kepala macan untuk menghukum pejabat korup, dan kepala naga untuk menghukum bangsawan jahat. Dia juga dianugerahi tongkat emas kerajaan oleh kaisar sebelumnya untuk menghukum kaisar sendiri bila bersalah dan pedang pusaka kerajaan sebagai tanda berhak untuk menghukum siapapun termasuk anggota kerajaan tanpa melapor atau mendapat persetujuan dulu dari kaisar. Dalam tugasnya dia dibantu oleh enam deputinya yaitu polisi Zhan Zhao, sekretaris Gongsun Zhi, dan empat pengawal Wang Chao, Ma Han, Zhang Long, dan Zhao Hu. Selain itu juga lima pendekar dari dunia persilatan yang dijuluki lima pendekar tikus. Keduabelas orang ini disebut “tujuh pendekar lima ksatria”

sumber

Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

Posted by beye on , under | komentar (0)



Klo dulu tuh ya, di dalam sebuah cockpit tuh bisa ada 3-5 orang. Banyak bgt, apa aja tugas mereka? biasanya mereka itu dalam satu cockpit ada Pilot, Co-Pilot, Navigasi, telekomunikasi, dan teknisi.
Nah, berkat kemajuan teknologi, skrg dalam satu cockpit cukup hanya dengan 2 awak aja. simpel kan? berikut sejarahnya...

18 Januari 1983

“Adalah Tn. Wiweko yang melahirkan Forward Facing Crew Cockpit dua awak. Kami bangga bahwa pesawat jenis ini telah menggunakan ide yang berasal dari pikiran seorang putra Indonesia, digabungkan dengan teknologi modern baru, yang menggunakan ‘push button illuminated switches’ dan sistem ‘digital’. Kokpit dua awak ini telah menjadi kenyataan, dan saya percaya bahwa ‘Garuda Design’ ini akan menjadi pilihan bagi semua maskapai penerbangan.”

Fritz Winkelmann, Manajer Penjualan untuk Asia Jauh, Airbus Industrie
Anda pernah melihat isi kokpit pesawat? Pasti yang sering Anda lihat kokpit dua awak. Nah, kokpit ini dirancang oleh Wiweko Soepono, Direktur Utama Garuda Indonesian Airways kelahiran Blitar, 18 Januari 1923.

Kokpit yang disebut Fritz tersebut, menjadi cikal bakal dari semua kokpit berawak dua pilot pesawat badan lebar dan jumbo, bahkan sekarang pada jetliner terbesar di dunia – superjumbo Airbus A380. Airbus kemudian memberi gelar kehormatan pada Wiweko sebagai “Bapak Two-man Forward Facing Crew Cockpit.”

Agar berbeda dan memelopori sesuatu yang baru, ketika Eropa hendak mengembangkan pesawat berbadan lebar Airbus tahun 1967, Roger Beteille, Executive Vice President dan General Manager Airbus Industrie, pernah melontarkan gagasan tentang pesawat Airbus yang kokpitnya diawaki dua orang. Gagasannya mengambil dasar pesawat dua awak buatan Perancis, Caravelle, tapi pasar saat itu hanya mau menyerap pesawat badan lebar Boeing, Douglas dan Lockheed yang kokpitnya tetap dilengkapi side-panel bagi flight engineer.

Sementara Wiweko di belahan Bumi yang lain telah mengambil langkah berani menuju two-man crew cockpit bagi pesawat kapasitas besar. Ia menciutkan jumlah awak kokpit pesawat bermesin empat Douglas DC-8 dari lima menjadi tiga orang. Alasannya, flight radio operator dan navigator tidak diperlukan lagi di pesawat, karena sudah tertangani penerbangnya.

Garuda Indonesia A300B4, pesawat berkokpit dua awak pertama di dunia.
Mengambil pengalaman DC-8, dan pengalaman terbang solo melintasi Samudera Pasifik dengan Beechcraft Super H-18 dari Amerika Serikat ke Jakarta, Wiweko berkesimpulan bahwa kokpit A300 cukup diawaki dua orang saja. “Keluarkan kursi (flight engineer) itu dan mari kita berunding mengenai pembelian pesawat,” katanya kepada Roger Beteille.
Seketika itu Beteille terkejut, ia telah menemukan seseorang dengan visi jauh ke depan yang sama. Dan orang itu adalah Wiweko Soepono, asal negara berkembang tapi maju pemikiran dan pandangannya dalam menerapkan teknologi mutakhir penerbangan.

Dalam proses pembuatannya, Wiweko Soepono ikut aktif dalam merancang two-man crew cockpit Airbus ini. Juga saat ia bersama Beechcraft merancang dan mempersiapkan Beechcraft Super H-18 untuk terbang solonya melintasi Pasifik. Selama 60 jam Wiweko terbang sendiri melintasi Pasifik, sambil refueling di Honolulu, Pulau Wake, Guam dan Manila. Prestasi yang sangat luar biasa bagi seorang penerbang.

Wiweko-lah orang Asia pertama yang berhasil terbang sendiri melintasi Pasifik dengan pesawat angkut ringan – sebagai perbandingan, jarak daratan Amerika ke Hawaii lebih jauh daripada jarak New York ke Paris sejauh 5.806,8 km yang ditempuh penerbang terkenal Charles Lindbergh tanggal 20-21 Mei 1927.

sumber: kaskus.us

Cara Mengutak-atik Template Bogger

Posted by beye on Kamis, 20 Mei 2010 , under | komentar (1)



Pengen pake template2 baru yang banyak beredar gratis di Internet? Trus pengen nambah pernak-pernik atau asesori blog, seperti tutorial di buku maupun blog lain?
Saran saya sih mengubah templatenya ke template classic saja. Kecuali, kalo sudah bisa menemukan tipe template gratis New Blogger yang memang sesuai keinginan. Template classic, yaitu template yang kode-kodenya berupa HTML biasa. Beda dengan template asli New Blogger yang formatnya XML.

Menurut saya, keuntungan jika menggunakan template classic yaitu, kode-kodenya mudah dipelajari, banyak contoh-contoh website untuk belajar HTML dan CSS. Jadi kalau mau mengubah-ubahnya, kita bisa mencari berbagai referensi di Internet. Situs bagus untuk referensi: www.w3schools.com (Tutorial: HTML dan CSS).

Cara mengubah ke template classic:
1. Buka blogger.com, sign in dengan username dan password di New Blogger kita.
2. Pada halaman dashboard, klik link 'layout' pada blog yang ingin kita edit template-nya.
3. Lalu akan muncul halaman (tab) untuk mengatur template. Di menu-menu bagian atas di bawah menu Template, klik 'Edit HTML'.
4. Akan muncul halaman yang berisi box kode-kode template. Lihat di bagian paling bawah halaman tersebut (di bawah box kode). Klik 'Revert to Classic Template'.

Lalu ikuti langkah2 selanjutnya di layar. Setelah itu, template kita akan menjadi template classic. Di template classic, untuk memodifikasinya, di bawah tab menu template kita bisa menggunakan menu Edit HTML. Di situlah kita bisa utak-atik, nambahin kode2 asesori lain.

Untuk mengganti template:
Copy-paste template baru (hasil download free template) ke dalam box kode yang ada di halaman tersebut.Lalu, klik Save Template Changes.

CATATAN:
Template versi New Blogger dengan template classic masing2 punya kelebihan dan kekurangan.

Kalo template asli New Blogger, kelebihannya: kita bisa menambahkan page elemen dgn mudah kalau terima apa adanya layout yang sudah tersedia (standar). Kekurangannya: ada web2 penyedia template new blogger, tapi masih jarang. Trus buat nambah2in script (kode) di bagian 'Edit HTML'-nya kadang-kadang tidak berhasil untuk script2 tertentu.

Kalo template classic, kelebihannya seperti yang sudah disebutin di atas2. Kekurangannya: tidak ada page elemen seperti buat nampilin label di sidebar (tapi di postingan tetep ada), buat nampilin news feed dr google secara otomatis.
Tapi semua kekurangan ini bisa dilakukan dengan cara manual (nambahin kode2 sendiri, dengan berbagai referensi).

So, terserah Anda pilih mana, classic atau asli New Blogger. Sesuaikan dengan kebutuhan :)

Hilangnya Cincin Planet Saturnus

Posted by beye on , under | komentar (0)




Para astronom amatir di seluruh dunia saat ini memperhatikan perubahan yang sama pada Saturnus: Cincin Saturnus yang lebar menipis menjadi garis tipis. Efrain Morales Rivera mengirimkan gambar berikut yang diambil dari halaman belakang rumahnya di Aguadilla, Puerto Rico. Efrain Morales Rivera

“Cincin-cincin Saturnus telah menipis sekali dalam setahun ini”, katanya. Daerah Cassini atau Cassini Division (suatu daerah gelap dalam cincin Saturnus yang dinamakan Cassini) mulai sulit diamati. Fenomena yang sama terjadi empat ratus tahun lalu dan sempat memusingkan Galileo, sebagai orang pertama yang pada tahun 1610 menemukan cincin-cincin Saturnus melalui teropong primitifnya. Dia sangat tercengang ketika mendapati cincin-cincin tersebut menyempit sedikit setahun berikutnya.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Sekarang, kejadian yang sama adalah: kita mengalami suatu “pelintasan bidang cincin” (ring plane crossing). Ketika sedang dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Saturnus membelokkan cincinnya menjadi sejajar dengan garis pandang dari Bumi (edge-on) setiap 14-15 tahun sekali. Karena cincinnya yang sangat tipis, mereka bisa tidak teramati jika dilihat melalui teleskop kecil.

Dalam bulan-bulan berikut ini, cincin Saturnus akan menjadi semakin tipis sampai akhirnya mereka “hilang” pada 4 September 2009 nanti. Ketika hal ini terjadi pada 1612, Galileo mengabaikan studinya akan planet. Padahal, kita ketahui kemudian, saat-saat “pelintasan bidang cincin” seperti ini merupakan waktu yang baik untuk menemukan satelit-satelit dan cincin luar Saturnus yang baru. Selain itu, saat demikian juga merupakan waktu yang baik untuk melihat kutub utara Saturnus yang biru. Pada tahun 2005, wahana antariksa Cassini terbang di atas belahan utara Planet Saturnus dan menemukan bahwa langit di sana sebiru langit Bumi sendiri. Selama bertahun-tahun, hanya Cassini yang bisa menikmati pemandangan ini, karena dari Bumi, bagian atas Saturnus yang biru tertutupi oleh cincin-cincin Saturnus.

Galileo sendiri tidak pernah memahami sifat dasar alamiah dari cincin-cincin Saturnus. Dia tidak mengetahui bahwa mereka sebenarnya merupakan kumpulan satelit-satelit kecil yang mengorbit dalam bidang orbit piringan, berukuran dari debu hingga sebesar bulan kita (Kemungkinan cincin-cincin ini merupakan debris atau puing-puing dari satelit yang hancur, tetapi para ilmuwan sendiri masih belum yakin benar akan hal ini). Melalui teleskop abad 17-nya, cincin tersebut lebih menyerupai telinga atau semacam cuping planet.

Meskipun demikian, intuisinya mengarahkan Galileo untuk membuat prediksi yang tepat, bahwa cincin-cincin yang hilang ini akan kembali. Dan dia benar. Cincin Saturnus kembali tampak, dan para ilmuwan menyimpulkan penelitiannya. Pada tahun 1659, secara tepat Christiaan Huygens menjelaskan peristiwa menghilangnya cincin yang periodik selama terjadinya “pelintasan bidang cincin” atau “ring plane crossing” ini. Pada tahun 1660, Jean Chapelain mengatakan bahwa cincin Saturnus bukan merupakan benda padat, tetapi terbuat dari partikel-partikel kecil yang sangat banyak dan masing-masing mengorbit Saturnus secara independen. Selama dua ratus tahun, usulannya sempat tidak diterima secara luas, sebelum ternyata terbukti benar.
NASA
Cincin-cincin Saturnus sangat lebar tetapi juga sangat tipis. Para astronom menggunakan Teleskop Hubble untuk menangkap citra Saturnus dengan posisi cincin datarnya ini (edge-on) pada tahun 1995. Obyek terang seperti bintang pada bidang cincin yang terlihat pada gambar merupakan satelit-satelit es. Kredit Gambar : NASA

Tidak perlu bersedih hati dengan “musibah hilangnya” cincin Saturnus ini. Saturnus masih merupakan obyek yang indah untuk dilihat melalui teleskop yang kecil sekalipun. Malah, minggu ini sebenarnya merupakan minggu yang baik untuk mengamati Saturnus. Pada Selasa, 18 Maret dan Rabu, 19 Maret, Bulan yang hampir purnama dan Saturnus akan berada satu garis pada bagian yang sama di langit senja. Hal ini membuat Saturnus menjadi mudah dicari, tidak seperti biasanya. Setelah Matahari terbenam, lihatlah daerah sdi ekeliling Bulan, dan voila! Saturnus terlihat seperti “bintang emas” terang di dekat Bulan. Jika Anda melewati momen 18-19 Maret ini, coba lihat kembali 14-15 April. Bulan dan Saturnus akan berada berdekatan dan cincin Saturnus bahkan menjadi lebih sempit.

source

Mengendalikan Pikiran Orang Lain (tutorial)

Posted by beye on , under | komentar (0)



1. masuklah kedalam sebuah ruangan atau kamar tidur anda lalu matikan lampu sampai gelap gulita. syarat lainnya tidak boleh ada suara2 berisik misalnya TV dll. usahakan melakukan ini ketika suasana sangat sepi sekali. mungkin ketika orang lain sedang tidur.

2. pastikan bahwa target yg akan anda pengaruhi pikirannya juga sedang dalam keadaan tenang, dan lebih baik lagi kalau dia sedang tertidur.kita akan dengan mudah memanggil sukmanya datang.

3. duduklah bersila dalam ruangan gelap anda sambil menutup mata. sendirian tanpa ada seorang pun dikamar itu. konsentrasikan pikiran anda hanya ke orang yg menjadi target anda. nah disinilah dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. anda diharapkan mampu menghadirkan sosok orang tsb sehingga seakan2 ada diruangan tsb bersama anda.

4. jangan merasa anda seperti sedang didalam kamar lagi. lupakan ! lupakan kalau skrg anda sedang duduk dlm sebuah kamar !...
pusatkan pikiran hanya kepada si target. bayangkan muka sitarget.tubuhnya. dan hadirkan dia dihadapan anda saat itu melalui pikiran anda.

5. tanda jika anda benar2 sudah menghadirkan orang tsb adalah ketika anda tidak lagi merasa berada dalam kamar itu. sesaat anda akan merasa berada disebuah tempat entah dimana. mungkin diawang awang kali ya spt yg pernah sy rasakan. kamar anda akan hilang sesaat dalam pikiran anda.tubuh anada serasa berada disebuah tempat misterius bersama sitarget yg akan anda pengaruhi tadi.

6. inilah bukti bahwa berarti sukma anda dan dia telah bertemu dialam lain.

7. ketika bayangan orang itu sudah jelas sekali berada didepan anda (seperti sedang berhadap2an layaknya dikehidupan nyata) nah disinilah kesempatan anda untuk membisikkan ketelinganya semua permintaan anda tsb. ucapkan salam kepaadanya selayaknya org bertemu, lalu segera bisikkan tepat ditelinganya (anda juga mengangkat tangan disamping mulut spt berbisik dan mencari posisi telinga org itu ).
bisikkan dengan halus apa yg anda mau untuk dia lakukan keesokan harinya.

8. ketika anda selesai menyampaikan pesan anda, ucapkan salam perpisahan anda. lalu segera kembalikan alam kesadaran anda. bukalah mata anda kembali perlahan2.

sebenarnya kalau mau berlatih, carilah org terdekat saja yg mempunyai ikatan bathin dengan kita misalnya ibu kita snediri, biasanya lebih mudah krn kita juga lebih gampang ngebayangin wajahnya.

source

Related Posts with Thumbnails