Latest News

Mengenali Arti Blue Screen atau BSOD pada Komputer

Selasa, 31 Januari 2012 , Posted by beye at 08.28

Bagi orang awam, muncul error layar biru atau blue screen atau disingkat BSOD merupakan sebuah bencana. Mau tau mau mereka harus membawa komputer mereka ke teknisi, kalau tidak, bencana blue screen akan selalu menghantui mereka. Berbeda halnya dengan teknisi. Sama dengan suara beep, blue screen juga bisa mereka gunakan sebagai acuan dalam mendiagnosa letak dari kerusakan komputer, terutama hardware.
Dengan memanfaatkan pesan blue screen yang ditampilkan, kita sebenarnya juga bisa mendiagnosa letak kerusakannya, yang penting kita tau arti dari teks yang tercantum disitu. Blue screen bisa digunakan sebagai petunjuk kerusakan, baik itu kerusakan software maupun kerusakan hardware. Dan tidak semua blue screen tersebut mengindikasikan kerusakan komputer yang sudah fatal. Komputer yang suhunya diatas rata-rata juga bisa berpotensi menimbulkan blue screen.
OK, langsung saja, berikut beberapa pesan blue screen yang sering timbul dikala komputer mengalami masalah:
  1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
    Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
    Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
    Penyebabnya:
    • Driver yang bentrok atau tidak cocok
    • Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
    • Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
  2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
    Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.
  3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
    Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
    • Overclock Hardware yang berlebihan
    • Komponen komputer yang terlalu panas
    • BIOS yang korup
    • Memory dan CPU yang cacat
  4. DATA_BUS_ERROR
    Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.
  5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
    Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)
  6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
    Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.
  7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
    Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.
  8. BAD_POOL_CALLER
    Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.
  9. PEN_LIST_CORRUPT
    Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM
  10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
    Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.
Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi sobatPC semua, dan tentunya sobatPC bisa berusaha untuk menangani sendiri jika suatu saat komputernya mengalami gangguan blue screen. Terima kasih

kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails