Latest News

Inilah Top 10 Tumbuhan Karnivora

Posted by beye on Sabtu, 29 Desember 2012 , under | komentar (0)





10.Portuguese sundew (Drosophyllaceae lusitanicum) adalah tanaman asli Portugal, Spanyol dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora tumbuh di tempat kering, tanah alkalin. Tanaman ini memiliki aroma yang berbeda, yang menarik mangsa serangga di atas. Serangga yang tertangkap oleh lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat pada daun. 





http://www.coloradocarnivorousplantsociety.com/Wild_pings_cobras10.jpg

9.Tanaman Cobra atau California pitcher plant (Darlingtonia) ditemukan di utara California dan Oregon, tinggal di rawa dan di air yang mengalir. Daun berbentuk tabung yang tampak seperti kobra dengan daun bercabang. Tidak seperti kendi lain-tumbuhan, daunnya tidak menghasilkan apa pun enzim pencernaan.





http://www.cooltropicalplants.com/image-files/sarracenia-flowers05.jpg

8.North American Pitcher Plant(sarracenia) telah berevolusi saluran untuk menjebak serangga. The saluran juga dapat 1 m (3.3 kaki) panjang. Mereka hidup di rawa-rawa asam di wilayah timur dan selatan Amerika Serikat Kanada. Serangga tertarik oleh nektar seperti sekresi di bibir pitchers, serta kombinasi warna dan aroma. 





7.Mocassin plant or Western Australian pitcher plant (Cephalotus) tinggal di barat daya Australia. Tanaman ini juga memiliki Pitcher, tapi lebih pendek, dengan mulut yang lebih luas, dan ditempatkan lebih berkumpul. 







6.Pitcher Plants (Nepenthes) mungkin memiliki perangkap yang paling spektakuler, bahkan jika di antara yang paling canggih fungsional. Tanaman ini tumbuh dari Madagaskar dan Asia tenggara ke timur laut Australia. 









5.The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula) tinggal di rawa di North dan South Carolina (tenggara Amerika Serikat). Tanaman ini menangkap dan mencerna mangsa binatang (terutama serangga dan arakhnida) dengan perangkap yang dibentuk oleh terminal masing-masing bagian dari tanaman daun. Mekanisme yang terkunci menutup perangkap melibatkan interaksi kompleks antara elastisitas, turgor dan pertumbuhan. 







4.Waterweel plant (Aldrovanda) adalah berkaitan dengan sundews. Satu-satunya spesies, ditemukan di Eropa, Asia, Afrika dan Australia, tinggal di dalam air. Perangkap diatur di sekitar pertengahan, batang mengambang bebas. Perangkap terdiri dari dua lobus yang flip bersama untuk membentuk sebuah snap-trap seperti buku yang terbuka. Perangkap ini, yang memutar sehingga titik bukaan perangkap luar, dibatasi di dalam oleh lapisan yang bagus memicu rambut, menjentikkan tutup sebagai tanggapan terhadap kontak dengan invertebrata air dan perangkap mereka. 







3.Bladderworts (Utricularia dan Polypompholyx), terkait dengan butterworts, mewakili genus terbesar tanaman karnivora (lebih dari 200 jenis), bahkan lebih luas daripada sundews. 





http://www.easycarnivores.co.uk/site/images/stories/plants/ping-grand-plant.jpg

2.Butterworts (Pinguicula) tinggal di tempat-tempat basah di Amerika, Eropa dan utara Asia. Penggunaan tanaman ini lengket, kelenjar daun untuk memikat, menjebak, dan mencerna serangga.





1.Sundews (Drosera) yang diwakili oleh lebih dari 170 spesies. Ini adalah di antara yang paling luas tanaman karnivora, ditemukan di seluruh dunia, di semua benua (kecuali Antartika) dan bahkan di Selandia Baru.





sumber: http://juandry.blogspot.com/2010/01/top-10-tumbuhan-karnivora.html

Menguak Kisah Asal Usul Si Selipar Jepun

Posted by beye on , under | komentar (0)



Orang Malaysia menyebutnya selipar jepun. Orang Australia memanggilanya thongs, di Amerika malah dibilang flip-flop. Yang lucu di Ceko, benda ini disebut zabky yang artinya kodok.

Padahal selipar jepun, flip-flop, atau berbagai sebutan berbeda di tiap negara menunjuk pada alas kaki sejuta umat: sandal jepit. Mungkin karena diduga asalnya dari Jepang maka disebut selipar jepun (selop Jepang).



sole-step.com




Dari mana asal-muasal sandal jepit? Sebenarnya penggunaan sandal jepit sama tuanya dengan jaman batu. Sebagai perbandingan, lukisan pada gua dari periode akhir Paelotik sekitar 15.000 tahn lalu sudah menggambarkan sandal jepit. Demikian juga dari penemuan arkeolog pada makam-makam Mesir kuno sekitar 4.000 tahun Sebelum Masehi.

Bukti fisik tertua yang masih ada yakni sandal dari tali berbahan daun papirus peninggalan 1.500 SM, dan bisa dilihat di British Museum. Pada masa tersebut sandal dibuat dari berbagai bahan. Selain daun papirus, ada yang dari kulit mentah (suku Masai, Afrika), ada yang dari kayu seperti di India, serta jerami (di Cina dan Jepang). 

Bentuknya memang beraneka ragam. Yang paling mendekati dengan bentuk sandal jepit seperti yang dikenal dewasa ini, mungkin berasal dari Jepang. The Nihon fuuzokushi jiten menggambarkan penggunaan Zori (bentuk sandal dengan tali model "V" di antara ibu jari kaki dan jari lainnya) dipakai secara luas pada periode Heian (794-1185). Anak-anak Jepang menggunakan sandal jenis ini untuk belajar berjalan.





Sandal dari jaman Mesir kuno di British Museum / awomansbridge.org



Flip-flop
Zori diperkenalkan ke masyarakat Amerika setelah Perang Dunia II ketika para tentara Sekutu membawa sandal jepit Jepang ini sebagai souvenir. Demikian juga saat Amerika menginvasi Korea di tahun 1950-an, mulailah muncul sandal jepit berbahan karet.

Mengapa disebut flip-flop? Karena saat dipakai berjalan di tanah atau pasir, begitu menjejakkan sandal seperti terdengar bunyi "flip". Lalu saat tumit kaki kita naik, sandal biasanya masih menempel di tanah. Begitu ada gerakan dari kaki yang memaksanya copot dari tanah, akan terdengar suara "flop".


Orang Amerika jatuh cinta dengan sandal jepit, para desainer merancang sandal yang lebih beraneka warna. Hasilnya, sandal jepit langsung menjadi "budaya pop" khususnya di California. Generasi muda yang suka bermain di pantai begitu menggandrungi sandal jepit, karena mudah dibawa saat mereka ingin berselancar. Itulah yang menjadi alasan flip-flop kerap disebut beach sandal.



Swallow yang populer
Tak ada data pasti kapan sandal jepit masuk ke Indonesia. Mungkinkah saat penjajahan Jepang? Yang jelas, sandal jepit di sini identik dengan merk Swallow. Karena itu banyak juga orang menyebutnya "sandal swallow".



ihsankusasi.wordpress.com




Sandal swallow begitu booming sejak tahun 1960-an hingga akhir abad 20. Desainnya cukup sederhana, biasanya alas tempat kaki (bagian atas sandal) berwarna putih. Yang berwarna hanya tali dan karet bagian bawah. 

Belakangan, ketika sandal flip-flop hasil rancangan desainer terkemuka dipakai para selebritas Hollywood, barulah sandal jepit di Indonesia ikut tampil dengan warna-warna cerah. Swallow tidak lagi memonopoli pasar sandal di negeri ini.

Untuk merk yang lebih bergengsi - karena impor, kita juga bisa menjumpai sandal jepit merk Havaianas. Merk yang satu ini asli buatan Brazil. 






Sumber
Apakabardunia merangkum dari wikipedia dan pecheblu.com

Inilah Kapal-kapal induk berhantu yang di abadikan

Posted by beye on Jumat, 28 Desember 2012 , under | komentar (0)



1. oriskan

http://lh3.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoPfjNiRyI/AAAAAAAAC74/Qj8pt8orC9c/004.jpg

http://lh6.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOnmXNZ-I/AAAAAAAAC7s/wyVKywhRtVI/005.jpg

http://lh6.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOnYHqVfI/AAAAAAAAC7k/XOIdY60PYYQ/006.jpg

USS "oriskany" yang agung - kapal induk pembawa pesawat raksasa yang terbuang - telah menjadi surganya para penyelam petualang dan juga bagi penyelenggara tour (wisata).Berlayar sejauh 22 mil lepas pantai dan akhirnya tenggelam di sana tahun 2006, keberadaannya menjadi inspirasi bagi sebagian desainer dalam industri perfilman dan game. Sosoknya seperti sesuatu yang selalu membayangi dan mistis.

http://lh5.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOmy0n4LI/AAAAAAAAC7c/jErb5mdZvW0/007.jpg

Proses karamnya kapal raksasa ini sangat spektakuler: lihat kobaran api dalam lambung kapal.

2. buatan Rusia - Kapal perang "Murmansk"

http://lh6.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOmi6NRHI/AAAAAAAAC7U/CLKdMtNJvOg/008.JPG

http://lh6.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOmgEVXqI/AAAAAAAAC7M/jvA58WdbOyE/009.jpg

http://lh3.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOHztZgDI/AAAAAAAAC7E/CUzPTv2gsX0/010.jpg

http://lh4.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SWoOHoqzrZI/AAAAAAAAC68/VPg_eBCWAKA/011.jpg

adalah bangkai kapal militerlainnya, buatan Rusia - Kapal perang "Murmansk"."Murmansk (buatan 1955) - salah satu penjelajah-penjelajah tempur terakhir. Hilang pada tahun 1994 saat ditarik ke India, dan sekarang teronggok di Sørøya, Finnmark. Saat ini masih utuh, komplit dengan persenjataannya, 5 dek di atas, 5 di bawah air" - cocok untuk petualangan selam.

Sumber: kaskus.us

Inilah Restoran Yang Bisa Terbang

Posted by beye on , under | komentar (0)



Restoran A380, Restoran Unik Dengan Konsep Pesawat di China


Restoran kerap kali hadir dengan desain unik untuk menarik perhatian calon konsumen. Salah satunya restoran A380 yang ada di Chongqing, China ini. Pengunjung bisa menikmati hidangan seperti saat pesawat jumbo jet sungguhan.

Restoran A380 ini desainnya merupakan replika interior pesawat penumpang terbesar di dunia. Jadi penempatan jendela dan pemilihan kursi, lampu serta karpetnya semirip mungkin. Menu yang disediakan juga sama dengan yang disuguhkan dalam pesawat.

Restoran ini seluas 600 m persegi dengan 18 pegawai. Para pelayannya pun berdandan dan berlaku layaknya pramugrari sungguhan.

Namun, A380 ini bukan retoran ala pesawat yang pertama ada. Sebelumnya sudah dibuka di Taipei, Taiwan dengan desain lebih mewah. Bahkan makanan di sana dihidangkan dengan nampan kereta dorong seperti dalam pesawat.

Berikut ini foto Restoran A380 ala pesawat di China:






Sumber kaskus.us

Inilah Beberapa Konsep Smartphone Masa Depan Yang Unik

Posted by beye on , under , | komentar (0)



Teknologi ponsel saat ini sudah semangkin cangih jika dahulu ponsel hanya bisa digunakan untuk telpon kini ponsel sudah lebih dari skedar telpon dan sms. Fasilitas dan fiturn ponsel saat ini yang lengkap menjadikan ponsel salah satu bagian gaya hidup manusia yang tidak bisa ditingalkan. Jika saat ini ponsel sudah sangat cangih bayangkan saja dimasa depan seperti apa kecangihan ponsel nati. Nah berikut ini ada beberapa konsep ponsel masa depan yang dikutip dari detik..com mau tahu apa aja itu simak berikut ini.




1. Snake Phone
Ponsel hasil desain Product Visionaires ini bentuknya melingkar-lingkar seperti ular dan bodinya fleksibel. Karena itulah namanya adalah Snake Phone. Jadi bisa dilekatkan ke lengan penggunanya.
Mungkin akan menjadi kabar baik bagi mereka yang sering kehilangan ponsel. Karena terikat erat di tangan, maka kemungkinannya untuk hilang sangat kecil.



2. Kyocera Kinetic OLED Cell Phone
Konsep ponsel besutan Kyocera ini juga dirancang memakai layar fleksibel berjenis OLED. Bentuk awalnya seperti sebuah dompet. Namun bisa direntangkan sehingga layar sentuhnya menjadi lebar.


3. Ponsel Roll
Seorang desainer asal China bernama Tao Ma membuat ponsel yang mirip dengan roll film ini. Bodinya terdiri dari tiga bagian, yaitu baterai, komponen hardware dan layar. Nah, layarnya dapat ditarik keluar. Jika sudah tidak digunakan, dapat dimasukkan lagi ke dalam bodi.



4. Bend in Touch
Desainer asal Ukrina bernama Andy Kurovets membuat konsep ponsel yang cukup mengagumkan. Ponsel yang sepenuhnya layar sentuh ini punya layar kedua yang diselipkan di bodi.
Layar kedua tersebut bisa ditarik keluar. Cukup keren kan? Selain layar, kamera di ponsel ini juga tersembunyi dan bisa ditarik keluar.



5. Transformer Phone
Bentuk awalnya biasa saja. Namun ternyata, konsep ponsel bikinan Parkoz Hardware ini bisa berubah bentuk menjadi semacam robot Transformer yang cukup keren. Jadi selain untuk berkomunikasi, juga bisa dipakai sebagai mainan.



6. Ponsel Transparan
Ponsel tranparan memang sudah beberapa kali meluncur, seperti dahulu ada Sony Ericsson Pureness. Namun Yanko Design membuat konsep ponsel yang hampir seluruh bagian bodinya tembus pandang. Tidak hanya ponsel candybar, namun juga yang berjenis flip.



7. Separate Keitai
Konsep ponsel ini dikembangkan oleh NTT Docomo dan Fujitsu. Separate Keita, demikian namanya, terdiri dari dua bagian. Yaitu layar dan keyboard.
Kedua bagian tersebut dapat terhubung dengan koneksi Bluetooth. Pengguna juga dapat menyatukannya karena punya magnet.



8. Radia
Radia wujudnya hanya berupa lingkaran, namun desainnya berkelas dan tampak premium. Masalahnya, layarnya tidak cukup luas untuk kegiatan multimedia seperti melihat video atau menjelajah internet. Tampaknya hanya nyaman dipakai untuk telepon saja.




9. Pebble
Wujud ponsel ini memang unik. Bodinya dapat dipisah, dan kemudian di tengah-tengahnya terdapat layar sentuh berukuran mini. Tidak cukup baik untuk multimedia memang, namun setidaknya desainnya lain dari yang lain.



10. Ponsel Playstation
Sony Ericsson memang sudah cukup lama mengeluarkan Xperia Play yang dijuluki sebagai ponsel PlayStation. Namun handset konsep ini tampaknya lebih menarik. Layarnya lebih lega dan bentuknya pun keren.

Sumber http://wahw33d.blogspot.com/2012/08/konsep-smartphone-masa-depan-yang-unik.html#ixzz2GMxBHLPi

Menelusuri Keindahan Misteri Gua Siluman

Posted by beye on , under | komentar (0)



Namanya memang mengerikan, Gua Siluman, namun keindahan dalam gua ini begitu memukau. Gua ini sebenarnya nama sebuah gua yang letaknya sekitar 200 meter dari mulut Gua Buni Ayu ke utara. Gua Buni Ayu sendiri merupakan nama yang diberikan PT Perhutani, untuk menyebut kompleks gua-gua yang ada di sekitar Gua Siluman.

Gua Silmuan resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1982. Kemisterian yang konon menyelimuti gua ini justru membuat banyak orang penasaran. Ada yang hanya ingin menikmati keindahan gua dan sekitarnya, menelusuri gua, atau mencari berkah dan bersemedi.







Gua Siluman tak berdiri sendiri karena di sekitarnya ada beberapa gua yang lainnya yakni Gua Bibijilan (717 meter), Gua Adni (635 m), Gua Nyangkut (390 m), Gua Kubang Lanay (302 m), Gua Tanpa Nama (400 m), Gua Landak, Gua Tahi, Gua Karsim, Gua Bisono, Gua Idin, Gua Gede, Gua Kole dan Gua Kecapi.


Karena banyak cabangnya, maka gua ini terbilang berbahaya. Selain itu, banyak fakta bila kondisi gua yang gelap itu bisa membuat celaka siapapun yang menelusurinya.









Menurut cerita, gua-gua tersebut dihuni oleh beragam siluman. Salah satunya adalah siluman berwujud bocah-bocah kecil berkulit hitam. Seperti cerita dari tahun 70-an. Ketika itu masyarakat Cipicung kerap melihat bocah-bocah kecil bermain-main di sekitar mulut gua Siluman. Tubuh mereka coklat kehitaman dan telanjang bulat. Mulanya, mereka menyangka anak-anak kecil itu benar-benar manusia.

Namun seketika warga melihat pemandangan yang tidak lazim. Seorang bocah tiba-tiba saja meloncat ke atas pohon. Lalu meloncat-loncat dari satu pohon ke pohon lain. Kelakuan bocah aneh ini seterusnya diikuti oleh bocah-bocah lainnya.

Secara akal sehat, tidak mungkin seorang anak kecil seusia lima tahun bisa melompat ke atas batang bohong setinggi 5 meter. Bahkan orang dewasa pun tak mungkin melakukannya.

Walau terbalut banyak kisah misteri, nyatanya Gua Siluman tetap diminati wisatawan. Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini?












Sumber:
bandung.panduanwisata.

Inilah Kisah Unik Asal Usul Topi Toga

Posted by beye on Kamis, 27 Desember 2012 , under | komentar (0)






Mengapa saat kelulusan memakai toga? Mengapa tali pada topi toga dipindahkan dari kiri ke kanan? Bagaimana asal-muasal toga?

Di Indonesia, secara umum kostum kelulusan disebut toga - berasal dari penyebutan untuk pakaian di jaman Romawi kuno. Pada masa tersebut, kaum intelektual kerap memakai kain panjang (kira-kira 6 meter) yang dibalut sedemikian rupa, sehingga membentuk kostum. Bedanya dengan pakaian biasa, toga tidak dijahit.



transparencyrevolution.com




Di negeri barat, kostum kelulusan hanya disebut gown. Sementara topi berbentuk bujur sangkar disebut mortarboard. Ada juga yang menyebutnya "graduate cap" dan "black cap".

Banyak peneliti meyakini mortarboard merupakan pengembangan dari biretta, yakni topi yang dikenakan oleh pendeta Katolik Roma. Biretta sendiri terinspirasi dari bahasa Italia "berretto" (berasal dari kata latin "birrus" dan Yunani "pyrros"). Di jaman Romawi sekitar abad 12 hingga 14, berretto sebagai ciri bagi kalangan pelajar akademik, seniman, dan humanis.

Walau demikian, paten mortarboard justru menjadi milik penemu dari Amerika Serikat, Edward O' Reilly dan imam Katolik, Joseph Durham di tahun 1950. Mungkin karena dibentuk bujursangkar, serta penambahan komponen seperti besi di dalam mortarboard sehingga lebih kokoh. Nyatanya, tak semua mortarboard dewasa ini memakai besi di dalamnya.


wikipedia




Sejak disahkannya paten tersebut, mortarboard dengan bentuk seperti yang kita lihat dewasa ini menjadi umum di seluas dunia.

Penambahan komponen tali pada mortarboard pun diduga berasal dari tradisi orang Amerika. Di negara tersebut, semua jenis kelulusan dari tingkat sekolah dasar hingga SMA serta Universitas selalu memakai "gown" dan "mortarboard".

Bila di Indonesia hanya dikenal warna hitam, tidak demikian dengan Amerika Serikat. Di sana, setiap jurusan memiliki warna berbeda. Misalnya Engineering memakai warna oranye, Law (hukum) memakai warna ungu, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat di wikipedia.


Tassel

Tali pada mortarboard disebut juga dengan "tassel". Tidak semua tingkatan pendidikan di Amerika Serikat selalu memindahkan tassel dari kiri ke kanan, walau tassel menjadi aksesoris penting pada mortarboard. Misalnya, untuk mahasiswa pascasarjana (S2) selalu membiarkan tassel di sisi kiri.




courtesy: blue muse studio / flickr




Warna tassel pun banyak ragamnya. Pada tingkat Senior High (sebanding SMA) warna tassel terdiri dari tiga warna, salah satu menjadi warna sekolah tersebut (color identity). Lalu di tingkat sekolah tinggi, mahasiswa yang lulus dengan gelar cum laude mengenakan tassel berwarna emas.

Mengapa pada kebanyakan upacara kelulusan (wisuda) tassel sering dipindahkan dari sisi kiri ke sisi kanan? Banyak pendapat mengenai ini, tanpa ada dasar yang pasti.

Ada pendapat menyebutkan, pemindahan ini mengartikan bahwa seorang mahasiswa saat masih belajar di universitas selalu menggunakan otak kiri. Maka, setelah lulus pemindahan tassel ke sisi kanan dengan harapan saat terjun ke masyarakat, siswa tersebut juga menggunakan otak kanan.

Sementara pendapat lain - umum dipercaya masyarakat barat - menyebutkan ini hanya prosesi biasa. Ada perbedaan di sini, tassel awalnya menggantung di sisi kanan. Ini artinya siswa masih berstatus candidate (calon kelulusan), dan ketika dipindahkan ke sisi kiri artinya sudah graduate (lulus).

Ada juga pendapat yang mengatakan pemindahan tassel sebagai arti bahwa mahasiswa yang lulus telah siap menyongsong hidup baru.

Apa pun opini yang berkembang, selamat bagi kamu yang akhirnya wisuda. Semoga bekal ilmu yang didapat selama kuliah tidak sia-sia, ya :-)









Referensi:
wikipedia
yahoo
answers
serunique

Inilah Kota yang Hanya Muncul Sehari dalam Seabad

Posted by beye on , under | komentar (0)






Skotlandia selain terkenal dengan legenda Nessie, monster di Danau Lochness, juga memiliki sakibul hikayat yang penuh misteri, yakni kota Brigadoon. Kabarnya, kota ini hanya muncul selama 1 hari saja dalam 100 tahun.

Kota kecil ini terletak di dataran tinggi bonny Scotland. Dikisahkan, Brigadoon tiba-tiba hilang di tahun 1754. Anehnya, penduduk di kota ini seolah menjadi panjang umur, karena setiap muncul satu kali dalam seabad, usia mereka hanya bertambah satu hari.

Mereka tidur selama 100 tahun - dalam hitungan penduduk Brigadon, waktu tersebut seperti malam hari saja. Bisa diterka, bila seseorang yang tinggal di Brigadoon meninggal pada usia 70 tahun artinya ia hidup selama 25 ribu abad lebih!







Siapa pun yang beruntung bisa memasuki Brigadoon pada hari kemunculannya akan merasa begitu gembira, seolah masuk ke taman surga. Sayangnya, hanya bisa tinggal sehari saja karena desa ini kembali tertutup kabut dan menghilang.

Ada sebuah cerita yang berkembang dan diyakini menjadi bukti keberadaan Brigadoon. Suatu saat ada dua penggembala sedang mencari ternak mereka di dataran tinggi Skotlandia. Tiba-tiba mereka merasakan hari menjadi cerah, matahari bersinar dengan indahnya. Padahal dataran ini selalu berkabut setiap hari.

Saat menikmati cahaya matahari, kambing gembalaan mereka muncul begitu saja. Dua gembala ini pun jadi semakin takjub. Di salah satu sisi lembah, mereka melihat sebuah kota kecil dengan jalan-jalan yang indah laksana dalam lukisan.

Mereka pun berbalik arah menuju desa mereka sendiri ingin memberitahu orang-orang. Ketika warga desa berlari mengikuti dua gembala ini, kabut kembali datang dan menelan Brigadoon kembali.






Pada tahun 1954, kisah dari Mitos Brigadoon pun diadaptasi dalam sebuah film musikal dengan judul yang sama yaitu Brigadoon. Kini setiap 100 tahun sekali menjadi hari peringatan Brigadoon dengan parade dan tarian.






Referensi:
brigadoon.co.za
brigadoonapartments
viva

Inilah Lokasi Dasar Laut Terdalam Didunia

Posted by beye on Rabu, 26 Desember 2012 , under | komentar (0)






Challenger Deep, nama itu disematkan karena kedalaman dasar laut mencapai 11 kilometer. Letaknya di palung Marina, di antara Kepulauan Marina, Pasifik Barat. Pada peta, kepulauan ini dekat dengan Papua, Filipina, dan Jepang.

11 kilometer merupakan penunjuk betapa dalamnya Challenger Deep. Seandainya gunung tertinggi di dunia, Mt. Everest dipindahkan ke dasar ini maka akan tenggelam. Gunung tertinggi itu hanya 8,8 kilometer. Masih tersisa 2,2 kilometer yang ditutupi air laut. Sudah bisa membayangkan betapa dalamnya, kan?





Palung Marina terbentuk akibat lempeng samudera terdorong oleh lempeng benua sehingga menyebabkan retakan yang mendalam. Begitu jauhnya dasar di palung ini, tentu cahaya matahari tak bisa menembus. Akibatnya Challenger Deep begitu gelap gulita. Ikan yang hidup di wilayah ini telah beradaptasi dan menghasilkan bentuk yang berbeda seperti contohnya flatfish dan cacing polychaete.

Challenger Deep pertama kali dijelajahi tanggal 23 Januari 1960 saat kapal selam Bathyscaphe Trieste yang diawaki Jacques Picard dan Letnat Don Walsh meluncur ke bawahnya. Mereka membutuhkan waktu 5 jam sebelum akhirnya mencapai dasar. Tekanan yang begitu hebat dan persediaan oksigen hanya memberi waktu 20 menit bagi Picard dan Walsh bertahan di dasar.






Bathyscaphe Trieste / bbc.co.uk

Di tahun 1995, Jepang mengirimkan Kaiko, robot penyelidik lautan yang menjadi rekor pencapaian sebuah mesin tak berawak ke dasar Challenger Deep. Kaiko menjadi pioner untuk ekspedisi robot di tahun-tahun selanjutnya.


Rekor terakhir yang dicatat adalah aksi James Cameron, seorang sutradara asal Kanada yang berhasil menyelam solo dalam kapal selam mini Deepsea Challenger pada 26 Maret 2012. Kemajuan teknologi membuat perjalanan Cameron jauh lebih cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga dasar palung.






Sumber:
tellmewhyfacts

Efek Mengkonsumsi Junkfood pada Otak Ternyata Mengerikan

Posted by beye on Senin, 24 Desember 2012 , under | komentar (0)



Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan, makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak seperti junkfood dapat menyebabkan perubahan kimia otak. Kondisi ini bisa menyebabkan mudah cemas, depresi hingga kecanduan.

"Perubahan kimia otak oleh diet berhubungan dengan depresi. Perubahan pola makan kemudian menyebabkan gejala kecanduan makanan dan sensivitas lebih besar terhadap situasi stres, menyebabkan lingkaran setan makan yang buruk," jelas Dr. Stephanie Fulton, peneliti dari University of Montreal, seperti dilansir Huffingtonpost.



burnfatstayhealthy.com




Fulton dan tim membandingkan dua kelompok hewan percobaan yang diberi makan diet rendah lemak (lemak terdiri 11 persen dari kalori dalam makanan), dan hewan yang diberi makan diet tinggi lemak selama 6 minggu (lemak terdiri dari 58 persen dari kalori dalam makanan).

Pada akhir penelitian, kelompok yang tinggi lemak mengalami peningkatan 11 persen ukuran pinggang. Peneliti kemudian menganalisis otak, serta emosi dan perilaku setelah makan.

Peneliti menemukan bahwa kelompok hewan yang diberi makanan tinggi lemak lebih mudah cemas, peningkatan molekul CREB, yang diketahui berperan dalam produksi dopamin.

"CREB lebih aktif pada otak tikus yang diberi makanan tinggi lemak, tikus ini juga memiliki tingkat kortisol lebih tinggi, yaitu hormon yang berhubungan dengan stres. Ini menjelaskan tentang siklus depresi dan perilaku negatif," jelas Dr. Fulton.

Penelitian Dr. Fulton dapat dilihat dalam International Journal of Obesity.








Sumber:

Related Posts with Thumbnails