Latest News

Menguak Misteri Cara Cuci Otak/Brainwash

Posted by beye on Sabtu, 12 Juni 2010 , under | komentar (0)



Cuci otak (brainwash) adalah suatu proses pendoktrinan secara intensif yang memaksa seseorang untuk meninggalkan keyakinannya untuk suatu keyakinan lain yang baru. Tujuan dari cuci otak ini umumnya terkait masalah militer, politik, dan religius melalui proses yang cukup panjang dengan memberikan tekanan-tekanan untuk meruntuhkan pertahanan fisis dan mental seseorang.

Terdapat berbagai macam teknik untuk melakukan cuci otak, yang umumnya dilakukan saat subyek terisolasi dari kehidupan sosialnya, dengan menerapkan konsep penghargaan dan hukuman atas setiap tindakan yang dilakukan atau tidak dilakukan. Apabila subyek menolak untuk bekerjasama, ia akan menerima hukuman baik secara fisis maupun psikis, termasuk memutus kontak sosial, makan, tidur, hingga siksaan fisik.

Sejarah cuci otak (brainwash)
 

Proses cuci otak sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1950 saat perang antara Korea Utara dan Korea Selatan berlangsung. Saat itu Republik Rakyat Cina (RRC) ikut berperang membela Korea Utara, dengan Amerika Serikat dan PBB di pihak Korea Selatan. Brainwash atau cuci otak merupakan istilah yang digunakan di Amerika Serikat untuk menjelaskan fenomena banyaknya tentara Amerika Serikat yang berubah pihak membela Korea Utara setelah menjadi tahanan mereka. Dan semenjak itu, Central Intelligence Agency (CIA) dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat terus mengadakan penelitian untuk mengembangkan teknik cuci otak ini.

Selain itu, teknik cuci otak juga banyak digunakan saat perang dunia I dan II untuk membangun semangat para prajurit sejak mereka masih remaja, yang terutama diterapkan kepada para prajurit NAZI. Tujuannya adalah untuk membentuk mental prajurit yang tahan banting dan setia terhadap keyakinan para pemimpin atau partai yang mereka anut. Dan dewasa ini banyak isu yang beredar bahwa teknik cuci otak juga telah disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membangun suatu aliran agama baru atau membuat propaganda terhadap suatu keyakinan tertentu, termasuk dalam kasus Noordin M. Top dan motif “bom bunuh diri yang dilakukan oleh para “pengantin”. Suatu hal yang kebenarannya masih dipertanyakan dan hangat dibicarakan di berbagai lapisan masyarakat.

Metoda cuci otak (brainwash)
 

Terdapat berbagai macam cara untuk melakukan cuci otak, mulai dari persuasi secara vokal (sugesti), visual, bantuan obat-obatan, hingga siksaan baik secara fisis maupun psikis. Prinsipnya adalah dengan melakukan metoda tersebut sambil memasukkan suatu program atau ide tertentu ke dalam pikiran seseorang secara berkepanjangan hingga memasuki alam bawah sadarnya. Ketika sebuah nilai telah tertanam cukup kuat di alam bawah sadar seseorang, maka semakin lama nilai itu akan semakin kuat, berakar, dan permanen. Inilah yang kemudian disebut sebagai hasil dari cuci otak, dan merupakan tujuan utama dilakukannya hal tersebut.

Cara yang paling halus adalah dengan persuasi secara vokal atau visual untuk memasukkan sugesti. Hal ini dapat dilakukan dengan cara hipnosis, testimoni, hingga teknik persuasi dalam sebuah pidato atau presentasi.

Hipnosis

Hipnosis merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memasukkan sugesti ke dalam pikiran seseorang. Dengan hipnosis, akses ke alam bawah sadar akan terbuka sehingga memudahkan seseorang untuk menerima sugesti yang diberikan. Hipnosis sendiri pada awalnya digunakan sebagai salah satu metoda pengobatan di Mesir dan Yunani, kemudian menyebar ke wilayah Eropa. Seorang dokter Austria bernama Sigmund Freud menggunakan hipnosis untuk mengatasi masalah mental para prajurit saat perang dunia I dan II.  Kini, teknik hipnosis juga telah digunakan sebagai salah satu pengobatan komplementer untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Pendekatan lain untuk cuci otak adalah dengan menerapkan teknik testimoni dan persuasi dalam sebuah pidato atau presentasi.

Testimoni

Teknik ini biasanya dilakukan oleh grup-grup tertentu semisal grup penyembuhan ketergantungan narkoba, alkohol,atau trauma. Tujuannya adalah untuk membentuk spirit komunitas yang pada akhirnya dapat mendorong individu yang ikut di dalamnya. Seorang peserta berdiri satu demi satu dan menceritakan kisah mereka mulai dari saat masih kecanduan hingga sembuh. Sugesti umumnya diberikan dengan menyebut kalimat “saya dulu pemabuk berat dan sekarang berhenti” atau “saya dulu terkena kanker dan sekarang sembuh” secara repetitif dari setiap peserta sebelum atau setelah bercerita. Keadaan ini dapat memberikan manipulasi psikologis pada semua peserta. Setelah sejumlah cerita mengalir dan didengar,dalam diri anggota grup tersebut akan muncul keyakinan bahwa dirinya bisa sembuh dan mengentikan kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Dengan demikian ruangan akan dipenuhi dengan rasa bersalah, rasa takut hingga harapan dan semangat untuk berubah.

Persuasi dalam sebuah pidato atau presentasi

Pernahkah Anda merasa bersemangat atau memiliki sebuah pola pikir baru setelah Anda mengikuti sebuah seminar atau pelatihan? Ataukah Anda pernah merasa sangat tertarik terhadap sebuah produk multilevel marketing (MLM) yang sedang dipresentasikan padahal Anda baru saja membeli produk yang sejenis? Apabila jawabannya adalah iya, berarti tanpa disadari Anda pernah menjadi subyek cuci otak.

Metoda ini sebenarnya tidak dapat benar-benar dikatakan sebagai cuci otak, tetapi lebih kepada manipulasi pikiran seseorang dengan sugesti. Bagian otak kiri manusia mengolah bagian rasio dan analisis, sedangkan otak kanan mengolah sisi kreatif dan imajinasi. Inti dari metoda ini adalah bagaimana cara menyibukan otak kiri sehingga otak kanan dapat diakses untuk menanamkan suatu pola pikir tanpa harus melalui proses analisis terlebih dahulu.

Bagaimanapun, apabila diterapkan terus-menerus secara periodik, teknik ini juga dapat memasukkan ide-ide dalam pikiran bawah sadar seseorang hingga menjadi suatu nilai yang berakar dan permanen (cuci otak).

Penerapan teknik penghargaan dan hukuman

Teknik ini merupakan teknik pertama yang dilakukan saat perang Korea pada tahun 1950. Prinsipnya adalah dengan mengisolasikan subyek cuci otak dari kehidupan sosialnya. Subyek akan diperlakukan sesuai tindakan yang dilakukan atau tidak dilakukannya. Apabila subyek menolak untuk bekerjasama, ia akan menerima hukuman baik secara fisis maupun psikis, termasuk memutus kontak sosial, makan, tidur, hingga siksaan fisik. Namun apabila subyek bersedia untuk bekerjasama, maka ia akan menerima sebuah penghargaan dalam berbagai bentuk. Bentuk yang paling sering dari penerapan teknik ini adalah outbond, pelatihan militer, dan penggemblengan murid atau mahasiswa baru saat masa orientasi.

Kemudian, benarkah terdapat korelasi antara terorisme dan cuci otak?

Saat ini, terdapat dugaan bahwa cuci otak merupakan salah satu alasan yang kuat di balik kenekatan sikap para “pengantin bom bunuh diri” yang telah meneror Indonesia selama beberapa waktu terakhir. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa cuci otak umumnya dilakukan untuk tujuan militer, politik, dan religius. Ketika dianalogikan dengan pemberitaan yang ada, memang terdapat kemungkinan adanya korelasi antara terorisme dan cuci otak ini. Dengan dalih outbond dan ceramah agama yang dilakukan secara periodik, sang mastermind dapat mendoktrin para pengikutnya untuk meruntuhkan apa yang mereka yakini untuk sebuah keyakinan baru. Namun cuci otak bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan begitu saja, perlu waktu yang cukup lama untuk menanamkan ide-ide baru dalam pikirian bawah sadar seseorang sehingga kegiatan ini umumnya dilakukan terus-menerus secara periodik di sebuah area yang terpencil untuk memutus kontak sosial. Selain itu, hipnosis juga dapat dilakukan untuk memudahkan proses penerimaan sugesti.

Bagaimanapun, Anda tidak harus setuju dengan analisa kami. Pilihan tetap ada di tangan Anda. Yang terpenting kita tidak boleh membiarkan siapapun memecah-belah bangsa Indonesia, tidak juga teroris. Tidak perduli banyaknya budaya dan agama yang kita miliki, kita harus semakin kuat dan bekerjasama untuk melawan musuh bangsa ini dan propaganda yang dilakukan oleh para teroris.

by: http://www.adipedia.com/apa-itu-cuci-otak-brainwash-dan-bagaimana-hal-itu-dilakukan/

Teroris yang sanggup melakukan pengeboman bunuh diri. Katanya, orang bisa melakukan hal seperti itu karena sebelumnya di cuci otaknya (brainwash) terlebih dahulu.

Apakah ada cuci otak itu?
 

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, sebaiknya kita mendefinisikan terlebih dahulu, apa itu yang disebut sebagai cuci otak (brainwash).Brainwash atau lebih dikenal sebagai cuci otak adalah sebuah proses yang sudah dikenal semenjak lama, bahkan sebelum perang dunia ke II. Teknologi ini banyak digunakan saat itu oleh tentara Jerman. Untuk apa? Untuk membangun semangat para prajurit dari semenjak masih remaja, untuk membentuk mental prajurit yang tahan banting, loyal, dan sejiwa dengan haluan partai NAZI saat itu. Teknik yang digunakan merupakan sebuah metode yang saat itu dikembangkan secara ilmiah oleh para pakar psikologi dan pikiran manusia, dimana para pakar jerman saat itu juga melakukan berbagai percobaan terhadap pikiran manusia (semasa holocaust di jerman).

Semua metode yang digunakan untuk melakukan brainwash saat itu, biasanya menggunakan waktu yang cukup panjang, untuk menanamkan sebuah program atau ide tertentu dalam pikiran seseorang. Waktu yang cukup panjang merupakan sebuah proses supaya program baru yang ditanamkan tersebut masuk ke pikiran bawah sadar seseorang.

Tujuan utama brainwash saat itu adalah lebih cenderung untuk membangun mental dan kesetiaan para prajurit Jerman.

Metode utama yang digunakan adalah dengan memasukkan informasi/dogma2 secara audio dan visual secara waktu berkala dan panjang, dan bersifat terfokus.

Nah, bagaimana brainwash itu dilakukan? Sekali lagi, sebuah informasi yang ditekankan dan dimasukkan secara terfokus, dengan akses audio maupun visual, dan dilakukan secara terus menerus, mampu menggiring persepsi dan pola pikir maupun perasaan seseorang sedikit demi sedikit. Inilah yang kita sebut sebagai memasukkan nilai di bawah sadar seseorang.

Ketika sebuah nilai telah tertanam cukup kuat di dalam bawah sadar seseorang, maka nilai itu lama kelamaan semakin kuat, berakar, dan permanent. Inilah yang kemudian disebut sebagai hasil dari brainwash itu, dan merupakan tujuan utama dilakukan hal tersebut.

Jadi, teknologi ini berbahaya sekali? Mengerikan sekali efek dari brainwash ini, apakah semua orang bisa di brainwash?

Semua teknologi berpotensi menjadi sesuatu yang berbahaya (nuklir, dinamit, senjata, dll), sedangkan efek dari brainwash tidak selamanya mengerikan. Mengerikan jika (sekali lagi) teknologi dan tujuan brainwash ini disalah gunakan (contoh: utk kegiatan terorisme). Yang menarik adalah, apakah semua orang bisa di brainwash? Jawabannya, BISA… kalau nilai dasar individu yang di brainwash, tidak bertentangan dengan nilai yang dimasukkan dengan metode brainwash ini.

Maksudnya gimana?

Misalnya, saya memiliki nilai dasar atau sistem belief tentang perjuangan. Saya merupakan seseorang yang menganut bahwa saya dapat memberikan lebih banyak untuk bangsa dan negara maupun agama ketika saya hidup. Saya adalah individu yang lebih mengedepankan perjuangan dengan suara dan pikiran saya. Saya tidak menganut faham bahwa dengan bunuh diri, saya bisa dikenang dan berbuat banyak demi bangsa, negara, dan agama. Saya menganggap bahwa kehidupan ini indah, dan saya punya banyak orang yang saya cintai di sekeliling saya. Ini semua yang disebut sebagai nilai dasar dan sistem belief.

Misalnya ada sebuah nilai baru yang mau dimasukkan ke dalam pikiran saya, sebuah nilai tentang membela bangsa, negara, dan agama dengan meledakkan diri, di tengah-tengah orang-orang yang tidak secara langsung bersalah pada saya ataupun kepentingan yang saya bawa, dan teknik yang digunakan adalah metode brainwash.

Apa yang terjadi?

Yang terjadi adalah terjadi ”pertarungan” didalam pikiran saya. Dimana nilai dasar yang telah lebih dahulu ada, berhadapan dengan nilai dan sistem belief yang baru, yang dicoba ditanamkan pada pikiran saya.

Siapa yang menang?

Nilai dasar yang sudah ada, ketika telah terbentuk selama bertahun tahun, merupakan sebuah sistem yang sangat kuat. Ketika nilai baru mencoba menginfiltrasi pikiran saya, maka perlawanan yang diberikan oleh sistem nilai lama sangatlah kuat. Tentu nilai barr bisa saja (seolah-olah) menguasai pikiran saya di permukaan, menjadi nilai dan sistem belief baru. Tetapi, ketika program yang berusaha di tanamkan tersebut hendak di jalankan (misalkan. Untuk meledakkan diri di keramaian), maka program itu pasti terganggu dengan nilai dan sistem belief lama yang ada.

Lalu?

Program baru tersebut gagal untuk bekerja! Sistem nilai yang sudah ada sebelumnya di pikiran bawah sadar kita lebih kuat daripada sistem nilai yang baru, yang secara ”instant” diprogram ke dalam pikiran saya.

Jadi, bagaimana cara supaya program itu bekerja seperti yang diinginkan?

Tentu membutuhkan seseorang yang memang memiliki nilai dasar yang tidak bertentangan sebelumnya.

Mengapa?

Karena pada dasarnya brainwash ”hanya” mempertajam nilai yang telah ada sebelumnya, serta membangun keberanian dan kekuatan untuk melakukan sebuah aksi atau tindakan atas ”nilai” atau ”kepercayaan” yang telah ada sebelumnya.

Satu hal yang pasti, bahwa ini merupakan sebuah metode yang berlandaskan sebuah dasar ilmiah, dan mampu membawa manfaat bagi banyak orang, ketika digunakan untuk sebuah keperluan yang memang positif, dan sesuai dengan nilai dari individu2 yang membutuhkan bantuan dari metode ini.

Mernarik bukan, ternyata keuntungan dari brainwash juga banyak (membangkitkan semangat, PD, keberanian, dll sampai untuk membentuk sebuah budaya perusahaan yang positif, kondusif, dan produktif). Nah, mau tahu lebih lanjut mengenai brainwash?

sumber

Cara Melihat Aura Dalam Diri Manusia

Posted by beye on , under | komentar (0)



www.kaskuslover.tk
Banyak orang menduga aura hanya dapat dilihat dengan kekuatan batin tingkat tinggi, atau dengan bantuan khodam. Yang lebih modern, auradapat terlihat jelas lewat hasil jepretan kamera kirlian. Tapi tahukah, aura sebenarnya dapat dilihat dengan mata telanjang. Tips berikut ini akan memandunya. Namun sebelum kita ulas lebih jauh, ada baiknya kita temgok sejenak mengenai apa dan bagaimana sifat aura itu. Maksudnya agar kita tidak berpijak pada pemahaman yang salah. Ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan aura : Aura manusia selalu berubah-ubah sesuai dengan kedewasaan kepribadian seseorang. Aura manusia berwarna-warni sesuai dengan kepribadian dan kehidupan seseorang. Masing-masing warna aura menunjukkan kepribadian yang berbeda. Panjang pendeknya aura dapat dideteksi dengan indra peraba kulit maupun dengan tongkat deteksi.

Aura seseorang dapat mempengaruhi maupun dapat dipengaruhi oleh lingkungan sehingga dapat bertambah maupun dapat berkurang karena faktor lingkungan.
www.kaskuslover.tk
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar pancaran aura tetap cemerlang, diantaranya : Makan makanan yang halal, baik dan tidak berlebihan. Olahraga yang cukup dan teratur. Memenuhi kebutuhan tubuh akan udara segar. Istirahat dengan cukup, mengurangi rokok, alkohol dan obat terlarang. Mengurangi gerak hati, gerak pikir dan kegiatan-kegiatan yang buruk. Mengurangi sikap hati yang kasar, mudah emosi dan memperbanyak rasa kasih sayang.

Sekarang, mari kita mulai latihan melihat aura. Sebelum melihat aura orang lain, ada beberapa urutan latihan yang harus dilakukan demi kesempurnaan hasil.

1. Melihat Aura Dengan Jari Tangan
Carilah tembok yang berwarna putih, lalu duduklah dengan tenang pada jarak 1/2 meter dari tembok. Ambil nafas sebanyak mungkin dan tahan selama mungkin. Lakukan sebanyak 5 kali. Gosoklah kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Tempelkanlah masing-masing jari tangan kanan dan kiri saling berpasangan. Letakkanlah kedua tangan yang masih berpasangan tadi 30 cm didepan mata dengan latar belakang tembok berwarna putih. Renggangkanlah perlahan-lahan kedua telapak tangan saling menjauh. Perhatikanlah, antara kedua ujung jari tadi akan mengeluarkan garis cahaya putih. Itulah aura yang memancar dari ujung jari kita.

2. Melihat Aura Dengan Telapak Tangan
Tariklah nafas dan gosokkanlah kedua telapak tangan seperti pada cara No. 1. Tempelkanlah salah satu telapak tangan pada tembok yang berwarna putih. Tariklah nafas, tahan dan hembuskanlah. Lepaskan telapak tangan dari tembok. Amatilah bekas telapak tangan yang tertinggal ditembok. Itulah aura yang memancar dari telapak tangan dan lama kelamaan akan larut dalam aura alam.

3. Melihat Aura Diri Sendiri
Letakkanlah cermin besar dihadapan kita. Duduklah dengan tenang. Usahakanlah latar belakang tembok berwarna putih dan penerangan berupa lampu neon. Tariklah nafas sebanyak mungkin dan tahanlah selama mungkin. Ulangilah sebanyak 5 kali. Tataplah bayangan diri kita yang ada dicermin. Pandangan mata diusahakan tidak melihat tubuh maupun bayangan tubuh, namun lihatlah batas tepian kepala dengan latar belakang tembok. Setelah pandangan mata kita terfokus, maka perlahan-lahan dari kepala dan bahu akan keluar cahaya aura kita. Sinar yang pertama kali terlihat, biasanya berwarna putih. Putih ini biasanya bukan merupakan warna aura kita yang sesungguhnya, melainkan dari warna aura yang sesungguhnya. Tataplah terus sampai kita melihat warna lain yang tidak berubah. Setelah berhasil, mulailah untuk melihat aura orang lain.

4. Melihat Aura Orang Lain
Mintalah bantuan seseorang yang akan menjadi objek untuk berdiri didepan tembok yang berwarna putih. Usahakanlah penerangan didalam ruangan dibuat remang-remang atau redup. Berdirilah lebih kurang 3 meter didepan objek. Fokuskanlah pandangan mata pada bagian tepi kepala dan bahu objek. Perlahan-lahan akan keluar sinar aura dari tepi kepala objek. Fokuskanlah pandangan pada seluruh tepian tubuh objek, maka seluruh tubuh objek akan memancarkan warna aura.

sumber

Foto Rahasia Hitler yang Belum Dipublikasikan

Posted by beye on , under | komentar (0)



Ingin tahu seperti apa bunker (tempat persembunyian bawah tanah) dari Adolf Hitler. Nah apa yang akan anda lihat berikut ini adalah foto bunker milik Adolf Hitler yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Foto ini diambil oleh William Vandivert untuk majalah Life tidak lama setelah perang dunia ke dua berakhir.

Foto di bawah ini adalah sebuah jalan utama di pusat kota Berlin, Oberwallstrasse, di mana terjadi pertempuran paling sengit antara pasukan Nazi dan Uni Soviet terjadi.
    
Berlin, 1945: Dead City
Berlin, 1945: Dead City

Foto bunker Hitler
Inside Adolf Hitler's 
Bunker

Stolen Relics


Lukisan abad ke-16 yang dijarah dari museum di Milan ditemukan di dalam bunker
Loot
Blood in the Bunker
Dengan berbekal penerangan lilin, para prajurit memeriksa bunker Hitler, tampak bercak darah di sofa yang kemungkinan besar adalah darah Hitler

Sang fotografer
Vandivert at Work
Vandivert at Work
William Vandivert, fotografer perang dunia II, meninggal pada 1992 
 
sumber: life

Jawaban Mengapa Banyak Penggaris Panjangnya 30cm

Posted by beye on , under | komentar (0)



Kalau anda pernah melihat penggaris yang dipakai di sekolah dasar dan menengah, kemungkinan besar penggaris itu panjangnya 30 sentimeter. Tigapuluh sentimeter itu lebih kurang sama dengan 12 inci atau 1 kaki (foot, ini satuan panjang ala Kerajaan Inggris).

Dalam bidang komputer dan elektronika, panjang 30 sentimeter memiliki arti khusus. Arti khusus yang penting dan menjadi pegangan dalam merancang dan membangun rangkaian mikroelektronika dan rangkaian terpadu (integrated circuit, IC).
Tigapuluh sentimeter lebih kurang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang elektromagnetik dalam waktu satu per milyar detik. Perioda satu per milyar detik berkorespondensi dengan frekuensi 1 milyar daur (cycle) per detik (giga hertz, GHz), jadi lebih kurang pada orde/skala yang sama dengan kecepatan komputer saat ini.

Faktor 30 sentimeter menjadi penting dalam merancang sebuah rangkaian elektronika yang beroperasi pada frekuensi GHz. Dalam rangkaian elektronika skala GHz, daur arus listrik dalam rangkaian akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang pada sekitar skala sentimeter. Jika rangkaian elektronika tersebut berukuran juga pada skala sentimeter, maka insinyur yang merancang rangkaian tersebut harus mempertimbangkan faktor waktu yang diperlukan untuk perambatan gelombang elektromagnetik dalam rangkaian.

Problem serupa, yakni memperhitungkan faktor waktu yang diperlukan untuk perambatan gelombang elektromagnetik, muncul dalam banyak teknologi sehari-hari: radar, telekomunikasi seluler dan satelit, jaringan serat optik (optical fiber), global positioning system, perpetaan, geodesi, dan banyak lagi.


Dalam fisika partikel eksperimen, problem ini muncul ketika fisikawan harus mempertimbangkan waktu tempuh sinyal dalam serat optik dari detektor yang terletak 100 meter di bawah tanah ke komputer yang membaca dan menyimpan data di permukaan tanah. Sebagai contoh, akselerator LHC beroperasi dengan frekuensi 40 MHz atau periode 25 per milyar detik. Setiap 25 per milyar detik, terjadi beberapa tumbukan/interaksi di dalam detektor. Dengan menggunakan aturan 30 sentimeter, kita tahu bahwa selama 25 per milyar detik, cahaya akan menempuh jarak 7.5 meter. Padahal jarak dari bawah tanah ke permukaan tanah adalah 100 meter lebih! Sebelum sinyal dari detektor mencapai permukaan tanah dan direkam dalam komputer, detektor sudah menerima data kembali!

Padahal detektor di bawah tanah pada umumnya memerlukan konfirmasi (handshake) dengan komputer yang terletak di permukaan: apakah sinyal/informasi yang dikirimkan sudah sampai atau belum. Dengan pertimbangan itu, maka detektor di bawah tanah dirancang untuk menyimpan sementara data-data tumbukan/interaksi partikel dalam sebuah tempat penyimpanan sementara (buffer memory). Sehingga bila karena suatu sebab kiriman informasi dari bawah tanah ke permukaan terganggu, detektor di bawah tanah akan menerima kabar dari komputer di permukaan bahwa informasi yang dikirim belum diterima, dan bisa dikirimkan kembali.

Kok bicara fisika partikel eksperimen kedengarannya seperti teknik elektro atau instrumentasi! Ini semua karena kebutuhan: untuk membangun alat eksperimen fisika partikel diperlukan kerjsama antara fisikawan dengan insinyur: baik insinyur teknik tenaga listrik, teknik elektronika, teknik mesin, teknik pendinginan, teknik komputer, teknik sipil, dll. Tanpa kerjasama tersebut, tidaklah mungkin alat dan fasilitas eksperimen fisika partikel bisa dibangun.

Catatan: Penggunaan ukuran 30 sentimeter untuk memberikan ilustrasi/gambaran tentang kecepatan cahaya dan jarak yang ditempuh, dipopulerkan oleh Laksamana Pertama (Commodore/Rear Admiral) Grace Hopper, seorang sesepuh dalam bidang komputer dan informatika.

Bagaimana Manusia Berkomunikasi dengan UFO?

Posted by beye on , under | komentar (0)



Anda penggemar cerita UFO namun bagaimana Jika umat manusia akhirnya menerima sinyal dari luar angkasa, salah satu pertanyaannya adalah bagaimana cara kita menjawab pada mereka?.

Sebagai Direktur Komposisi Pesan Antarbintang di Institut SETI, psikolog Douglas Vakoch telah banyak memikir mengenai pertanyaan itu "Tantangan mengkonstruksi pesan antarbintang adalah kesamaan antara Anda dan penerima," kata Vakoch.

"Satu hal yang kita dapat jamin adalah, mereka tidak akan bertutur dalam bahasa Inggris, Swahili atau China."

Masalah yang sama berlaku untuk setiap pesan yang masuk ke bumi. "Ini sangat wajar untuk berpikir bahwa kita akan mengetahui apakah ada makluk luar angkasa, bahwa kita telah mendapat pesan yang jelas, tetapi kita tidak dapat memahaminya," kata Vakoch.

Jadi memilih bahasa dan berkomunikasi sama sulitnya seperti mencari tahu apa yang ingin Anda katakan. Sebuah bahasa berdasarkan prinsip matematika dan ilmiah, adalah ide yang baik kata Vakoch.

“Karena disumsikan makluk asing cukup maju untuk mengirim atau menerima sinyal ke penjuru ruang angkasa, maka mereka pasti memiliki pemahaman ilmiah,” katanya.

Manusia sudah memiliki pengalaman mengirim pesan untuk makluk asing. Salah satu yang paling terkenal adalah kumpulan suara dan gambar yang di Voyager Golden Records, dua phonograp yang dibawa kapal Voyager 1 dan 2 saat diluncurkan pada tahun 1977 yang berada di lintasan luar sistem tata surya

sumber: inilah.com

Ditemukan Makam Para Gladiator dengan Luka Mengerikan

Posted by beye on , under | komentar (0)



Seperti film-film gladiator pada umumnya bahwa Gladiator selalu dikaitkan dengan Roma Kuno, tapi sejarawan percaya bahwa mereka juga telah menemukan sebuah kuburan gladiator di Inggris Utara. 

 
Diperkirakan berumur 2000 tahun, kerangka-kerangka tersebut ditemukan oleh para arkeolog saat mereka menggali daerah perumahan di York, dan mereka meniggal dengan cidera yang mengerikan.

Baik itu dibunuh di arena oleh harimau atau oleh pukulan palu dari sesama gladiator, yang pasti mereka mati untuk menghibur penonton yang haus darah. 
 
1 copy
Penggalian: Kurt Hunter-Mann, kanan, seorang petugas lapangan di York Arkeologi Trust, memeriksa tengkorak yang ditemukan di sebuah tempat di York 
 
2 copy
Tempat ini merupakan bukti sejarah ditemukannya makam gladiator Romawi 
 
Penemuan mereka pada awalnya membuat bingung para ahli, sebelumnya mereka pikir ini adalah kuburan dari pembantaian masal.  Tapi sebuah tim arkeolog dan ilmuwan forensik "Waking The Dead" membenarkan bahwa mereka telah memecahkan misteri itu. 
 
Mereka mengatakan bahwa cedera yang dialami mayat-mayat tersebut kebanyakan karena gigitan harimau. Seperti pejuang yang digambarkan oleh Russel Crowe dalam filmGladiator, Mereka diharapkan untuk bertarung sampai mati. 
 
Beberapa kerangka menunjukkan luka-luka dari senjata, dan ada juga yang mengalami gigitan besar yang ukuranya sangat cocok dengan ukuran gigi singa atau gigi seri harimau. 
 
Semua mayat-mayat tersebut digambarkan sangat kuat dan tinggi. Tulang-tulang mereka menunjukkan ada tanda-tanda bahwa mereka berotot dan sangat kuat. 
 
CHANNEL 4 PICTURE PUBLICITY 124 Horseferry Road London SW1P 2TX 020
 7306 8685  GLADIATOR GRAVEYARD Notes (Still) Tx:14/06/2010 09:00  This 
picture may be used solely for Channel 4 programme publicity  purposes 
in connection with the current broadcast of the programme(s)  featured 
in the national and local press and listings. Not to be  reproduced or 
redistributed for any use or in any medium not set out  above (including
 the internet or other electronic form) without the  prior written 
consent of Channel 4 Picture Publicity 020 7306 8685
Olahraga Darah:
Roma membawa para pejuang gladiator ke Britania hampir 2.000 tahun yang lalu 
 
Dosen antropologi forensik Dr Michael Wysocki berkata: "Adanya bekas gigitan adalah salah satu dari bukti kuat yang menunjukkan hubungan dengangladiator . Kelihatannya sangat tidak mungkin mayat-mayat tersebut diserang oleh harimau hanya karena ia berjalan pulang dari pub di York 2.000 tahun yang lalu. " 
 442593e
Sejarawan percaya laki-laki di Inggris Utara akan bertarung dalam pertempuran
gaya gladiator, seperti yang digambarkan dalam film Gladiator 
 
Roma membawa pejuang gladiator ke Britania hampir 2.000 tahun yang lalu, dan dibangun arena dan amphitheatres di kota-kota Romawi yang penting termasuk London dan Chester. 
 
Kurt Hunter-Mann, dari York Arkeologi Trust, mengatakan, para pria banyak mangalami luka-luka, termasuk pukulan palu ke kepala - sebuah metode yang dikenal bagigladiator untuk membunuh lawan. 
 
8 copy
Makam Gladiator: Antropolog Forensik Dr Michael Wysocki meneliti tulang yang ditemukan di sebuah situs di York 
 
9 copy
Sebuah tengkorak ditemukan di sebuah tempat di York
 
Analisis tulang mereka telah menunjukkan mereka datang dari setiap sudut daerah kekuasaan, termasuk Afrika dan Mediterania, dengan mengirimoara pejuangGladiator yang kuat.

Sumber

Teknisi system Microsoft Termuda di Dunia

Posted by beye on , under , | komentar (0)




Seorang anak laki-laki bernama Marco Calasan dan berusia 9 tahun asal Makedonia disebut-sebut sebagai anak jenius setelah ia menjadi teknisi termuda sistem Microsoft di dunia, mengantongi empat sertifikat dari Microsoft, dan menulis sebuah buku tentang Windows 7 setebal 312 halaman.Marco yang dikenali dengan rambut panjang ikalnya dan bertindik adalah seorang anak jenius di bidang komputer. Marco mengatakan, ia biasanya menghabiskan waktu selama empat jam dalam sehari duduk di depan komputer namun kadang-kadang hingga 10 jam lebih. Tak hanya itu, Marco juga mengajar di lab komputer miliknya sendiri di mana para siswanya adalah anak-anak usia 8 hingga 11 tahun. Laboratorium itu memiliki 15 komputer yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan.

Ia mampu bercakap dalam tiga bahasa dan sedang mempelajari bahasa yang keempat. Ia juga membangun sebuah jaringan yang mampu melakukan streaming video dengan kualitas terbaik di Makedonia di mana pemerintah setempat tidak mampu melakukannya.Otak Marco memang luar biasa. Menurut Profesor Elena Achkovska-Leshkovska dari Professor Elena Achkovska-Leshkovska, ia sempat mengetes kemampuan Marco saat ia berusia 7 tahun. Ia menemukan kemampuan otaknya berada di atas usia 12 tahun. Hal menarik lainnya, ia memiliki emosi dan bersosialisasi yang luar biasa pula. Suatu hal yang biasanya tidak dimiliki anak-anak yang memilik bakat-bakat tertentu.


pada berusia 8 tahun,ia telah menjadi seorang Microsoft Certified Systems Administrator (MCSA). Namanya adalah Marko Calasan dan berasal dari Macedonia. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang diraih oleh M. Lavinashre dari India. Sekarang, ia telah berumur 9 tahun dan hendak mengikuti sertifikasi lainnya yang lebih menantang, Microsoft Certified Systems Engineer (MCSE).

Bagi yang mungkin belum tahu, Microsoft menyelenggarakan ujian sertifikasi untuk berbagai macam teknologi yang ditawarkannya, meski memang hanya ditujukan untuk para pakar di bidang teknologi informasi (IT Professional).

Peranan yang ditawarkan dan disertifikasi antara lain adalah sebagai berikut:

1. administrator sistem operasi Microsoft Windows dan lingkungan berbasis Windows Server (Microsoft Certified Systems Engineer/MCSE, Microsoft Certified Systems Administrator/MCSA)
2. administrator basis data dan Business Ingelligence berbasis Microsoft SQL Server (Microsoft Certified Database Administrator/MCDBA)
3. pengembang perangkat lunak menggunakan bahasa C# atau Visual Basic .NET (Microsoft Certified Solution Developer/MCSD, Microsoft Certified Application Developer/MCAD).
4. pengembang perangkat lunak yang berjalan di atas platform Microsoft seperti SharePoint atau Exchange Server (Microsoft Certified Technology Specialist/MCTS).
5. pembantu administrator dan bala bantuan teknis (Microsoft Certified Desktop Support Technician/MCDST)
6. pengguna sistem dan platform Microsoft untuk pekerjaan bisnis (Microsoft Office Specialist/MOS, Microsoft Certified Application Specialist/MCAS).

Dengan menyandang gelar-gelar tersebut, seorang pengguna komputer layak disebut sebagai pakar di dunia teknologi informasi, khususnya dalam dunia teknologi yang ditawarkan oleh Microsoft.


Kembali lagi ke Marko, mengenai bagaimana ia menjadi seorang “Mozart” baru dalam dunia teknologi informasi. Marko mengakui dirinya suka membaca dan menulis ketika umurnya masih dua tahun, dan ketika berumur empat tahun, ia sudah fasih berbicara Bahasa Inggris–sesuatu yang sangat jarang sekali dimiliki oleh seorang yang berasal dari negeri Alexander Agung itu. Ia juga mengakui bahwa dirinya sangat menyukai matematika dan sangat menyukai fisika. Marko juga menjelaskan bahwa komputer adalah masalah matematika sederhana, asalkan mengikuti petunjuknya.

Kejeniusannya yang dilandasi oleh pemahaman sederhana ini telah membuat dia menjadi seorang selebriti lokal yang sejak dianugerahi gelar MCSA, ditawari sebuah laboratorium teknologi informasi oleh Perdana Menteri Macedonia, Nikola Gruevski. Orangtua Marko juga berencana untuk menerbitkan sebuah buku untuk anak-anak kecil tentang komputasi berdasarkan pengalaman Marko dan kesuksesan yang diraih oleh anaknya

Pada usia enam tahun, Calasan mendapatkan pengakuan sistem administrasi pertamanya dari Microsoft, gelar yang sulit didapat bahkan oleh seorang insinyur komputer yang ahli. Pemerintah Macedonia pun mengizinkannya untuk tidak datang ke sekolah secara rutin. Saat ini Marco bekerja sebagai pengendali sistem administrasi di sebuah lembaga non-profit yang membantu orang-orang cacat. Ia juga mengajar pengetahuan komputer dalam bahasa Inggris menggunakan streaming video.



dia bersekolah di SD Blaze Koneski di Macedonia. Seperti bocah lainnya, ia memiliki senyum khas anak-anak. Ia berambut keriting panjang sebahu yang dikuncirnya.Saat berbicara, kata “Microsoft” selalu muncul dalam setiap kalimatnya, sekaligus menegaskan jika bocah ini terobsesi dengan kreasi pendiri Microsoft. Usia yang muda ternyata tak membuat Calasan menjadi sosok yang tidak sabaran. Ia justru tidak seperti bocah-bocah seusianya yang temperamental. Ia ramah, tenang dan mau menjelaskan kembali istilah-istilah komputer yang rumit.

Benitez Resmi Tangani Intermilan Selama 2 Musim

Posted by beye on , under | komentar (0)




 
BeritaSepakBola. Inter Milan resmi mengkontrak Rafael Benitez untuk menangani Javier Zanetti cs. Hal ini disampaikan oleh Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, Rabu 9 Juni 2010.

"Kami sudah mencapai detail final yang kurang penting. Besok kami akan memperkenalkan Rafa Benitez," kata Moratti.

"Saya rasa Benitez tidak berada di Italia dan akan hadir pada saat perkenalan."

Pilihan Inter Milan terhadap Benitez untuk menggantikan Mourinho terbilang tepat, karena Benitez memiliki kesamaan dengan Mourinho dalam hal prestasi di Liga Champions.

Namun dalam prestasi domestik, Rafa masih kurang mentereng. Selama enam tahun bertahan di Inggris, Rafa belum pernah sekalipun merebut gelar Premier League.

Rafael Benitez dikontrak oleh Inter selama 2 musim, yang berarti Benitez akan menangani Inter sampai 30 Juni 2012. Menurut pemberitaan media Italia, Inter menggaji Benitez sebesar 5 juta poundsterling per musim.

Kehadiran Benitez disambut dengan antusias oleh striker Inter, Mario Balotelli. Balotelli memandang penunjukan Benitez merupakan keputusan yang tepat. Benitez, menurut dia, memiliki mental dan sistem layaknya Mourinho. 

sumber: BeritaSepakBola

10 Tempat Paling Ekstrim di Dunia

Posted by beye on , under | komentar (0)



1. Lut Desert (Iran): Tempat Terpanas di Bumi 159 °F (71 °C)
Ada diskusi besar tentang tempat terpanas di bumi. Banyak yang percaya di Al Azizyah, Libya, dengan suhu tercatat 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius), dan tempat terpanas kedua berada di Death Valley, California, Amerika Serikat, yaitu 134 Fahrenheit pada tahun 1913. Tetapi menurut situs lain, satelit NASA mencatat suhu permukaan setinggi 71 ° C (159 ° F) di gurun Lut Iran, konon yang ini adalah temperatur terpanas yang pernah tercatat di muka Bumi. Daerah ini, yang meliputi wilayah sekitar 480 kilometer, disebut Gandom Beriyan (panggang gandum).


2. Mt. Chimborazo (Ecuador): Titik Tertinggi dari Pusat Bumi 20,703 feet (6,310 m) di Atas Permukaan Laut

Tidak banyak orang yang tahu tentang Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), beda sedikit dari Gunung Everest, namun memiliki perbedaan Chimborazo menjadi gunung tertinggi di atas pusat bumi. Hal ini karena Bumi memiliki poros bulat. Sebagai poros bulat, Bumi adalah yang paling luas di khatulistiwa. Chimborazo hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan pada lokasi itu adalah 6.384 kilometer dari pusat Bumi atau sekitar 2 kilometer lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan Gunung Everest.

3. Tristan de Cunha (UK): Pulau Berpenghuni Paling Terisolasi di Bumi Berjarak 2,000 mil dari Continent Terdekat

Kelompok pulau berpenghuni terpencil di dunia, Tristan de Cunha di selatan Samudera Atlantik, adalah pulau yang sangat kecil, dan tidak memiliki landasan. Rumah untuk 272 orang dibagiterdiri dari 8 nama keluarga, penduduk disana turun-temurun menderita keluhan seperti asma dan glaukoma. Dianeksasi oleh Britania Raya pada 1800-an, penduduk pulau memiliki kode pos dan bahasa Inggris, sementara mereka dapat memesan barang secara online, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk pesanan mereka datang.

4. Angels Falls (Venezuela): Air Terjun Tertinggi 3230 kaki (984 m)

Angel Falls (Salto Ángel) di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia. Air terjun yang tingginya 3.230 terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni. Air terjun terbentuk saat arus sungai jatuh dari puncak Auyantepui.

5. Oymyakon (Russia): Tempat Terdingin di Dunia −96.2 °F (−71.2 °C)

Oymyakon adalah sebuah desa di Oymyakonsky Ulus dari Republik Sakha, Rusia, terletak di sepanjang Sungai Indigirka, 30 kilometer (20 mil) barat laut Kolyma Tomtor di Highway. Populasi adalah 800 orang. Oymyakon dikenal sebagai salah satu calon Kutub Utara Dingin, karena pada tanggal 26 Januari 1926, temperature dari -71,2 ° C (-96,2 ° F) tercatat di sana. Ini adalah suhu terendah tercatat untuk setiap lokasi yang dihuni secara permanen di Bumi. Itu juga merupakan suhu terendah tercatat di belahan bumi Utara.

6. The Dry Valleys (Antarctica): Tempat Terkering di Muka Bumi

Salah satu daerah di Antartika dikenal sebagai Lembah Kering. Di lembah ini tidak ada curah hujan lebih dari 2 juta tahun. Dengan pengecualian satu lembah, danau secara singkat yang diisi dengan air dari daratan yang mengalir sungai-sungai selama musim panas, Lembah Kering tidak mengandung uap air (air, es, atau salju). Alasan mengapa Lembah Kering ada adalah 200 mph katabatic bawah angin yang menguap semua kelembaban. Lembah-lembah kering yang aneh: kecuali beberapa batu terjal mereka adalah satu-satunya bagian dari benua Antartika tanpa es. Terletak di Trans-Antartika Range, mereka berhubungan dengan daerah pegunungan di mana penguapan (atau lebih tepatnya, sublimasi) lebih penting daripada hujan salju, sehingga semua es menghilang, meninggalkan tanah tandus kering.

7. Marianas Trench (Indonesia and Japan): Titik Terendah di Muka Bumi 35,840 kaki (10,924 m) di bawah permukaan laut

Challenger Deep di Palung Mariana (atau Marianas Trench) adalah titik terdalam di lautan bumi. Dalamnya adalah 10.924 meter (35.840 kaki) di bawah permukaan laut. Satu-satunya orang yang pernah dieksplorasi parit ini adalah Jacques Piccard dan Don Walsh. Di bagian bawah mereka tujuh mil ke bawah dan di sekeliling mereka delapan ton tekanan. Mereka mengamati ikan, udang dan makhluk lainnya hidup di bawah dasar laut.

8. Lloro (Colombia): Tempat Terbasah di Muka Bumi

Lloro, Kolombia, mendapatkan rata-rata 40 feet hujan setahun. Orang-orang yang tinggal di sana menghasilkan uang dengan menebang pohon-pohon di hutan terdekat di mana Anda dapat mengandalkan pada hujan setiap hari. Sekali lagi, ada diskusi tentang fakta ini. Cherrapunji, Utara-Timur India diperkirakan selama bertahun-tahun untuk menjadi tempat paling basah di dunia. Disini hujan rata-rata 10.820 mm dalam satu tahun, baik dari jumlah pendek dari Lloro. Tidak seperti Kolombia dimana hujan turun sepanjang tahun, Cherrapunji mendapatkan sebagian besar dari hujan selama 'monsun barat', atau musim hujan, antara bulan Juni dan Agustus. Sebenarnya, antara 1860 dan 1862 Cherrapunji ini sangat basah; antara 1 Agustus 1860 dan 31 Juli 1861 (yang tumpang tindih bagian dari 2 musim basah) 26.467 mm hujan turun.

9. Mount Thor (Canada): Tempat Vertical Tertinggi di Muka Bumi

Gunung Thor, di Auyuittuq Taman Nasional di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada, menyediakan tempat vertikal tertinggi yaitu 4.100 kaki. Gunung Thor adalah puncak paling terkenal di Kanada, dan itu murni terbuat dari granit. Ini favorit para pencari sensasi dan pendaki. Gunung Thor dinaiki pertama kali pada tahun 1953 oleh Institut Kutub Utara Amerika Utara tim. Ada beberapa ekspedisi rappel baru-baru ini, dengan satu kematian pada tahun 2006.

10. Dead Sea (Jordan): Tempat Berelevasi Terendah di Muka Bumi 1,385 ft (422 mt) di bawah permukaan laut

Laut Mati adalah elevasi terendah di permukaan bumi di tanah kering, garis permukaan dan pantai berjarak 422 meter (1.385 kaki) di bawah permukaan laut. Di perbatasan Yordania dan Israel, jalan di sekitar Laut Mati juga menjadi jalan paling rendah di Bumi. Terkenal karena salinitas (lebih dari sepuluh kali dari Laut Mediterania), Laut Mati dikatakan menjadi rumah bagi kesehatan pertama mundur. Karena garam ekstrem konten, tidak ada makhluk yang dapat bertahan hidup di laut itu, maka dinamakan demikian.

sumber

Beberapa Jenis Pelangi yang Jarang Anda Lihat

Posted by beye on , under | komentar (0)



Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.
Classic Rainbows
Pelangi Alam terdiri dari enam warna: merah, oranye, kuning, hijau, biru dan ungu. Intensitas warna masing-masing mungkin karena berbagai kondisi atmosfer dan waktu (kemudian).
Circular Rainbows
Pelangi itu benar-benar terlihat seperti busur lingkaran sempurna (dengan radius tepat 42 derajat, menurut Descartes), meskipun melihat pelangi ini sulit karena tanahnya memiliki kebiasaan menghalangi.
Secondary Rainbows
Pelangi primer, sering disertai dengan pelangi sekunder biasanya tipis dan redup daripada pelangi primer. Pelangi sekunder terkenal dengan karakteristik tertentu: spektrum ditampilkan dalam urutan terbalik dari sebuah pelangi primer.
Red Rainbows
Red Rainbows biasanya terlihat saat fajar atau senja ketika ketebalan filter atmosfir bumi menjadi biru, meninggalkan lebih merah atau tetesan cahaya oranye mencerminkan dan membiaskan air. Hasilnya adalah pelangi dengan spektrum ujung merah sangat meningkat.
Sundogs
Yang paling sering terlihat rendah di langit di hari musim dingin yang cerah, sundogs dibuat ketika matahari bersinar melalui kristal es yang tinggi di atmosfer. Sundogs berwarna merah di bagian dalam dan ungu di bagian luar dengan sisa spektrum ramai di antaranya. Semakin tebal konsentrasi kristal es di udara, semakin tebal pula struktur nya.
Fogbows
Fogbows lebih jarang terlihat daripada pelangi karena parameter tertentu yang harus disesuaikan untuk menciptakan mereka. Misalnya, sumber cahaya harus berada di belakang pengamat dan membumi. Juga, kabut di belakang pengamat harus sangat tipis sehingga sinar matahari yang dapat bersinar melalui kabut tebal di depan.
Waterfall Rainbows
Kabut air terjun bercampur ke dalam aliran udara konstan atmosfer terus menerus, terlepas dari cuaca. Hal ini membuat sebuah foto teman-air terjun yang sangat baik untuk pelangi! Seleksi pasangan beberapa gambar air terjun paling terkenal yang berbarengan dengan beberapa pelangi menakjubkan.
Fire Rainbows
Pelangi ini bukan terbuat dari api, Nama yang benar untuk efek optik yang indah ini adalah “circumhorizontal arc”. Fenomena ini hanya dapat dilihat dalam kondisi spesifik tertentu: awan cirrus, yang bertindak seperti prisma harus setidaknya berada di ketinggian 20.000 kaki dan matahari harus menyorot ketika mereka berada di ketinggian 58-68 derajat. Rainbow Fire tidak pernah terlihat di lokasi lebih dari 55 derajat utara atau selatan.
Moonbows
Moonbows, seperti moondogs, adalah mitra untuk pelangi lunar. Mereka juga jauh lebih sulit dilihat karena badai hujan harus berlalu dan, idealnya, bulan purnama yang terang tidak terhalang oleh awan.
sumber

Related Posts with Thumbnails