Latest News

Inilah Ujud Monster Raksasa Laut yang Tertangkap Kamera

Kamis, 13 Juni 2013 , Posted by beye at 08.13


Pakar biologi kelautan dari Lousiana State University, salah satunya Mark C Benfield, bekerja sama  dengan perusahaan pengeboran minyak lepas pantai di wilayah Teluk Meksiko berhasil menangkap gambar monster raksasa. Sekilas bentuknya seperti lempengan piring terbang.

Jangan terkejut dan berasumsi yang bukan-bukan, ujud ini sebenarnya  Ikan dayung raksasa (Regalecus glesne) atau oarfish, yang selama ini misterius karena jarang dijumpai dalam kondisi hidup. 
 
Ikan dayung raksasa (Regalecus glesne) tertangkap kamera. | Marc C. Benfield
 
Seperti dilansir oleh Daily Mail, ilmuwan berhasil mengobservasi ikan dayung lima kali selama observasi dari tahun 2008 hingga 2011. Ikan dayung yang direkam dalam video kali ini punya panjang 2,44 meter. Ikan dayung terpanjang yang pernah dijumpai punya panjang hampir 8 meter.

Ikan dayung raksasa pertama kali dijumpai pada tahun 1772 oleh biolog asal Norwegia, Peter Ascanicus. Spesies ini juga disebut ikan raja herring, ikan dayung Pasifik, atau ikan pita. Bentuk ikan ini memang seperti pita, panjang dan ramping.

Seperti spesies cumi-cumi raksasa, ikan dayung raksasa juga banyak menginspirasi cerita tentang monster laut. Ilmuwan percaya, panjang spesies ini bisa mencapai 15,24 meter dengan berat 272 kg.
 
 
Ikan dayung raksasa sepanjang 7 meter yang terdampar di Califoria pada tahun 1996.
 
Ikan dayung jarang dijumpai hidup-hidup karena hidup di laut dalam pada kedalaman 200 meter hingga 1 km. Keberhasilan ilmuwan menangkap ikan dayung hidup-hidup dan studinya dipublikasikan di Journal of Fish Biology.




 
 
 
 
Sumber:
kompas.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails