Latest News

Misteri Dibalik Lukisan Monalisa: Siapa Sebenarnya Monalisa?

Minggu, 11 April 2010 , Posted by beye at 21.49



Siapa Mona Lisa?

Banyak pertanyaan timbul selama bertahun-tahun untuk identitas sejati wanita di potret lukisan Da Vinci. orang Italia memanggil La Gioconda, yang berarti ‘cahaya hati wanita’. Versi Prancis, La Joconde, membawa makna yang sama, menimbulkan banyak pikiran dan teori-teori tentang senyuman Mona Lisa di lukisan tersebut.

salah satu teori yang populer menunjukkan bahwa wanita yang ada dalam lukisan tersebut adalah adalah Duchess of Milan, Isabella dari Aragon. Da Vinci adalah pelukis keluarga untuk Duke of Milan selama 11 tahun dan bisa melukis dengan sangat baik Duchess sebagai Mona Lisa. Peneliti lain telah menyatakan bahwa lukisan bisa menggambarkan nyonya Giuliano de ‘Medici, yang memerintah di Florence 1512-1516. Pikiran yang lebih baru oleh Dr Lillian Schwartz dari Bell Labs adalah bahwa Mona Lisa adalah versi feminin Da Vinci sendiri. Melalui analisis digital, ia menemukan bahwa Da Vinci’s wajah karakteristik dan orang-orang dari Mona Lisa secara sempurna selaras dengan satu sama lain.

Meskipun teori di atas beranggapan berbeda beda , saat ini diterima secara luas bahwa wanita itu adalah Lisa Gherardini, istri ketiga Firenze ,pedagang kain sutra yang kaya bernama Francesco del Giocondo. Bahkan, judul Mona Lisa dibahas dalam biografi, ditulis dan diterbitkan oleh Giorgio Vasari di 1550. Vasari menunjukkan bahwa Mona biasanya digunakan sebagai pengganti kata Italia Madonna, yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai ‘Madam’. Oleh karena itu, judul Mona Lisa hanya berarti “Nyonya Lisa ‘.

Senyuman Mona Lisa

Senyuman Mona Lisa penuh teka-teki .Telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang , bahkan ada sampai frustasi tak bisa mengungkap teka teki lukisan tersebut. Pada 1852, Luc Maspero, seorang seniman Perancis, melompat empat lantai hingga kematiannya dari sebuah kamar hotel di Paris. Catatan bunuh diri-Nya menjelaskan bahwa ia lebih suka kematian setelah bertahun-tahun berjuang untuk mengerti misteri di balik senyuman Mona Lisa . Hari ini, pengunjung ke Musée du Louvre bergulat dengan pertanyaan yang sama: bagaimana dia tersenyum?

Italia menanggapi pertanyaan dengan mengacu pada teknik yang disebut sebuah lukisan sfumato, yang dikembangkan oleh Da Vinci. Dalam bahasa Italia, sfumato berarti ‘hilang’ atau ‘berasap’, menyiratkan bahwa lukisan itu adalah ambigu dan kabur, meninggalkan interpretasinya ke pemirsa ‘imajinasi. Teknik ini menggunakan perpaduan antara nada halus dan warna untuk menghasilkan ilusi bentuk, kedalaman, dan volume.

Dr Margaret Livingstone, seorang ilmuwan saraf di Harvard, menjelaskan bahwa mata manusia terdiri dari dua daerah – di fovea, atau pusat daerah, dan daerah pinggiran sekitarnya. The fovea mengakui detail dan warna dan membaca baik cetak, sedangkan daerah perifer mengidentifikasi bayangan, hitam dan putih, dan gerak. Ketika seseorang melihat pada Mona Lisa, fovea berfokus pada mata, meninggalkan daerah perifer pada mulutnya. Karena penglihatan tepi kurang akurat dan tidak mengambil detail, bayangan di tulang pipi Mona Lisa menambah kelengkungan senyumnya.


Sumber fenomenous

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails