Latest News

Pelangi Itu Ternyata Pertanda Gempa & Tsunami Mentawai!

Posted by beye on Sabtu, 30 Oktober 2010 , under | komentar (1)




 
Padang - Fenomena Halo Matahari yang terjadi di langit Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis, sejak pukul 10:00 hingga tengah hari, heboh dibicarakan di situs jejaring sosial facebook.
"Apakah ini suatu petanda?," tulis Sukri Umar pada "statusnya" di facebook.
"Ya salaam, matahari siang ini aneh," ungkap Fiona Clarisa pengguna facebook lainnya.
Lee Zhaa, justru merasa terkagum dan menganggap itu suatu kebesaran Tuhan sembari mengingatkan bahwa itu tidak ada kaitannya dengan bencana.
"Allahu Akbar. Cantiknya pesonamu, dan jangan lihat itu sebagai pertanda dari sebuah bencana, tetapi lihatlah sebagai tanda Keagungan-Nya," tulisnya.
Sejumlah pengguna facaebook, umumnya belum mengetahui fenomena alam yang terjadi karena efek dari sinar matahari terhadap kristal-kristal air yang menyebabkan terjadinya lingkaran yang menyerupai pelangi di sekelilingnya.
Bahkan, sejumlah foto-foto halo matahari tersebut juga di unggah ke situs karya Mark Zuckerberg itu.
 

Pengguna facebook juga mencoba memberitahukan kepada teman-teman yang lainnya bahwa terjadi fenomena alam yang berbeda daripada hari biasanya di Kota Padang.
"Liat matahari deh!," kata Prima di statusnya.
Sementara, fenomena matahari ini tidak dapat dilihat oleh warga di Padang Panjang dan Sawahlunto yang masih merupakan wilayah di Sumatera Barat.
"Cahaya matahari di Padangpanjang biasa-biasa saja siang ini, tapi di Padang terlihat lingkaran bulat besar mengelilingi matahari. Beberapa kawan telepon, berspekulasi tentang tanda-tanda gempa dan tsunami. Ah, saya kira warga kita sangat trauma dengan info-info yang tidak jelas," papar Muhammad Subhan pengguna facebook asal Padangpanjang, sekitar 50 kilometer dari kota Padang.
"Saya tidak melihat ada cincin matahari, yang ada hanya cahaya yang silau," ungkap Reza Desita dari Sawahlunto saat ditanya melalui fasilitas "chatting".
Kepala Seksi Informasi dan Observasi BKG Padang, Syafrizal, mengatakan fenomena halo matahari itu merupakan hal biasa dan tidak ada kaitannya dengan kemungkinan terjadinya gempa.
"Masyarakat diharap memahami hal itu, karena halo matahari merupakan fenomena alam yang tentu saja harus dijelaskan dengan sains," tambahnya

5 Pesepakbola Ini Sangat Dibenci di Liga Inggris!

Posted by beye on , under | komentar (0)



Pesepakbola internasional pasti memiliki minimal gaji yang terbilah WAH, tapi ada dari beberapa pesepakbola profesional yang dianggap terlalu tinggi bayarannya (tidak setimpal dengan performanya), egois dan juga terlalu terobsesi terhadap performa individual dari pada kemajuan tim secara kolektivitas. Bagaimanapun pasti selalu ada kelompok2 supporter tertentu yang memandang sinis pesepakbola2 dengan karakter yang kurang etis, baik selama berada dalam stadion atau bahkan hingga sampai diluar lapangan sekalipun.
Kriteria apa aja sih yang digunakan observer dalam menentukan seorang pesepakbola EPL dibenci?


a. Suka melakukan pelanggaran keras (31%)
b. Arrogance / angkuh (20%)
c. Diving (19%)
d. Sifat buruk diluar lapangan (7%)

No.5 - Craig Bellamy

Alasan dibenci; Bellamy dianggap memilki gaya bemain yang bersifat konfrontasi (kasar) yang berimbas terhadap menurunnya citra doi, walapun begitu tidak dipungkiri bahwa bakatnya yang diatas rata2. Tercatat Bellamy telah membela sebanyak tujuh klub dalam delapan tahun terakhir ini.
Momen yang paling diingat; Tahun 2007, Bellamy dituduh melakukan tindak penyerangan terhadap Risse yang merupakan patner nya di Liverpool saat itu. Bellamy mengayunkan stik golf ke arah Risse ketika berada di sebuah club malam yang berdampak pada dipecatnya Bellamy dari Liverpool.




No.4 - Ashley Cole

Alasan dibenci; Mantan bek kiri Arsenal ini dinilai sebagai salah satu bek terbaik dunia. Ketika dirinya pindah ke Chelsea pada tahun 2006, Chelsea menggandakan gajinya, dan dia dianggap mata duitan oleh pendukung2 Arsenal saat itu. Di luar prestasinya sebagai pesepakbola dunia, opini publik malah berubah ketika Cole ketahuan selingkuh hingga beberapa kali dengan wanita lain, yang berimba pada perceraiannya dengan Cheryl Tweedy. (padahal istri udah bohayy begitu masi aja di anggurin )
Momen paling diingat; Kutipan yang diambil dari buku autobiography Cole sendiri, dibuku itu tertulis bahwa dirinya hampir mengalami tabrakan mobil karena kaget bahwa dirinya hanya akan dibayar £55,000 per minggunya yang jauh dari ekspektasinya. Berkat kutipan tersebut Ashley Cole dijuluki dengan sebutan "Cashley" Cole.


No.3 - John Terry

Alasan dibenci; Dari segi gaya bermain dan tindak-tanduknya diluar lapangan dinilai sangat profesional. Mantan bek timnas Inggris ini harus mengalami pengalaman yang buruk ketika dihadapkan pada situasi bahwa dirinya disinyalir melakukan perselingkuhan bersama mantan istri Bridge yang saat itu menjadi patnernya di Chelsea. Berbuntut pada pencopotan ban kapten timnas Inggris dari lengan kirinya saat pildun afsel.
Momen paling diingat; Ketika Chelsea menjamu Man City di Stamford Bridge tahun 2009. Terjadi hal memalukan saat ritual pre-match, Bridge menolak uluran tangan Terry yang ingin menyalaminya dan Bridge malah bersalaman dengan bocah kecil yang menjadi pendamping Terry.



No.2 - Joey Barton

Alasan dibenci; Barton dinilai sebagai individu yang suka memancing keributan, dimulai dari teman patner satu klub sendiri, pemain lawan, hingga pendukung2 lawan. Gaya bermain kasar yang sering dilakukan terkadang dinilai berlebihan yang melanggar etika sopan santun. Namun begitu karirnya tidak begitu saja menjadi menurun, bahkan karir Barton dinilai kembali membaik seiring dirinya ikut berperan membantu Newcastle kembali naik kasta ke EPL.
Momen paling diingat; Beberapa lembar kertas lirik rap yang ditulisnya sangat fenomenal karena mengutarakan isi hatinya. Tetapi yang lebih dikenag ketika tahun 2004, Barton melakukan tindak kriminal karena menyulut api rokoknya ke mata pemain muda Man City pada saat pesta natalan. 



No.1 - Cristiano Ronaldo

Alasan dibenci; Hingga tahun 2008 ketika hijrahnya ke Real Madrid, Ronaldo yang sebagai pemain terbaik tahun 2008 dikenal sebagai karakter yang memilki daya tarik tersendiri. Dimulai sifatnya yang condong menganggap dirinya seperti "malaikat" yang tidak boleh dijatuhkan pemain lawan, hingga diving dan memprovokasi wasit (menepuk2 tangan) untuk mengeluarkan kartu merah thd pemain lawan yang menekelnya. Hal ini menjadikannya sebagai Public Enemy No.1 di Inggris selama bebaju merah Man-U.
Momen paling diingat; Tahun 2006, Sebuah kedipan matanya tertuju ke arah bench timnas Portugis tertangkap kamera, hal itu dilakukannya setelah berhasil memprovokasi wasit untuk memberikan kartu merah kepada rooney karena tekel kasarnya. Kejadian tersebut sempat berdampak pada konflik internal RO-RO dan munculnya rasa benci sebagian besar pendukung Man-U thd Ronaldo.

Bukti Nyata Zaman Pra-sejarah Pernah Sangat Maju

Posted by beye on , under | komentar (0)




Tahun 1900 ditemukan sebuah logam yang membatu yang berusia sekitar 2000 tahun disebuah kapal karam di pulau Antikythera Yunani, 50 tahun kemudian benda tersebut dilihat dengan sinar-X dan menemukan bahwa benda tersebut merupakan sebuah alat mekanik seperti mekanik pada jam tangan, penemuan ini membuat para ahli arkeologi kebingunan, karena pada saat itu bangsa yunani tidak akan mungkin membuat benda mekanik serumit itu.

Anticythère Mechanics

Anticythère Mechanics Setelah di X-ray


Perkiraannya alat ini digunakan sebagai kalender

Keberadaan mekanik pada jaman prasejarah juga bisa ditemui di kompleks kuil Dendera di Mesir. Pada ruang bawah kuil tersebut terdapat pahatan dinding dua buah benda yang menyerupai bola lampu pijar, hal ini kemudian dikaitkan dengan pertanyaan, bagaimana ruang bawah yang gelap dan panas itu mendapatkan cahaya?

beberapa teori mengatakan bahwa, ruang-ruang dalam kuil tersebut menggunakan cahaya matahari yang dipantulkan dari luar berulang kali oleh cermin-cermin didalam kuil, namun teori ini dapat terbantahkan, karena sinar yang dipantulkan semakin lama semakin lemah sehingga tak bisa menerangi semua ruangan. 

Ada juga yang mengatakan menggunakan api / obor tapi tidak ada di satu ruangpun ditemukan bahan untuk membuat api, dan tidak akan cukup oksigen yang didapatkan untuk membuat obor. Jadi, satu-satunya cara untuk menerangi ruangan dalam kuil adalah dengan bola lampu.

Pertanyaannya sekarang, jika benar mereka menggunakan lampu, bagaimana mereka mendapatkan aliran listrik? Bahkan listriknya saja baru ditemukan ribuan tahun setelahnya.

Satu penemuan yang mungkin dapat mendukung keberadaan bola lampu jaman prasejarah adalah penemuan baterai bagdad yang telah di uji mampu menghasilkan listrik dengan menuangkan perasan jeruk kedalam gucinya.

Pahatan dinding dua buah benda yang menyerupai bola lampu pijar


Baterai Bagdad


Baterai Bagdad Diisi Perasan Jeruk

Di kompleks kuil Teotihuacan para ahli yang mempercayai ada campur tangan alien dijaman purba menemukan penataan kompleks yang mirip dengan tata letak sama dengan posisi solar system kita, tapi bagaimana mungkin designer kompleks kuil Teotihuacan mengetahui lebih dahulu system peredaran planet-planet mengitari matahari?

Bukankah hal itu memerlukan penelitian ilmiah berkelanjutan selama berabad-abad? ada yang bilang bahwaposisi kuil ini adalah sebuah kebetulan belaka, tapi jika kita melihat peninggalan sejarah ditempat lain yang bahkan lebih tua dari Teotihuacan seperti Stonehenge yang mana bila dilihat dari angkasa, lingkaran-lingkaran susunan batunya sangat menyerupai solar system kita.

Kompleks Kuil Teotihuacan



Kompleks Kuil Teotihuacan Solar System


Stonehenge


Stonehenge Solar System

Stonehenge Dilihat Dari Udara

Pada tahun 1929 diketemukan pula sebuah peta lukisan bertanda tangan seorang Kapten bernama Piri Reis tercantum juga tahun 1513 yang juga berarti 21 tahun setelah Colombus menemukan benua Amerika.

Yang menakjubkan adalah bahwa peta itu sangat akurat menggambarkan garis benua atau garis pulau bahkan dilengkapi dengan gambar sungai dan gunung. Bagaimana sang creator membuatnya? Pengetahuan geografi saja mulai berkembang ratusan tahun setelahnya.

Piri Reis Map


Piri reis Map dibanding peta modern

Bukti yang paling mendukung teori adanya campur tangan alien / teknologi modern dimasa prasejarah adalah adanya kompleks peninggalan Pumapunku di dataran tinggi Bolivia, disana logika kita tidak akan bisa menerka.

Di Pumapunku ada reruntuhan struktur megalitikum yang telah dihancurkan oleh gempa bumi yang sangat dahsyat. Blok-blok yang runtuh di Pumapunku sangat menakjubkan, yang mana bentuk dari blok-blok yang berserakan mempunyai potongan / bentuk yang sempurna dan memiliki ukuran yang sama dan bahkan lebih menyerupai puzzle-puzzle.

Belum ada yang tahu pasti bagaimana suku Indian Aymara mengangkut batu-batu (800 ton/pcs) kesana, padahal dataran itu berada pada 4.000 meter diatas permukaan laut.

Pumapunku



Pumapunku Blok

Kita semua tahu, bahwa untuk mendirikan sebuah bangunan seperti Pumapunku memerlukan penulisan, perencanaan, dan ide bagaimana tiap-tiap bagian pecahan memilki fungsi masing-masing dan bagaimana cara menyatukannya, tapi para ahli telah sepakat bahwa Indian Aymara tidak pernah mengenal tulisan. Bagaimana mungkin mengerjakan puzzle Pumapunku tanpa perencanaan?

Pumapunku Blok Rekonstruksi Puzzle


Dari segi kualitas, pengerjaan batu di Pumapunku sangatlah sempurna, seperti dikerjakan oleh mesin, untuk memotong dengan ukuran tertentu, membuat lubang, bahkan membuat cekungan panjang dengan ukuran sangat kecil (millimeter), dan tiap-tiap batu mempunyai bentuk dan ukuran yang sama persis.

Padahal material-material batu yang digunakan adalah batu diorite dan granit, batu diorite adalah salah satu batu yang paling keras yang hanya bisa dikalahkan oleh berlian, para arkeolog memperkirakan alat yang digunakan oleh suku Aymara mungkin memiliki mata berlian atau berbahan berlian, namun tak seorangpun arkeolog yang mampu memperkirakan atau mencoba merekonstruksi bagaimana Indian Aymara membuat blok-blok batu tersebut.

Lubang Pada Blok Pumapunku


Pumapunku Millimeter Detail


Pumapunku Ukiran


sumber: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/10/bukti-nyata-zaman-pra-sejarah-pernah.html

5 Tsunami Terdahsyat di Dunia (2 Dari Indonesia)

Posted by beye on , under | komentar (0)




Banyak tsunami yang telah terjadi sepanjang sejarah manusia. Beberapa di antaranya adalah yang terjadi di Indonesia, seperti tsunami yang menghantam wilayah Mentawai pada hari Senin (25/10/2010) lalu dan tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu.

http://www.crystalinks.com/tsunami12_04.jpg

Sejarah mencatat bahwa bencana yang terjadi akibat aktivitas geologi itu hampir selalu merenggut banyak nyawa. Berikut ini adalah catatan sejarah tentang lima tsunami yang paling mematikan.

1. Tsunami Aceh

Tsunami ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter. Gelombang tsunami menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur.

Sejumlah 226.000 jiwa tewas akibat tsunami ini dengan 166.000 jiwanya merupakan warga negara Indonesia. Gempa penyebab tsunami ini merupakan gempa terbesar keempat yang terjadi dalam sejarah, sedangkan tsunaminya merupakan tsunami yang terbesar. Jumlah orang yang meninggal mencapai 226.000 jiwa dengan 166.000 jiwanya merupakan orang Indonesia.

2. Tsunami di masa Yunani Kuno
  
Tsunami di masa Yunani Kuno ini diketahui merupakan tsunami pertama yang terekam sepanjang sejarah. Sebab, tsunaminya adalah meletusnya gunung yang berada di dekat Pulau Thera atau Santorini. Jumlah orang yang tewas dalam tsunami ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi ditaksir mencapai lebih dari 100.000 orang.
Gelombang tsunami diperkirakan mencapai 15 meter. Sementara itu, tsunami yang terjadi pada tahun 1500 SM ini diperkirakan menjadi sebab runtuhnya peradaban Minoa, salah satu peradaban yang berkembang kala itu.

3. Tsunami di Portugal, Spanyol, dan Maroko 

Tsunami ini terjadi akibat gempa berpusat di dasar perairan Atlantik pada tahun 1755. Gelombang tsunami menghantam kota-kota di Portugal, Spanyol, dan Maroko dengan kerusakan terparah terjadi di wilayah kota Lisbon. Tinggi gelombang tsunami memang tak melebihi Tsunami Krakatau, tetapi jumlah orang yang tewas jauh lebih banyak, sebanyak 60.000 orang.

4. Tsunami Laut China Selatan

Tsunami ini terjadi pada tahun 1782 di wilayah Laut China Selatan yang berdekatan dengan Taiwan. Sebab, tsunami adalah gempa tektonik yang terjadi di dasar lautan. Tidak jelas pusat gempa dan kekuatannya, tetapi sebanyak 40.000 orang tewas karenanya. Berdasarkan katalog tsunami yang dipublikasikan Rusia, gelombang tsunami menerjang daratan hingga sejauh 120 kilometer.

5. Tsunami akibat letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda

Tsunami ini terjadi pada tahun 1883 dan membunuh sekitar 36.000 orang. Gelombang tsunami yang ditimbulkan oleh letusan mencapai tinggi 40 meter dan menyapu setidaknya 165 desa di wilayah Jawa dan Sumatera. Letusan Krakataunya sendiri merupakan letusan gunung api yang terbesar dalam sejarah, menimbulkan suara yang begitu keras dan abu vulkanik yang bahkan tersebar hingga ke Australia.

source: http://sains.kompas.com/read/2010/10/29/15594369/Inilah.Lima.Tsunami.Paling.Mematikan

Misteri Sosok Gaib Sebelum Merapi Meletus

Posted by beye on , under , | komentar (0)



Sosok misterius itu muncul beberapa saat sebelum Merapi memuntahkan isi perutnya, Selasa (26/10/2010) lalu. Ponimin –orang yang diminta GKR Hemas menjadi juru kunci Merapi menggantikan Mbah Maridjan– dan istrinya sedang duduk di ruang tamu rumahnya yang terletak di Dusun Kinahrejo atau kurang lebih 100 meter dari rumah Mbah Maridjan.
Ponimin, 50-an tahun, memegang gepokan uang sebesar Rp 25 juta. Dari jumlah itu, Rp 15 juta diberikan isterinya untuk membayar hutang bisnis kayu yang ditekuninya selama ini. Sedangkan sisanya, Rp 10 juta baru saja akan dimasukkan ke tas ketika suara gemuruh tedengar dari Merapi.
Ponimin dan istrinya bangkit dari duduknya. Bukan untuk mengungsi. Ponimin bergegas menuju kebun untuk mengambil daun awar-awar dan dadap serep.

Dua daun itu dipercaya bisa digunakan untuk tolak bala. Sedangkan istrinya, Yati, keluar rumah membaca ayat suci al Qur’an.
Saat itulah, Yati berkisah, dirinya dikejutkan kemunculan sosok misterius. “Tiba-tiba ada sosok tua berpakaian Jawa berdiri di depan saya. Orang itu mengatakan akan mengobrak-abrik keraton Yogya,” cerita Yati kepada GKR Hemas yang menemuinya di rumah pengungsiannya di Dusun Ngenthak, Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Kamis (28/10) siang.
Dengan sedikit gemetaran Yati pun mencegah keinginan sosok orang tua gaib itu. “Ojo (jangan),” kata Yati.
Sosok orang tua dengan api menyala-nyala di belakangnya itu kemudian menghilang. Yati pun masuk ke dalam rumah karena dari atas Gunung Merapi ia melihat ada api yang meluncur ke bawah. Pun Ponimin. Keduanya pun berlindung di dalam rumahnya bersama anak-anaknya. Mereka bersembunyi di dalam kamar.
Hawa panas tiba-tiba menerjang disertai angin kencang dan debu. Di dalam rumah, keluarga ini masuk ke kamar dan berlindung di balik rukuh (mukena) milik Yati.
“Kami selamat, meski api berkobar-kobar di sekeliling kami. Atap rumah beterbangan. Kaca-kaca jendela pecah,” cerita Yati.
Setelah awan panas reda, mereka bergerak ke luar rumah. Namun tanah yang diinjak terasa panas. Mereka berhasil naik mobil di halaman rumah yang selamat dari amukan awan panas. Namun baru berjalan beberapa meter, ban mobil pecah karena meleleh. Mereka kembali masuk rumah.
Di dalam rumah mereka mengumpulkan tujuh bantal dan satu sajadah. Benda-benda itulah yang kemudian dijadikan “jembatan” untuk keluar dari rumah, menuju tempat aman.
Agak jauh dari rumah, mereka ditolong Tris, tetangganya yang juga selamat dan kemudian dilarikan ke RS Panti Nugroho di Pakem. Rukuh yang menyelamatkan nyawa Ponimin dan keluarganya itu kini disimpan. “Sudah ada yang nawar Rp 40 juta. Namun tidak saya kasih,” kata Yati.
Ponimin dan keluarga memilih kini mengungsi di rumah dokter Anna Ratih Wardhani di Dusun Ngenthak, Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman hingga saat ini. Selama mengungsi, dokter Anna merawat luka bakar di telapak kaki Ponimin. Akibat kedua telapak kakinya yang melepuh, Ponimin hingga saat ini hanya bisa duduk dan berbaring di kasur.
Di pengungsian ini, Yati masih bertanya-tanya, siapa gerangan sosok orang tua misterius yang muncul sebelum Merapi mengamuk itu.

sumber: http://tidakmenarik.wordpress.com/2010/10/29/misteri-sosok-gaib-sebelum-letusan-merapi/

Foto-foto Jogja di selimuti abu merapi

Posted by beye on , under | komentar (0)


Related Posts with Thumbnails