Latest News

Facebook VS Blogger Indonesia: Alasan Facebook Somasi Nazieb

Senin, 21 November 2011 , Posted by beye at 09.39



JAKARTA - Persoalan hak cipta ini memang sensitif dan harus dihargai oleh sesama pelaku kreatif. Orisinalitas merupakan rambu-rambu utama untuk menghargai karya orang lain.

"Esensinya ekspresi dari ide, kalo orisinil itu tidak akan jadi masalah. Tapi kalo tidak orisinil dan pemiliknya keberatan akan jadi masalah," kata Edmon Makarim, mantan staf ahli hukum Kominfo, ketika dihubungi via ponsel, Jumat (18/11/2011).


Themes blog yang dibuat Ainun Nazieb tidak dapat dikatakan karya orisinil karena kemiripannya dengan tampilan Facebook. Bila pembuat aslinya tidak mempermasalahkan, habis perkara, tapi jika ada yang keberatan bisa jadi masalah. Walaupun tidak ada motif bisnis di dalamnya, ini tetap dapat dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta.

"Ini diperkarakan karena perbedaannya hilang, ciri khasnya (produk orisinil) jadi kabur dengan produk lain. Walaupun tidak dikomersilkan, kalau ini mengganggu pasarnya (Facebook), mereka dapat menuntut," imbuhnya.

Kasus ini sendiri bermula ketika Nazieb membuat themes blog bernama 'Smells Like Facebook' yang mirip dengan tampilan versi pertama Facebook.

Nazieb sebelumnya mengaku heran mengapa dia diaanggap melanggar hak cipta oleh Facebook, padahal tema blog-nya sudah disetop dibagikan secara gratis dan mensetop secara total sejak Januari lalu. (tyo)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails