Latest News

Temuan Arkeolog Malaysia Bisa Ubah Sejarah Indonesia

Sabtu, 06 November 2010 , Posted by beye at 20.45



Baru-baru ini, arkeolog di Malaysia dari tim peneliti Universiti Sains Malaysia (USM) menemukan sebuah peradaban baru. Menurut professor dari Universitas Oxford, penemuan ini bisa saja mengubah sejarah Asia Tenggara, termasuk sejarah Indonesia.

“Berdasarkan penemuan itu, kita harus mengulang sejarah, sebab selama 2000 tahun sejarah mengklaim dominasi Indonesia, kerajaan Sri WIjaya dan Majapahit. Juga untuk Thailand dan Vietnam, tapi dengan ini kini semuanya bisa saja berubah,” kata Profesor Stephen James Oppenheimer, seperti yang dilansir dari Bernama, Senin, (05/07) kemarin.
USM menemukan sebuah situs industri peralatan besi di Lembah Bujang, yang diyakini dibangun di era Kedah Tua. Ini menunjukkan bahwa peradaban Malaysia lebih tua dari pada yang diperkirakan sebelumnya.
Tak hanya peradaban maju yang dilengkapi industri peralatan besi, ukuran peradaban Lembah Bujang juga jauh lebih besar, meliputi 1.000 kilometer persegi, atau tiga kali ukuran Pulau Penang, Malaysia.
Menurut profesor Oppenheimer temuan ini tidak hanya penting bagi Malaysia, namun juga Asia Tenggara. Sebab hal ini menunjukkan bukti adanya struktur monumental dan peradaban maju yang meliputi eksploitasi bijih besi dari pegunungan lokal, juga peleburan besi.
Sementara itu, Dr. Mokhtar Saidin, Direktur Pusat Penelitian Arkeologi USM sendiri mengatakan laporan ilmiah temuan Lembah Bujang akan dipublikasikan dalam jurnal Internasioanl untuk mendapatkan pengakuan dari arkeolog Internasional.
sumber: bernama

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails