Latest News

Norrie May ,Manusia Tanpa Jenis Kelamin

Posted by beye on Sabtu, 18 Juni 2011 , under | komentar (0)



Seorang ekspat Inggris yang mengklaim tidak memiliki status kelamin diyakini sebagai orang pertama di dunia yang secara resmi diakui tidak memiliki kategori jender sebagai pria ataupun wanita.


Norrie May-Welby (48) lahir ke dunia sebagai seorang pria. Namun, ia kemudian memutuskan melakukan operasi kelamin pada 1990 saat berusia 28 tahun. Setelah itu, ia merasa tidak bahagia menjadi seorang perempuan dan akhirnya Norrie memutuskan untuk menjadi seorang "neuter". Alhasil, ia sekarang secara resmi diakui sebagai seseorang yang tidak memiliki jender secara spesifik.

May-Welby pernah hijrah ke Australia pada usia tujuh tahun. Ia lahir dan dibesarkan di Paisley, kota Renfrewshire, Inggris.

Pemerintah di Inggris menolak mengeluarkan akta kelahiran untuk Norrie karena tak dapat membuat sebuah klasifikasi Baru untuk status warga tanpa jender. Selain itu, para dokter juga mengaku tak bisa memastikan jenis kelamin dari tubuh ekspat ini.

"Konsep pria atau wanita tidak cocok buat saya. Solusi paling sederhana adalah tidak memiliki salah satu identifikasi," ungkap Norrie.

Lembaga Kepercayaan Jender Inggris menyatakan tidak keberatan dengan pilihan yang diambil Norrie. "Banyak orang menyukai ide untuk menjadi orang tanpa jender," kata seorang juru bicara.

sumber : http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=127791

10 Fakta Unik Tentang Istana Buckingham

Posted by beye on , under | komentar (1)



http://hermawayne.blogspot.com


1. Istana ini tidak menetapkan dress code secara resmi, tetapi tidak ada satu orang pun yang mengunjungi dengan jeans lusuh juga. Kebanyakan orang yang diundang ke Istana Buckingham di siang hari akan mengenakan seragam kerja ataupun jas. Sedangkan di malam hari, tergantung dari tingkat formalitas, para pengunjung pria akan mengenakan dasi hitam atau putih. Jika para pria mengenakan dasi putih, maka para wanita akan mengenakan tiara.

2. Suatu ritual yang harus dilakukan setiap hari walaupun pada hari Natal adalah pembersihan kerakal (gravel) pekarangan dari istana ini. Kerakal ini dibersihkan dan dirapikan dengan perlengkapan mesin setiap pagi. Kemudian menjelang sore hari, akan diadakan lagi dua inspeksi, berjaga-jaga agar tidak kelihatan sampah bermunculan. Makanya Anda tidak perlu kaget jika melihat pekarangannya yang selalu kelihatan mulus.

3. Tempat dimana Istana Buckingham berdiri dulunya merupakan kebun pohon murbei (mulberry) yang ditanam oleh Raja James I, seorang raja pencinta buku yang memerintah selama tahun 1603 hingga 1625. Raja James juga menternak ulat sutera di istana tersebut. Tetapi, James memilih semak-semak murbei yang salah sehingga usahanya sia-sia.

4. Meskipun namanya adalah Istana Buckingham, tempat ini dulunya hanya merupakan ‘landasan’ bagi para aristokrat. Nama tempat ini diberikan pada abad ke-18 oleh politisi Tory: John Sheffield, Earl of Mulgrave dan Marquess of Normanby ketiga, yang merupakan Duke of Buckingham pada tahun 1703. Sang bangsawan ini pun membangun tempat yang dinamakan Rumah Buckingham untuk dirinya sendiri sebagai tempat berkumpul yang mewah di London.

5. Arsitek virtuoso John Nash kemudian mengubah Rumah Buckingham menjadi Istana Buckingham pada tahun 1820-an. Monarki pertama yang menggunakan kreasi Nash sebagai rumah resmi adalah Ratu Victoria yang pindah ke sini pada tahun 1837. Leluhur Victoria, William IV, menganggap ini sebagai tempat kumuh - sebagaimana para orang Inggris mengatakan dan malah menetap di tempat yang lebih umum yaitu Clarence House on The Mall.

6. Istana Buckingham secara desain sebenarnya lebih radikal daripada apa yang Anda bayangkan. Beberapa kamar bertemakan kebudayaan Cina. Beberapa perabotan dan dekorasi dipinjam dari gaya oriental berani Pangeran Regent Brighton Pavilion. Tetapi kemudian ini dijual oleh Ratu Victoria untuk membiayai pembangunan Istana Buckingham.

7. Monarki satu-satunya yang dilahirkan dan meninggal di Istana Buckingham adalah Edward VII, sang perokok yang juga pencipta kedamaian, yang hidup dari tahun 1841 hingga 1910. Jika Anda mengatakan Edward perlu pergi keluar dari sangkarnya lebih sering, beliau akan kesulitan untuk menemukan tempat yang begitu central dan menarik perhatian. Jika Anda tinggal di istana tersebut, Anda juga akan dapat merasakan detak jantung dari kota London.

8. Pernahkan Anda berpikir kenapa istana ini tidak dibom pada Perang Dunia ke-2? Sebenarnya, pemboman terjadi dengan sangat parah. Istana ini terpukul 9 kali. Beberapa kali, Raja George VI dan Ratu Elizabeth menghindar agar tidak terbunuh. Anda pasti berpikir lagi kenapa mereka tidak pindah dari tempat yang begitu menarik perhatian, bukan?

9. Selama pemboman tersebut, setidaknya nyawa seseorang menjadi korban, yaitu PC Steve Robertson, seorang polisi yang sedang berdinas di istana. PC Steve Robertson terkena sisa puing-puing yang beterbangan pada 8 Maret 1941 ketika bagian utara dari istana ini dihancurkan. Terdapat sebuah logam pipih di kebun untuk mengenang beliau.

10. Jika batere ponsel Anda habis dan Anda tidak tahu waktu setempat di Istana Buckingham, rileks saja. Tempat bersejarah ini memiliki lebih dari 350 buah jam. 2 orang ahli jam akan memutar kembali jam nya setiap minggu agar jam-jam tersebut semuanya terawat.

kaskus.us

Prediksi Astronom, 2013 Bumi Kembali Alami Zaman Es

Posted by beye on , under | komentar (0)



Bumi diprediksi akan masuki 'Little Ice Age' atau zaman es baru di tahun mendatang akibat rendahnya aktivitas matahari, demikian yang diungkapkan para peneliti. 

http://gb.fotolibra.com/images/previews/50046-ice-age-hunters-with-spears-illustration.jpeg

Fenomena Aktivitas bintik pada matahari, yang diikuti siklus setiap tahunan, akan mencapai puncaknya pada tahun 2013, setelah itu akan mulai sedikit berkurang. Tapi astronom berpikir kenaikan berikutnya akan kurang intensif dari normal, atau bisa gagal terjadi sama sekali.Dilansir melalui Telegraph, selama beberapa dekade, Eropa mengalami musim dingin yang luar biasa dan sangat sering, dan waktu tersebut kemudian disebut 'Little Ice Age'. Meskipun tidak ada bukti konklusif yang saling mempengaruhi satu sama lain, banyak ilmuwan mempercayai hal itu.Bintik matahari adalah lubang kecil gelap di permukaan matahari, yang disebabkan oleh area kecil dari aktivitas magnetik kuat yang mengganggu aliran normal gas yang dipanaskan secara intens.Ketika ada bintik matahari yang lebih besar, secara keseluruhan hasil dari matahari yang disebut radiasi matahari total atau total solar irradiance (TSI) yang juga tinggi.Frank Hill, dari National Solar Observatory di New Mexico, yang bekerja pada salah satu studi, mengatakan, "Fakta bahwa ada tiga baris yang terpisah dari semua bukti menunjuk ke arah yang sama dan sangat menarik."Tapi Joanna Haigh profesor fisika atmosfer di Imperial College London, mengatakan, “Pemanasan global bisa menimpa efek pendinginan pada iklim bumi.”Selama waktu itu suhu di barat laut eropa hampir 1 derajat Celcius lebih rendah dari normal, dan sekitar 0.5 derajat Celcius lebih rendah dari rata-rata suhu global. Namun, ia pun mengingatkan, "Bahkan jika prediksi benar, efek pemanasan global akan melampaui kemampuan matahari untuk mendinginkan bahkan dalam skenario paling dingin. Dan dalam hal apapun, efek pendinginan hanya terjadi sementara. Ketika aktivitas matahari kembali normal, maka gas rumah kaca tidak akan pergi," tandasnya.Sumber :okezone.com

Omni Freeze Ice, Baju Anti Gerah Hasil Penelitian Ilmuwan

Posted by beye on , under | komentar (0)



Pemanasan global membuat orang sering mengeluh kepanasan. Cuaca panas ekstrim di musim kemarau sebenarnya bisa ditangani dengan menyalakan AC atau kipas angin. Tapi itu hanya berlaku di dalam ruangan. Kalau Anda ke luar, tetap saja akan kepanasan.

Untuk mengatasinya, Columbia menciptakan jaket dan sepatu khusus. Namanya Omni Freeze Ice.
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1613512.jpg

Pakaian ini terbuat dari serat khusus, yang bahannya bisa menyerap panas tubuh jika menyentuh permukaan kulit. Pada saat basah (oleh air atau keringat), seratnya akan aktif menurunkan suhu pakaian serta orang yang memakainya.Tingkat dinginnya tergantung kelembapan kulit dan kuat-tidaknya hembusan angin di sekitar kita. Saat kita bergerak, baju ini juga terasa lebih dingin dibanding saat diam.Bahkan jika kita mengaduk material serat itu ke dalam segelas air, air itu akan berubah jadi es. Itu karena bahan kimia yang terdapat dalam serat. Kemampuan pendingin itu tidak berlaku selamanya, tapi bisa bertahan selama 50-70 kali pencucian.Baju ini baru akan dijual di pasaran oleh produsennya pada 2012. Mungkin baju ini juga dipersiapkan untuk mengahalau panasnya badai matahari yang diprediksi akan dimulai pada tahun tersebut.Sumber :inilah.com

Pesan-Pesan Dari Zaman Batu yang Masih Menjadi Misteri

Posted by beye on , under | komentar (0)



Lukisan atau simbol-simbol yang terdapat di dinding-dinding gua sepertinya adalah asal-usul bahasa tertulis. Pertama kali ditemukan di Perancis dan kemudian ditemukan di berbagai belahan dunia. Kira-kira pesan apa yang bisa kita tangkap dari lukisan atau simbol-simbol ini.


Seorang pengunjung melihat pada dinding-dinding Aula Besar Bulls, gua Lascaux II, Dordogne, Perancis, yang memiliki lukisan-lukisan prasejarah yang indah, sampai sekarang. Hanya baru-baru ini saja para peneliti sudah mulai melihat, setengah lingkaran aneh squiggles, garis dan zigzag yang mengelilingi mereka. Ini mungkin sebuah kunci untuk memahami bentuk-bentuk awal komunikasi manusia. 

Lukisan batu ini di Chobe Taman Nasional, Botswana, menggambarkan sebuah eland, gajah dan kijang atau gemsbok. Namun, simbol-simbol yang mengelilingi mereka yang mungkin memegang kunci untuk memahami komunikasi manusia awal.Garis zigzag tidak muncul sampai 20.000 tahun yang lalu dan 13.000 tahun yang lalu telah menghilang. Bentuk mengular berbentuk sama ada dari 30.000 tahun yang lalu, tetapi juga menghilang dari sekitar 13.000 tahun yang lalu. Simbol serupa telah ditemukan di Australia, Afrika Tengah, Eropa, dan Selatan dan Amerika Utara. 

Tangan ini dicat di dinding gua di Rio Pinturas, Argentina. Bentuk tangan yang diciptakan dengan menekan seluruh atau sebagian dari tangan terhadap permukaan, menggunakan cat atau tanah liat. Meskipun terlihat jelas, simbol ini sangat mengherankan dan langka, ditemukan hanya kurang dari 7 persen dari situs Perancis. Pertama kali ditemukan di Chauvet, dan tampaknya telah menyebar ke berbagai daerah hingga 13.000 tahun yang lalu sampai akhirnya tidak digunakan lagi. Simbol ini juga terdapat di Australia dan Burma. 

Simbol Tangan mendominasi mural di sebuah gua asli Australia, menunjukkan seberapa jauh penyebaran simbol tersebut. Terdapat juga simbol spiral di bagian atas atap. Simbol spiral ditemukan di hanya dua situs Perancis, yang mengejutkan para peneliti karena ternyata motif umum dalam budaya ini. Meskipun langka di Perancis, fitur simbol spiral terdapat pula dalam seni batuan di seluruh dunia, termasuk China, Afrika, Eropa dan Amerika Selatan. 

Lukisan-lukisan ini ditemukan di gua Lascaux II. Simbol berbentuk titik seperti yang jelas terlihat tapi begitu juga yang berbentuk segi empat (di sebelah kiri jangka titik). Simbol berbentuk segi empat ditemukan di 20 persen situs dan telah dihubungkan dengan situs di Afrika Selatan, India dan Selatan dan Amerika Utara. 

Simbol-simbol ini ditemukan di gua-gua di Rio Pinturas, Argentina. Lingkaran terkonsentrasi di kiri bawah dianggap sebagai contoh-contoh awal dari synecdoche (menggunakan bagian dari sesuatu untuk mewakili keseluruhan), dan cara yang mewakili ide-ide simbolis daripada realistis. Lingkaran serupa di tempat lain telah digunakan untuk mewakili mata di lukisan kuda dan banteng. 

Titik dan garis adalah beberapa simbol yang paling sering ditemukan. Titik-titik dalam berbagai ukuran muncul di 42 persen dari situs Perancis, termasuk yang satu ini di Chauvet. Garis-garis ditemukan di lebih dari 70 persen situs dan muncul dari 30.000 tahun yang lalu sampai 10.000 tahun yang lalu.Bagaimana dengan di indonesia?Ternyata tidak kalah banyak juga lukisan atau simbol-simbol yang ditemukan di Indonesia. Penemuan lukisan gua di Sulawesi Selatan untuk pertama kalianya dilakukan oleh C.H.M. Heeren-Palm pada tahun 1950 di Leang PattaE.
Di gua ini juga ditemukan cap-cap tangan dengan latar belakang cat merah. Barangkali ini merupakan cap tangan kiri perempuan. Ada pun cap-cap tangan tangan ini dibuat dengan cara merentangkan jari-jari tangan itu di dinding gua kemudian ditaburi dengan cat merah. 

Di gua tersebut juga ditemukan lukisan seekor babi rusa yang sedang melompat dengan panah di bagian jantungnya. Barangkali lukisan semacam ini dimaksudkan sebagai suatu harapan agar mereka berhasil berburu di dalam hutan. Babi rusa tadi digambarkan dengan garis-garis horizontal bewarna merah
Lukisan Anoa pada dinding Gua Sumpangbita, Pangkep, Sulawesi Selatan.



Di Maluku, penemu lukisan dinding gua adalah J. Roder pada tahun 1937, walaupun mungkin masyarakat sekitar sudah mengenal sebelum Roder menemukannya. Roder menemuan lukisan gua sebanyak 100 buah di Pulau Seram, pada dinding karang di atas Sungai Tala. Lukisan yang ditemukan berupa gambar-gambar rusa, burung, manusia, perahu, lambang matahari, dan mata.

Selain ditemukan di Pulau Seram, di Maluku lukisan cadas juga ditemukan di Kepulauan Kei, pada tebing batu karang dengan ketinggian 5-10 meter dari atas permukaan laut. Lukisan-lukisan yang ditemukan di Kepulauan Kei pada umumnya hanya berupa garis lurus saja, tetapi ada yang diberi warna pada bagian dalamnya, khususnya untuk gambar manusia. Kecuali manusia dengan berbagai adegan (menari, berperang, memegang perisai, dan jongkok dengan kedua tangan terangkat), ada pula pola topeng, burung, perahu, matahari, dan bentuk geometrik. Gaya lukisan yang ditemukan mirip dengan lukisan yang ditemukan di Pulau Seram, Papua Barat, dan Timor, bahkan lukisan di Australia bagian selatan. Orang yang dianggap mencatat lukisan prasejarah pertama kali di Papua adalah Johannes Keyts (seorang pedagang) dalam perjalanan dari Banda ke pantai Nuw Guinea pada tahun 1678. Ia melewati sebuah tebing karang di tepi teluk Speelman yang dipenuhi oleh tengkorak, sebuah patung manusia, dan berbagai lukisan pada dinding gua tersebut dengan warna merahTerdapat di gua dan ceruk di Sulawesi Tenggra terdapat di Mentanduro, La Kabori, Kolumbo, Toko, dan wa Bose, sedangkan ceruk-ceruknya adalah La Sabo, Tangga Ara, La Nasrofa, dan Ida Malangi. Semua peninggalan ini terdapat di sekitar kawasan perladangan Liabalano, Kampung Mabolu, Desa Bolo, Kecamatan Kotobu.Seni cadas yang paling menarik adalah Gua Tamrin dan Gua Ham karena begitu banyak gambar di dalamnya. Gua Tamrin terletak di dekat sungai Marang, memiliki sejumlah lukisan penari bertopeng yang menutupi seluruh bagian kepalanya. Lukisan tersebut mirip dengan tarian adat yang masih berlangsung pada beberapa suku di Papua. Sementara itu, di Gua Ham ditemukan pola cap seperti penari, tapir, rusa dan tumbuh-tumbuhan. Chazine berpendapat bahwa pola cap tangan yang di jumpai di dalam gua tersebut merupakan yang paling banyak di dunia. Lukisan dan simbol-simbol yang terdapat di gua-gua tersebut adalah peninggalan sejarah yang sangat berharga. Sampai-sampai lukisan yang terdapat di gua Lascaux, dibuatkan replikanya sehingga yang asli tetap terjaga.sumber

Dibutuhkan Hampir 150.000 Prosesor Untuk Menyamai Otak Kucing

Posted by beye on Jumat, 17 Juni 2011 , under | komentar (0)



IBM megungkapkan telah membangun otak artifisial (buatan) terbesar sepanjang sejarah. Sebuah program bernama Modha dengan milyaran neuron virtual. Program yang begitu besar dan untuk menjalankannya dibutuhkan salah satu superkomputer tercepat di dunia, Dawn, sebuah Blue Gene / P superkomputer di Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) di California.

Dawn berukuran satu acre yang terletak di lantai dua lab Simulasi Terascale Facility. Dia menggunakan memori sebesar 147.456 gigabyte dan 147.000 prosesor yang ditempatkan pada 10 rak komputer dan dihubungkan oleh ber mil-mil kabel. Dawn memerlukan satu juta watt listrik melalui kabel daya setebal pergelangan tangan, serta menggunakan 6.675 ton pendigin udara.

Dawn telah terinstal pada awal tahun ini oleh Department of Energy's National Nuclear Security Administration (NNSA), yang melakukan simulasi komputer terbesar untuk memastikan kesiapan senjata nuklir. Untuk semua spesifikasinya yang spektakuler, Dawn hanya mampu menjalankan Modha dengan 1,6 miliar neuron virtual hanya pada kecepatan 1/600 kecepatan otak kucing yang sebenarnya.

Lagu Nyasarudin yang Sindir Nazarudin Heboh di Youtube

Posted by beye on , under | komentar (0)




Masih ingat dengan lagu Bona Paputungan yang menyanyikan lagu Andai Aku jadi Gayus yang populer saat Gayus Tambunan kabur ke Singapura? Nah, rupanya ini juga menginspirasi hal serupa dengan menyindir kaburnya Nazarudin yang sekarang berada di Singapura.

Lagu tersebuy berjudul Nyasarudin, sebuah nama yang tak jauh dari Nazarduin, mantan bendahara Partai Demokrat yang dinyatakan KPK sebagai tersangka. Video berdurasi 2.59 menit itu pertama diunggah oleh orang bernama “Manabtolib”, 4 Juni 2011. Lirik lagunya cukup menyentil para koruptor, terkesan ditujukan kepada tersangka kasus travel cek pemilihan Deputi Gubernur Senior BI, Nunun Nurbaeti, dan Nazaruddin sendiri.
Berikut ini adalah lirik lagu Nyasarudin:
Aku lari dari kenyataan karena aku sudah ketahuan.
Ku tak mau dikambinghitamkan karena semua ikut merasakan.
Aku kabur keluar negeri menghindari panggilan polisi.
Aku takut akan diadili karena aku pelaku korupsi.
Kujalankan semua arahan, kuturuti perintah atasan.
Ambil uang jatah uang dalam yang jumlahnya sampai miliaran.
Sekarang ku jadi buruan, berita tv dan berita koran. Semua pada menyudutkan, diriku dijadikan korban.
Sampai kapan diriku sembunyi, kuinginkan adanya solusi.
Biar tahu aku tak sendiri yang nikmati hasil korupsi.
Rupanya, lagu ini ditanggapi sebagai sesuatu yang baik oleh politikus seperti Ruhut Sitompul. Walaupun sama-sama dari Partai yang sama, namun Ruhut suka dengan lagu ini. uhut bilang, lagu itu bagus dan koruptor yang kabur ke luar negeri seharusnya malu.
“Selama semuanya untuk kebaikan, saya dukung. Lagunya bagus, tidak menyinggung SBY, Partai Demokrat, tetapi pelaku korupsi,” katanya, Sabtu (11/6).
“Kalau mengambil uang rakyat sama saja mengkhiati Tuhan. Jadi, siapa saja yang terkait, harusnya malu pada rakyat,” ujar Ruhut.

infogue

PLN Bangun Menara Listrik Tertinggi di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)




PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera membangun menara listrik tertinggi di dunia untuk menghubungkan tegangan listrik Jawa-Bali.

Presiden Direktur PT PLN, Dahlan Iskan, di Denpasar, Selasa, mengatakan menara setinggi 376 meter itu akan dibangun di Banyuwangi, Jawa Timur, dan Gilimanuk, di Kabupaten Jembrana.
“Menara ini akan menjadi tertinggi di dunia yaitu 376 meter. Selama ini yang tertinggi ada di RRC 370 meter,” katanya di sela-sela Kongres ke-23 Serikat Penerbitan Suratkabar (SPS) itu.
Ia mengatakan, menara ini memiliki kaki-kaki yang kuat. Kaki-kaki menara ditancapkan pada lahan seluas lapangan sepak bola.
Dikatakan, menara yang akan menghantarkan listrik dari Jawa untuk mencukupi kebutuhan Bali memiliki daya mencapai 3.000 mega watt (MW).
“Dengan daya sebesar itu nantinya bisa memenuhi kebutuhan Bali untuk 25 tahun ke depan,” katanya.
Dahlan menjamin menara ini memiliki konstruksi yang sangat kuat sehingga tahan dari ancaman hembusan angin terkencang.
Ia menjelaskan, PLN telah mempelajari segala ancaman alam dengan sangat baik. Kecepatan angin paling cepat di sekitar menara tersebut mencapai 59 meter per detik yang tercepat dalam 100 tahun terakhir.
“Konstruksi ini kuat menghadapi kecepatan angin sampai 70 meter per detik,” kata dia.
Untuk mengatasi angin itu, masih kata Dahlan, tangan menara dibuat di ketinggian dengan bentangan kabel berjarak 70 meter, sehingga tidak terjadi konsleting. Kabel akan menghubungkan kedua menara melewati Selat Jawa.
“Pembangunan menara itu diperkirakan menelan dana Rp500 miliar. Pembangunannya akan segera dimulai awal tahun 2012 dan diperkirakan rampung pada awal 2013, atau sebelum APEC dimulai,” ucap Dahlan.
Menara “Bali Crossing” itu berfungsi untuk memasok listrik ke Pulau Dewata.
Saat ini, beban puncak di Bali mencapai daya 600 MW. 10 tahun ke depan dengan pertumbuhan tujuh persen, maka kebutuhan listrik di Bali mencapai 1.200 MW.

vivanews

Ditemukan Sawah Terasering Kuno Peninggalan Suku Inca

Posted by beye on , under | komentar (0)



Suku Inca terkenal sebagai suku yang mempunyai peradaban dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Mulai dari ilmu perbintangan, penanggalan, perburuan, dan masih banyak lagi. Salah satu bukti tingginya peradaban suku inika ini adalah tingginya peradaban sistem pertanianya. 

Hal ini dibuktikan dengan penemuan sistem sawah terasering suku inka yang sangat terukur dan indah di sebuah wilayah bernama Maras City yang juga merupakan salah satu tempat tinggal suku Inca di zaman dahulu.

Sawah ini berbentuk terasering melingkar dengan presisi melingkar yang sempurna. Tinggi tiap teraseringnya sekitar 2 meter dengan disertai tata rambat dari batu. Besar kemungkinan sawah ini dulu dipakai sebagai tempat pertanian anggur oleh suku inka.sumber

Pranav Mistry: si jenius dari India penemu 6’th Sense Technology

Posted by beye on , under | komentar (0)



pranav1

Terus terang, sewaktu melihat video presentasi tentang teknologi terbaru ini saya sampai bengong, ibarat seorang manusia purba di jaman batu yang melihat komputer pertama kali. Bagaimana tidak? Sebagai seorang praktisi hardware dan software otodidak (kalau saya boleh menyebut diri saya begitu) saya selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komputasi. Namun, teknologi yang satu ini benar-benar membuat saya kagum!
Teknologi terbaru ini dinamai 6’th Sense Technology atau Teknologi Indera Keenam. Penemunya seorang jenius asal India yang juga seorang insinyur terkenal jebolan MIT (Massachusetts Institute of Technology) bernama Pranav Mistry. Pranav dengan jenius telah menciptakan alat yang memadukan gerak tubuh (gesture) dengan dunia komputasi digital. Dengan teknologi ini kita bisa melakukan apa pun tanpa harus mengunakan alat yang berbeda dan tanpa harus berada di depan komputer.
Ide awal penemuan teknologi ini adalah: bagaimana kita tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan gampang tanpa harus membawa banyak peralatan digital seperti kamera, ponsel, ataupun laptop, sekaligus dapat terhubung secara online terus menerus untuk menerima dan mencari informasi.
pranav hand

Seperti yang didemokan oleh Pranav, dengan teknologi tersebut dia mampu menelfon hanya dengan telapak tangan tanpa ponsel, memotret hanya dengan ujung jari tanpa kamera, melihat resensi buku, melihat delay pesawat pada ticket, membuka akses internet atau Google pada selembar kertas, membaca koran dengan animasi online, dan bahkan … transfer data atau teks hanya dengan menjumput dan memasukkannya ke monitor komputer!
pranav
1. Kamera: Webcam menangkap obyek di depan dan melakukan tracking terhadap gerakan tangan user. Data dikirimkan ke smart phone.
2. Tanda jari berwarna: Pada jari terdapat tanda berwarna merah, kuning, hijau, dan biru yang membantu kamera menangkap gerakan tangan. (Pada perkembangan teknologi ini Pranav Mistry telah menciptakan algoritma pengenalan gerak tubuh sehingga kelak tidak lagi diperlukan tanda berwarna pada jari tersebut)
3. Proyektor: Sebuah proyektor yang menggunakan LED (light emiting diode) menampilkan data yang dikirim dari smart phone ke sembarang permukaan di posisi depan user. Bisa tembok, kertas, tangan, atau orang. Saat ini Pranav sedang merancang membuat proyektor laser agar ketajamannya lebih tinggi.
4. Smart Phone: Sebuah smart phone yang terkoneksi ke Web akan memproses data video dengan menggunakan algoritma pencitraan untuk mengidentifikasi obyek. Sebuah software khusus lain melakukan searching di Web untuk ‘menterjemahkan’ gerakan tangan.
Trus, bagaimana cara kerjanya? Patty Maes, sang dosen Pranav menjelaskan bahwa cara kerja perangkat tersebut berdasar image and character recognition (pengenalan gambar dan karakter). Alat utama yang digantungkan di dada terdiri dari webcam, proyektor mini, cermin, dan smart phone. Sedangkan pada ujung jari telunjuk dan jempol kedua tangan dipasang colored cap (tanda berwarna), yang terdiri dari empat warna berbeda, merah, hijau, kuning dan biru.
Kamera berfungsi mengenali gambar, wajah, atau teks, sekaligus mengenali gerakan perintah kedua ujung jari telunjuk dan jempol. Proyektor digunakan untuk menampilkan interface (sebagai pengganti monitor) sekaligus menampilkan data-data tertentu yang akan diproyeksikan ke sembarang media mulai dinding, kertas, hingga telapak tangan. Sedangkan smart phone digunakan untuk komunikasi suara dan akses data dengan Web (lihat gambar di atas).


Menurut Patty perangkat teknologi ini masih berupa prototype, dan biaya pembuatannya tidak lebih dari $ 350. Jika rencana produksi secara masal terwujud hampir pasti harganya jauh lebih murah dengan disain yang lebih simpel dan futuristik.
Mengapa dinamai 6’th Sense Technology? Masih menurut Patty karena perangkat ini dikendalikan berdasarkan gerakan tubuh kita seakan-akan melengkapi lima indera yang lain. Itulah alasannya.
Silahkan simak video berikut. Saya yakin Andapun kagum.

Related Posts with Thumbnails