Latest News

Inilah Tarantula ini Sebesar Kepala Manusia

Posted by beye on Sabtu, 13 April 2013 , under | komentar (0)




Satu spesies baru tarantula telah ditemukan di daerah utara Sri Lanka, namanya Poecilotheria rajaei. Dengan rentang kaki sekitar 20 sentimeter, tarantula ini sebesar muka manusia. Tak hanya itu, hewan berkaki delapan ini juga dapat bergerak cepat dan memiliki bisa.

Penampakan pertama Poecilotheria rajaei terjadi di 2009 lalu. Ketika itu, seorang penduduk menemukan laba-laba raksasa yang telah mati. "Hewan itu ia berikan ke ilmuwan dari Organisasi Penelitian dan Pendidikan Keanekaragaman Sri Lanka atau BER," tulis IBT Times.

 
 voanews.com

Menurut para ilmuwan, tarantula mati itu tak bisa menjadi rujukan penelitian. Mereka perlu mendapatkan spesimen tarantula raksasa, dalam keadaan hidup, sehingga dapat mempelajarinya.

Selanjutnya, para peneliti itu mulai menjelajahi hutan di utara Sri Lanka. Setelah mencari di antara pohon dan rimba, mereka pun menemukan beberapa tarantula raksasa dalam rumah sakit tua di Mankulam.

"Hewan ini cukup langka," kata peneliti, Ranil Nanayakkara di Mail Online. Pada umumnya, tarantula hidup di pepohonan. Namun deforestasi atau penembangan hutan telah merusak habitat mereka. "Akhirnya tarantula itu masuk ke bangunan tua."

Tarantula ini memiliki tanda khas berwarna kuning pada pergelangan kaki, serta garis merah muda di sekitar perut. Tarantula ini dinamakan Poecilotheria rajaei karena memiliki hubungan dengan laba-laba terbesar di dunia, yang ada di Amerika Selatan. "Laba-laba raksasa itu dijuluki Goliath bird-eater."




 

Sumber:
tempo

Inilah 6 Tumbuhan Tertua di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



Berapa lamakah usia tumbuhan yang bisa dicapai? Ratusan, ribuan, atau bahkan lebih dari itu? Bila melihat daftar 6 tumbuhan di bawah ini, bisa jadi kita terperangah betapa lamanya mereka bisa bertumbuh dan tetap hidup.



1. Posidonia oceanica





Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.



2. Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia



Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.
 

3. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry



Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.



4. Larrea tridentata atau creosote bush

 naturesongs.com

Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.


5. Populus tremuloides atau quaking aspen

ecologyadventure.edublogs.org


Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.



6. Picea mariana atau black spruce

cartinafinland.fi
 
mv.com

 
Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.


kaskus.us

Hari Kuyo, Inilah Sebuah Hari Raya untuk Jarum Jahit

Posted by beye on Jumat, 12 April 2013 , under | komentar (0)




Setiap tanggal 8 Februari, bila Anda berkesempatan berkunjung ke kuil-kuil Shinto di Jepang, mungkin akan melihat ratusan jarum patah tertancap di sebuah bidang kecil. Inilah yang dikenal sebagai Hari Kuyo, festival yang didedikasikan untuk jarum tua dan rusak.

Perayaan yang telah ada sejak 400 tahun silam ini berkaitan dengan kimono, pakaian tradisional Jepang. Selama berabad-abad, para perempuan membuat kimono dengan tangan mereka sendiri. Puluhan jarum mungkin dipakai selama proses pembuatan kimono tersebut. Oleh sebab itu, perayaan ini sebagai rasa terima kasih terhadap benda-benda yang dipakai sehari-hari atau pun sumber mata pencaharian mereka. Jadi sebenarnya, tidak hanya untuk jarum tua saja tetapi benda-benda lainnya.


Sekilas, penghormatan terhadap benda-benda ini merupakan bagian dari kepercayaan Shinto yang beraroma pagan. Bahwa, semua mahluk dan benda memiliki jiwa. Namun, dibalik itu ada filosofi dari sebuah kearifan lokal yang mereka tunjukkan, yakni Mottainai. Ini adalah sebuah pemahaman agar tidak menjadi boros bahkan untuk hal-hal sekecil apa pun. Jarum-jarum patah dan tua tersebut menjadi pengingat betapa pentingnya berhemat dan menghargai setiap hal kecil dalam kehidupan.

Selain itu, jarum yang begitu akrab dengan kehidupan sehari-hari wanita Jepang juga memiliki arti, ada duka dan rahasia yang tidak semuanya bisa diceritakan pada suami atau kaum pria. Beban di hati tersebut diteruskan pada jarum selama mereka menjahit.

"Kadang-kadang ada hal-hal yang menyakitkan dan rahasia bahwa perempuan tidak bisa memberitahu pria, dan mereka menempatkan rahasia pada jarum jahit dan meminta para dewa untuk menyingkirkan mereka," ujar Ryojo Shioiri, seorang biksu.

Banyak wanita Jepang datang ke festival Hari Kuyo tidak hanya untuk berterima kasih pada jarum mereka, tetapi juga untuk berdoa agar bisa lebih terampil dalam membuat kimono.

Mereka berkumpul di sekitar lempengan besar tahu yang ditempatkan di depan kuil.  Dupa menyala untuk pemurnian dan nyanyian biarawan di latar belakang. Lalu mereka menancapkan jarum-jarum tua sambil berdoa.

Hari Kuyo menandai akhir dari perayaan Tahun Baru Jepang, tidak ada pekerjaan rumah tangga yang dilakukan pada hari itu.






Sumber:
odditycentral

Inilah Tips Agar Tak Mudah Sakit

Posted by beye on , under | komentar (0)




Hidup sehat jadi impian banyak orang. Agar tak gampang sakit tentu harus menjaga kondisi tubuh. Saat iklim pancaroba seperti ini, ada 7 trik rahasia yang dapat dilakukan seseorang agar selalu bugar dan terhindar dari jatuh sakit seperti yang dikutip dari timesofindia.

Tentunya, penyakit 'berat' atau genetik lebih sulit dihindari. Setidaknya, bila ingin badan tetap fit coba langkah-langkah di bawah ini.



1. Tidur siang
 
networkworld.com

Para dokter sepakat jika waktu tidur siang yang ideal adalah dari jam 1 siang hingga jam 3 sore karena pada waktu inilah tubuh seseorang sangat membutuhkan istirahat. Lagipula jika kurang tidur, tubuh akan mudah kehilangan sel-sel yang bertugas melawan penyakit, termasuk menyebabkan penumpukan kalsium di pembuluh darah serta membatasi produksi hormon pertumbuhan yang menurunkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

2. Makan yoghurt
Bakteri probiotik yang ada di dalam yoghurt memberikan dampak luar biasa terhadap kondisi gastrointestinal atau sistem pencernaan. Yoghurt juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta memperkuat sistem kekebalan. Disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya satu porsi yoghurt setiap harinya,

3. Kurangi porsi makan
Sebuah studi terbaru menemukan ketika diminta makan dengan porsi 25 persen lebih sedikit dari biasanya, partisipan mengalami penurunan kadar kolesterol, trigliserida dan tekanan darah. Tapi bukan berarti Anda tak makan sama sekali.

Untuk menghindari kekurangan vitamin, pastikan apapun yang Anda makan sarat akan gizi. Hindari gula dan cukupkan asupan protein Anda serta jangan lupa mengonsumsi buah dan sayuran segar. Jauhi suplemen, makanan kaleng dan makanan kemasan karena bahan-bahan tersebut tak memberikan efek apapun bagi kesehatan.

4. Latihan yoga
 

crossfitwc.com

Latihan yoga telah lama diketahui mampu memperkuat dan menyeimbangkan sistem kekebalan, termasuk merangsang sistem imun agar dapat menghancurkan bakteri-bakteri penyebab penyakit secara efektif. Latihan yoga secara teratur juga dapat menurunkan sejumlah faktor risiko penyakit jantung, diantaranya tekanan darah tinggi dan kadar gula darah.

5. Memperkuat pertemanan
Orang-orang yang memiliki jaringan pertemanan atau dukungan sosial yang kuat cenderung mempunyai sistem kekebalan yang sehat serta jarang terserang penyakit peradangan. Sebaliknya tak punya teman dekat meningkatkan risiko serangan jantung pertama hingga 50 persen.

Untuk memaksimalkan manfaat dari jejaring sosial tersebut, adakan pertemuan dengan para sahabat saat makan siang, belanja bersama atau sekedar ngobrol via telepon. Tapi hindari email atau penggunaan situs jejaring sosial seperti Facebook kecuali sahabat Anda tinggi di kota atau negara yang berbeda.

6. Perbanyak makan bawang putih
Sudah banyak yang tahu jika bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, melawan infeksi dan berperan sebagai antioksidan yang sangat kuat. Bahkan baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa orang yang rajin mengonsumsi bawang putih mengalami pengurangan jumlah hari sakit hingga separuh.

Bumbu dapur ini boleh dimakan dalam keadaan masak atau mentah, tapi hindari suplemen bawang putih.

7. Mandi air dingin
Meski mandi air hangat diketahui dapat memberi Anda tidur yang nyenyak, tapi sebuah studi menunjukkan bahwa mandi air dingin justru memperlancar sirkulasi darah, memperkuat kulit, meningkatkan sistem kekebalan, memperbaiki mood dan memulihkan kembali kondisi tubuh seseorang. Namun idealnya mandi air dingin dilakukan selama lima menit dengan jeda dari satu guyuran air ke guyuran berikutnya adalah 30 detik.

Faktanya, sebuah studi dari Berlin menemukan bahwa paparan air sedingin es menyebabkan kadar glutathione atau salah satu antioksidan alami terbaik tubuh meningkat.




 

Sumber:
detik

Selamat Tinggal Password, Selamat Datang Passthought

Posted by beye on Kamis, 11 April 2013 , under | komentar (0)




Selama ini kita sudah akrab dengan password (kata kunci), mulai dari akun e-mail, jejaring sosial, hingga perangkat elektronik lainnya. Begitu banyak yang harus diingat. Terkadang jadi masalah ketika kita lupa salah satu password yang dimiliki.

Sejumlah peneliti di UC Berkeley School of Information, Berkeley membuat terobosan agar manusia tak perlu mengingat dan menuliskan kata kunci yang biasanya berupa huruf dan angka. Tapi hanya memikirkannya.
 
 www.hlntv.com 

Dengan perangkat seperti headset, alat yang bernama Neurosky MindSet ini bisa merekam kata kunci yang Anda pikirkan.

Perangkat dengan harga US$ 100 ini bisa mendeteksi kata kunci dari gelombang otak. Menurut Prof John Chuang, pemimpin penelitian ini, perangkat gelombang otak atau electroencephalograms (EEG) ini mengukur aktivitas listrik di kulit kepala dalam bentuk gelombang panjang yang terkait dengan suasana hati, keadaan mental, dan perilaku. Hasil pengukuran EEG ini dihubungkan dengan komputer atau perangkat melalui bluetooth.


"Ini seperti menghubungkan dua perangkat seperti biasanya," ujar Chuang dalam presentasinya di Workshop on Usable Security at the Seventeenth International Conference on Financial Cryptography and Data Security, Okinawa, Jepang.

Penelitian ini akan fokus pada mengembangkan agar yang user-friendly. Peneliti yakin bahwa passthought ini bisa digunakan secara aman, akurat, dan massal.


Kendala passthought
Kendala yang masih ada ialah bagaimana komputer akan membedakan pikiran satu pengguna dengan pikiran pengguna lain jika mereka memikirkan passthought yang sama. Namun, kendala ini bisa dipecahkan. Kuncinya pada kemampuan komputer untuk mengenali pengguna, alias sistem otentikasi gelombang otak.

"Dalam percobaan, tingkat kesalahan hanya 1 persen," kata Chuang. Pengguna bisa membuat passthought dalam beragam bentuk. Misalnya dengan menyanyikan sebuah nada, melakukan gerakan tertentu, dan mengingat warna tertentu.

Sebelum muncul sistem security dalam peralatan ini, peneliti telah mampu untuk untuk meretas pikiran orang. Tim lain di Berkeley menemukan bahwa mereka bisa mengambil data, seperti PIN ATM, dengan mengidentifikasi ketika pengguna sedang berpikir untuk informasi yang pribadi.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan kognitif telah menggunakan perangkat EEG sebagai terapi untuk berbagai masalah kesehatan mental dari Attention Deficit Disorder (ADD) atau gangguan stres pasca-trauma. Dulu, perangkat EEG ini besar ukurannya. Seiring dengan perkembangan teknologi, ukurannya makin ringkas dan bisa dibawa ke mana saja.

Dengan pemanfaatan EEG untuk passthought, kemungkinan model passthought ini dipakai dalam teknologi masa depan.





 


Sumber:
tempo

Benarkah Sering Melamun Jadi Lebih Cerdas?

Posted by beye on Senin, 08 April 2013 , under | komentar (0)




Orang dengan pikiran kerap mengembara kemungkinan mempunyai otak lebih tajam.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang terus menerus "terganggu" ternyata mempunyai "memori kerja" lebih banyak. Hal tersebut membuat mereka bisa melakukan dua hal bersamaan dalam satu waktu.

 

Psikolog dari University of Wisconsin-Madison, Daniel Levinson, mengatakan mereka yang mempunyai kapasitas memori kerja lebih tinggi dilaporkan lebih sering melamun selama mengerjakan tugas-tugas sederhana meskipun prestasi mereka tidak meragukan.

Partisipan dalam penelitian ini harus menekan tombol sebagai respons terhadap munculnya huruf tertentu di layar atau menekan pada waktu yang tepat. Para peneliti mengecek secara rutin untuk mengetahui apakah pikiran mereka mengembara. Pada akhir penelitian, para ilmuwan mengukur kapasitas memori kerja partisipan, memberi mereka skor untuk kemampuan dalam mengingat sekumpulan huruf diselingi dengan pertanyaan matematika yang mudah.


Levinson mengatakan dibutuhkan lebih banyak ruang kerja mental, misalnya, untuk menambahkan dua angka yang diucapkan tanpa menuliskannya. Kapasitas tersebut dihubungkan dengan pengukuran umum kecerdasan seperti membaca secara menyeluruh dan skor IQ.

Studi terbaru ini menggarisbawahi betapa pentingnya memori kerja untuk membantu otak fokus dalam masalah-masalah yang paling sulit.

Hasil dari penelitian Levinson itu dipublikasikan secara online di Psychological Science. Ini pertama kalinya sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara pikiran yang sering mengembara alias melamun dengan kecerdasan.





Sumber:
zonapencarian

Inilah Restoran Unik di Tepi Tebing

Posted by beye on Minggu, 07 April 2013 , under | komentar (0)




Makan di restoran dengan pemandangan menakjubkan bisa memberi suasana nyaman. Namun, bagaimana kalau restoran tersebut ada di sisi jurang yang tinggi?

Restoran Fangweng yang menggantung ini terletak di Happy Valley di Xiling Gorge. Restoran ini menawarkan pemandangan alam yang indah disekitarnya bagi para petualang yang berani menginjakkan kaki di dalamnya.
Bangunan bata kusam pada bagian pintu masuk restoran tidak mencerminkan keadaan yang sebenenarnya. Kejutan itu akan Anda dapatkan setelah melewati pintu masuk tersebut, dan kemudian Anda akan menemukan sebuah tempat yang unik untuk menikmati masakan Cina sambil mengagumi keindahan alam Xiling Gorge.

Kecuali jika Anda takut akan ketinggian, maka jembatan beton sempit sepanjang 30 meter yang tegantung secara vertikal di sisi tebing dan menghadap ke Sungai Yangtze mungkin akan menjadi mimpi buruk Anda. Untungnya ada pagar logam yang dapat Anda pegang ketika berjalan menuju ke dalam restoran yang sebenarnya.





Jembatan tersebut mengarah pada ruang makan yang diukir di sisi tebing, dimana sebagian besar meja makan disusun di ruangan ini. Ruangan tersebut terasa hangat diterangi oleh lampu tradisional yang menggantung di langit-langit dan dihiasi pula dengan perabotan China.

Suasana di dalam restoran fangweng Gua itu sendiri adalah pemandangan yang menarik untuk dilihat, tetapi daya tarik utama dari Restoran Fangwen adalah dua panggung beton yang memanjang jauh dari tebing dimana Anda dapat melihat semua keajaiban Happy Valley atau menonton bungee jumping saat mereka melompat dari jembatan di dekatnya.

Restoran Fangweng menawarkan berbagai macam makanan khas setempat yang berbahan dasar ikan air tawar, bebek, babi dan bahkan kura-kura, yang dimasak baik disiram sayuran atau dibumbui dengan cabai dan bubuk cabai. Namun, walaupun Anda bukan penggemar makanan Cina sekalipun, tergantung di sisi tebing dan menikmati keindahan alam dari lingkunagn sekitar, menjadikan restoran ini layak untuk Anda kunjungi.








Sumber:
uniqpost

Inilah 4 Kisah Sedih Inovator Teknologi

Posted by beye on , under | komentar (0)




Kemajuan teknologi digital sering menghasilkan cerita sukses bagi pengembangnya. Hidup bergelimang uang, punya perusahaan raksasa, dan lainnya.

Bagaimanapun, tidak semua penemu menikmati kejayaan dari hasil kerja keras mereka. Beberapa mengalami kisah pedih, bahkan hingga akhir hidupnya. Empat contoh di bawah ini bisa menjadi bukti


Alan Turing
 
 
Turing, bernama lengkap Alan Mathison Turing, adalah ahli kripto analisis dan ilmuwan di bidang komputer asal Inggris yang memiliki peran besar dalam pengembangan komputer dunia. Masa jaya Turing adalah saat Perang Dunia II, ketika itu ia bahkan sempat mengepalai unit yang bertugas khusus menganalisa dan memecahkan kode sandi Jerman.

Prestasi: Nama Turing menjadi legenda lewat konsep bernama Turing Machine. Konsep algoritma dan komputansi ini bahkan, menurut majalah Time, merupakan landasan dari seluruh komputer yang ada di dunia. Turing pun menjadi abadi lewat Turing Test, sebuah uji untuk membuktikan apakah sebuah sistem komputer mampu 'berpikir' dengan membandingkan jawaban komputer dengan jawaban manusia pada serangkaian pertanyaan.

Tragedi: Turing memiliki orientasi seksual menyukai sesama jenis. Pada masa hidupnya, homoseksualitas merupakan hal terlarang di Inggris. Akibatnya, untuk menghindari penjara, Turing menjalani terapi dengan hormon dan bahan kimia. Pada 1954 Turing ditemukan meninggal keracunan sianida, konon ia melakukan bunuh diri.



Charles Babbage
 

Charles Babbage adalah bangsawan Inggris yang hidup di abad 19. Ia merupakan ahli di bidang matematika, insinyur mekanik dan filosofi. Babbage juga dikenal sebagai seorang penemu.

Prestasi: Babbage boleh dibilang sebagai orang pertama yang menelurkan konsep komputer yang bisa diprogram. Bukan hanya konsep, Babbage pun mencoba membuat mesin-mesin yang bisa membuktikan konsep yang diutarakannya. Menakjubkannya, mesin yang dibuat dengan batasan kemampuan teknis pada abad 19 itu seharusnya bisa menjadi cikal-bakal komputer.

Tragedi: Sayangnya, Babbage tak pernah bisa menyelesaikan mesinnya tersebut. Konon, ambisi Babbage soal mesin tersebut melampaui kemampuannya sendiri. Belum lagi pribadi Babbage yang dikisahkan cenderung naik-turun membuatnya selalu beralih dari satu proyek ke proyek lainnya.




Dani Bunten
 
 
Dani Bunten (Danielle Bunten Berry / Daniel Paul Bunten) adalah desainer game yang berjaya pada tahun 1980-an. Namanya sering dikaitkan dengan legenda game Sid Meier karena konon Dani punya kesempatan menggarap game Civilization yang melambungkan nama Meier.

Prestasi: Dani Bunten meraih sukses lewat game bertajuk M.U.L.E pada kisaran 1980-an. Game ini merupakan salah satu game multiplayer awal yang sukses dan banyak dijadikan rujukan game-game berikutnya. Game Bunten lainnya yang cukup ternama adalah The Seven Cities of Gold.

Tragedi: Setelah tiga kali gagal dalam pernikahannya sebagai pria, Bunten akhirnya memilih untuk hidup sebagai seorang wanita. Bahkan ia melakukan operasi kelamin, yang di kemudian hari ia sesali. Bunten meninggal pada 1998 setelah didiagnosa mengidap kanker paru-paru, ia belum sempat menyelesaikan game M.U.L.E versi internet.



Joybubbles

 
 
Joybubbles, lahir dengan nama Joe Engressia, adalah seorang pelopor dalam dunia hacking. Ia terlahir sebagai seorang tuna netra dan memiliki kemampuan mendengarkan dan menyuarakan nada dengan sempurna.

Prestasi: Joybubbles merupakan pelopor phreaking, alias membobol jaringan telepon untuk membuat panggilan telepon tanpa membayar. Ketika itu ia mampu melakukannya dengan menyiulkan sebuah nada khusus di gagang telepon. Kemampuan Joe kemudian diikuti oleh Captain Crunch (Jon Draper) dengan menggunakan peluit hadiah sebuah produk sereal.

Tragedi: Legenda Joybubbles dibarengi kisahnya yang muram dengan masa kanak-kanak yang tidak bahagia dan diwanai penyiksaan. Joe mengatasi trauma ini dengan membuat Church of Eternal Childhood, mengubah namanya secara legal menjadi Joybubbles dan mendeklarasikan usianya sebagai 5 tahun untuk selamanya. Masa-masa terakhir hidupnya dihabiskan di apartemen kecil tanpa lampu yang dipenuhi perangkat telepon, boneka binatang, rekaman lawas dan mainan plastik.





 


Sumber:
kaskus

Related Posts with Thumbnails