Latest News

Salah Duduk di Pesawat Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Kamis, 26 April 2012 , Posted by beye at 08.19



Jika Anda sering berpergian dengan pesawat terbang, sebaiknya Anda harus pintar-pintar memilih tempat duduk agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan mendera selepas penerbangan.

Seperti dilansir dari abcnews, Selasa (27/03), beberapa studi menyebutkan tentang bahaya “sindrom kelas ekonomi” yang berhubungan dengan sempitnya ruang kaki. Ruang yang sempit dapat menyebabkan penggumpalan darah di kaki atau yang biasa disebut Emboli Paru (Pulmonary Embolism).

Penyakit ini sendiri adalah penyumbatan arteri pulmonalis (arteri paru-paru) oleh suatu embolus dan terjadi secara tiba-tiba. Menurut Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit di Amerika (American College of Chest Physicians ) mengungkapkan bahwa gumpalan darah tersebut dapat menyumbat aliran darah ke paru-paru dan menciptakan emboli paru. Sebanyak 30 persen orang meninggal akibat hal tersebut.

Selain itu sebuah studi yang diterbitkan Jurnal Chest juga menyebutkan bahwa duduk di kursi kelas ekonomi terutama di dekat jendela meningkatkan risiko terkena penggumpalan darah di kaki atau Deep Vein Trombosis (DVT).

Di sisi lain, Dr. Mark Crowther yang merupakan penulis pedoman penerbangan berpendapat bahwa duduk di kursi kelas ekonomi sama sekali tak berbahaya, namun penumpang harus sering banyak bergerak agar tak terjadi penggumpalan dalam darah. “Perjalanan di kelas ekonomi tidak meningkatkan risiko pembekuan darah bahkan selama perjalanan jarak jauh. Namun, Anda tetap harus bergerak selama beberapa saat.”

Untuk itu Dr. Mark Crowther mengatakan cara terbaik untuk mencegah DVT adalah untuk bergerak sebanyak mungkin, terutama pada ruang sempit. Anda juga harus memperhatikan gejala gumpalan darah di kaki seperti nyeri di betis dan pembengkakan. Tanda-tanda serius dari emboli paru dapat mencakup sesak napas, detak jantung yang cepat, rasa sakit menusuk di dada dan batuk tanpa sebab.




Sumber:ghiboo.com

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails