Latest News

Karena Berpotensi Menjadi Pesaing, Instagram Dibeli Facebook Seharga 9 Trilyun Lebih

Senin, 16 April 2012 , Posted by beye at 08.42

 

Facebook secara mengejutkan telah membeli instagram senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9,1 triliun. padahal aplikasi ini baru berumur 18 bulan. Facebook khawatir bakal tersaingi? 

Sebuah berita mengejutkan datang dari Amerika Serikat; Facebook resmi mengakuisisi Instagram. Akuisisi ini dilakukan hanya sepekan setelah aplikasi pengolah foto ini mendarat di sistem operasi Android. Nilai transaksinya juga aduhai untuk sebuah perusahaan yang baru berumur 18 bulan, yakni US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9,1 triliun. 

Pengguna Instagram yang mencapai 30 juta orang diyakini mampu memikat bos Facebook Mark Zuckerberg, hingga ia tak segan merogoh dalam-dalam kantongnya. “Akuisisi ini merupakan tonggak penting bagi Facebook karena ini pertama kalinya kami membeli produk dan perusahaan dengan pengguna yang begitu banyak,” tulis Zuckerberg di akun Facebooknya.

Setelah mendarat di Android, pada Selasa 3 April 2012 pengguna Instagram memang meroket. Saat-saat awal meluncur di Android, tercatat 2.000 sign-upper menit.Hanya butuh waktu 6 hari untuk mencapai rekor 5 juta kali pengunduhan. Padahal saat hanya tersedia di perangkat berbasis iOS, butuh waktu enam bulan bagi Instagram untuk capaian serupa.

Instagram pun disinyalir bakal menjadi rival Facebook karena semakin populer untuk membagikan foto, salah satu fitur unggulan di Facebook. Mungkin ini juga yang membuat Facebook membeli Instagram dengan harga tinggi.

Pembelian ini membuat Kevin Systrom,penggagas sekaligus CEO Instagram kaya raya. Ia berhak atas US$ 400 juta dari total nilai Instagram. Sedangkan rekannya Mike Krieger selaku co-founder mendapat bagian 10 persen atau sekitar US$ 100 juta. Sejumlah investor di belakang Instagram seperti Benchmark Capital dan Baseline Ventures mendapat bagian sekitar 28%, sedangkan 13 orang karyawannya kecipratan 
dana sebesar US$ 100 juta.

Makhluk apa sebenarnya Instagram itu? Cikal bakal aplikasi Instagram adalah layanan photo sharing bernama Burbn yang dibuat Kevin. Kevin yang kemudian menjadi CEO Instagram sudah tertarik dengan fotografi sejak di bangku kuliah. Ia ternyata pernah menolak saat ditawari bergabung ke Facebook oleh Mark Zuckerberg pada 2004.
Kevin kemudian bertemu Krieger yang menjadi penggemarnya. Kevin dan Krieger yang sama-sama pernah kuliah di Stanford University kemudian bertukar ide dan akhirnya sepakat membuat Instagram.

Instagram merupakan gabungan dari kata ‘Insta’ dan ‘gram’. Insta berarti instan, sedangkan gram berasal dari kata ‘telegram’. Dari namanya Instagram ingin menjadi aplikasi instan pengambil foto kemudian bisa cepat disebarluaskan seperti telegram.
Instagram pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010, atau sekitar 18 bulan lalu. Saat itu aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat berbasis iOS, dan baru dua pekan lalu merambah ke platform Android.
Instagram merupakan aplikasi berbagi foto populer, yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, menerapkan filter digital, kemudian membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan milik Instagram sendiri. Kemampuan ini memikat banyak pencinta fotografi karena mereka bisa saling berinteraksi dan berbagi. 

Hingga saat ini tercatat ada sekitar 30 juta pengguna aktif Instagram, termasuk sejumlah selebriti seperti Hilary Duff, Mandy Moore dan Jessica Alba.Pengguna Instagram diperkirakan akan terus melonjak, hingga membuat Facebook merasa tersaingi dan memutuskan untuk mengakuisisi aplikasi ini. Akuisisi ini mengundang protes dari pengguna Instagram, meski Kevin menjanjikan layanan ini akan tetap berfungsi seperti biasa meski telah dibeli Facebook.

“Instagram tidak akan kemana-mana. Kami akan bekerja sama dengan Facebook untuk mengembangkan Instagram dan membangun jaringan. Kami akan terus menambahkan fitur baru dan menemukan cara baru untuk menciptakan pengalaman foto mobile yang lebih baik. Aplikasi Instagram tetap akan sama seperti yang sudah Anda ketahui dan cintai,” kata dia. 

Entah apa rencana Facebook di balik akuisisi Instagram, tetapi yang jelas raksasa jejaring sosial itu ingin mendapatkan hasil lebih besar dari pembelian ini. (AMI/YOG) 

Fakta tentang Instagram 

Instagram didirikan oleh dua lulusan Stanford University, Kevin Systrom dan Mike Krieger. Instagram yang berbasis di San Francisco tercatat baru memiliki 13 orang karyawan.
Tercatat ada 30 juta pengguna instagram yang mengunggah lebih dari 5 juta foto baru setiap hari. Padahal pada Desember 2011, jumlah penggunanya masih 15 juta
dengan 400 juta foto yang diposting.
Instagram diluncurkan sebagai aplikasi di App store pada 6 Oktober 2010. Baru pada 3 April 2012, aplikasi ini diluncurkan di Google Play untuk pengguna sistem operasi Android.
Instagram dinobatkan sebagai ‘App of The Year 2011’ di Apple iTunes.
Pengguna Instagram paling banyak terdapat di Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Spanyol, Jerman dan Inggris.
Facebook membeli Instagram senilai US$ 1 miliar. Dengan 30 juta anggota, berarti setiap anggota Instagram bernilai sekitar US$ 33.
Instagram menjadi aplikasi populer di Android. Sebanyak satu juta unduhan dilakukan user Android dalam 12 jam ketersediaan Instagram di toko aplikasi Google Play.download instgram for Android


Reporter: Trisno Heriyanto 
Sumber : Majalah detik16 - 22 April 2012

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails