Latest News

HATI-HATI, 12 SCAM DI INTERNET

Senin, 31 Januari 2011 , Posted by beye at 19.41


Biasanya disaat masa – masa liburan peningkatan kriminal seperti pencurian uang atau identitas secara online sering terjadi, baik dalam bisnis gratis atau apa saja yang berhubungan dengan pembayaran online. Demikian juga kemungkinan Liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini, David Marcus sebagai pemilik McAfee telah menandai sekitar 12 scam yang kemungkinan bisa berbahaya dalam setiap transaksibisnis internet Anda, seperti berikut:
  1. Charitable phishing scams: E-mail yang dikirim kepada Anda yang menyatakan bahwa Anda menerima bantuan dana dan biasanya dengan jumlah yang cukup besar. Ini merupakan penipuan dan jika dilayani, mereka akan merayu Anda dan akhirnya justru akan mencuri uang  dan nomor Kartu Kredit Anda bahkan identitas lainnya.
  2. Fake invoices from delivery services: Para pencuri berpura-pura mau mengantarkan paket kepada anda, lalu menanyakan Alamat serta nomor Identitas atau Kartu Kredit Anda
  3. Social networking friend requests: Para penipu kadang-kadang meminta Anda untuk menjadi temannya yang dikirim ke email yang mereka acak. Mereka umunya memberi link langsung misalnya link ke facebook. Jangan pernah mengiyakan hal ini karena bisa memasukkan Malware ke komputer  dan bisa membongkar Pasword.
  4. Holiday e-cards:  Hati-hati terhadap kiriman ucapan E-Card, terutama dari situs yang tidak jelas. Ini bisa saja akan menawarkan Malware atau pop-ups. Jika dalam masa liburan ini kamu ingin mengirim atau menerima e-card pastikan hal tersebut berasal dari situs yang dipercaya. Jika tidak komputer kamu akan terinfeksi dan menyebarkannya ke temanmu melalui email yang kamu kirim.
  5. Fake "luxury" jewelry: Sering kita ditawari untuk membeli perhiasan dan mereka membawa nama Cartier, Gucci, dan Tag Heuer. Hal seperti ini belum tentu benar, justru mereka akan mencuri uang dari Kartu Kredit Anda bahkan barang-barang  yang Anda pesan tidak akan pernah tiba.
  6. Christmas carol lyrics can be dangerous: Para penipu mengetahui saat liburan akhir tahun banyak orang mencari situs-situs  music, gambar, atau film. Mereka bisa saja menduplisi situs-situs tersebut.
  7. Job search related scams: Banyak website menawarkan lowongan kerja dengan gaji tinggi. Jangan langsung cepat percaya, dan mereka  sering menggoda Anda dan menyuruh membayar Uang Muka secara online untuk keperluan proses selanjutnya.
  8. Auction site fraud: McAfee telah menemukan sering terjadi pelelangan barang –barang palsu. Pastikan anda ke eBay atau situs-situs yang Anda percaya.
  9. Password stealing scams: Sering para pencuri menggunakan tools untuk membongkar pasword atau menggunakan software untuk merekam semua aksi di keyboard komputer kita.
  10. E-mail banking scams: Kadang-kadang  bentuk pencurian adalah para penipu mengirim pesan ke email Anda dan seakan datangnya dari bank Anda dengan memberikan link untuk di-klik. Jangan sekali-sekali  klik link tersebut. Ketiklah alamat Bank anda langsung dari browser jika mau login ke Account Anda.
  11. Files for ransom: Para hacker sering menggunakan  malware untuk mengontrol komputer dan mengunci file-file. Untuk mengaksesnya kita diminta untuk membayar.
  12. Practice safe holiday shopping : Pastikan jaringan internet Anda aman dan site-site yang aman sebagai tempat belanja. Pastikan juga Anda memperhatikan kunci icon di bagian bawah browser Anda. Selain itu pastikan website Anda dimulai dengan https. Huruf “S” artinya “Secure” atau aman.
So, jangan biarkan hal tersebut mengganggu Anda,  sangat disarankan untuk lebih extra hati-hati, karena banyak orang mengetahui disaat liburan pasti banyak yang belanja online. Inilah kesempatan para pencuri untuk mencoba beraksi. 

image: http://www.ethioplanet.com/news/wp-content/plugins/wp-o-matic/cache/80c1f_CreditCardTheft.jpg

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails