Latest News

The Wood man, Inilah Seniman Kayu Terhebat Dunia

Posted by beye on Sabtu, 11 Mei 2013 , under | komentar (0)




Venesia, kota di atas air ini tak sekadar memesona karena gondola-gondola yang hilir-mudik. Sebuah pemandangan unik kadang bisa terlihat karena ada mobil VW, Ferrari F50 mengapung di atas kanalnya. Menjadi makin istimewa, karena mobil-mobil tersebut dari kayu.

Mobil kayu tersebut lahir dari tangan seorang seniman hebat, Livio de Marci. Ia bisa menciptakan segala sesuatu mirip seperti bentuk aslinya dari bahan dasar kayu. Tak heran, de Marci kerap dijuluki "The Wood man."  Kita bisa melihat beberapa contoh karyanya di bawah ini.

 

Livio de Marci - sang seniman "The Wood man"

Ingin menelusuri karya-karya de Marci lainnya? Klik link ini: craftsmanshipmuseumatau liviodemarchi

Sering Berjemur Ternyata Bisa Mengatasi Darah Tinggi

Posted by beye on , under | komentar (0)




Bagi yang berpotensi atau sudah menderita tekanan darah tinggi sering-seringlah berjemur di pagi hari. Jangan takut panas dan kulit menjadi hitam. Ini untuk kesehatan, kok.

Dari hasil riset para peneliti di University of Edinburgh, Inggris, berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa membantu menurunkan tekanan darah. 
 
 
Peneliti percaya sinar ultraviolet memicu penyimpanan nitrogen dalam tubuh, yang lalu masuk ke aliran darah. Efeknya, akan membuat relaksasi di pembuluh darah dan menurunkan tekanan.

Sebanyak 24 orang dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka diminta untuk berjemur selama 20 menit di bawah tanning lamp, yang kadar cahayanya bisa diatur. Hasilnya, level tekanan darah mereka menurun.

"Meskipun bisa menurunkan tekanan darah, tapi jika berjemur di bawah sinar matahari langsung sebaiknya gunakan perlindungan. Oleskan dulu krim yang mengandung sun protection formula untuk mengurangi risiko kanker kulit," kata Nina Goad, dari British Association of Dermatologists.

Anda bisa berjemur sekitar pukul 06.00 pagi. Bisa sambil lari-lari kecil nikmati hangatnya sinar matahari. Lakukan saja secara teratur. Tak hanya bisa menurunkan tekanan darah tapi juga memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin D.




 
 
 
 
Sumber:
viva.

Inilah Teknologi Gerakan Mata Pengganti Layar Sentuh

Posted by beye on Kamis, 09 Mei 2013 , under | komentar (0)




Revolusi teknologi saat memasuki abad 21 banyak kejutan baru. Saat kita mungkin masih 'nyaman' dengan teknologi layar sentuh, tak lama lagi hanya dengan gerakan mata semua eksekusi pada gadget bisa dilakukan dengan mudah.

Teknologi antarmuka yang disebut The Eye Tribe ini, dibuat oleh mahasiswa PhD dari IT University of Copenhagen.

thenextweb.com

Teknologi The Eye Tribe melacak mata untuk mengontrol perangkat dengan akurasi sama dengan ujung jari. Ini berkat keajaiban temuan mereka yang dinamai Ssubmilimeter Pupil Tracking.

Dengan memakai teknologi infrared, algoritma khusus The Eye Tribe bisa melacak letak pupil mata pengguna, seakurat saat jari menyentuh layar tablet. Bedanya, gerak mata lebih cepat dari pada gerak jari.

Ternyata, pupil kita sama seperti sidik jari, khas dan tak ada yang memiliki corak yang sama. Sehingga, pandangan mata bisa dijadikan sarana untuk masuk (log in) pada setiap akun.

Dengan The Eye Tribe, memungkinkan mata mengontrol perangkat dan memungkinkan navigasi handsfree pada website, game dan aplikasi. "Apa yang kami tunjukkan saat ini hanyalah puncak gunung es dari apa yang bisa dilakukan dengan kontrol mata," kata pendiri The Eye Tribe, Sune Alstrup Johansen. The Eye Tribe ingin menyediakan teknologi kontrol mata untuk perangkat konsumen pasar massal dengan menjual lisensi teknologi bagi produsen.


Kisah tujuh tahun
The Eye Tribe dimulai tujuh tahun saat empat pendiri bertemu di jurusan IT University of Copenhagen. Mereka berambisi membuat kontrol mata bisa tersedia untuk semua orang dengan harga terjangkau. Setelah menyelesaikan PhD empat pendiri mereka membeli IP dari Universitas dan membentuk The Eye Tribe.

chatsudarattarasan.wordpress.com

Mereka tampil dalam ajang StartupBootcamp Eropa 2011. Setahun kemudian menerima investasi dari investor swasta Eropa sebesar US $ 1 juta. Pemerintah setempat juga ikut mendanai sebesar US $ 4,4 untuk mengembangkan kontrol mata pada perangkat mobile.

Dengan temuan baru ini, maka interface perangkat akan berubah banyak. Pengembang game, aplikasi dan software bisa memakai The Eye Tribe untuk menggunakan teknologi ini. Software Development Kit (SDK) bagi pengembang akan datang ke Android pada Juni nanti.

Dalam situsnya, mereka mendemonstrasikan main game Fruit Ninja dengan sapuan mata. Mereka juga mengatakan akan meluncurkan tablet Android yang bisa langsung digunakan dengan kontrol mata. Namun tak disebut spesiifikasi, kapan dan berapa harga yang akan dibandrol.





 


Sumber:
yahoo.

Inilah Bukit Pasir Unik yang Bisa Berpindah

Posted by beye on Rabu, 08 Mei 2013 , under | komentar (0)



Great Dune of Pyla terletak 60 km dari Bordeaux di kawasan teluk Arcachon, Prancis, yang dikenal sebagai bukit pasir tertinggi di Eropa.

Great Dune of Pyla juga dikenal dengan sebutan Great Dune of Pilat. Bukit pasir raksasa ini memiliki lebar 500 meter, panjang 3 km dan tinggi 107 meter di atas permukaan laut. Keindahan destinasi ini membuatnya menjadi tujuan wisata yang terkenal dengan lebih dari satu juta pengunjung per tahun.

wikipedia.org


Menariknya, bukit pasir raksasa itu ternyata tak pernah henti bergerak. Terkadang bergerak cepat (10 meter per tahun) dan terkadang sangat lambat (kurang dari satu meter per tahun).

Selama 57 tahun terakhir, bukit pasir itu telah bergerak sejauh 280 meter, yang berarti mengalami perpindahan tahunan sebesar 4,9 meter per tahun.

Korvin / flickr.com

Perpindahan bukit pasir ini, sebagaimana dilansir amusingplanet, berhubungan dengan tiupan angin maritim yang mendorong mobilitas Great Dune of Pyla. Bagi para wisatawan yang suka berpetualang, naik ke bagian atas bukit pasir ini dapat memberikan pemandangan spektakuler seperti lanskap pesisir pantai dan hutan pinus yang luas.








Sumber:
merdeka.

Ternyata Pohon pun Menjerit-jerit Saat Haus

Posted by beye on Selasa, 07 Mei 2013 , under | komentar (0)




Frekuensi suara yang bisa ditangkap telinga manusia sangat terbatas - sekitar 20 hingga 20.000 Hertz. Karenanya kita tidak pernah tahu bahwa pohon-pohon pun bisa mengeluarkan suara. Seperti misalnya saat haus, jeritan mereka konon sangat menyedihkan, loh.

Para ilmuwan baru-baru ini berhasil menangkap suara pepohonan tersebut. Sebuah tim yang dipimpin fisikawan Prancis, Philippe Marmottant, dari Grenoble University, engklaim bahwa mereka telah membuat rekaman pertama dari pohon yang sedang terengah-engah karena air. Sama seperti manusia yang bersuara saat mereka menghirup udara, pohon juga membuat suara ultrasonik bermunculan.
 
Ilustrasi: Photographer Harri Pekkinen / kuvamyynti.info

Dari mana suara pada pohon muncul? Pohon mengambil air dari tanah melalui sistem akar mereka. Upaya untuk menarik air dan kelembapan ini dari tanah menciptakan gelembung udara.

"Kami bisa melacak artikulasi gelembung, dan apa yang kami temukan adalah mayoritas suara yang didengar terkait dengan gelembung," kata Marmottant.

Para peneliti menggunakan sampel  irisan kayu pohon pinus mati yang diberi banyak hidrogel. Kondisinya dibuat semirip mungkin seperti pohon hidup.

Gel tersebut mulai mengering karena pengaruh lingkungan. Dari sini peneliti mendengarkan kayu yang mulai memunculkan suara. Kebisingan tersebut berasal dari gelembung udara yang naik kemudian menghilang. Proses ini disebut dengan kavitasi.

Kabarnya, mereka sekarang berlomba mencoba dengan peralatan yang mampu mendengarkan suara-suara unik yang diciptakan oleh alam. Bila sudah menjadi kenyataan, suatu saat nanti boleh jadi kita bisa menangkap jutaan tangis dari hutan-hutan yang ditebang oleh manusia-manusia serakah.




 


Sumber:
tempo

Inilah Gua Spektakuler dengan Pemandangan Sureal

Posted by beye on , under | komentar (0)




Pemandangan menakjubkan dalam gua ini ada di Semenanjung Kamchatka Rusia. Prosesnya terbentuk dari mata air panas yang mengalir di bawah es glasial di sisi Gunung Mutnovsky. Atap gua yang sangat tipis menghasilkan refleksi warna dari sinar matahari yang menembusnya.

Beraneka warna yang dihasilkan oleh cahaya matahari membuat pemandangan sureal di dalam gua. Keindahan tersebut bisa bertahan sekian lama karena wilayah di timur jauh Rusia ini sempat dilarang untuk dieksplorasi sampai sekitar tahun 1990-an. Hasilnya adalah tempat wisata yang masih 'perawan' tanpa takut dirusak oleh bisnis pariwisata yang terkadang melupakan kelestarian alam. Namun, sampai kapan?
 
 
 
 







Gerhana Matahari Cincin Bakal Muncul dalam Waktu Dekat

Posted by beye on Senin, 06 Mei 2013 , under | komentar (0)




Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gerhana matahari cincin (GMC) akan terjadi pada 9-10 Mei 2013.

Berdasarkan situs resmi BMKG yang dilansir di Jakarta, Jumat, menyebutkan gerhana matahari cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara dan Filipina bagian Selatan.
 

Di Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin. Sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa gerhana matahari sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.

Fase GMC, di mana gerhana mulai pada 21 25.1 UT, gerhana cincin mulai di 23 32.6 UT, dan puncaknya pada 00 19.6 UT, gerhana cincin berakhir 02 17.8 UT serta gerhana berakhir pada 03 25.3 UT.

Namun, waktu untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut, karena tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan bumi dan posisi bulan dan matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lainnya beruntung bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.

Sementara puncak gerhana juga bisa dilihat masyarakat di Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Gerhana matahari adalah fenomena alam di mana terhalanginya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Peristiwa tersebut terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan dan hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.



 




Sumber:
yahoo

Gerhana Matahari Cincin Bakal Muncul dalam Waktu Dekat

Posted by beye on , under | komentar (0)




Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gerhana matahari cincin (GMC) akan terjadi pada 9-10 Mei 2013.

Berdasarkan situs resmi BMKG yang dilansir di Jakarta, Jumat, menyebutkan gerhana matahari cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara dan Filipina bagian Selatan.
 

Di Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin. Sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa gerhana matahari sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.

Fase GMC, di mana gerhana mulai pada 21 25.1 UT, gerhana cincin mulai di 23 32.6 UT, dan puncaknya pada 00 19.6 UT, gerhana cincin berakhir 02 17.8 UT serta gerhana berakhir pada 03 25.3 UT.

Namun, waktu untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut, karena tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan bumi dan posisi bulan dan matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lainnya beruntung bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.

Sementara puncak gerhana juga bisa dilihat masyarakat di Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Gerhana matahari adalah fenomena alam di mana terhalanginya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Peristiwa tersebut terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan dan hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.



 




Sumber:
yahoo

Related Posts with Thumbnails