Latest News

33 Ribu Asteroid Dan 20 Komet dalam Perjalanan Menuju Bumi

Rabu, 21 September 2011 , Posted by beye at 08.11

Oala Magz - Infrared Space Telescope WISE menemukan objek-objek berbahaya dalam tata surya kita. Ada 33 ribu asteroid dan 20 komet baru yang mengarah ke Bumi!


Infrared Telescope Facility WISE (Wide-field Infrared Survey Explorer) diluncurkan oleh NASA pada Desember 2009. Ia berfungsi untuk mengamati angkasa pada panjang-gelombang infra merah. Teleskop ini juga mampu menemukan objek yang paling objek dari detektornya yang didinginkan dengan hidrogen cair. Persediaannya hanya mencukupi hidrogen untuk 10 bulan.


Sebuah komet dilihat melalui teleskop yang makin kehabisan pendingin yang menjaga komponen-komponen elektroniknya tetap dingin pada Oktober2010. Misi NEOWISE mampu selangkah lebih maju menggunakan dua dari empat detektornya yang tidak terpengaruh oleh suhu yang lebih hangat.

Selama jangka waktu ini teleskop itu harus menangkap lebih dari 1.8 juta gambar dari angkasa dalam jangkauan infra merah. Tugas utamanya adalah mempelajari sabuk utama antara Mars dan Jupiter. Beberapa hari yang lalu spesialis-spesialis NASA melaporkan hasil dari poyek WISE.

Ilmuwan mengatakan sangat penting untuk mempelajari objek-objek di sekitar Bumi, atau yang disebut NEOs (near-Earth objects), dimana asteroid dan komet dengan orbit dalam jangkauan 28 juta mil (45 juta kilometer) dari jalur Bumi mengitari matahari, karena beberapa dari mereka berpotensi bertabrakan dengan planet kita.


Misi NEOWISE dari NASA baru-baru ini menyelesaikan survey-nya, yang merupakan pekerjaan sekunder bagi WISE, sebuah teleskop pengamat luncuran agensi itu. WISE memenuhi tugas utamanya menangkap gambar seluruh angkasa satu setengah kali dalam cahaya infra merah tahun lalu. "WISE telah mengangkat banyak sekali sumber-sumber yang menakjubkan, dan kami sangat senang mempelajari alam merek," ujar Edward (Ned) Wright, investigator prinsipil dari WISE di UCLA.

Hasil dari proyek ini, yang akan dikombinasikan dengan observasi dalam jangkauan yang dapat diamati, akan membantu menentukan ukuran dan komposisi resiko bahaya dari objek-objek angkasa itu.

Selain itu, 20 komet baru dan 134 NEOs juga telah terungkap. Dan juga, teleskop WISE mengonfirmasikan penemuan sejumlah besar, sekitar seratusan, tubuh komet yang telah dikenali.

Situasi ini seakan-akan diumpamakan "rumah kita dilempari batu oleh orang-orang tak dikenal". Haha.

http://oalamagz.blogspot.com/2011/09/33-ribu-asteroid-dan-20-komet-menuju.html

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails